Kamis, 31 Oktober 2013

Beberapa Tips Sederhana agar Blog Kita Masuk di Mesin Pencari Google

1. Saat membuat blog atau postingan cari keyword (kata kunci yang populer bisa gunakan: Google keyword tools
Keyword tersebut sebaiknya digunakan pada judul postingan dan isi artikel.
2.  Daftarkan url blog anda di google
3. Usahakan menaikkan pagerank blog anda dengan cara melakukan tukaran link dengan blog-blog yang memiliki AUTO BACKLINK, daftar ke blog directory.
4. Untuk mendapatkan pengunjung ke blog beranda, promosi beranda ke situs sharing informasi, seperti forum online, situs jejaring sosial (facebook, yuwie, dll) Promosi secara offline juga bisa membantu lho Jika blog beranda banyak dikunjungi maka otomatis google akan memberi bobot atau poin yang tinggi ke blog beranda, sehingga peluang untuk muncul di halama pertama pencarian googlelebih besar. Jika sudah muncul di halaman pertama google maka blog beranda akan mendapatkan pengunjung yang lebih banyak Jangan lupa update terus blog beranda dengan content yang menarik agar pengunjung yang datang lewat google search bisa sering berkunjung ke blog anda (menjadi pengunjung setia).

Salam hangat dan semoga bermamfaat hehehehe...

UNDUH PATCH DAPODIKDAS 2013 (VERSI 2.0.5)


PATCH VERSI 2.0.5 UNDUH  DI SINI DAN PANDUAN DAN PENJELASANNYA DI SINI

Rabu, 30 Oktober 2013

Surabaya Raih FutureGov Awards Asia Pacifik 2013

TEMPO.CO, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya mendapat penghargaan FutureGov Awards Asia Pasific 2013. Penghargaan itu diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di Angsana Laguna Phuket, Thailand, 25 Oktober 2013.

Surabaya menjadi satu-satunya kota di Asia Pasifik yang meraih dua kategori sekaligus, yaitu Data Center dan Data Inclusion. "Hanya kita yang dapat dua penghargaan, tidak ada satu lembaga atau kota lain yang dapat," kata Risma kepada wartawan di Balai Kota Surabaya, Ahad, 27 Oktober 2013.

Penghargaan Data Center diperoleh Surabaya melalui Media Center Pemerintah Kota Surabaya. Menurut www.futuregov.asia, Surabaya dinilai telah melakukan inovasi, efisiensi, dan unggul dalam manajemen proyek di sekitar pusat data. Sedangkan Data Inclusion didapat lewat Broadband Learning Center (BLC) untuk menjembatani kesenjangan digital. BLC merupakan fasilitas pembelajaran teknologi informasi yang dapat dinikmati masyarakat Surabaya secara gratis agar warga melek teknologi informasi.

Risma mengatakan program itu sudah dikelola Pemerintah Kota Surabaya sejak lama. Penggunaan teknologi merupakan komunikasi pemerintah dengan masyarakat. Dengan demikian, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan dan data yang transparan, akuntabel, dan memangkas birokrasi. "Dengan 3 juta penduduk, harus ada cara bagaimana komunikasi dengan masyarakat," kata Risma.

Percepatan layanan terkait data di Surabaya, kata Risma, lebih baik dari negara lain. Keterpaduan antar-layanan menjadikan tidak ada lagi manipulasi data karena saling terhubung. Ini membuat keputusan yang diambil pemerintah ataupun lembaga terkait menjadi lebih cepat.

Dari 18 kategori penghargaan FutureGov, Surabaya masuk ke dalam semua nominasi. Namun hanya dua penghargaan yang berhasil disabet pemerintah kota. Meski demikian, Risma cukup bangga karena terbukti lebih unggul dibandingkan kota-kota lain yang dikenal berteknologi maju, seperti Singapura, Hong Kong, India, dan Australia.

Di Indonesia sendiri, Surabaya juga sudah menerapkan e-procurement pertama kali pada 2003. Risma berkomitmen keterpaduan layanan ini akan semakin diperbaiki dan dikembangkan pada tahun-tahun mendatang, antara lain dengan e-health dan e-budgeting.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Surabaya, M. Machmud. memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Surabaya. Menurut dia, dua penghargaan ini membuktikan Surabaya bersih dari nepotisme.

Setelah kembali dari Thailand, Risma pun langsung mengarak kedua penghargaan FutureGov 2013 dari Bundaran Waru menuju Balai Kota Surabaya. Di Balai Kota, Risma disambut tarian reog dan ratusan pasukan kuning. (AGITA SUKMA LISTYANTI)

sumber: Tempo

Selasa, 29 Oktober 2013

Download Daftar Peserta PLPG Tahap VIII UMS Tahun 2013

 

Daftar peserta PLPG kembali dirilis. PLPGTahap VIII tahun 2013 akan dilaksanakan pada Jum'at, 8 November s.d. Ahad, 17 November 2013 yang bertempat di 1) SMA Muhammadiyah 2 Klaten di Delanggu; 2) Eks. Hotel Ramayana Surakarta; dan 3) Hotel Dafamkayon (Denah Lokasi Terlampir).

image

Adapun hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan PLPG tahap ini silakan download link di bawah ini:

  1. Surat Undangan Peserta Tahap VIII
  2. Lampiran 1: Daftar Peserta PLPG Tahap VIII
  3. Lampiran 2: Jadwal Pelaksanaan PLPG
  4. Lampiran 3: Ketentuan Penting
  5. Lampiran 4: Biodata Peserta
  6. Lampiran 5: Checklist Kelengkapan Peserta
  7. Lampiran 6: Denah Lokasi PLPG

 

Sumber : Website UMS

Senin, 28 Oktober 2013

Pengisian Aplikasi Dapodik dan Kode Registrasinya

Kepada Yth.
Kepala SD/SDLB/SMP/SMPLB

Berdasarkan Surat dari Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Nomor: 005/6468/103.07/2013 tanggal 16 Oktober 2013 tentang Undangan Sosialisasi Aplikasi Dapodik 2013. Diharap Saudara mulai mengisi Aplikasi Dapodik 2013 dengan tahapan sebagai berikut: 
  1. Mendownload Aplikasi Dapodik melalui url : http://118.98.166.59 atau di sini
  2. Melihat kode registrasi Sekolah melalui akun Profil Sekolah di url: profilsekolah.dispendik.surabaya.go.id untuk mengunduh database prefill; 
  3. Membuat folder file prefill pada direktory C:\prefill_dapodik dan menaruh file database prefill hasil unduhan ke folder tersebut kemudian jalankan program.
Demikian atas perhatiannya disampaikan terima kasih.

