Selasa, 31 Desember 2013

Cara Transfer Uang Lewat ATM


“Dik, tante minta kiriman uang. Tolong adik yang transfer ya, ini ATM ibu.” perintah ibu setelah beberapa saat mendapat SMS dari tante.

Pagi tadi sebelum ke kampus saya mampir ke mesin ATM BRI yang ada di SPBU daerah Demak. Memasukkan ATM, pijit tuts sesuai password, dan klik transfer. Tampak pilihan yang aku artikan sesama bank dan bank lain. Sempat bingung juga, bank apa ya milik tante? Oh iya, bank Danamon. Aku pilih bank lain dan aku masukkan nomor rekening tujuan. Klik sana klik sini setelah memijit jumlah uang tiba-tiba ada tulisan kode bank salah. Waduh, apa-apaan ini?

Kondisi saat itu aku sedang buru-buru, di luar pun sedang turun hujan. Keluarlah aku dari mesin ATM dan menghubungi ibu kalau transfer gagal karena tidak ada kode bank-nya. Aku hubungi pula tante yang aku prediksi saat itu beliau sedang bekerja sehingga tidak bisa membalas SMS ku.

Sesampainya di kampus, aku masih penasaran akan kejadian tersebut. Maksudnya apa ya kok harus memasukkan kode bank. Aku searching aja di google. Ku temukan jawabannya, untuk transfer uang lewat ATM yang berbeda bank ternyata memang harus menggunakan kode bank. Kode bank biasanya diletakkan di depan nomor rekening. Misalnya saja kode bank Danamon itu 011 dan nomor rekeningnya itu 012345678910. Maka pada kotak ”masukkan kode bank dan nomor rekening” langsung pijit tuts 011012345678910. Setelah itu akan muncul pemberitahuan berkaitan dengan bank tujuan, nama penerima, jumlah pengiriman.

Dari mana kamu bisa dapatkan kode bank tujuan? Di mesin ATM ada pilihan "Kode Bank Lainnya", klik saja maka akan muncul banyak kode berbagai bank. Salah satunya bank yang kamu tuju.

contoh RPP kurikulum 2013


Rencana pelaksanaan pembelajaran

Rpp

Satuan pendidikan                   : SD Birrul Walidain
Muhammadiyah Sragen

Kelas /Semester                       : IV/1

Tema                                             : 5. Pahlawanku

Sub Tema                                     : 1. Perjuangan Para Pahlawan /
Pembelajaran 1

Alokasi Waktu                            : 1 x Pertemuan
(6x35 menit)

Waktu

contoh RPP kurikulum 2013


Rencana pelaksanaan pembelajaran

Rpp

Satuan pendidikan                   : SD Birrul Walidain
Muhammadiyah Sragen

Kelas /Semester                       : IV/1

Tema                                             : 5. Pahlawanku

Sub Tema                                     : 1. Perjuangan Para Pahlawan /
Pembelajaran 1

Alokasi Waktu                            : 1 x Pertemuan
(6x35 menit)

Waktu

contoh RPP kurikulum 2013


Rencana pelaksanaan pembelajaran

Rpp

Satuan pendidikan                   : SD Birrul Walidain
Muhammadiyah Sragen

Kelas /Semester                       : IV/1

Tema                                             : 5. Pahlawanku

Sub Tema                                     : 1. Perjuangan Para Pahlawan /
Pembelajaran 1

Alokasi Waktu                            : 1 x Pertemuan
(6x35 menit)

Waktu

Senin, 30 Desember 2013

Menyulam Yuk!

