Selasa, 27 September 2011

MENJADI BESAR BERSAMA

INI ADALAH PETIKAN SEBUAH WEB Kemudian.com""Kemudian.com adalah wadah berkhayal, bukan bercerita tentang kehidupan sebenarnya. Disini cerita tentang hal yang mustahil adalah wajar.Penulis dapat menampilkan cerita yang telah rampung atau cerita yang baru tercetus idenya, settingnya, tokohnya atau bahkan endingnya. Setiap anggota boleh menambahkan bagian lain dari cerita, kemudian

belanja online

Senin siang, 27 september 2011 pukul 12.45 WIB.Saya bercerita kepada teman saya mengenai  pengalaman online trading (lebih tepatnya membeli barang secara online). Jujur, sampai saat ini keinginan saya mengeruk rupiah di dunia maya masih jauuuuuh dari kenyataan.Saya bercerita mengenai mekanisme pembayaran online, mulai dari pesan barang, transfer barang, hingga barang di tangan.Satu pertanyaan

Senin, 26 September 2011

Jangan ‘Duakan’ Anak Anda dengan Ponsel Kesayangan

[renungan] untuk waktu dan kesempatan yang tak terganti dan tak bisa terulang kembali....Tidak bisa lepas dengan yang namanya BBM-an, SMS-an atau hal-hal yang berhubungan dengan teknologi seringkali dialami oleh siapa saja, termasuk orang tua. Tidak jarang saat berbicara dengan anak, para orang tua melakukannya sembari tangannya sibuk di atas keypad ponsel. Apalagi dengan kemunculan situs

Sabtu, 24 September 2011

Pengaruh Gaya (bagian 1)

Yuk, asah kemampuan fisika kita. Sebuah mobil-mobilan semula diam dikenai gaya sebagaimana ditunjukkan pada animasi di bawah ini. Silahkan klik Tombol play !


Dari percobaan tersebut, apakah kesimpulan yang dapat kamu ambil ?

Gambar Tata Cara Berwudhu Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam

Gambar Tata Cara Berwudhu Sesuai Sunnah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wa Sallam

" Untuk Lebih Jelas Silahkan Klik Gambarnya "














Jumat, 23 September 2011

andorid itu bukan linux

pada pemilihan mas dan mbak RSBI-SMP N 1 Sragen kemaren (22 Sep 2011) seorang juri bertanya kepada salah satu kontestan, pertanyaannya "Apa sistem operasi yang digunakan pada PC Tablet?", dijawab "LINUX". Sang juri tidak membenarkan atau menyalahkan, namun menjawab "ANDROID".

hehehe, nampaknya sang juri tak begitu paham akan gadget yang ditentengnya. sang Juri yang tak lain adalah seorang kepala

Rabu, 21 September 2011

Gaya

PENGERTIAN GAYA

Kalau kita naik bis dengan berdiri kita harus berpegangan dengan tujuan agar badan kita tidak terpental ke depan jika bis direm mendadak. Apa yang menyebabkan badan kita terpental ke depan ketika bis direm mendadak.

Ketika kita menarik atau mendorong benda maka kita dikatakan melakukan gaya terhadap benda. Jadi, gaya adalah besaran fisika berupa tarikan atau dorongan. Gaya termasuk besaran vektor karena selain memiliki nilai juga memiliki arah.
Suatu gaya dapat digambarkan dengan diagram vektor berupa anak panah. Titik O disebut titik pangkal dan titik A disebut titik ujung. Panjang OA menyatakan nilai gaya dan arah panah menyatakan arah gaya.

Contoh:
Gaya F1 sebesar 3 N ke kanan dapat digambarkan anak panah yang panjangnya 3 cm dengan arah ke kanan.

Gaya F2 sebesar 4 N ke kiri dapat digambarkan anak panah yang panjangnya 4 cm dengan arah ke kiri.
Satuan gaya menurut satuan SI adalah newton (N) satuan yang lain adalah dyne.
1 N = 105 dyne
Gaya dapat diukur dengan neraca pegas.

RESULTAN GAYA

Hasil perpaduan dua gaya atau lebih dalam satu garis kerja akan menghasilkan satu gaya pengganti yang disebut resultan gaya.
Jika gaya F1 dan F2 searah, maka resultannya adalah jumlah kedua gaya itu
R = F1 + F2

Jika gaya F1 dan F2 berlawanan arah, F1 > F2 maka
resultannya adalah selisih kedua gaya itu dan arahnya sesuai dengan gaya yang lebih besar
R = F1 - F2
F1 = gaya pertama (N)
F2 = gaya kedua (N)
R = resultan gaya (N)

GAYA GESEKAN

Gaya gesekan adalah gaya yang timbul akibat persentuhan langsung antara dua permukaan benda, arah gaya gesekan berlawanan dengan kecenderungan arah gerak benda. Besarnya gaya gesekan ditentukan oleh kehalusan atau kekasaran permukaan benda yang bersentuhan.
Balok kayu yang ditarik di atas triplek akan timbul gaya gesek yang
lebih besar dari pada di atas kaca, karena triplek lebih kasar dari kaca

Contoh gaya gesekan yang menguntungkan
1. Gaya gesekan pada rem dapat memperlambat laju kendaraan
2. Gaya gesekan pada alas sepatu dengan jalan, jika jalan licin orang yang berjalan bisa
tergelincir
Contoh gaya gesekan yang merugikan:
1. Gaya gesekan antara udara dengan mobil dapat menghambat gerak mobil.
2. Adanya gaya gesekan pada roda dan porosnya, sehingga dapat mengakibatkan aus

BERAT BENDA

Benda menarik benda lain karena benda memiliki massa, gaya tarik antara dua benda yang memiliki massa disebut gaya gravitasi atau gaya berat.
Massa benda di setiap tempat besarnya sama, tetapi berat benda dipengaruhi oleh percepatan gravitasi.

Massa benda dapat diukur dengan neraca, sedangkan berat benda dapat diukur dengan neraca pegas atau dinamometer.

Perbandingan berat dan massa sebuah benda di suatu tempat selalu tetap. Perbandingan berat dan massa benda ini disebut percepatan gravitasi. Percepatan gravitasi di bumi rata-rata 9,8 N/kg. Percepatan gravitasi di bulan 1,6 N/kg.