Sejarah Sumpah Pemuda Indonesia

Sumpah Pemuda adalah bukti otentik bahwa tanggal 28 Oktober 1928 bangsa Indonesia dilahirkan. Oleh karena itu sudah seharusnya segenap rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya bangsa Indonesia. Proses kelahiran Bangsa Indonesia ini merupakan buah dari perjuangan rakyat yang selama ratusan tahun tertindas dibawah kekuasaan kaum kolonialis pada saat itu, kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda pada saat itu untuk membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup orang Indonesia asli, tekad inilah yang menjadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia hingga berhasil mencapai kemerdekaannya 17 tahun kemudian yaitu pada 17 Agustus 1945.


Rumusan Kongres


Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ditulis Moehammad Yaminpada secarik kertas yang disodorkan kepada Soegondo ketika Mr. Sunario tengah berpidato pada sesi terakhir kongres (sebagai utusan kepanduan) sambil berbisik kepada Soegondo: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie (Saya mempunyai suatu formulasi yang lebih elegan untuk keputusan Kongres ini), yang kemudian Soegondo membubuhi paraf setuju pada secarik kertas tersebut, kemudian diteruskan kepada yang lain untuk paraf setuju juga. Sumpah tersebut awalnya dibacakan oleh Soegondo dan kemudian dijelaskan panjang-lebar oleh Yamin.


Sumpah Pemuda versi orisinal:


Pertama
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoewa
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami poetera dan poeteri Indonesia, mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


Sumpah Pemuda versi Ejaan Yang Disempurnakan:


Pertama
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua
Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga
Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

 

Kongres Pemuda Indonesia


Panitia Kongres


Dalam upaya mempersatu wadah organisasi pemuda dalam satu wadah telah dimulai sejak Kongres Pemuda Pertama 1926. Oleh sebab itu, tanggal 20 Februari 1927 telah diadakan pertemuan, namun pertemuan ini belum mencapai hasil yang final.

Kemudian pada 3 Mei 1928 diadakan pertemuan lagi, dan dilanjutkan pada 12 Agustus 1928. Pada pertemuan terakhir ini dihadiri semua organisasi pemuda dan diputuskan untuk mengadakan Kongres pada bulan Oktober 1928, dengan susunan panitia dengan setiap jabatan dibagi kepada satu organisasi pemuda (tidak ada organisasi yang rangkap jabatan) sebagai berikut:

    • Ketua: Sugondo Djojopuspito (PPPI)
    • Wakil Ketua: R.M. Joko Marsaid (Jong Java)
    • Sekretaris: Muhammad Yamin (Jong Soematranen Bond)
    • Bendahara: Amir Sjarifudin (Jong Bataks Bond)
    • Pembantu I: Johan Mohammad Cai (Jong Islamieten Bond)
    • Pembantu II: R. Katjasoengkana (Pemoeda Indonesia)
    • Pembantu III: R.C.I. Sendoek (Jong Celebes)
    • Pembantu IV: Johannes Leimena (Jong Ambon)
    • Pembantu V: Mohammad Rochjani Su'ud (Pemoeda Kaoem Betawi)

Kongres Pemuda Indonesia Kedua


Gagasan penyelenggaraan Kongres Pemuda Kedua berasal dari Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Atas inisiatif PPPI, kongres dilaksanakan di tiga gedung yang berbeda dan dibagi dalam tiga kali rapat.

Rapat pertama, Sabtu, 27 Oktober 1928, di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Waterlooplein (sekarang Lapangan Banteng). Dalam sambutannya, ketua PPPI Sugondo Djojopuspito berharap kongres ini dapat memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda. Acara dilanjutkan dengan uraian Moehammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda. Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan

Rapat kedua, Minggu, 28 Oktober 1928, di Gedung Oost-Java Bioscoop, membahas masalah pendidikan. Kedua pembicara, Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, berpendapat bahwa anak harus mendapat pendidikan kebangsaan, harus pula ada keseimbangan antara pendidikan di sekolah dan di rumah. Anak juga harus dididik secara demokratis.

Pada rapat penutup, di gedung Indonesische Clubgebouw di Jalan Kramat Raya 106, Sunario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan. Sedangkan Ramelan mengemukakan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional. Gerakan kepanduan sejak dini mendidik anak-anak disiplin dan mandiri, hal-hal yang dibutuhkan dalam perjuangan.

Sebelum kongres ditutup diperdengarkan lagu "Indonesia Raya" karya Wage Rudolf Supratman yang dimainkan dengan biola saja tanpa syair, atas saran Sugondo kepada Supratman. Lagu tersebut disambut dengan sangat meriah oleh peserta kongres. Kongres ditutup dengan mengumumkan rumusan hasil kongres. Oleh para pemuda yang hadir, rumusan itu diucapkan sebagai Sumpah Setia.

Peserta


Para peserta Kongres Pemuda II ini berasal dari berbagai wakil organisasi pemuda yang ada pada waktu itu, seperti Jong Java, Jong Ambon, Jong Celebes, Jong Batak, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Sekar Rukun, PPPI, Pemuda Kaum Betawi, dll. Di antara mereka hadir pula beberapa orang pemuda Tionghoa sebagai pengamat, yaitu Oey Kay Siang, John Lauw Tjoan Hok dan Tjio Djien Kwie namun sampai saat ini tidak diketahui latar belakang organisasi yang mengutus mereka. Sementara Kwee Thiam Hiong hadir sebagai seorang wakil dari Jong Sumatranen Bond. Diprakarsai oleh AR Baswedan pemuda keturunan arab di Indonesia mengadakan kongres di Semarang dan mengumandangkan Sumpah Pemuda Keturunan Arab.

Gedung


Bangunan di Jalan Kramat Raya 106, tempat dibacakannya Sumpah Pemuda, adalah sebuah rumah pondokan untuk pelajar dan mahasiswa milik Sie Kok Liong.

Gedung Kramat 106 sempat dipugar Pemda DKI Jakarta 3 April-20 Mei 1973 dan diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, pada 20 Mei 1973 sebagai Gedung Sumpah Pemuda. Gedung ini kembali diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 Mei 1974. Dalam perjalanan sejarah, Gedung Sumpah Pemuda pernah dikelola Pemda DKI Jakarta, dan saat ini dikelola Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata.