Entah datang dari mana bisikan untuk menyulam datang tapi aku memang ingin menyulam. Lama juga aku tidak menyulam, terakhir menyulam waktu kelas 9 SMP saat membuat taplak meja sebagai persyaratan mengikuti ujian praktik.
Kata mbak wikipedia, bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. Selain benang, hiasan untuk sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung, pita dan payet.
Secara umum, menyulam itu membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:
  1. Jarum
  2. Benang sulam
  3. Pembidang/bentang
  4. Kain
  5. Pola
  6. Pensil 
  7. Gunting

Adapun tusuk yang secara umum digunakan adalah seperti pada gambar di bawah ini. Berkaitan dengan cara pembuatannya adalah:

  1. Jiplak/gambar dahulu pola sesuai dengan keinginan
  2. Ambil kain dan gunakan pembidang yang disesuaikan dengan pola.
  3. Pilih benang sesuai dengan warna dan masukkan dalam lubang jarum.
  4. Sulam dengan tusuk yang sesuai.


Aku yang heboh menyulam, tapi ibu yang sudah mencoba. Hasilnya bagaimana? Hihihi...ngakunya kurang rapi, maklum saja penglihatan ibu sudah agak berkurang. Bunga ini ibu buat dai pola yang aku download dari internet yang kemudian dijiplak ibu. Berkaitan dengan tusuknya menggunakan tusuk pipih. Pertanyaannya sekarang adalah kapan aku mencoba menyulam sendiri? Secepatnya ya? Di sela-sela nyusun skripsi kalau sedang mampet ide nggak ada salahnya untuk menyulam. Rencananya aku ingin menyulam sapu tanganku denga pola namaku sendiri. Kayaknya bagus deh. Yuk, menyulam!

Hasil sulaman ibu. Kalau dari jauh sih bagus, eh dideketin jadi kelihatan kalau nggak rapi.


Header Blog


Iri untuk sesuatu hal yang baik tidak ada salahnya bukan? Terus aku iri tentang apa? Ya, aku iri dengan header blog teman-teman blogger. Punya tekad untuk merenovasi rumah mayaku ini, mau tidak mau aku masih sering ganti-ganti template mencari yang cocok. Kalau kamu yang sering berkunjung ke blog-ku ini (sok laku aja) pasti merasakan perubahan template blog yang secara beruntun. Tapi ya sudahlah..

Kembali ke header blog, setalah tadi berkunjung ke blog teman, idiihh header blognya kok makin kece banget sih. Semakin kuat keinginan ku untuk memiliki header blog yang aku banget. Searching-lah aku di google web, aduh nggak nemu yang oke. Jalan-jalanlah aku di youtube dan nemu video yang satu ini.


Video ini menerangkan bagaimana cara membuat header blog dengan photoscape. Berhubung aku juga memiliki aplikasi photoscape dan ternyata setelah aku menonton video tersebut caranya sangat mudah, langsung deh capcus buat dan alhasil tidak ada 10 menit sudah jadi seperti ini dan segera aku gunakan untuk header blog ku ini. Rencananya mau buat juga untuk header blog ku yang sebelah. Oke, renovasi rumah mayaku mulai berjalan lancar.



Ingat, Batas VerVal NUPTK Tinggal 2 Hari !!!

Mengakhiri tahun 2013 ada yang perlu diingatkan kembali, yaitu VerVal NUPTK. Kegiatan VerVal NUPTK di layanan PADAMU NEGERI dibuka hingga tanggal 31 Desember 2013. Artinya, kesempatan untuk melakukan verifikasi dan validasi tinggal 2 hari ini.

 

image

Terkait dengan VerVal NUPTK baik bagi PTK naungan Kemdikbud atau Kemenag diberlakuan aturan sebagai berikut:

  1. VerVal NUPTK dibuka hingga 31 Desember 2013.
  2. Mulai 1 Januari 2014, seluruh NUPTK yang belum di VerVal akan dibekukan / dinonaktifkan oleh sistem.
  3. Mulai 1 Januari 2014 untuk mendapatkan NUPTK Baru dapat melalui proses Registrasi PTK (PegID) hingga ajuan NUPTK Baru.
  4. Khusus bagi PTK yang mengalami kendala NUPTK tertukar dengan PTK lain selama periode VerVal NUPTK 2013 dapat segera menghubungi LPMP setempat dengan membawa bukti-bukti otentik untuk diproses lebih lanjut oleh LPMP.

