Senin, 31 Oktober 2011

HAPPINESS

Happiness is not something ready made. It comes from your own actions.
Dalai Lama

Read more: http://www.brainyquote.com/quotes/authors/d/dalai_lama.html#ixzz1cJs2TGMU

Rabu, 26 Oktober 2011

BNI

Beberapa hari yang lalu, teman saya bercerita. Proposal yang diajukan kepada BNI46 ditolak, karena salah menuliskan kepanjangan BNI. Teman saya menulis BANK NASIONAL INDONESIA.

Bukan untuk menohok kepakarannya di Ilmu Magister Islam yang telah diraihnya, namun lebih dari itu, bahwa pengetahuan umum yang lain juga perlu dihiraukan. Saya tidak menuduh bahwa S2-nya. Tapi sebagai seorang yang awam,

Senin, 24 Oktober 2011

menyimpan file

Untuk menyimpan gambar atau file di Paint, langkah-langkahnya adalah :

1. Klik Menu File

2. Klik atau pilih Save

3. Beri nama

4. Klik Save

Jumat, 21 Oktober 2011

menggunakan text toolbar

menu text toolbar akan muncul setelah memilih ikon text pada paint.

geospasial


Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi,letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.
(UU No 4 Th 2011, Bab I, Pasal 1, Ayat 2)

Kamis, 20 Oktober 2011

Membuat Template Powerpoint dengan Powerpoint (Sebuah Catatan)


Dunia tak bertepi....mungkin itu ungkapan untuk dunia ICT. Bagaimana tidak...dengannya kita bisa mengenal dunia. Dengan ICT kita bisa lebih maju juga tentunya.
Demikian juga sebagai seorang guru. Dunia ICT adalah dunia yang harus dikuasai. Mau tidak mau, suka tidak suka.....kita harus belajar ICT untuk memajukan pendidikan, khususnya pembelajaran kita.
Salah satu pemanfaatan ICT dalam pembelajaran adalah dengan pembuatan Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) maupun Multimedia Pembelajaran Presentasi (MPP). dengan MPI dan MPP maka siswa tentu akan lebih semangat dan menikmati pembelajaran. siswa juga akan lebih aktif mempelajari kompetensi yang harus dikuasai.
Pengalaman saya membuat MPI selama ini masih mengandalkan software basic dari Powerpoint. Tetapi, agar produk MPI lebih maksimal maka saya pun mengkombinasikan beberapa software, di antaranya adobe photoshop untuk mengolah gambar dan membuat background.
Setelah mengenal pak Mampu (Ketua IGI Jawa Tengah), saya pun mendapat berbagai ilmu baru. Ternyata untuk template/background powerpoint akan lebih mudah dibuat menggunakan powerpoint juga. dari sini saya pun mencoba sedikit demi sedikit.
Ternyata untuk membuat template dengan powerpoint hanya dibutuhkan kemauan, imajinasi, dan keterampilan tangan berlenggak-lenggok di atas slide....
Dan akhirnya.....walau sangat tidak layak ditunjukkan...he...he...di bawah ini template karya saya hasil latihan yang pertama. Mohon dikoreksi ya !




Rahasia Presentasi Spektakuler ala Steve Jobs



Bagi anda yang sering melakukan presentasi, mahasiswa, guru, praktisi, ataupun pemasar, mari kita bandingkan dengan yang selama ini kita lakukan. Sebagai pembanding, mari kita belajar dari mendiang Jobs. Ada begitu banyak kebaikan yang bisa diambil dari CEO Apple satu ini untuk kebaikan semua, khususnya yang ingin jadi pengusaha.
Dan salah satunya adalah cara Steve dalam menyajikan

page layout

mengatur ukuran kertas

1. Margin : digunakan untuk mengatur batas pengetikan kanan kiri atas bawah

2. orientation : landscape dan portrait

3. size : mengatur ukuran kertas yang digunakan



materi pelajaran 3B (khotob cs)

Rabu, 19 Oktober 2011

Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Software “QUIZ CREATOR 3.0”


Quiz Creator adalah salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat program
evaluasi pembelajaran berbasis IT. Sangat berguna sekali bagi para tenaga pendidik
untuk melakukan evaluasi pembelajaran dengan cepat, ringkas dan sekaligus
menyenangkan dan menarik bagi siswa. Hasil Publikasi juga beraneka ragam dapat
berupa file SWF, file HTML maupun file .EXE.