Sumber: dari berbagai sumber

CARA MENCARI ARSIP NISN TERBARU

Link NISN:
http://refpd.data.kemdikbud.go.id/ref_nisn/detailsiswa.php?cont=2&npsn=50200889&kode=230100

NISN siswa kadang kita lupa mengrsipkan dan agak susah kita mencari di website pencarian ..Untuk NISN baru yang telah di ajukan silahkan cari dengan cara:
1. Copy link NISN diatas ke ke Url browser anda
2.Ganti angka yang berwarna merah dengan NPSN sekolah anda kemudian Enter
   Lihat Gbr!

Smoga bermanfaat ...

Jumat, 25 Oktober 2013

Macam-macam Saklar (Bagian-1)


Pengertian Saklar :
Saklar adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk memutuskan jaringan listrik, atau untuk menghubungkannya.
Jadi saklar pada dasarnya adalah alat penyambung atau pemutus aliran listrik.
(Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Sakelar)

Macam Macam Saklar dalam Instalasi Penerangan Listrik Sederhana (IPLS)

1. Saklar Tunggal
Saklar tunggal adalah saklar yang menghubungkan dan memutuskan sebuah lampu atau kelompok lampu. Saklar ini hanya mempunyai satu tuas penghubung
Untuk mengoperasikan saklar tunggal, caranya adalah dengan menekan tuas penghubung hingga saklar berkondisi ON atau OFF (1 atau 0).


2. Saklar Seri
Saklar seri adalah saklar yang menghubungkan dan memutuskan  dua buah lampu atau kelompok lampu secara sendiri-sendiri atau bersamaan. Saklar ini mempunyai dua tuas penghubung atau lebih.
Untuk mengoperasikan saklar seri, caranya adalah adalah tekan masing-masing tuas penghubung secara sendiri-sendiri atau bersamaan hingga saklar berkondisi ON atau OFF  (1 atau 0).


3. Saklar Tukar
Saklar tukar adalah saklar yang menghubungkan dan memutuskan  dua buah lampu atau kelompok lampu secara bergantian. Saklar ini hanya mempunyai satu tuas penghubung dengan dua posisi dan sering disebut dengan Saklar Hotel

Untuk mengoperasikan saklar tukar, caranya adalah  : Tekan tuas penghubung hingga saklar berkondisi ON atau OFF pada posisi 1 atau 2. Jika saklar ditekan pada posisi 1, berarti posisi 1 ON dan posisi 2 OFF.


Setelah mempelajari materi ini, silahkan kerjakan soal yang dapat di UNDUH DISINI

Gambar suasana Praktek Instalasi Listrik Bangunan Sederhana
Siswa Jurusan TITL SMK N 2 Sragen


Unduh media pembelajaran Saklar  KLIK DISINI

Pengumuman BOS 2013

Kepada Yth. 
Kepala Sekolah SD/SDLB/SMP/SMPLB Negeri/Swasta Penerima BOS
Di informasikan dana BOS Triwulan IV yang sudah cair agar segera dicocokkan dengan jumlah siswa. Bila ada lebih atau kurang segera konfirmasi ke Dinas Pendidikan Kota Surabaya. 

Demikian atas perhatiannya, terimakasih.

Kamis, 24 Oktober 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMK Tahun 2013 (versi PLPG 2013)


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan menajemen pembelajaran untuk mencapai satu atau lebih kompetensi dasar yang telah dijabarkan dalam silabus. RPP ini dapat digunakan oleh setiap pengajar sebagai pedoman umum untuk melaksanakan pembelajaran kepada peserta didiknya, karena di dalamnya berisi petunjuk secara rinci, pertemuan demi pertemuan, mengenai tujuan, ruang lingkup materi yang harus diajarkan, kegiatan belajar mengajar, media, dan evaluasi yang harus digunakan. Oleh karena itu, dengan berpedoman RPP ini pengajar akan dapat mengajar dengan sistematis, tanpa khawatir keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi
belajar mengajar, atau keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya.

RPP akan membantu si pengajar dalam mengorganisasikan materi standar, serta mengantisipasi peserta didik dan masalah-masalah yang mungkin timbul dalam pembelajaran. Baik pengajar maupun peserta didik mengetahui dengan pasti tujuan yang hendak dicapai dan cara mencapainya. Dengan demikian pengajar dapat mempertahankan situasi agar peserta didik dapat memusatkan perhatian dalam pembelajaran yang telah diprogramkannya. 

Sebaliknya, tanpa RPP atau tanpa persiapan tertulis maupun tidak tertulis, seorang pengajar akan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran yang dilakukannya. Seorang pengajar yang belum berpengalaman pada umumnya memerlukan perencanaan yang lebih rinci dibandingkan seorang pengajar yang sudah berpengalaman

Suasana Workshop Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 
SMK Tahun 2013 (versi PLPG 2013)








Berikut ini saya bagikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) SMK Tahun 2013 (versi PLPG 2013) hasil Workshop sewaktu PLPG di Rayon 112 Gugus FT UNNES 2013

Unduh RPP Hasil Workshop RPP PLPG Rayon 112, Gugus FT Unnes, Angkatan 4 Non Blok Tahun 2013 silahkan Klik link dibawah ini :

[Ada] MsMahadewi.com Mini Giveaway

Aku sadar aku ini perempuan. Aku juga sadar kalau aku tidak terlalu suka dandan. Namun, semenjak sering bertemu dengan orang baru dan tampilanku selalu yang ter-acakadul, rasa-rasanya aku ingin segera move on dari kebiasaan jelekku itu.

Mau dandan pasti harus mau juga mengeluarkan uang dong ya buat beli make up? Waduh! Aku kan masih menyandang status sebagai mahasiswa. Katanya guru? Iya, guru panggilan berapa sih gajinya (bukannya tidak bersyukur nih). Nah, untung saja aku nemuin GA dari Mbak Mahadewi yang hadiahnya bikin mataku berbinar-binar. Mau tahu hadiahnya apa? Langsung cek ki SINI ya? Tenang, GA masih berlangsung sampai 7 November 2013. Segera!

Memberi ala Guru TK

Jam istirahat tiba. Anak-anak berhambur keluar kelas untuk membeli jajan di kantin. Aku membereskan buku, majalah, stempel bintang, dan menghapus papan tulis yang masih penuh dengan corat-coret anak-anak. Setelahnya, aku duduk sejenak mengistirahatkan diri sebelum nanti melanjutkan pembelajaran lagi. Lelahnya, keluhku.