Dihimbau kepada seluruh PTK untuk menjaga kerahasiaan password masing-masing, karena aktifitas transaksional pada Layanan PADAMU NEGERI lebih banyak dilaksanakan secara mandiri menggunakan login PTK masing-masing. Adapun Admin/Operator Sekolah, Dinas dan LPMP bertugas sebagai supervisi dalam hal validasi dan verifikasi berkas hingga persetujuan proses transaksi ke sistem sesuai wilayah kerja masing-masing.

Selain itu secara bertahap akan dirilis fitur-fitur baru yang bersifat value added (nilai tambah) baik bagi PTK, Sekolah, Dinas dan LPMP untuk meningkatkan kenyamanan, kecepatan, kemudahan dan akurasi data yang berkesinambungan bagi seluruh pengguna Layanan PADAMU NEGERI.

Semoga Layanan SIAP PADAMU NEGERI dapat memberi banyak manfaat bagi masyarakat pendidikan Indonesia.

 

 

Sumber : PADAMU NEGERI

Minggu, 29 Desember 2013

Tas Vintage Gratis dari Iva Asih

Cewek mana sih yang nggak suka sama tas? Apalgi yang ini tas vintage. Kamu mau, gratis nih! Iya beneran gratis, gratis yang bersyarat tentunya. Tapi tenang saja, Iva Asih memberikan syarat yang nggak susah-susah banget kok, asalkan kamu punya blog, facebook, twitter, dan instagram juga bisa.



Syarat yang nggak susah tapi nantinya akan ada 3 pemenang yang hadiahnya boleh memilih sendiri model tas vintage yang diinginkan. Ajiiib.....Yuk buruan ditengok infonya lebih lanjut!DI SINI.

Sabtu, 28 Desember 2013

leadership itu

VISIONER mempunyai porsi 33%
ENERGIZING PEOPLE  31 %

COMMUNICATION 21%

KHARISMA 8%

SKILL 7%


Jumat, 27 Desember 2013

Limomade & KuCinta Handmade GA

Cihuuyyy! Sebentar lagi sudah tahun baru (ngitung jari). Kamu ada acara apa? Mau ke luar hang out dengan teman-teman? Menghabiskan waktu dengan keluarga saja di rumah? Nonton film seharian? Atau mau tidur cantik di kamar saja? Whatever lah ya?


Ssssttttt.....! Ada kabar baik nih buat kamu yang melewati tahun baru dengan sesuatu yang beda. Apa itu? Tidur cantik. Senyaman-nyamannya tidur kalau tanpa bantal mana tahan. Nah ini ada yang lagi baik banget nih, Limomade dan KuCinta Handmade sedang punya gawe. Bagi-bagi bantal  di bawah ini buat kamu yang beruntung. Mau tahu gimana cara dapetinnya. Langsung cek aja di SINI!




Seteguk Air di Padang Gersang

Alkisah dalam shohih Bukhori dan Muslim diceritakan bahwa ada seorang "pelacur" yang menemukan seekor anjing yang sedang kehausan dan hampir menemui ajalnya di tengah padang pasir yang luas membentang dan sengatan panasnya matahari yang membakar. Lidahnya terjulur-julur menandakan haus yang tak tertahankan. Melihat hal tersebut muncullah rasa iba dalam hati sang pelacur sehingga ia tergerak untuk memberikan pertolongan pada anjing tersebut. Ia segera melepas sepatu yang dikenakanya, lalu tanpa mempedulikan bahaya yang mungkin terjadi, ia menuruni sumur yang curam untuk mengambil air dengan sepatunya dan diminumkan kepada anjing yang kehausan itu. Akhirnya anjing itu terhindar dari maut yang mengancamnya. Dalam riwayat itu diceritakan bahwa perbuatan ini diterima sebagai amal baik di hadapan Alloh, dan berkenan memasukkan wanita itu ke dalam surga-Nya.