Hubungan antara berat benda, massa benda dan percepatan gravitasi secara matematis dapat dituliskan:
m = massa benda (kg)
w = berat benda (N) atau
g = percepatan gravitasi (N/kg) atau (m/s2)

Contoh Soal:

Percepatan gravitasi di bulan adalah seperenam kali percepatan gravitasi di bumi. Percepatan gravitasi di bumi 10 N/kg, seorang altet angkat besi mampu mengangkat beban yang massanya 180 kg. Berapa massa beban yang mampu diangkat jika dilakukan di bulan ?


Penyelesaian:

Diketahui : g = 10 N/kg
g’ = 1/6 x 10 N/kg
m = 180 kg

Ditanyakan : m’ = …… ?

Jawab : Berat beban di bumi

w = m . g
w = 180 kg . 10 N/kg
w = 1800 N

Berat beban yang mampu diangkat di bulan sama dengan di bumi yaitu 1800 N

w’ = w
m’.g’ = 1800 N
m’.g’ = 1800 N
m’.10/6 N/kg’ = 1800 N
m’ = 1800 N x 6/10 kg/N
m’ = 1080 kg

Jadi beban yang mampu diangkat di bulan adalah 1080 kg.

Selasa, 20 September 2011

Menjawab Syubhat Jaringan Islam Liberal

Mereka adalah orang yang mendaku Islam,tapi bersikap skeptis kritis bahkan sinis terhadap Islam, kalo itu dilakukan oleh non muslim , kita sudah maklum. Itulah pilihan dan konsekwensi ketidakpercayaannya terhadap Islam.

Orang yang mengimani Islam sebagai ajaran yang bersumber dari Tuhan Pencipta alam, dengan iman yang mantap, pastilah akan menerima seluruh ajaran Islam tanpa ragu dan siap diatur dengannya. Betapa tidak! Ia tahu persis bagaimana Kesempurnaan Tuhan dan ia sadar betul betapa keterbatasan dirinya, kelemahan pikiran dan perasaannya yang sering keliru dan tertipu. Maka apalagi yang perlu diragukan dan dikritisi, yang perlu diragukan dan dikritisi justru adalah pikiran dan perasaan kita.

Untuk berislam, harus dimulai dan diawali dengan rukun Islam pertama yakni syahadat sebagai suatu pengakuan keimanan sekaligus pernyataan kesiapan untuk mengabdi hanya kepada Allah Rabbul’alamin dengan menjalankan ajaran yang dibawa oleh Rasul-Nya, Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam. Kenapa demikian? Karena persoalan beragama bukanlah persoalan main-main dan coba-coba, pertimbangan untung-rugi duniawi atau logis-tidak logis (menurut pikiran kita). Urusan beragama adalah urusan pengabdian, ketundukan dan penyerahan diri yang bulat kepada Allah. Mau diapakan kita oleh Allah, “sami’na wa atha’na”, itulah makna pengabdian.

Kasarnya, jangankan syariah Allah itu baik dan benar, salah dan buruk (maha suci Allah dari kesalahan dan kezaliman) sekalipun, mesti kita laksanakan. Karena kita ini hamba-Nya yang tidak berkuasa sedikit pun untuk menolak Keputusan-Nya. Persis seperti ketaatan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam yang rela menyembelih puteranya (sebelum kemudian diganti dengan domba) karena perintah Allah. Beliau tidak pernah berpikir sedikitpun untuk mempertanyakan perintah Allah yang terkesan keliru dan kejam itu. Tapi ini  orang-orang yang lisannya mendaku muslim dan beriman, lantas melontarkan penolakan terhadap ajaran Islam dengan 1001 alasan yang cukup halus dan lihai.

Diantara alasan  para lebayralis ini adalah bahwa Islam yang dipahami dan dipraktekkan selama ini adalah Islam menurut pemikiran dan penafsiran manusia. Jadi bisa dikritisi, diutak-utik, diperbaharui bahkan dikoreksi. Jawabannya mudah saja. Apakah anda lebih percaya dan tenteram dengan pikiran dan penafsiran anda dan orang-orang semacam anda sendiri? Mengapa anda lebih memilih penafsiran orang-orang yang miskin iman dan faqir taqwa, ketimbang para ulama yang berpegang dengan dalil-dalil yang shahih, memiliki metodologi ilmiah islamiah yang konsisten, sangat hati-hati dalam berfatwa, dan memiliki mekanisme kontrol dan koreksi terhadap sesama ahli ilmu? Yang waras-waras sajalah!

Diantara alasan mereka lagi adalah pemahaman dan pengamalan para sahabat dan ulama salaf(terdahulu) itu cocok untuk kondisi dan situasi ketika itu. Sedang sejarah dan peradaban manusia terus berubah dan berkembang, diperlukan penafsiran dan pembaharuan yang terus-menerus sesuai dengan zamannya. Jawabannya pun sebenarnya mudah saja :

Astrologi, feng shui, paranormal, dll sudah ada sejak zaman dahulu kala, mengapa manusia modern yang katanya serba rasional masih mempelajari dan menggunakannya? Lantas, apakah konsep tawakkal dan doa kepada Allah Rabbul’alamin sudah tidak relevan? Pakai otak dong!
Barter, mungkin adalah sistem perdagangan yang paling antik. Apakah sudah tidak berlaku sekarang? Bahkan institusi pemerintah pun masih menggunakannya. Pemerintah Indonesia dan Rusia pernah barter. Kenapa banyak orang sok tahu yang melecehkan gagasan penggunaan mata uang emas dan perak sebagai alat tukar yang lebih islami?

Model pemerintahan dengan sistem kerajaan (kepala negara dipilih dari garis keturunan) masih berlaku hingga sekarang. Bahkan model penguasa imperialis yang ingin menjajah dan menjarah dunia masih mewarnai sepak terjang negara sekelas Amerika. Dari sudut pandang mana pula para islamphobi menertawakan sistem khilafah sebagai sistem pemerintahan alternatif untuk peradaban akhir zaman?

Untuk membuat tafsir Quran dan syarah Hadits ala lebayralis, orang tidak perlu belajar sama sekali! Modalnya cukup mengerti bahasa Indonesia dan punya sedikit keberanian (baca: kekurang-ajaran) untuk berpikiran ngawur. Tidak perlu belajar bertahun-tahun bahasa Arab, ushul fiqhmusthalah hadits,asbabunnuzulasbabul wurudl, menelaah kitab-kitab salaf dan bermulazamah dengan para ulama. Yang penting adalah bagaimana agar Islam itu enak didengar dan enteng dikerjakan, masuk di akal orang-orang yang mendewakan akal dan menyenangkan hati orang-orang yang telanjur kepincut dengan dunia.