Dari arah pintu, ku lihat ada dua anak didikku yang sedang berjalan menuju mejanya. Panggil saja mereka Ninda dan Mitha.
"Kamu gigit yang sebelah sini, aku sini." kata Mitha pada Ninda. Ku lihat Ninda mengikuti perintah Mitha.
"Ini..." kata Mitha lagi menyodorkan es yang ada digenggamannya.

Berulang kali kegiatan itu dilakukan sambil bergantian. Aku yang penasaran segera menghampiri mereka.
"Ninda ndak bawa uang saku?" tanyaku.
"Bawa bu guru, tapi sudah habis buat beli pensil." jawab Ninda polos.
"Bu, Ninda tak kasih jambu sama es kok bu. Nggak papa ya? Kata bu guru kita nggak boleh pelit sama teman. Kan Ninda temanku, boleh kan, Bu?." Mitha menyahut dengan kepolosannya sebagai anak TK.
Aku manggut-manggut dan tersenyum semanis mungkin.

Mendengar kata Mitha ada rasa sejuk di hatiku.
"Ya Allah, bimbinglah anak-anakku ini agar menjadi pemberi yang tulus."

Secuil kebahagiaan bersama anak-anakku yang polos :)

***

Kisahku di atas adalah wujud nyata dari arti memberi bagiku. Memberi tak akan ada batasannya. Memberi itu polos, sepolos anak-anakku di TK Kartini 1. Kalau anak TK bisa memberi dengan penuh kepolosan dan ketulusannya, kenapa kita tidak?


Postingan ini aku ikutkan GA dari Mbak Mahadewi.


Perubahan Nama Kepala SDN dan Penilik yang diberangkatkan ke Jakarta

Kepada Yth. 

Kepala SDN dan Penilik (terlampir)

Di Surabaya
Dalam rangka kunjungan kerja ke Jakarta, maka kami mengharap kehadiran Saudara pada acara rapat persiapan pemberangkatan kunjungan kerja ke Jakarta Kloter 2 dan 3.
Selengkapnya bisa dilihat pada lampiran dibawah :
Demikian atas perhatiannya disampaikan terima kasih.
NB: Pengumuman ini adalah perubahan pengumuman sebelumnya



Rabu, 23 Oktober 2013

Download Daftar Peserta PLPG Tahap VII UMS Tahun 2013

 

Daftar peserta PLPG Rayon 141 UMS kembali dirilis. Kali ini adalah PLPG Tahap VII tahun 2013 yang akan dilaksanakan pada Senin, 28 Oktober s.d. Rabu, 6 November 2013 yang bertempat di 1) SMA Muhammadiyah 2 Klaten di Delanggu; 2) Eks. Hotel Ramayana Surakarta; dan 3) Hotel Dafamkayon (Denah Lokasi Terlampir).

Adapun hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan PLPG tahap ini silakan download link di bawah ini:

  1. Surat Undangan Peserta
  2. Lampiran 1: Daftar Peserta PLPG Tahap VI
  3. Lampiran 2: Jadwal Pelaksanaan PLPG
  4. Lampiran 3: Ketentuan Penting
  5. Lampiran 4: Biodata Peserta
  6. Lampiran 5: Checklist Kelengkapan Peserta
  7. Lampiran 6: Denah Lokasi PLPG

 

Sumber : Website PSG UMS

Selasa, 22 Oktober 2013

Passing Grade CPNS 2013

       Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) telah menetapkan nilai ambang batas (passing grade) tes kompetensi dasar (TKD) CPNS melalui sistem computer assisted test (CAT) sebesar 250 poin. Sedangkan untuk sistem lembar jawab komputer (LJK) ditetapkan point 242. Jika dibandingkan passing grade CPNS 2012, nilai ambang batas tahun ini lebih rendah sekitar 25 poin.

        Penetapan lulus tidaknya peserta dari passing grade tidak hanya melihat angka total 250 dan 242. Yang paling menentukan adalah nilai dari masing-masing sub tes yaitu soal cpns  tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensia umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP).

           Untuk nilai  dari masing-masing sub tes, kemenpan RB sudah menentukan bahwa untuk tes menggunakan CAT nilai permateri adalah sebagai berikut : nilai TWK ( 70), TIU (75), TKP (105) sedangkan untuk TES CPNS yang menggunakan LJK ketentuannya sebagai berikut : TWK ( 64), TIU (70), TKP (108).


Membuat animasi untuk anak TK

Beberapa hari yang lalu, kami mendapatkan SMS maupun email, untuk diberikan tutorial bagaiaman cara membuat MPI untuk anak TK/PAUD.
Berikut ini contoh animasi & tutorial yang dapat anda kembangkan untuk membuat MPI bagi anak TK.
disini karena keterbatasan waktu saya membuat, hanya saya beri contoh 1 aja, yang harapannya nanti dapat anda kembangkan sendiri.

Unduh File contoh dan .Fla Klik DISINI
Unduh tutorialnya klik DISINI

Senin, 21 Oktober 2013

Pengajuan NISN 2013

Kepada Yth.
Kepala SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB dan SMK 
se-Kota Surabaya

Berikut terlampir Surat Edaran perihal Pengelolaan NISN dari PDSP Kemendikbud

Daftar Nama Kepala Sekolah SDN yang diberangkatkan ke Jakarta

Kepada Yth. Kepala SDN
se- Surabaya

Berikut ini Jadwal serta Daftar nama Kelompok Kepala Sekolah yang akan berangkat ke Jakarta.
Dowload pada lampiran dibawah ini :

Untuk konfirmasi dan info lebih lanjut bisa menghubungi Bapak Masykur HS di Bidang Pendidikan Dasar (DIKDAS) Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Jumat, 18 Oktober 2013

PENGUMUMAN KELULUSAN PLPG UMS TAHAP I S.D. III TAHUN 2013

Setelah sekian lama ditunggu akhirnya Panitia Sertifikasi Guru Rayon 141 UMS mengumumkan kelulusan PLPG Tahap I s.d III. Kelulusan PLPG ini berdasarkan hasil pengolahan data pelaksanaan kegiatan PLPG tahap I s.d III tahun 2013 yang telah dilaksanakan di Rayon 141 UMS sebagaimana terlampir.

image

Selamat bagi peserta yang dinyatakan Lulus (L), sedangkan bagi peserta yang dinyatakan Mengulang (M) akan dipanggil untuk mengikuti ujian ulang dengan waktu yang akan diberitahukan kemudian.Bagi peserta yang Absen akan dipanggil ulang untuk periode berikutnya.