Saudara-saudaraku,
Betapa indahnya kisah kasih sayang ini, sekecil apapun yang kita lakukan dan bahkan oleh wanita “tuna susila” kepada hanya seekor anjingpun bisa menjadi perantara menggapai surga-Nya. Dalam kehidupan ini terkadang kita sering melupakan apa yang telah kita miliki dan terus memikirkan apa yang tidak kita punya. Apa yang dianggap tidak berharga oleh seseorang ternyata merupakan dambaan bagi orang lain, ibarat seteguk air di padang gersang.

Saudara-saudaraku,

Ketahuilah! Bahwa kita diperintah-kan oleh Alloh untuk mengeluarkan sebagian dari harta kita sebagai prasyarat sebagai orang yang bertakwa (muttaqin). Pengeluaran harta dalam Al-Qur’an ada tiga karakteristik. Pertama, wajib dan harus dikeluarkan dengan berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku, inilah yang disebut zakat. Kedua, sesuatu yang bukan zakat dan hati tidak merasa berat untuk mengeluarkannya karena memang mudah, yaitu berinfak di kala senang atau ada kelapangan rizki. Ketiga, infak yang tidak wajib, tetapi hati merasa berat untuk mengeluarkanya. Inilah infak yang paling sulit, berinfak di kala kondisi susah dan kesulitan rizki. Namun pahalanya sangat besar dan orang yang melakukannya mendapat pujian dari Alloh. Gambaran ini diungkap dalam surat Ali Imron: 134, sebagai ciri khusus bagi orang yang bertakwa, yaitu berinfak di kala senang dan susah.
Bahkan dalam surat Ath-Tholaq: 7, Alloh berfirman yang artinya, “… dan orang yang disempitkan rizkinya, hendaklah ia memberikan dari harta yang diberikan Alloh kepadanya …”. Dari ayat tersebut, kita diperintahkan berinfak justeru saat lagi kesulitan uang. Subhaanalloh, Alloh tidak akan pernah mengingkari janji-Nya.
Oleh karena itu, kalau kita sedang susah dan kesulitan keuangan maka bershodaqohlah dan berinfaklah, Alloh akan mendatangkan kemudahan dan rizki dari tempat yang tak terduga, dapat menolak bala’ dan kesusahan. Kalau seseorang banyak menolong orang lain, dia akan mendapatkan buahnya dengan banyak ditolong orang lain di kala kesulitan. Barangsiapa senang berinfak dan bershodaqoh di kala senang dan susah, pasti Alloh akan menolongnya, Walloohu fii “aunil ‘abdi maa kaanal ‘abdu fii ‘auni akhiihi, Alloh selalu menolong seorang hamba selama hamba itu mau menolong saudaranya”. Bahkan di akhir ayat 7 dari surah Ath-Tholaq, Alloh meyakinkan terhadap orang-orang yang berinfak di kala susah dengan kalimat, … sayaj’alulloohu  ba’da ‘usrin yusroo, Alloh kelak akan memberikan kelapangan sesudah kesempitan”.