Yahudi; suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, anda setuju atau tidak, adalah sebuah agama ultra rasialissuper eksklusif. Salah satu kepercayaan dasar mereka (termaktub dalam protokolat zionis) adalah bahwa bangsa Yahudi adalah manusia pilihan Tuhan, selain mereka adalah binatang tunggangan Yahudi. Ideologi itulah yang melecut dan memotivasi mereka untuk mengobok-obok dan mengangkangi dunia dengan kejeniusan mereka. Itulah yang terjadi hingga sekarang!

Nah, apa salahnya Islam memproklamirkan diri kepada ummat manusia sebagai satu-satunya agama samawi terakhir yang disyariatkan oleh Tuhan? Siapa yang masuk Islam akan masuk surga sedang yang menolak Islam padahal sudah mendengar dakwah Islam, akan menjadi penghuni neraka. Kendati demikian, mereka tetap dipergauli dengan baik di dunia (toleransi) selama mereka tidak memusuhi ummat Islam. Mengapa ummat Islam dipaksa-paksa menerima paham pluralisme yang kufur itu?

Sejujurnya para lebayralis ini adalah orang yang ‘cerdas’ hanya saja mereka punya kebiasaan buruk, yakni suka ‘teler’, jadi jangan heran kalau mereka suka mengeracau bak seorang peminum khamr yang berusaha melukiskan “sensasi rasa” dari “barang najis” yang sedang diminumnya. Dia seolah-olah berusaha meyakinkan orang-orang yang belum pernah mereguknya sembari menertawakan mereka dan berkata: “enak, gila!”


Wallohua'lam bis showab


Padang Nan Tacinto, 20 September 2011

_____________
Sumber dari sini

Senin, 19 September 2011

Catatan Sang Pengajar Peringkat 4 Blog Guru Jawa Tengah

Setelah ditunggu-tunggu akhirnya rasa penasaran para peserta lomba blog guru terobati. Senin (19/9) selepas jam 08.00 WIB pengumuman peringkat lomba blog guru jenjang Pendidikan Dasar Jawa Tengah mulai bisa di akses di http://118.98.217.140/ .

Alhamdulillah, blog Catatan Sang Pengajar (CSP) kembali menduduki peringkat 4 sebagaimana saat lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif(MPI) beberapa waktu yang lalu. Peserta yang berhasil menjadi juara lomba blog guru jenjang Pendidikan Dasar ini adalah :

  1. Belajar IPA Online 
  2. Sains Al Qur'an Learning
  3. Mr. Mung dot com

Walau kembali belum menjadi pemenang tetapi sudah banyak manfaat yang diperoleh dengan menjadi nominator pemenang lomba blog ini. Ke depan semoga kemenangan demi kemenangan tak lagi tertunda.
Optimis...dengan berbagai masukan dan arahan dari dewan juri blog CSP akan menjadi blog pendidikan yang di idolakan. Semoga Yang Maha Kuasa memudahkan sehingga blog CSP semakin menebar kemanfaatan untuk dunia pendidkan Indonesia.

Sabtu, 17 September 2011

Semangat Baru dari Lomba Blog Guru BPTIKP Jawa Tengah 2011

Ikut lomba, siapa takut? Mungkin itu salah satu komentar pertama begitu mendengar info adanya lomba blog guru BPTIKP Jawa Tengah. Seperti kita ketahui Dinas Pendidikan Povinsi Jawa Tengah melalui BPTIKP pada tahun 2011 ini mengadakan sederet lomba yang bertajuk Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif(MPI), Lomba Blog Guru dan Lomba Blog/Web Sekolah.

Setelah blog Catatan Sang Pengajar(CSP) masuk dalam 35 nominator dari 93 peserta Lomba Blog Guru Jenjang Dikdas (SD dan SMP) kembali saya bersiap untuk hasil yang terbaik. Jika melihat blog para nominator saya “tahu diri” kalau blog CSP masih belum layak untuk mendapat predikat yang terbaik. Tetapi, dari sinilah saya merasa bahwa inilah kesempatan  blog CSP untuk belajar dari para blogger pendidikan yang lain.
Harapan untuk belajar dari keunggulan blogger lain itu surut ketika mengetahui mekanisme lomba blog guru ini. Beda dengan saat mengikuti lomba MPI bulan Agustus lalu, presentasi dan wawancara lomba blog guru ini digelar tertutup. Artinya, setiap nominator secara pribadi berhadapan dengan dewan juri tidak dihadapkan pada nominator lainnya. Sehingga kesempatan untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, tips dan trik nominator lainnya semakin tertutup.
Kesempatan belajar itu akhirnya datang dari dewan juri yang memberikan masukan-masukan untuk perbaikan blog ke depannya. Kini hanya menunggu kabar baik dari pengumuman pemenang blog, "kemenangan atau kemenangan yang tertunda”. Doakan yang terbaik, ya…..

Semoga sedikit yang bisa diperbuat oleh blog CSP bisa bermanfaat besar untuk pendidikan negeri ini.



~ Dari kamar Hotel Tugu Indah Semarang menjelang penutupan~

Jumat, 16 September 2011

Dua Tahun Catatan Sang Pengajar

Tanggal 16 Setember 2011 ini genap dua tahun usia Blog Catatan Sang Pengajar(CSP). Blog yang mulai diluncurkan 16 September 2009 ini telah banyak memberikan kemanfaatan bagi dunia pendidikan negeri ini. Terbukti blog CSP telah dikunjungi oleh lebih dari 9100 pengunjung dan di akses lebih dari 12.700 kali.

Blog CSP ini diluncurkan di Hotel Patra Semarang ketika saya mengikuti Pelatihan Guru Pemandu BERMUTU MGMP. Terinspirasi dari blog Catatan Sang Iswara milik pak Slamet Trihartanto (widya Iswara LPMP Jawa Tengah) blog CSP hendak mencatat perjalanan seorang pengajar di daerah pesisir pantai selatan kabupaten Wonogiri.
Blog CSP lahir untuk menjadi salah satu bagian dari solusi permasalahan yang sangat kompleks di negeri ini. Dengan mengusung tema nasionalisme dan pendidikan karakter blog CSP ingin memberikan kemafaatan bagi negeri ini.
Blog CSP banyak diakses oleh siswa dan guru karena memuat perangkat pembelajaran maupun materi pembelajaran yang di design dalam MPI(Mutimedia Pembelajaran Interaktif). Karya MPI ini berupa media pembelajaran dari powerpoint yang di convert ke flash kemudian di posting ke blog.
Berbagai tanggapan muncul dan tertulis di buu tamu maupun kotak komentar yang tersedia. Sengaja disediakan kotak komentar facebook mengingat situs jejaring sosial ini paling banyak diminati para siswa dan guru.
Semoga di usia yang genap dua tahun ini Blog CSP bisa semakin membawa kemanfaatan bagi negeri ini. Sesuai seruan blog CSP "Buatlah negeri ini selalu tersenyum".