Tutorialnya silahkan download disini
softwarenya :disini

contoh soal dengan quiz creator klik:

Latihan UKG-KKPI-1
Latihan UKG-KKPI-2


kalau mau bikin sendiri dengan macromedia flash, silahkan buka posting saya disini

Materi Presentasi Sistem Kendali Elektronik (SKE)--> (dgn PLC)


Materi untuk mengajar Sistem Kendali Elektronik (SKE)dengan PLC

kik disini

Selasa, 18 Oktober 2011

SIWAK VS SIKAT GIGI

Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Mari kita membahas tema kita hari ini dan kita sudah terbiasa untuk membahas tema-tema yang kita anggap penting atau yang dapat mendekatkan kita kepada Rob kita, agar kita mengenal hukum-hukum Alloh dalam setiap langkah kita, pergerakan kita serta diamnya kita..

Tema kita hari ini adalah tentang siwak, apa itu siwak ? ranting dari pohon arook dikupas ujungnya digosokkan pada mulut. Siwak ini diwasiatkan oleh kekasih kita Muhammad sholallohu 'alaihi wa sallam.

Beliau bersabda, sebagaimana didalam Bukhory dan Muslim, " Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan aku perintahkan untuk bersiwak setiap kali akan solat ".


Maka disukai penggunaan siwak setiap kali solat, disukai penggunaan siwak setiap kali wudhu, disukai penggunaan siwak ketika masuk rumah sebagaimana didalam sohih Muslim, Para Sahabat bertanya pada 'A'isyah apa yang pertama kali dilakukan Rosululloh sholallohu 'alaihi wa sallam ketika masuk rumah..??? beliau menjawab " bersiwak ". Disukai penggunaan siwak ketika bangun tidur, ketiaka bau mulut sudah berubah.....berdasarkan apa...???

Berdasarkan apa yang telah diriwayatkan Al Imam Ahmad dengan sanad sohih bahwasanya Nabi sholallohu 'alaihi wa sallam bersabda, " Siwak itu menyucikan mulut dan diridhoi oleh Alloh "

Kadang-kadang ada yang bertanya apa fawa'id/manfaat siwak pada jaman sekarang padahal sudah ada pasta gigi, ada sikat gigi dan lain-lain( obat kumur-pent)...???

Kita katakan, saudaraku yang mulia kadang-kadang sikat dan pasta gigi membersihkan mulut akan tetapi tidak menyucikannya(math harotun), jadi sikat dan pasta gigi membersihkan mulut akan tetapi siwak menyucikan mulut.....sungguh ajaiiiiibbb...apa perbedaan ini dan itu...???

Siwak berbeda dengan sikat, kalau sikat membersihkan sisa makanan yang ada diantara gigi, akan tetapi apa yang diperbuat siwaaaakkk....???

Marilah kemari bersamaku untuk mengetahui hal ini menurut sisi pandang kedokteran modern, agar kita tahu tentang sebuah berita yang amat sangat menakjubkan.....!!!!!

Berkata ahli micro organisme, telah sangat jelas setelah dilihat dengan miscroscop, bahwa setiap butir gigi manusia terdapat 1000 sampai 3000 kuman, ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, ini nyata ada pada banyak manusia, bahkan setiap manusia. Kemudian mereka mengatakan bila seorang manusia meletakkan ranting kayu arook dimulutnya lalu menggosokkanya, maka liur akan bekerjasama dengan siwak untuk kemudian menghasilkan zat yang akan membunuh seluuuruuuuuhhh kuman-kuman yang berada pada mulut........!!!!!!!

Maka benarlah Rosululloh sholallohu 'alaihi wa sallam, " Siwak menyucikan mulut dan diridhoi oleh Alloh ".

Maka apabila datang perintah Rosululloh sholallohu 'alaihi wa sallam hendaknya engkau memahami bahwa hal itu akan membawa pada kebahagiaan dunia dan akhirat, dan bahwasanya kekasih kita tidaklah berbicara kecuali berdasarkan wahyu dari Alloh tabaroka wa ta'ala.

Maka ketika beliau bersabda, " Seandainya tidak memberatkan umatku niscaya akan kuperintahkan untuk bersiwak setiap kali wudhu " dalam riwayat lain " setiap kali solat ".......ini menunjukkan apa...??? ini menunjukkan bahwa beliau menginginkan agar engkau bahagia serta menginginkan kesucian mulutmu.

Dan ketika telah sah dalam sohih Muslim sebuah hadis dari Abu syuraih rodiyallohu 'anhu, Para sahabat bertanya pada 'A'isyah apa yang pertama kali dilakukan Rosululloh sholallohu 'alaihi wasallam ketika memasuki rumah...??? 'A'isyah menjawab" bersiwak "....untuk apa beliau menyucikan mulutnya...untuk bertemu dengan istri dan anaknya, ini adalah adab yang mulia,

Agar tidak keluar dari mulutmu bau yang tidak enak yang menggangu istri dan anak-anakmu, atau teman-temanmu, atau orang yang akan duduk bersamamu......!!!