Saudara-saudaraku,
Zakat, infak, dan shodaqoh merupakan ibadah yang memiliki dimensi ganda, transendental dan horisontal. Oleh karena itu zakat, infak, dan shodaqoh memiliki banyak arti dalam kehidupan manusia, terutama umat Islam, memiliki banyak hikmah, baik berkaitan dengan hubungan manusia dengan Alloh, maupun hubungan kemasyarakatan dengan manusia. Zakat, infak, dan shodaqoh merupakan ibadah maaliyah yang mempunyai fungsi kompleks sebagai bentuk pemerataan karunia Alloh, perwujudan solidaritas sosial, pembuktian ukhuwah islamiyah (persaudaraan islam), pengikat persaudaraan ummat, dan media penghubung antara golongan kuat dan lemah.
Sungguh kebanyakan diantara manusia tidak memahami betul manfaat Zakat, infak, dan shodaqoh, karena yang ada dalam pikiran mereka adalah ketakutan akan berkurang hartanya jika dikeluarkan untuk bershodaqoh atau berbagi dengan sesama yang kurang beruntung. Padahal Rosululloh SAW bersabda: “Siapapun yang dibuat kaya oleh Alloh dan tidak membayarkan zakat kekayaannya, maka pada hari kiamat kekayaannya akan diubah menjadi ular beracun dengan dua tanda hitam di atas matanya. Ular itu akan melilit lehernya dan berkata, ‘Akulah kekayaanmu, akulah hartamu’. Kemudian Nabi Muhammad SAW membacakan ayat (artinya): ‘Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karuniaNya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan’. QS. Ali Imron: 180.” (HR. Bukhori).
Namun bagi orang yang beriman dan yakin akan janji Alloh, mereka tidak pernah merasa ragu dan khawatir untuk membelanjakan hartanya di jalan Alloh. Bahkan mereka meyakini bahwa apa yang mereka keluarkan akan dibalas dan diganti oleh Alloh dengan balasan yang berlipat ganda. Tidakkah kita sering mendengar ayat Alloh: Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir (berbuah) seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqoroh: 261)

Saudara-saudaraku,
Masihkah kita ragu dan sangsi dengan janji Alloh? Ataukah kita telah menutup mata hati kita dan berpaling dari ayat-ayat Alloh? Hati yang di dalamnya ada tauhid Alloh, mengerti tentang Alloh, mencintai-Nya, beriman kepada-Nya, dan membenarkan janji-Nya tidak akan pernah merasa ragu dan sangsi. Dan Alloh memberikan pertolongan-Nya kepada yang dikehendakinya. “Dan kemenanganmu hanyalah dari Alloh Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (Ali Imron: 126)
Syetan tidak dapat mengganggunya kecuali dengan senjata yang dimilikinya, yang denganya ia masuk dalam hati. Dalam hati seperti ini syetan mendapati senjata-senjatanya yang berupa syahwat, syubhat, khayalan-khayalan, angan-angan dusta, dan ketakutan-ketakutan yang tak beralasan yang berada dalam hati.
Saat memasukinya, syetan mendapati senjata-senjata tersebut dan mengambilnya serta menjadikannya menetap dalam hati. Apabila seorang hamba mempunyai benteng keimanan yang dapat mengimbangi serangan tersebut, dan kekuatannya melebihi kekuatan penyerangnya, maka ia akan mampu mengalahkan tipu daya syetan. Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Alloh semata.

Saudara-saudaraku,
Tidak ada dalam sejarah di masa lalu dan yang akan datang, bahwa orang yang membelanjakan hartanya di jalan Alloh akan jatuh miskin. Kalau harta anda ingin berkembang dan bertambah terus, maka zakatlah…!!! Insya Alloh harta anda akan bertambah dengan banyak tawaran bisnis kepada anda. Dan kalau anda kesulitan keuangan, berinfaklah…!!! Insya Alloh akan banyak teman datang membawa rizki kepada anda. Dan kalau anda ingin terbebas dari bala’ dan musibah, bershodaqohlah…!!! Insya Alloh anda tidak akan tersentuh olehnya. Buktikanlah…!!! Dengan penuh keyakinan.