Pendidikan Karakter Tidak Masuk Pelajaran Khusus

Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Prof Dr Baedowi mengatakan pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah yang dimulai tahun ajaran baru tidak masuk pelajaran khusus.

"Pendidikan karakter itu tidak berdiri sendiri dalam satu mata pelajaran khusus, tetapi digabungkan dengan mata pelajaran yang relevan," katanya usai menjadi inspektur upacara mewakili Mendiknas Muhammad Nuh pada pencanangan pendidikan berkarakter, di lapangan Kota Barat Solo, Senin.


Ia mengatakan, pendidikan karakter kepada anak didik yang disampaikan para guru itu tidak harus dengan mata pelajaran khusus atau tersendiri, tetapi bisa digabungkan dengan mata pelajaran lainnya.

"Misalnya, untuk membentuk moral anak yang baik, dalam pelaksanaan pendidikannya bisa digabungan dengan mata pelajaran agama, sedangkan menciptakan anak yang sehat dan sportif bisa disampaikan lewat mata pelajaran olahraga dan lain-lain," katanya.

Melalui metode pendidikan seperti itu diharapkan anak setelah lulus sekolah memiliki karakter yang baik. Anak mampu mandiri, kreatif dan tidak cengeng, jujur.

Menyinggung target program tersebut, Baedhowi mengatakan ini merupakan pendidikan moral, kalau bisa lebih cepat akan lebih baik.

"Melaksanakan pendidikan moral itu tidak seperti membalikkan telapak tangan dan perlu waktu, tetapi jika dapat lebih cepat, itu yang kami harapkan," katanya.

Mendiknas Muhammad Nuh dalam sambutan tertulis yang dibacakan Baedowi mengatakan pendidikan karakter ini penting dan diharapkan mulai tahun ajaran baru sekarang dapat terlaksana dengan baik.

Hadir dalam upacara pencanangan pendidikan berkarakter tersebut antara lain Wakil Wali Kota Surakarta Fx Hadi Rudyatmo, Ketua DPRD YF Sukasno, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Rahmad Sutomo dan sejumlah pejabat lainnya. 



Sumber : http://www.antaranews.com/berita/267807/dirjen-pendidikan-karakter-tidak-masuk-pelajaran-khusus

Kamis, 15 September 2011

Energi dan Usaha

Materi IPA kelas VIII SMP. Silahkan klik tombol menu yang tersedia.

Selasa, 13 September 2011

Catatan Sang Pengajar masuk nominator pemenang Lomba Blog

Dinas Pendidikan melalui Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BPTIKP) tahun 2011 ini mengadakan sebuah event bagi para guru se-Jawa Tengah. Kegiatan bertajuk Lomba Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI), Lomba Blog Guru, dan Lomba Blog/Web Sekolah.
Dengan ijin Allah saya mendapat kesempatan mengikuti dua lomba sekaligus yaitu lomba MPI untuk jenjang SMP dan Lomba Blog Guru untuk jenjang Dikdas. Alhamdulillah, dari 45 peserta lomba MPI jenjang SMP ternyata nama Agus Dwianto lolos masuk nominator pemenang lomba MPI bersama 35 peserta lainnya. Tahap kedua lomba lomba MPI untuk jenjang SMP ini telah dilaksanakan pada tanggal 15 - 16 Agustus yang lalu. Melalui kerja keras dan tentunya atas kehendak-Nya maka saya pun berada di peringkat ke-4 dengan nilai 188. Selisih 1 skor dengan peringkat ke-3 dan selisih 2 skor saja dengan peringkat ke-2. Semoga menjadi awalan yang baik untuk perjalanan lomba-lomba selanjutnya.

Belum berhasi di Lomba MPI menambah semangat dalam mengikuti loma Blog Guru. Walaupun sempat ragu karena untuk jenjang Dikdas diikuti oleh 93 peserta dan hanya akan diambil 35 nominator. Akhirnya pada tanggal 12 September 2011 ketika nominator diumumkan hati ini pun lega karena Catatan Sang Pengajar(CSP) bisa melenggang lolos ke tahap 2. CSP bersama 35 jawara blog jenjang Dikdas Jawa Tengah pada tanggal 16 - 17 September nanti akan "bertarung" menuju 3 besar.

Dukungan dari anda akan sangat berarti untuk keberhasilan CSP di lomba blog ini. Mau CSP menang, kan? ayo dukung dengan memberi masukan-masukan untuk perbaikan CSP tentunya.
Moga Allah memudahkan sehingga CSP bisa menjadi jawara lomba blog ini. Doakan, ya !

Kamis, 08 September 2011

powerpuff girls

Dhiniaty Gularso, Dyah Kumalasari, B Nurrohmah Fitri Agustyani3 orang manusia yang bersama saya di bus 2 kloter 1 saat KKL I 1998.Malam kedua yang kami lalui di Hotel Griya Laksana, Purwodadi, Grobogan. Setelah acara kuliah bersama, acara dilanjutkan dengan plotting data GPS ke Peta.Hari kedua diawali dari mini diapir di pinggiran Waduk Gajah Mungkur, Karamba Waduk, Gunung Gandul, hingga

Rabu, 07 September 2011

Seputar Saudara Sepersusuan

Masalah ini adalah masalah yang serius karena jarang orang memperhatikannya,
air susu tidak bisa di anggap remeh ,gara gara air susu, kita tidak bisa menikahi orang yang kita harap-harapkan akan menjadi pendamping hidup padahal dia orang lain.

Misalkan seorang ibu A memiliki bayi misal bayi B, kemudian ia menyumbangkan air susu perahnya (asi perah) kepada bayi X maka bayi B dan X sudah menjadi saudara sepersusuan. Kemudian apabila ibu A memiliki anak lagi misalkan C , maka C dan X juga saudara sepersusuan.