Wahai orang yang merokok...apakah engkau mengetahui bahwa orang-rang disekitarmu merasa terganggu dengan bau mulutmu...??? apakah engkau mengetahui bahwa istrimu terganggu meskipun ia tidak menyatakanya terus terang...serta anakmu yang kecil yang kadang-kadang engkau cium, ia terganggu.....!!!

Bahkan para malaikat merasa terganggu dengan apa yang mengganggu anak Adam.....maka sucikanlah mulut-mulut kalian dengan siwak dan ketahuilah bahwasanya Nabi Muhammad sholallohu 'alaihi wa sallam sesungguhnya mengarahkan kalian menuju kebahagiaan agama, dunia, serta kebahagiaan di akhirat kelak.....sampai bertemu kembali wassalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Makalah ini adalah merupakan terjemahan dari tausiyah Syaikh Wahid abdus salam

_________________________________________________________
Sumber : http://www.facebook.com/notes/abul-aswad-al-bayaty/siwak-vs-sikat-gigi/381015350613

love my family so much

engkau adalah darahku...
engkau adalah jantungku..
engkau adalah hidupku..
lengkapi dirijku..
oh sayangku kau begitu...
sempurna..
--dedicated to my family--

Jumat, 14 Oktober 2011

NOS (d/h OLIMPIADE JSM)

Olimpiade Nasional Sekolah Muhammadiyah (NOS)
Ke-7 di Semarang Tahun 2011
Sekretariat : Jalan Medoho Seruni – Semarang, Jawa Tengah
Telp : (024) 673 3082 E-mail : nos_2011@rocketmail.com

NO JENIS OLIMPIADE
1 Matematika
2 Ilmu Pengetahuan Alam
3 Bahasa Inggris
4 Komputer
5 ISMUBA

B. Ketentuan umum
I. PESERTA
a. Peserta adalah siswa kelas V (lima) SD/ MI Muhammadiyah di wilayah Republik
Indonesia

hyperlink



klik disini

5 Pelanggaran dalam Pacaran

Pelanggaran-pelanggaran dalam pacaran adalah:

1. Melakukan berbagai hal pendahuluan zina.

Padahal segala perantara menuju zina itu dilarang, baik dengan memandang lawan jenis dengan syahwat (nafsu), meraba atau menyentuh, berdua-duaan, apalagi sampai berciuman meskipun hal-hal tersebut tidak sampai zina. Allah Ta'ala berfirman,

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”(QS. Al Isro’: 32).

Kata Asy Syaukani dalam Fathul Qodir, "Jika mendekati zina dengan melakukan berbagai hal sebagai pendahuluan zina itu terlarang, maka zina sendiri jelas terlarang. Karena sesuatu itu haram, maka segala perantara menuju sesuatu tersebut jelas haram. Inilah yang dimaksud dalam konteks kalimat." Syaikh 'Abdurrahman As Sa'di dalam kitab tafsirnya menjelaskan, "Larangan dalam ayat ini adalah larangan untuk mendekati zina. Larangan mendekati saja tidak dibolehkan apalagi sampai melakukan zina itu sendiri. Larangan mendekati zina ini meliputi larangan melakukan berbagai pendahuluan dan perantara menuju zina."

2. Berduaan dengan lawan jenis.

Ini juga pelanggaran yang tidak bisa dipungkiri. Berduaan bisa jadi berduaan di satu tempat, di kegelapan, atau di tempat sepi, atau boleh jadi berduaan lewat sms-an, telepon atau lebih keren lagi lewat pesan facebook. Banyak kejadian yang berawal dari berdua-duaan seperti ini, di antaranya berhubungan lewat inbox facebook, lalu mengajak ketemuan, lantas ujung-ujungnya terjadilah apa yang terjadi. Berdua-duaan dengan lawan jenis terlarang berdasarkan sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam,

أَلاَ لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ لاَ تَحِلُّ لَهُ ، فَإِنَّ ثَالِثَهُمَا الشَّيْطَانُ ، إِلاَّ مَحْرَمٍ

“Janganlah seorang laki-laki berduaan dengan seorang wanita yang tidak halal baginya karena sesungguhnya syaithan adalah orang ketiga di antara mereka berdua kecuali apabila bersama mahromnya ". (HR. Ahmad no. 15734. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan hadits ini shohih dilihat dari jalur lain)

3. Tidak menjaga pandangan.

Dengan lawan jenis kita diperintahkan untuk menundukkan pandangan dan jelas terlarang jika dengan syahwat (nafsu). Perintah ini dimaksudkan agar lebih menjaga hati dan agar hati tidak tergoda pada zina. Memandang lawan jenis barulah jadi halal jika melalui hubungan pernikahan atau dibolehkan jika wanita yang dipandang masih mahrom kita. Mengenai larangan memandangn lawan jenis, disebutkan dalam hadits Jabir bin 'Abdillah,

سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ نَظَرِ الْفُجَاءَةِ فَأَمَرَنِى أَنْ أَصْرِفَ بَصَرِى.

“Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang pandangan yang cuma selintas (tidak sengaja). Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepadaku agar aku segera memalingkan pandanganku.” (HR. Muslim no. 5770).

4. Tidak menjaga aurat.

Ini pun jelas ada dalam pacaran. Karena seringnya berdua-duaan, si pria pun ingin melihat aurat wanita. Si pria ingin melihat indah gemulai rambutnya dan sebagainya yang merupakan aurat. Padahal menutup aurat dengan mengenakan jilbab itu adalah wajib sebagaimana firman Allah Ta'ala,

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu'min: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al Ahzab: 59).

 Melihat aurat wanita barulah dibolehkan jika memang halal sebagai istri, bukan saat pacaran. Kerabatnya saja yang masih mahrom dibolehkan melihat sebatas anggota tubuh yang nampak ketika berwudhu. Lantas kenapa orang yang jauh sampai dibolehkan melihat kehormatan wanita tersebut padahal akad nikah pun belum ada?

5. Bersentuhan dengan lawan jenis.

Ini pun pelanggaran yang sering dilakukan oleh yang berpacaran. Baik di kesepian maupun tempat umum, seringnya ingin berjalan bergandengan tangan padahal belum halal.

Ini baru lima pelanggaran yang kami ungkap dari sisi dalil. Namun masih banyak pelanggaran selain itu yang semuanya berujung pada zina. Awal berpacaran saja penuh kekhawatiran karena seringkali melakukan dosa, ujungnya pun penuh penyesalan. Luqman berkata kepada anaknya, “Wahai anakku. Hati-hatilah dengan zina. Di awal zina, selalu penuh rasa khawatir. Ujung-ujungnya akan penuh penyesalan. (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 10/326)

So ... stop pacaran! Tempuh jalan yang halal. Cukup ta'aruf (perkenalan dalam waktu singkat) ketika ingin serius nikah, lantas datang ke rumah ortu untuk lamaran, dan langsungkanlah segera pernikahan, jangan tunda-tunda. Lebih cepat, lebih baik!

Semoga Allah beri taufik pada para remaja sekalian untuk mengenal ajaran Nabinya dan semoga mereka pun semakin bertakwa dan takut akan siksa-Nya. Wallahu waliyyut taufiq.



______________
www.remajaislam.com

Rabu, 12 Oktober 2011

Ganti Wajah - Pindah Rumah

Alhamdulillah....akhirnya keinginan untuk memiliki domain dot com terkabul juga. Catatan Sang Pengajar yang biasanya di akses di http://agusdwianto.blogspot.com/ sekarang bisa di akses di www.sangpengajar.com . Pemilihan domain sengaja dipilih untuk memudahkan pengunjung dalam mengakses blog ini.
Bukan hanya itu....mengiringi perubahan domain ini, Catatan Sang Pengajar tampil dengan wajah baru. Kental dengan nuansa nasionalisme dengan warna dominan merah-putih dibalut dengan beberapa warna sebagai variasi. Tentunya ini bukanlah akhir dari pembenahan tetapi justru menjadi awal bagi Catatan Sang Pengajar(CSP) menuju perbaikan.

Semoga berbagai perubahan ini menambah kenyamanan pengujung dalam mengakses Catatan Sang Pengajar. Masukan dan kritik untuk perbaikan tentu sangat ditunggu untuk pembenahan blog ini. Terima kasih atas partisipasi sahabat CSP sekalian.

Senin, 10 Oktober 2011

Belajar Flash Dasar


Macromedia Flash merupakan salah satu software animasi berbasis vektor, yang cukup menarik untuk dipelajari, baik untuk membuat animasi maupun membuat media pembelajaran interaktif. Bagi yang mau belajar silahkan download tutorial Flash dasar disini : http://smkn2sragen.sch.id/download/belajar_Flash_dasar.pdf


Contoh Template MPI berbasis Flash, silahkan download disini

Contoh MPI hasil buatan saya dengan Flash, klik disini

Sabtu, 08 Oktober 2011

TUGAS KELAS VI

Pengumuman!!!!

tugas powerpoint bisa dikumpulkan mulai SENIN, 10 Oktober 2011.

soal kelas III

Kerjakan soal berikut ini!
             1.     Program yang digunakan untuk mengetik disebut … .             2.     Pada saat mengetik, sebaiknya menggunakan … jari.             3.     Cara menyimpan di Microsoft Word adalah … .             4.