Download Surat Pengumuman Kelulusan PLPG Tahap I - III
Pengumuman Kelulusan Tahap I
Pengumuman Kelulusan Tahap II
Pengumuman Kelulusan Tahap III

 

Keterangan: SUTL = Ujian Tulis Lokal, SUTN = Ujian Tulis Nasional

 

Sumber : Website PSG UMS

Kegiatan KKG dan MGMP Kota Surabaya


Kepada Yth.
1.  Kepala Sekolah SD/SMP/SMA/SMK
2.  Pengawas TK/SD dan Dikmen
3.  Kepala UPTD-BPS Kecamatan
4.  Ketua KKG SD/MGMP SMP/SMA/SMK
     se Kota Surabaya


Berdasarkan Undang-undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen maka diharapkan dapatnya memberikan suatu kesempatan yang tepat bagi guru untuk meningkatkan profesionalismenya melalui pelatihan, penulisan karya ilmiah, pertemuan di Kelompok Kerja Guru (KKG), dan pertemuan di Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
 
Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka mohon bantuan untuk disampaikan kepada guru di lingkungan sekolah jadwal kegiatan KKG dan MGMP di Sekretariat KKG dan MGMP Jalan Pawiyatan No.11 (Dekat SMK Negeri 7)


Kamis, 17 Oktober 2013

hasil seleksi administrasi CPNS kab Kediri

berikut ini info mengenai peserta yang lolos seleksi administrasi tes CPNS di kabupaten kediri. 
berdasarkan info dari website kabupaten kediri (kedirikab.go.id) untuk hasilnya bisa anda lihat disini lihat disini

Pengumuman Hasil seleksi Administrasi CPNS Kemdikbud

Bagi rekan-rekan yang mendaftar CPNS Kemdikbud mungkin sudah tidak sabar mengetahui hasil seleksi administrasi di Kemdikbud, tapi anda harus bersabar dulu karena berdasarkan info di website CPNS Kemdikbud pengumuman hasil seleksi Administrasi yang awalanya akan diumumkan pada tanggal 16 oktober 2013 ditunda menjadi tanggal 18 Oktober 2013. Berikut ini pengumuman resmi dari Kemdikbud :


Rabu, 16 Oktober 2013

Nasib Geografi di Kurikulum 2013

Ada yang baru dari nuansa kurikulum pendidikan di Indonesia, yakni kurikulum 2013. Seiring perjalanan pendidikan di Indonesia sudah berbagai kurikulum diimplementasikan, bahkan ada selintingan ganti menteri ganti kurikulum. Namun, saya yakin pemerintah telah merencanakan kurikulum 2013 dengan baik. Sesuai harapan pemerintah dengan adanya kurikulum 2013 ini agar terlahirnya generasi emas, generasi yang akan membawa bangsa Indonesia kearah perubahan yang lebih baik. 

Kurikulum merupakan bagian esensial dalam pendidikan sesuai dengan prinsip kurikulum yang berpusat pada potensi, sesuai karakter peserta didik, relevan, serta tanggap terhadap IPTEK.Tataran implementasi kurikulum 2013 belum diberlakukan secara menyeluruh di setiap satuan pendidikan, hanya beberapa sekolah di Indonesia. (Lihat di Sini)

Sebagai praktisi pendidikan maka sudah seharusnya kita mendalami kurikulum 2013. Sebagai guru geografi di SMA IT As-Syifa sayapun perlu mendalami,  walaupun dalam pelaksanaan tahun ini SMA IT As-Syifa  belum mengimplementasikan kurikulum 2013.

Ada hal yang tidak kalah penting bagi para guru geografi terkait nasib geografi dikurikulum 2013,  bagaimana nasibnya? jika ingin tau mari kita kaji bersama...

Silahkan Download berbagai artikel yang berhubungan dengan Kurikulum 2013.

KURIKULUM 2013


lebih lengkap dapat mengunjungi Kurikulum KEMDIKBUD

Senin, 14 Oktober 2013

OSN Geografi Pertama

Tahun ini, pertama kalinya bidang studi Geografi dikompetisikan dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN). Meskipun baru pertama, sebenarnya Geografi tidak kalah pamor dibanding delapan bidang lain yang telah lebih dulu masuk dalam agenda OSN. Sebelum ada dalam OSN pun bidang ini telah mencetak prestasi dunia di Olimpiade Geografi Internasional (IGEO) belum lama ini lewat raihan medali perak dan dinobatkan sebagai Best Paper & Presentasi Poster.

Ke depan, dengan masuknya Geografi dalam OSN diharapkan bisa mendongkrak prestasi lebih luar biasa lagi. Untuk bidang Geografi, pada OSN 2013 ini sebanyak 90 siswa dari 33 propinsi terpilih lewat proses seleksi yang ketat. Lomba hari pertama (4/9/2013) yang terdiri dari tes tertulis serta multimedia dan praktek laboratorium diadakan di SMAN 5 Bandung , Jalan Belitung No. 8. Hari kedua seluruh peserta diuji kemampuannya dalam analisa lapangan, juga di SMAN 5 Bandung, kemudian dilajutkan dengan kunjungan ke Museum Geologi.

Di SMAN 5 peserta dibagi dalam empat kelompok kelas untuk bergantian menghadapi rangkaian tes. Meskipun baru pertama berkompetisi di tingkat nasional, tidak terlihat sedikit juga keraguan dari seluruh peserta. Semua nampak optimis dan penuh semangat, karena lewat OSN inilah mereka berkesempatan untuk unjuk prestasi ke level yang lebih tinggi, internasional.

Kesempatan ini juga yang sangat memotivasi semangat Lydya Chrisnawati dan sahabatnya Genta Chaerunisa, dari SMAN 2 Bekasi dalam OSN 2013 ini. “Semoga OSN ini bisa mewujudkan potensi anak-anak yang punya mental juara. Mereka yang juara tentunya benar-benar memiliki potensi besar untuk nantinya bersaing di pentas internasional,” ujar Lydya. “Semoga pemerintah selalu mendukung anak-anak seperti kita untuk terus maju,” sahut Genta.

Bukan hanya Lydya dan Genta. Puluhan siswa lainnya dalam OSN 2013 ini juga punya harapan yang sama. Bahkan ada jutaan lainnya yang pada OSN berikutnya bakal membuktikan diri bisa menjadi yang terbaik di bidang Geografi, sepanjang dukungan dan kesempatan itu disediakan. OSN inilah salah satu wadahnya.