Kemudian seandainya si B atau si C mmemiliki anak, maka si anak tidak boleh menikah dengan si X, karna dia adalah bibik susuan,
masalah ini harus di cermati karna masalah ini adalah masalah yang rumit dan rentetannya panjang.
Rentetannya sebagai berikut :
-ibu yang menyusui bayi X tidak boleh dinikahi oleh bayi X (anggap saja waktu menyusui umurnya masih muda)
-ibu dari ibu yang menyusui dan terus ke atas tidak boleh dinikahi
-suami dari ibu susu (bapak susuan) tidak boleh di nikahi - ini apabila yang disusui adalah perempuan
-saudari dari bapak susu (baik saudari dari bapak susu itu sendiri ataupun saudari dari orang lain yang sama-sama nyusu)
-anak susu (anak yang disusuin) tidak boleh di nikahi
-anak saudari susu (arrtinya keponakan)
-anak saudara susu.

Persusuan yang bisa mengharamkan pernikahan adalah apabila sudah disusukan sebanyak 5 kali.
Ummul Mukminin 'Aisyah mengatakan yang artinya '' bahwasanya dahulu yang bisa membuat mahram adalah 10 susuan kemudian hukum ini di hapus menjadi 5 kali susuan'' menurut jumhur ulama, 5 kali susuan bisa mengharamkan pernikahan

Apa patokan lafaz 1 kali susuan
maksudnya apabila bayi menetek kemudian dia menyusu sampai puas dan dilepasnya atau sampai tertidur, inilah yang dihitung satu kali susuan.adapun satu kali menyusui kemudian ibunya kebelet pipis atau yang lainnya sedangkan anak tersebut masih menangis,maka tidak terhitung satu kali susuan, yang dihitung satu kali susuan adalah satu kali menyusui sampai anak tersebut puas sehingga di lepasnya atau semisalnya.

Yang bisa menjadikan saudara susuan adalah ketika bayi itu menyusu umurnya mulai dari 0 sampai 2 tahun.
Pada umur itu saja yang bisa menjadikan anak tersebut sebagai saudara, adapun kalau sudah besar, pendapat jumhur ulama' itu tidak menjadikan saudara susuan.

Wallohua'lam.


____________________

youtube

akhir-akhir ini, setiap kali kita menyimak acara televisi, seringkali muncul sumber : youtubecourtesy youtubemmmm,,,,,, apakh ini pertanda youtube sebagai referensi resmi video di tanah air? kalo sudah youtube, berarti sudah ampuh???

saptuari

AGUSTUS 1998Saptuari Sugiharto, mahasiswa baru fakultas geografi. Pria kriting itu dijuluki SITORUS oleh teman2nya. yach, di era 98 manakala orde reformasi, isu SARA berkembang, muncul iklan layanan masyarakat JOKO-SITORUS-ACHONG.secara aklamasi hampir 200an mahasiswa fakultas geografi memilihnya sebagai ketua angkatan. dia terpilih karena selama mengikuti ORIENTASI KAMPUS (pengganti OPSPEK)

Selasa, 06 September 2011

Listrik Statis

Kompetensi Dasar :

Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari

Indikator :

Siswa dapat menjelaskan teori atom
Siswa mampu melakukan percobaan sederhana untuk menunjukkan sifat benda yang bermuatan listrik
Siswa mampu menjelaskan secara kualitatif hubungan antara gaya listrik dengan besarnya muatan listrik masing-masing benda bermuatan dan jarak antara dua benda bermuatan
Siswa mampu memberikan contoh aplikasi listrik statis baik dalam industri maupun dalam kejadian alam.


Pendahuluan


Petir adalah suatu kejadian alam yang luar biasa, karena dalam setiap kejadiannya energi yang dilepaskan lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt. Hal lain yang menakjubkan bahwa molekul-molekul nitrogen, yang sangat penting untuk tumbuhan, muncul dari kekuatan ini.
Mengapa petir dapat membebaskan energi? Darimana petir mendapatkan energi listrik?

Berapa biaya listrik yang dapat kita hemat jika kita dapat mengumpulkan energi dari petir?

Saat kita merenungi semua perihal petir ini, kita dapat memahami bahwa peristiwa alam ini adalah sesuatu yang menakjubkan.

Bagaimana sebuah kekuatan luar biasa semacam itu muncul dari partikel bermuatan positif (proton) dan negatif (elektron) dari dalam sebuah atom, yang tak terlihat oleh mata telanjang. Perbedaan jumlah proton dan elektron dalam sebuah atom mengakibatkan atom bermuatan listrikKarena semua benda tersusun oleh atom-atom, maka perubahan muatan listrik pada atom akan mengakibatkan perubahan listrik pada benda. Setiap benda memiliki kecenderungan untuk berada dalam keadaan netral, oleh karena itu jika benda bermuatan maka secara spontan dapat membebaskan muatannya. Salah satu contohnya adalah petir.

Sifat-sifat muatan listrik antara lain:
1) listrik terdiri dari dua jenis muatan yaitu muatan positif dan negatif,
2)muatan listrik akan saling berinteraksi, muatan sejenis tolak menolak dan muatan tidak sejenis tarik-menarik.

Para ahli berusaha memanfaatkan muatan listrik statis untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari.

Teori Atom

Menurut Demokritus (460-370SM), partikel zat yang terkecil disebut atom. Hal tersebut pertama kali dimodelkan oleh Dalton.

Adapun model atom Dalton adalah sebagai berikut:

1. Atom adalah partikel terkecil yang tidak dapat dibagi-bagi lagi.
2. Atom suatu unsur tidak dapat berubah menjadi atom unsur yang lain
3. Dua atom atau lebih dapat membentuk molekul
4. Atom suatu unsur semuanya sama atau serupa.
Seiring dengan pekembangan ilmu dan teknologi, maka teori atompun berkembang. Di awali oleh model atom JJ Thomson, kemudian model atom Rutherford, dan model atom Bohr. Sampai dengan saat ini, model atom Bohr lah yang lebih mendekati kebenaran, hal tersebut didasarkan pada hasil analisis spektrum cahaya yang dipancarkan oleh atom. Mengapa atom harus dibuatkan model?

Gambar model atom Dalton

Gambar model atom JJ. Thompson

Gambar model atom Rutherford

Gambar model atom Bohr

Bagian-bagian Atom
Berdasarkan model atom Bohr, maka atom terdiri dari:

1. Kulit atom
2. Inti atom (nukleus)

Kulit atom adalah orbit dari sebuah partikel yang bernama elektron sedangkan inti atom tersusun atas proton dan neutron.
Elektron adalah partikel yang bermuatan negatif, sedangkan proton bermuatan positif, adapun neutron adalah partikel yang tidak bermuatan. Setiap atom dalam keadaan normal memiliki kecenderungan jumlah elektron sama dengan jumlah proton. Atom dapat mengalami penambahan/pengurangan elektron, peristiwa ini akan mengakibatkan perbedaan jumlah elektron dan proton, sehingga mengakibatkan atom bermuatan listrik, Sedangkan jumlah proton relatif lebih stabil dibandingkan dengan elektron. Dengan demikian elektronlah yang memiliki peranan penting dalam menentukan muatan listrik sebuah atom.