Kamis, 26 Desember 2013

Download BIOS Ujian Nasional (UN) SD Tahun 2014

Pendataan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2013/2014 segera dilakukan. Softwere BIOS UN Tahun Pelajaran 2013/2014 untuk Kota Surabaya dapat di download di blog ini. Untuk lebih memudahkan entry data Peserta Ujuan Nasional khusus untuk SD dapat diisi dahulu format excelnya, ini dimaksudkan untuk jaga-jaga terjadi kerusakan data.
Langkah-langkah Upload file biodata Excel ke Software BIOS UN TP. 2013/2014:
a.  Download BIOS UN TP. 2013/2014 yang sudah di susun sesuai dengan struktur filenya.
b.   Buat Format excel dari software BIOS diatas atau dapat didownload di sini
c.   Dari menu Export/Import Klik Kabupaten yang sesuai kemudian klik sekolah Anda.
d. Klik import Excel, jika tidak ada kesalahan pengisian data maka ada pemberitahuan upload sukses.
e.   Jika aplikasi tidak bisa Import, maka entry secara manual.
f.     Data yang tidak perlu dientry:
1.     Kd. Pes
2.     Cek Digit
3.     Nopes
4.     Tanggal Lengkap
5.     Keterangan
6.     Nopes Mengulang
7.     No. Seri Ijazah
8.     No. Seri SKHUN 
g.  File DBF dan Rekap CaPesUN dikirimkan paling lambat tanggal: 
   30 Desember 2013 ke email: uptdbubutan@gmail.com

Demikian langkah-langkah upload file excel ke BIOS UN SD Tahun Pelajaran 2013/2014.


Pendataan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2013/2014 segera dilakukan. Softwere BIOS UN Tahun Pelajaran 2013/2014 untuk Kota Surabaya dapat di download di blog ini. Untuk lebih memudahkan entry data Peserta Ujuan Nasional khusus untuk SD dapat diisi dahulu format excelnya, ini dimaksudkan untuk jaga-jaga terjadi kerusakan data.
Langkah- langkah Upload file biodata Excel ke Software BIOS UN TP. 2013/2014:
a.  Download BIOS UN TP. 2013/2014 yang sudah di susun sesuai dengan struktur filenya.
b.   Buat Format excel dari software BIOS diatas atau dapat didownload di sini
c.   Dari menu Export/Import Klik Kabupaten yang sesuai kemudian klik sekolah Anda.
d. Klik import Excel, jika tidak ada kesalahan pengisian data maka ada pemberitahuan upload sukses.
e.   Jika aplikasi tidak bisa Import, maka entry secara manual.
f.     Data yang tidak perlu dientry:
1.     Kd. Pes
2.     Cek Digit
3.     Nopes
4.     Tanggal Lengkap
5.     Keterangan
6.     Nopes Mengulang
7.     No. Seri Ijazah
8.     No. Seri SKHUN 
g.  File DBF dan Rekap CaPesUN dikirimkan paling lambat tanggal: 
    30 Desember 2013 ke email: uptdbubutan@gmail.com

Demikian langkah-langkah upload file excel ke BIOS UN SD Tahun Pelajaran 2013/2014.


Tirai dari Gelas Air Mineral/Minuman Ringan


Alat dan bahan
Apakah kamu saat ini sedang menganggur? Tidak ada kerjaan dan ingin melakukan sesuatu yang tentunya bermakna. Nah, aku ingin menawarkan kegiatan yang cukup bermakna yaitu membuat tirai dari gelas air mineral/minuman ringan. Selain menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, membuat tirai ini sama artinya kamu juga menyelamatkan bumi dari sampah lho.

Gelas air mineral/minuman ringan apa saja yang bisa digunakan? Yang berwarna seperti Ale-Ale, Teh Gelas, Mountea, dll. Gelas air mineral yang bening juga bisa. Dari mana kamu bisa menemukan gelas air mineral/minuman ringan itu dalam jumlah yang banyak? Biasanya di setiap acara resepsi pernikahan, hajatan, seminar, arisan, acara karang taruna pasti ada banyak sampah gelas air mineral, kenapa tidak diminta saja? Kalaupun ingin membeli juga bisa. Terakhir kali aku membeli di tempat pengepul barang bekas, Rp 2.500 bisa dapat 1 kg gelas air mineral (berwarna). Isinya ada sampai 100 gelas. Kalau bahan sudah ada sekarang bagaimana cara membuatnya?