Geografi Bukan Sebatas Pelajaran Sekolah

“Ya, kita jangan sampai tertinggal dari negara-negara lain. Di luar negeri kompetisi yang dikhususkan untuk Geografi sudah lama ada. Jadi, wadah bagi anak-anak yang memiliki kemampuan di bidang ini sudah ada,” jelas Drs. Joko Wiratmo, M.P. dari Prodi Meteorologi FITB-ITB , salah seorang tim juri.

Maksud Joko, selama ini di Indonesia orang hanya tahu Geografi merupakan salah pelajaran sekolah. OSN menjadi salah satu cara untuk mengubah paradigma tersebut. Sudah saatnya untuk mengembangkan kemampuan siswa di tingkat nasional untuk meningkatkan daya saing di kancah internasional. Bukan sekadar pelajaran di sekolah, bukan juga sebatas studi tentang peta.

Dalam keikutsertaan pertama di OSN 2013 ini tim juri menyeleksi tiga materi uji yang diberikan kepada peserta, yaitu ; tes tertulis, tes multimedia, dan tes lapangan. Karena baru pertama kali, beberapa peserta mengaku cukup kesulitan dalam melalui tahap tes tersebut, terutama untuk tes multimedia dan praktik laboratorium.

“Hambatannya, mungkin karena kami dari IPS kurang mendapat porsi pembelajaran praktek laboratorium, tidak sekompleks yang didapat siswa IPA. Jadi kami kurang terbiasa, dan sebisa mungkin menyelesaikan yang sederhana saja, “ jelas Lydya. Kesulitan menghadapi praktik laboratorium juga diakui peserta lain.

Kendala tersebut sepertinya dimaklumi oleh Ir. Samsul Bachri, M. Eng, Ph. D. dari Prodi Teknik Geodesi dan Geomatika FITB-ITB , koordinator juri bidang studi Geografi OSN 2013. “Sebagai lintas mayor, Geografi memang masuk ke sosial. Tapi sebenarnya kurang tepat juga bila geografi hanya masuk di kategori ilmu sosial. Karena secara mendasar Geografi terbagi menjadi dua ; Fisikal Geografi dan Sosial Geografi. Alangkah lebih baik jika Geografi dikategorikan umum saja seperti Bahasa Indonesia yang bisa masuk di IPS maupun IPA,” katanya.

Preston E. James, seorang ahli geografi, mengemukakan bahwa geografi merupakan induk dari ilmu pengetahuan, karena banyak ilmu pengetahuan yang dikaji selalu dimulai dari keadaan bumi. Nah, jadi memang sudah saatnya geografi muncul ke permukaan sebagai salah satu bidang studi yang tidak kalah pamornya. Lewat OSN 2013 inilah tekad tersebut lebih ditegaskan.

Ir. Samsul Bachri, M. Eng, Ph. D. (Koodinator Juri Geologi)
Gunakan Kesempatan OSN Sebaik Mungkin
Masuknya Geografi mulai OSN 2013 tentunya menambah kesibukan Ir. Samsul bachri, M. Eng, Ph. D. dari Prodi Teknik Geodesi dan Geomatika FITB-ITB. Dalam perhelatan kompetisi sains ini ia dipercaya menjadi koordinator juri. Bagi Samsul tugas ini bisa dikatakan sebagai jawaban atas usaha kerasnya selama ini untuk mengangkat Geografi memiliki gengsi yang sama dengan ilmu pengetahuan lain. Salah satu upaya kerasnya telah membuahkan hasil membanggakan di pentas internasional, di mana kontingen Indonesia bimbingannya berhasil mempersembahkan medali perak bagi bangsa tercinta ini.

“Saya berharap OSN ini akan membuat siswa lebih mencintai lagi Geografi,” kata Samsul.

Lanjutnya, di dunia internasional, kompetisi Geografi telah memasuki tahun ke-19. Dan, apresiasi pada bidang ini sungguh besar. Bila sebelumnya diadakan setiap dua tahun sekali, maka mulai tahun ini akan berlangsung setiap tahun. Untuk itulah maka para siswa terpilih yang ikut dalam OSN harus benar-benar menggunakan kesempatan ini. Karena para juaranya nanti akan diseleksi untuk maju sebagai wakil Indonesia di Olimpiade Geografi Internasional.

Untuk sistem penjurian Samsul mengatakan Geografi memiliki bidang bahasan yang sangat luas sekali yang kemudian berkembang lagi menjadi topik-topik, seperti ; climate & climate change, resources & resources management, geologi, mapping, dan masih banyak lagi. Peserta dituntut untuk menguasai semua topik yang ada dalam Geografi untuk menyelesaikan enam materi soal dari sekian banyak topik.

Di luar tes secara tertulis peserta juga dituntut untuk trampil dalam pengamatan lingkungan baik fisik, sosial, dan binaan. Dan yang tak boleh diabaikan juga adalah kemampuan mencatat data dan informasi yang berkaitan dengan aspek-aspek keruangan, selain juga kemampuan analisa berbagai gejala geografis. Sederhananya itu, karena sebenarnya Geografi itu masih sangat luas sekali. Namun pesan saya buat yang hendak mengikuti OSN diharapkan lebih banyak lagi memperhatikan dan mencintai masalah kebumian. Bukan hanya untuk yang ingin ikut OSN, tapi juga siswa pada umumnya. Karena Geografi akan meningkatkan pemahaman kita akan wawasan kebangsaan,” jabar Samsul lebih lanjut.

"Satu lagi yang ditekankan Samsul, kemampuan Bahasa Inggris sangat penting dalam bidang Geografi. Karena dalam olimpiade, Geografi merupakan satu-satunya bidang studi yang mengharuskan menjalani writing test dalam Bahasa Inggris, yang harus dijawab dengan Bahasa Inggris juga.

“Kemampuan Bahasa Inggris akan membuat peserta lebih cepat reaksinya dalam menjawab soal,” tutup Samsul.