Bagaimana orang mempelajari atom?

Struktur atom di modelkan berdasarkan informasi yang diperoleh dari spektrum cahaya yang dipancarkan oleh atom. Atom akan memancarkan energi dalam bentuk spektrum yang berbeda-beda tergantung dari jenis atomnya, oleh karena itu spektrum cahaya bersifat unik.

Bagaimana atom memancarkan energi?

Sebuah atom mempunyai kemampuan menyerap energi, Jika ini terjadi sebagian elektron dari atom tersebut akan tereksitasi.

Konfigurasi elektron memiliki kecenderungan untuk menempatkan elektron mulai dari lintasan yang terdalam. Dengan demikian elektron yang tereksitasi akan berusaha untuk kembali pada orbit yang ada di bawahnya dengan memancarkan energi.


Muatan Listrik

Bagaimana Benda dapat Bermuatan Listrik?
Setiap zat tersusun atas atom-atom, dengan demikian muatan listrik suatu zat tergantung dari jenis muatan listrik atom-atomnya. Jika atom-atom benda lebih cenderung melepaskaan elektron, maka zat yang disusunnya lebih cenderung bermuatan positif. Sebaliknya jika atom-atom benda lebih cenderung menangkap elektron, maka zat yang disusunnya cenderung bermuatan negatif. Dengan demikian muatan listrik sebuah benda sangat tergantung dengan muatan listrik atom-atom penyusunnya.

Bagaimana cara membuat benda bermuatan listrik?
Suatu benda dapat dimuati listrik dengan dua cara :

1. Menggosok

Mengapa dengan menggosokkan benda ke benda lain dapat membuat benda bermuatan listrik? Apakah semua benda jika digosokkan akan bermuatan listrik?
Muatan listrik pada sebuah benda, sangat dipengaruhi olah muatan listrik atom-atom penyusunnya. Ada atom-atom yang cenderung melepas elektron, tetapi ada juga atom-atom yang cenderung mengikat elektron. Jika dua benda tersusun dari atom-atom yang memiliki perbedaan sifat tersebut saling digosokkan maka, maka interaksi itu akan lebih mudah membuat benda bermuatan listrik.
Jika kain sutera digosokkan pada kaca, maka elektron-elektron kaca akan berpindah menuju sutera, sehingga kaca menjadi bermuataan positif. sementara itu kain sutera menjadi bermuatan negatif karena mendapat tambahan elektron.

Jika kain wool digosokkan pada plastik, maka elektron-elektron kain wool akan berpindah menuju plastik, sehingga plastik menjadi bermuataan negatif. sementara itu kain wool menjadi bermuatan positif karena kehilangan elektron-elektronnya.

2. Induksi

Bagaimana proses pemuatan listrik dengan induksi?
Induksi dapat dilakukan dengan cara mendekatkan benda yang bermuatan listrik ke benda netral. Akibatnya benda netral akan terpolarisasi. Jika benda netral yang telah terpolarisasi di hubungkan dengan tanah (di ground kan), maka elektron-elektronnya akan mengalir menuju tanah. Setelah penghantar yang menuju tanah di hilangkan dan benda bermuatan listrik dijauhkan, maka benda netral akan menjadi kekurangan elektron (bermuatan positif). Induksi dalam jumlah muatan tertentu dapat mengakibatkan muatan listrik melompati gap (jarak pemisah), dalam hal ini dapat menimbulkan lintasan bunga api. Salah satu peristiwa yang besar adalah terjadinya petir.
Berikut ini adalah proses terjadinya induksi listrik.


Sifat Muatan Listrik
Muatan listrik dapat menarik benda-benda kecil

Potongan kertas kecil-kecil dapat menempel pada penggaris yang bermuatan listrik karena adanya gaya listrik. Jika gaya listrik lebih besar dari gaya gravitasi benda maka benda akan menempel pada penggaris, sebaliknya jika gaya listrik kurang dari gaya gravitasi, maka benda tidak akan menempel.

Apa yang terjadi pada kertas jika benda yang didekatkan bermuatan listrik positif?



Interaksi Dua Muatan Listrik :



Sifat muatan listrik

Interaksi antara benda-benda yang bermuatan listrik.
1. muatan sejenis tolak-menolak
2. muatan tidak sejenis tarik-menarik

Muatan listrik ada dua jenis
1. Muatan positif
2. Muatan negatif


Medan Listrik

Medan listrik disekitar muatan positif

Adanya gaya diantara dua muatan listrik, walaupun dua benda yang bermuatan listrik tidak bersentuhan, menggambarkan bahwa disekitar muatan listrik terdapat medan listrik. Medan listrik adalah daerah disekitar muatan listrik yang masih mendapat pengaruh gaya listrik dari muatan tersebut. Berikut ini adalah visualisasi medan listrik disekitar muatan positif.



Medan Listrik disekitar muatan negatif

Bagaimanakah medan listrik di sekitar muatan negatif?
Sebgaimana muatan positif, disekitar muatan negatif terdapat medan listrik juga, hanya saja arah medan listriknya menuju ke arah muatan.
Untuk melihat arah medan listriknya klik play gambar muatan negatif.

Interaksi muatan listrik
Interaksi antara dua muatan listrik baik berupa gaya tolak atau gaya tarik dapat digambarkan dengan menggunakan garis-garis gaya listrik berikut:



Hukum Coulomb.

Tahun 1785 seorang fisikawan Prancis yang bernama Charles Agustin Coulomb menyelidiki besarnya gaya yang terjadi pada dua benda yang bermuatan listrik. Alat yang digunakannya adalah neraca puntir (torsion balance). Hasil investigasinya menemukan hubungan bahwa “besarnya gaya listrik sebanding dengan besarnya muatan listrik dua benda dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak pisah antara dua buah benda yang bermuatan listrik”. Pernyataan ini dikenal dengan nama Hukum Coulomb.

Sebagai penghargaan atas jasanya, nama coulomb digunakan sebagai satuan muatan listrik.