Tirai dari Gelas Air Mineral/Minuman Ringan
Alat dan Bahan:
  1. Gelas air mineral/minuman ringan
  2. Gunting
  3. Staples
  4. Silet/cutter

Cara Membuat Tirai dari Gelas Air Mineral/Minuman Ringan:
1. Cuci bersih gelas air mineral/minuman ringan.
2. Bersihkan sisa-sisa tutupnya dengan silet/cutter.
Bersihkan sisa plastik yang masih terlihat tidak rapi

Sudah rapi kan?
3. Pisahkan lingkaran (ring) gelas air mineral/minuman ringan dengan silet/cutter.

Pisahkan dengan silet/cutter, hati-hati ya?

Setelah dipisahkan seperti ini nih

4. Bersihkan sisa-sisa bagian gelas air mineral/minuman ringan dari lingkaran (ring) dan gelas yang masih utuh dengan silet/cutter.

Nggak rapi kan? Yuk digunting pelan-pelan.

Setelah dirapikan

Gelasnya nggak rapi kan, segera rapikan.

Penampakan setelah rapi.

5. Gunting sisi gelas yang sebelumnya dihimpit terlebih dahulu menjadi 8 bagian.

Dihimpit agar ketika digunting hasilnya bisa rapi

Menjadi 8 bagian

6. Balik, dan lipat 3 bagian sisi gelas kemudian staples. Lakukan juga sisi lainnya dan sisakan 2 bagian.

3 bagian kemudian distaples

Jadi bentuk bunga

7. 2 bagian yang masih sisa kaitkan dengan ring (distaples), sebaliknya juga.

Kaitkan dengan ring

8. Susun sampai jumlah atau panjang sesuai keinginan.

Begini nih hasilnya
Agar lebih cantik, tempelkan kertas atau gambar di tengahnya.

Cantiknya :)

Bagaimana mudah bukan? Tunggu apalagi? Segera selamatkan bumi dan buatlah karya yang bisa menghiasi umahmu. Selamat mencoba :)



PENGUMUMAN HASIL SELEKSI CPNS 2013 BKN

Hasil Pengolahan TKD Seleksi CPNS Tahun 2013

Pengumuman Hasil Pengolahan TKD Seleksi CPNS 2013 dapat dilihat berdasarkan pencarian No. Peserta  DI SINI


Rabu, 25 Desember 2013

Aku Wisuda April 2014

Saat itu, 27 Nopember 2013

Sumber gambar di sini

“IPK kamu berapa?” tanya dewan penguji kepadaku. “Ada 3,7?” lanjutnya.
“Ada, Pak!” jawabku tegas.
“Kerjakan skripsimu dengan sungguh-sungguh, April nanti kamu bisa ikut wisuda.” 

Pujian demi pujian diutarakan oleh dewan penguji seminar proposal skripsiku. Terimakasih ya Allah... Siapa yang tak bahagia? Ingin rasanya aku segera lari, lari dari ruangan tersebut dan pulang ke rumah untuk bertemu dengan ibu.

“Terimakasih doamu, Bu.”

Bagaikan lampu hijau yang benderang, di saat teman-teman menuntut wisuda di bulan April dan justru mereka diminta mundur oleh pihak kampus, tapi aku justru ditawari? Aku tak mau menyia-nyiakan kesempatan ini. Wisuda di bulan April 2014 menjadi resolusi 2014 pertama yang ingin aku wujudkan. Desiran darah beraroma semangat wisuda begitu mendidih dalam tubuhku.

Belajar dari pengalam menyusun proposal skripsi kemarin, ada beberapa hal yang jadi ancang-ancangku untuk segera merealisasikan resolusiku tersebut. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Sholat fardhu nggak boleh bolong-bolong, rajin mengaji, sholat malam jangan absen terus.
  2. Manajemen waktu harus lebih top markotop.
  3. Tak boleh malu bertanya dan meminta bantuan kepada kakak kelas atau mereka yang telah berpengalaman menyusun skripsi.
  4. Tak boleh bermalas-malasan ngapelin dosen pembimbing.
  5. Tak boleh takut, ewuh (nggak enakan) untuk menghubungi dosen pembimbing.
  6. Banyak berkunjung ke perpustakaan untuk membaca buku dan jurnal.
  7. Lebih banyak berdiskusi dengan teman berkaitan dengan tetek bengek skripsi.
  8. Selalu mengawali apapun dengan bismillah, dan diakhiri
  9. Alhamdulillah...