Sumber:www.siswapsma.org

Sabtu, 12 Oktober 2013

Cara Mudah Menulis Cerpen

Bagaimana cara menulis cerpen agar menjadi karya besar sich? Demikian sebuah pertanyaan yang mungkin sering menjadi pertanyaan kita. Cara menulis cerpen sebenarnya gampang kalau kita menganggap gampang dan menulis cerpen akan menjadi rumit kalau kita berpikir bahwa membuat cerpen itu sulit. Agar cerpen yang kita tulis menjadi karya besar, yang banyak dibaca orang dan mendapat perhatian maka tak ada aturannya. Langkah utama untuk menulis cerpen agar kelak bisa dikagumi dan dihargai sebagai karya besar adalah tak sulit sebenarnya. Kita sangat disarankan agar sering membaca cerpen yang telah ditulis oleh cerpenis yang punya reputasi tinggi. Kalau ingin ahli dibidang penulisan cerpen cinta, maka banyak-banyaklah membaca cerpen tentang cinta. Jika punya minat besar untuk membuat cerpen bernuansa religi maka perdalam keyakinan dan kenalilah karya cerpenis-cerpenis religi. Tugas kita saat menelaah karya mereka adalah bukan untuk meniru, menjiplak,dan mengedit, tetapi kita sedang belajar memasukkan ruh dan rasa ke dalam cerpen yang kita tulis. Bukankah cerpen akan tidak berguna kalau ia tampak tak menghidupkan dan memberi pengalaman unik kepada pembaca? Jadi untuk membuat cerpen yang bisa menjadi karya terbaik tidaklah sulit, cukup membaca dan menelaah berbagai jenis cerpen yang telah ada sebelumnya. Dan yang paling penting adalah terus berlatih menulis cerpen, jangan pedulikan kritikan negatif, terima saran positif, dan biasakan untuk berbagi dengan rekan atau siapa saja yang kita anggap lebih ahli dalam dunia tulis menulis cerpen. Jangan berhenti uotuk membuat cerpen, teruslah menulis cerpen agar kelak bisa menjadi salah satu cerpenis terbaik di Indonesia. Salam dan semangat selalu untuk menemukan berbagai cara menulis cerpen.

contoh cerpen:

Bertemu Sang Idola
Cerpen Karangan: Giselle Iona Rachel Tuelah
Facebook: Giselle Tuelah
Di malam yang sunyi, di kamarnya, Aqila membayangkan wajah idolanya, yaitu Coboy Junior. Ia sangat ingin bertemu Coboy Junior. Ia selalu dilarang untuk pergi menonton konser Coboy Junior ataupun mengikuti Travel bersama Coboy Junior.
Hatinya sangat panas ketika mama dan papa nya berbicara: “Aqila, kamu kan lumpuh. Kamu nanti bisa jatuh karena desak-desak an.” Ya, kalian benar. Aqila adalah seorang yang lumpuh. Kakinya di Amputasi karena terjadi kecelakaan yang menimpanya.
Suatu hari, Maya datang. Maya adalah sahabat Aqila. “Qil.. Besok Coboy Junior ada di Mall Senayan City. Nonton yuk?” Ajak Maya, yang juga penggemar Coboy Junior. “May, kamu kan tau. Aku gak akan pernah boleh pergi bertemu Coboy Junior.” Jawab Aqila.
Maya berpikir sejenak. “Aqila! Besok ulang tahunmu kan?” Tanya maya semangat. “Hmm… Sepertinya iya. Memangnya kenapa?” Tanya Aqila. “Tidak, aku hanya bertanya. Sudah dulu ya. Aku harus pulang” Kata Maya sambil keluar dari kamar Aqila dan menuju ke pintu rumah.
“Maya aneh. Kenapa ya?” Tanyaku dalam hati. Saking aku penasaran, aku pun menelepon Maya.
Aqila: “Hallo, bisa bicara dengan Maya?”
Maya: “Ini saya sendiri. Ini siapa ya?”
Aqila: “Ini Aqila. May! Kamu kenapa mendadak pulang?”
Maya: “Tidak. Aku hanya capek. Sudah dulu ya! Aku masih capek.”
Belum Aqila menjawab sapaannya, Maya sudah menutup telephone. Aqila kembali bingung. Karena ia merasa otaknya capek berpikir, ia pun tidur karena memang hari sudah menunjukan malam.

KEESOKAN HARINYA…
Aqila membuka matanya. Disana sudah berdiri mama, papa, Maya dan sebuah kotak yang sangat besar menggambarkan 4 orang yang sedang membawa kue ulang tahun. Aku beranjak duduk dari tempat tidurku. Papa membantuku untuk duduk di kursi roda. Maya memberiku kado. Aku membukanya. Maya memberikanku sebuah boneka. Aku menyukainya.
“Aqila, ini hadiah dari papa dan mama…” Kata papa dan mama sambil tersenyum. Tiba-tiba, kotak itu terbuka. Dan…! Itu Coboy Junior! Mereka memberiku bunga, baju bertanda tangan mereka, boneka, kue ulang tahun, surat, nyanyian, topi mereka dan juga… Memberi jaket mereka kepadaku. Mereka bernyanyi:
“Happy birthday Aqila, Happy birthday Aqila, Happy birthday happy birthday, Happy birthday Aqila..”
Mereka menyodorkan hadiah mereka dan kue ulang tahunku untuk ditiup. Aku meniup lilin yang ada di kue ulang tahunku.
Akhirnya, aku dapat bertemu idolaku!

Jumat, 11 Oktober 2013

Download Daftar Peserta PLPG Tahap VI UMS Tahun 2013

 

Siang ini Panitia Setifikasi Guru Rayon UMS kembali memposting daftar peserta yang dipanggil PLPG Tahap VI. PLPG Tahap VI tahun 2013 akan dilaksanakan pada Kamis, 17 Oktober s.d. Sabtu, 26 Oktober 2013 yang bertempat di 1) SMA Muhammadiyah 2 Klaten di Delanggu; 2) Eks. Hotel Ramayana Surakarta; dan 3) Hotel Dafamkayon Boyolali (Denah Lokasi Terlampir).

image

Adapun hal-hal yang terkait dengan pelaksanaan PLPG tahap ini silakan download link di bawah ini:

  1. Surat Undangan Peserta
  2. Lampiran 1: Daftar Peserta PLPG Tahap VI
  3. Lampiran 2: Jadwal Pelaksanaan PLPG
  4. Lampiran 3: Ketentuan Penting
  5. Lampiran 4: Biodata Peserta
  6. Lampiran 5: Checklist Kelengkapan Peserta
  7. Lampiran 6: Denah Lokasi PLPG

 

Sumber : Website PSG UMS

Kamis, 10 Oktober 2013

CONTOH SK OPERATOR SEKOLAH

Ass. Wr. Wb.
Bagi rekan-rekan operator sekolah Kab. Lombok Barat, dalam rangka menjalankan Aplikasi Dapodikdas 2013 diinformasikan bahwa dalam pengambilan kode registrasi diminta kepada semua operator sekolah agar mempersiapkan SK sebagai Operator dari Kepala Sekolah dan sebagai acuan pemberian Honor Operator pada Anggaran BOS TW IV 2013. (Info dari Bapak Yadi Dikdas Kab. Lombok Barat)
Untuk contoh SK Operator Sekolah bisa di unduh DI SINI
Cara Download ...
1. Klik  File
2. Pilih Unduh
atau langsung CTRL+S


Terima kasih dan selamat ber DAPODIK ....