Bagaimana neraca puntir bekerja?

Dua bola bermuatan listrik yang digantung dengan menggunakan benang dalam sebuah tabung dapat berputar secara bebas, hal ini dapat digunakan untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya gaya antara dua benda yang bermuatan listrik. Pada bagian bawah dari tabung, melingkari dinding tabung terdapat skala sudut. Jika sebuah benda yang bermuatan listrik didekatkan pada salah satu bola, maka bola itu akan bergerak secara melingkar menjauh/mendekat (tergantung dengan jenis muatan ke dua benda yang berinteraksi). Selanjutnya dengan mengasumsikan bahwa besarnya sudut simpang sebanding dengan besarnya gaya antara dua muatan, maka dengan mengubah jarak antara dua muatan dan besarnya muatan, kita dapat menemukan hubungan antara besarnya gaya, jarak antara dua muatan, dan besarnya muatan.

Persamaan Coulomb

Hukum Coulomb secara matematis dapat dituliskan :


F = Gaya listrik (newton)
Q1 = Muatan listrik benda 1 (coulomb)
Q2 = muatan listrik benda 2 (coulomb)
r = jarak pisah antara dua benda bermuatan listrik (meter)
k = tetapan (9 x 109 N.m2/C2)

Elektroskop
Untuk mengidentifikasi muatan listrik sebuah benda dapat digunakan elektroskop. Elektroskop terdiri dari sebuah bola konduktor yang dihubungkan dengan dua buah daun logam (biasanya emas) dengan menggunakan batang konduktor. Dengan menggunakan bahan dari isolator sebagai penyekat, daun elektroskop dimasukkan ke dalam sebuah wadah yang terbuat berdinding kaca.
Prinsip kerja elektroskop adalah induksi listrik. Dimana jika kepala elektroskop yang netral didekatkan dengan benda, maka daun elektroskop akan mengembang jika benda tersebut bermuatan listrik, dan tetap jika benda tersebut tidak bermuatan listrik

Keterangan gambar :

a = daun elektroskop
b = batang konduktor
c = tabung gelas
d = kepala elektroskop


Aplikasi Listrik Statis

Petir

Bagaimana petir terjadi?

Petir adalah salah satu contoh pembebasan muatan listrik dalam jumlah yang cukup besar. Pembebasan ini bisa terjadi antara awan dan awan atau antara awan dan bumi. Kenapa ke bumi? Karena bumi merupakan suatu tempat yang mampu menampung berapapun besarnya muatan listrik. Ketika awan bergerak dari satu tempat ke tempat lain untuk membentuk hujan, maka awan akan mengalami polarisasi akibat pengaruh suatu tempat di permukaan bumi, biasanya tempat yang lebih tinggi terhadap sekitarnya.

Polarisasi muatan ini menyebabkan terjadinya perbedaan potensial yang sangat tinggi yang bisa mengakibatkan terjadinya loncatan bunga api kita dikenal dengan nama petir.


Pembebasan muatan listrik (discharging)
Ketika benda bermuatan listrik, dia dapat di netralisasi dengan memindahkan muatan listriknya. Proses ini dikenal dengan nama discharging.

Discharging pada bahan isolator.
Pemanasan adalah cara yang efektif dalam pembebasan muatan listrik. Hal ini terjadi karena panas menyebabkan udara di sekitar bahan menjadi terionisasi. Ion disekitar bahan akan menetralisasi muatan listrik bahan.

Discharging pada bahan konduktor.
Muatan listrik bahan konduktor dapat dinetralisasi dengan menghubungkan ke bumi (grounded). Konduktor yang digunakan untuk menghubungkan bahan dengan bumi, merupakan jalur lalulintas elektron. Jika bahan bermuatan positif, maka elektron mengalir dari bumi ke bahan. Sebaliknya jika bahan bermutan negatif, maka elektron mengalir dari bahan ke bumi.

Jika beda potensial antara dua benda yang bermuatan cukup besar maka netralisasi dapat terjadi secara spontan. Salah satu contoh peristiwa pembebasan muatan listrik dalam jumlah yang besar adalah petir. Besarnya muatan listrik yang di bebaskan maka petir dapat mengakibatkan kerusakan benda-benda dipermukaan bumi seperti gedung-gedung bertingkat, pohon-pohon, dan kadang-kadang manusia. Apa yang harus dilakukan manusi untuk menghindarkan kerusakan akibat petir? Mengapa petir lebih banyak kita jumpai pada saat musim hujan?

Pembebasan muatan listrik (discharging)
Discharging pada bahan konduktor


Latihan



Sumber : E-dukasi.net

Sabtu, 03 September 2011

CAHAYA


Kompetensi Dasar:
Mendeskripsikan tentang sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan cermin dan lensa.

Indikator :
Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikan bahwa cahaya merambat lurus
Menjelaskan hukum pemantulan yang diperoleh melalui percobaan.
Menjelaskan hukum pembiasan yang diperoleh berdasarkan percobaan
Mendeskripsikanproses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada cermin datar, cermin cekung dan cermin cembung.
Mendeskripsikan proses pembentukan dan sifat-sifat bayangan pada lensa cekung dan lensa cembung.


CAHAYA MERAMBAT LURUS
Coba kalian perhatikan gambar a. Gambar apakah itu? Apakah bayangannya jelas? Sekarang perhatikan gambar b. Apakah bayangannya jelas? Jarak benda dekat dengan dinding bayangan yang terbentuk jelas. Sedangkan jarak benda semakin jauh dari dinding bayangan yang terbentuk semakin kabur. Mengapa terjadi demikian? Untuk lebih memahami lagi, ayo kita pelajari Materi cahaya.

Cahaya digolongkan sebagai suatu bentuk radiasi. Radiasi adalah sesuatu yang memancar keluar dari suatu sumber tetapi bukan merupakan zat. Cahaya dapat dilihat mata manusia. Cahaya termasuk gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang getarannya adalah medan listrik dan medan magnetic. Getaran ini tegak lurus terhadap arah perambatan cahaya, sehingga cahaya termasuk gelombang transversal. Cahaya matahari dapat merambat melalui ruang hampa. Kelajuan gelombang ini adalah 300 juta m/s. Ketika kamu menyorotkan senter di tempat yang gelap tampak olehmu cahaya senter memancar lurus (tidak berbelok).

PEMANTULAN CAHAYA
Hukum pemantulan cahaya dikemukakan oleh W. Snellius, menurutnya apabila seberkas cahaya mengenai permukaan bidang datar yang rata, maka akan berlaku aturan-aturan sebagai berikut :
1. Sinar datang (sinar jatuh), garis normal, dan sinar pantul terletak pada satu bidang datar.
2. Sudut sinar datang (sinar jatuh) selalu sama dengan sudut sinar pantul (sudut i = sudut r )


PEMANTULAN CAHAYA PADA CERMIN DATAR

Ketika kamu berdiri di depan cermin datar, bagaimanakah bayanganmu? Tampak bahwa kamu dapat melihat bayanganmu. Tetapi bayanganmu tidak dapat ditangkap oleh layar
Sifat bayangan pada cermin datar :
1. Bayangan yang terjadi sama besar dengan benda.
2. Bayangan yang terjadi sama tegak.
3. Jarak benda sama dengan jarak bayangan
4. Bayangan cermin tertukar sisinya, artinya bagian kanan benda menjadi bagian kirinya.
5. Bayangan cermin merupakan bayangan semu, artinya bayangan tidak dapat ditangkap oleh layar.

PEMANTULAN CAHAYA PADA CERMIN CEKUNG

Hukum pemantulan berlaku juga pada cermin cekung
Tiga sinar istimewa pada cermin cekung :
1. Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan melalui titik focus.
2. Sinar datang melalui titik focus dipantulkan sejajar dengan sumbu utama.
3. Sinar datang menuju titik pusat kelengkungan cermin dipantulkan kembali melalui titik pusat kelengkungan juga.


PEMANTULAN CAHAYA PADA CERMIN CEMBUNG

Hukum pemantulan berlaku juga pada cermin cekung
Tiga sinar istimewa pada cermin cekung :
1. Sinar datang sejajar sumbu utama dipantulkan seolah-olah dari titik focus.
2. Sinar datang menuju titik focus dipantulkan sejajar sumbu utama.
3. Sinar datang menuju titik pusat kelengkungan cermin dipantulkan kembali melalui titik pusat kelengkungan juga.


HUKUM PEMBIASAN CAHAYA
1. Sinar datang, garis normal dan sinar bias terletak pada satu bidang datar.
2. Perbandingan proyeksi sinar datang dengan proyeksi sinar bias adalah konstan


PEMBIASAN PADA LENSA CEKUNG

Sinar-sinar istimewa pada lensa cekung:
1. Sinar datang sejajar sumbu utama dibiaskan seolah-olah berasal dari titik focus F1

2. Sinar datang yang melalui titik pusat lensa ( 0 ) tidak mengalami pembiasan.

3. Sinar datang yang seolah-olah menuju titik focus, dibiaskan sejajar dengan sumbu utama.



PEMBIASAN PADA LENSA CEMBUNG

Sinar-sinar istimewa pada lensa cembung :
1. Sinar datang sejajar sumbu utama dibiaskan menuju titik focus

2. Sinar datang yang melalui titik pusat lensa ( 0 ) tidak mengalami pembiasan


3. Sinar datang melalui titik focus akan dibiaskan sejajar sumbu utama


LATIHAN

Sumber : E-dukasi.net







Kamis, 01 September 2011

Besaran dan Satuan

JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DENGAN BENAR !

1.    Sebutkan 7 besaran pokok beserta satuannya dalam SI !
2.    Sebutkan contoh besaran turunan (5 saja) !
3.    Dari sebuah pengukuran diketahui sebuah kolam memiliki panjang 3 m, lebar 2,5 m dan kedalaman 1 m. Hitung Volume kolam tersebut !
4.    Sebutkan alat ukur dari :
a.    Kuat arus listrik
b.    Massa
c.    Panjang
d.    waktu
5.    Perhatikan gambar gelas ukur di bawah ini!

Hitung Volume batu yang terukur dari gambar di atas !


Gerak

1.       Salma berlari dengan kecepatan 4 m/s selama 15  menit. Hitunglah jarak yang ditempuh Salma !
2.   Sebuah benda mula-mula diam kemudian bergerak dengan kecepatan 10 m/s pada waktu 5 sekon. Hitung besarnya percepatan benda tersebut !
3.       Sebuah mobil bergerak dengan kecepatan 10 m/s, tiba-tiba direm dan berhenti setelah 4 sekon. Hitunglah :
a.                   a. Percepatan mobil;
b.                  b.  Jarak yang ditempuh selama pengereman !
4.       Perhatikan gambar berikut !
        
Ali mengendarai sepeda dari A ke B dalam waktu 10 menit, dilanjutkan dari B ke C dalam waktu 20 menit, dan sesampainya di C dilanjutkan ke D dalam waktu 30 menit. Jika jarak AB = 8 km, BC = 12 km, dan CD = 15 km, Hitunglah kecepatan rata-rata Ali !

Gaya

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar !

1.    Setelah dikenai gaya sebesar 40 N, sebua benda bergerak dengan percepatan 0,2 m/s2. Hitung massa benda tersebut !
2.    Sebutkan perbedaan antara massa dengan  berat benda   ! (dalam tabel)
3.    Hitung besar resultan dan arahnya dari kedua gaya pada gambar di bawah ini jika Andi dan Budi masing-masing memberikan gaya sebesar 45 N dan 68 N  !   


4.    Berat batu diukur dengan neraca pegas besarnya 19,6 N Jika percepatan grafitasi bumi  9,8 m/s2 maka hitung massa batu tersebut !
5.    Massa seorang astronot di Bumi 60 kg. Jika percepatan grafitasi bumi adalah 9,8 m/s2, dan percepatan grafitasi Bulan 1/6 percepatan grafitasi Bumi maka tentukan  berat astronot ketika di bulan !



Getaran dan Gelombang

Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan jelas,.tepat dan JUJUR !

1.    Jelaskan pengertian dari :
  1. getaran
  2. gelombang
2.    Sebuah ayunan bergetar 60 kali dalam waktu 1/2 menit. Tentukan besar :
a.     frekuensi getaran
b.    periode getaran

3.    Jelaskan perbedaan antara gelombang transversal dan gelombang longituninal !

4.    Sebuah slinki bergetar dengan frekuensi 60 Hz menghasilkan gelombang longitudinal seperti pada gambar di bawah ini.


 
  Hitung besar cepat rambat gelombang tersebut !
5.    Perhatikan gambar berikut !

 

Panjang AD = 1200 cm
Bila waktu yang ditempuh gelombang seperti pada gambar di samping adalah 3 sekon, maka hitung besar cepat rambat gelombang tersebut !

Arsip Blog