Jadwal Piket Sekolah Selama Hari Libur Nasional Dan Cuti Bersama Memperingati Hari Raya Idul Adha 1434 H / 2013 M

Kepada
Yth. 1. Ka. UPTD BPS Kecamatan
       2. Kepala SD, SMP, SMA dan SMK Negeri / Swasta
       di Surabaya

Perihal Jadwal Piket Sekolah Selama Hari Libur Nasional Dan Cuti Bersama Memperingati Hari Raya Idul Adha 1434 H / 2013 M
Download Surat (Klik Untuk Download agar Gambar tidak kabur)

Sumber: Dispendik


 

Program Kegiatan Qurban 1434 H

Kepada
Yth. 1. Kepala UPTD BPS kecamatan
2. Kepala UPTD BPS Kecamatan
Wilayah Rungkut, Wonokromo & Wonocolo Surabaya,
3. Kepala SMP, SMA, SMK Negeri
4. Kepala SMP, SMA, SMK
Wilayah Rungkut, Wonokromo & Wonocolo Surabaya,
Perihal Program Kegiatan Qurban 1434 H

Download Surat

Revisi Jadwal Konselor Terbaru

Kepada
Yth Kepala SMP, SMA dan SMK
Negeri / Swasta
Di - Surabaya
Ini kami Sampaikan Jadwal terbaru Konselor Sebaya 2013

Download Jadwal

Sumber: Dispendik

Senin, 07 Oktober 2013

Review: Landasan Hak Asasi Manusia

Judul                          : Landasan Hak Asasi Manusia
Penulis                       : Ahmad Samawi
Jumlah Halaman          : 36 halaman

Kurang lebih 69 kepala keluarga yang terdiri 233 jiwa anggota Syiah mengungsi. Rumah mereka dibakar secara paksa. Rata dengan tanah. Keselamatannya terancam karena masalah keluarga yang dikaitkan dengan masalah kepercayaan. Memprihatinkan memang. Hal yang sangat dasar, yaitu masalah kepercayaan namun masih saja diganggu gugat oleh manusia lain.

Terlalu teoritis. Memuakkan. Pun lebih berat dari buku karya Pramodya Ananta Toer, terlebih masalah Sampang di atas, tetapi Ahmad Samawi telah membuat saya berkali-kali membaca tulisannya agar memahami secara tepat. Namanya juga tulisan ilmiah, terkesan kaku. Akan tetapi, kalau bahasa yang digunakan di dalam modul lebih komunikatif, mungkin mahasiswa tidak merasa ‘terpaksa’ untuk membacanya. Termasuk saya di dalamnya.

Ahmad Samawi, mengusung judul “Landasan Hak Asasi Manusia” dalam 36 halaman ini bertujuan ingin menggambarkan pondasi-pondasi HAM yang patut diketahui oleh setiap orang. Kasus Sampang dapat dijadikan contoh bahwa benar adanya jika perbedaan itu ada di antara manusia. Sesuai dengan ungkapan Ahmad Samawi pada halaman 2-4, “Manusia memiliki sifat individu dan sosial. Sifat individu ditunjukkan manusia untuk selalu mementingkan diri sendiri dan sifat sosial ditunjukkan dengan kecenderungan untuk berkelompok. Di dalam kehidupan kelompok tersebut, setiap orang berinteraksi dengan orang lain demi tujuan bersama. Setiap orang merasa menjadi bagian dari kelompoknya dan karena itu ia memiliki loyalitas atau solidaritas (persatuan) kepada kelompoknya. Kehidupan berkelompok tersebut kemudian dijadikan bagian dari sistem nilai yang dijunjung tinggi yaitu persatuan.” Perbedaan itu nyata. Dengan perbedaan masalah kecil ataupun besar bermunculan. Bahkan Allah menjanjikan, ketika manusia bisa menyelesaikan masalah tersebut, maka Allah akan mengangkat derajat manusia itu.

“Bangsa Indonesia tidak memihak pada salah satu atau kedua ideologi kapitalisme dan komunisme. Bangsa Indonesia memiliki ideologi yang disepakati bersama.” (halaman 2-8)

Pernyataan di atas saat ini perlu dipertanyakan, masihkah berlaku? Kenyataan membuktikan bahwa justru masyarakat kini menggunakan ideologi komunisme untuk menyelesaikan setiap masalah. Mereka melupakan landasan filosofis yang mengaharapkan manusia untuk menggunakan pikirannya dalam melakukan segala sesuatu. Karena jelas adanya, ketika suatu pelanggaran terjadi maka bukan hanya aturan negara yang menghukum, bahkan agama dan masyarakat ikut serta untuk memberikan hukuman bagi si pelanggar.

Ahmad Samawi menyebutkan pula bahwa, “Berbeda halnya dengan masyarakat perkotaan. Masyarakat kota memiliki karakteristik interaksi sosial yang bersifat patembayan, sedangkan di dalam masyarakat pedesaan bersifat paguyuban. Artinya, hubungan antarindividu dilihat dari kepentingan masing-masing sehingga bersifat lebih individual.” (halaman 2-24)


Pernyataan itulah yang sering ditemukan akhir-akhir ini. Orang desa dengan orang kota itu berbeda. Kemudian apakah harus memunculkan permasalahan? Tidak. Kemudian bagaimana caranya? Perlu ditanamkan betul apa arti HAM yang sesungguhnya. Berinteraksi dengan masyarakat lain hukumnya adalah wajib, wajib menghormati kebebasan masing-masing, mematuhi peraturan yang ada yang sebelumnya telah disepakati bersama-sama.

Wujud nyata yang bisa dilakukan agar kasus Sampang tidak terulang adalah dengan memberikan pendidikan HAM sejak dini. Tak perlu  muluk-muluk berteori, seorang guru harus mampu memberikan contoh nyata bagaimana menempatkan HAM di dalam kehidupan.

Arsip Blog