Sebenarnya banyak sekali perdebatan di antara pihaki nternal kampus apabila nantinya aku (teman-teman se-angkatan) bisa wisuda di bulan April 2014. Aku ini mahasiswa PGSD (jalur keguruan), misalnya April nanti aku sudah bisa wisuda itu artinya kuliahku hanya 3,5 tahun. Padahal selama ini belum ada mahasiswa keguruan yang lulus dengan jenjang kuliah hanya 3,5 tahun. Hal itulah yang menjadi suatu masalah.

Aku percaya, jika Allah telah berkehendak apapun bisa saja terjadi. Meminjam petuah dari guru SMA ku, “Nikmati masa kuliahmu dan wisudalah di waktu yang tepat.” Ya, sebelum aku tahu kehendak Allah atas wisudaku, aku pun akan berusaha melakukan yang terbaik. Aku akan menikmati proses ini sebagai jalan hidupku sebelum aku benar-benar siap untuk membayar hutang negara ini untuk mencerdaskan anak bangsa.

Wisuda April 2014? Semoga! Aamiin.




NB: 346 kata termasuk judul postingan.

Selasa, 24 Desember 2013

Kecil-Kecil Jatuh Kok Cinta



Cinta itu anugerah. Siapapun berhak merasakan apa itu cinta.
Cinta tak pernah pandang bulu.
Datangnya cinta juga kurang ajar, di mana dan dengan siapa, terserah.

Aku rasa zaman sekarang pun anak usia PAUD sudah ada yang jatuh cinta. Betul tidak? Jadi kalau tahun 1999-an pas aku duduk di kelas 2 SD sudah jatuh cinta boleh juga kan? #boleh!

Layaknya, aku sebut cintaku dulu itu cinta monyet. Akan tetapi, Wikipedia mengartikan cinta monyet itu adalah perasaan cinta yang terjadi antara sepasang anak muda yang masih dalam masa remaja. Masa remaja? Aku saat itu masih kelas 2 SD, jadi bukan cinta monyet, melainkan cinta anak monyet.

Cinta yang aku kenal saat itu hanyalah sebuah perasaan deg-deg-an tiap kali saling berpandangan atau saat berpapasan dengannya. Tiap kali mendapatkan senyumannya, alamaak langsung panas pipiku dan salah tingkah. Bisik-bisik dengan teman sebangkuku adalah pelarian yang manjur. Itulah cinta dalam artianku. Ah, kalau mengingatnya aku hanya bisa nyengir.

Namanya Joko Samudro. Anak baru pindahan dari Solo. Pertama masuk kelas, dia berkenalan layaknya cerita anak sekolahan seperti di sinetron-sinetron masa kini. Dari perkenalan itu, aku memiliki panggilan sayang untuknya, Jojo (dia dulu kayak Joshua, sekarang???)

“Anak Mami!”

Jojo memang mendapat julukan anak mami. Setiap hari dijemput ibunya di depan kelas. Mungkin dulu aku juga termasuk yang memberikan julukan seperti itu. Tapi sekarang sih tahu kenapa Jojo selalu dijemput, maklum anak baru.

Jojo itu pemalu, makanya dia tak cepat punya teman. Hal itu diperparah lagi dengan keberadaan teman-teman cowok di kelasku yang hobi banget nge-bully. Dia salah satu korbannya. Melihat Jojo (orang lain juga) di-bully, siapa yang tahan? Datanglah aku sebagai pahlawan kesiangan. Dengan ketomboy-an yang melekat dalam diriku, aku sering belain Jojo di depan anak-anak cowok (nyengir lagi kalau ingat). Jangan dibayangin ya kalau Jojo kemudian jatuh cinta padaku karena sudah aku bantuin waktu dijahilin teman-teman. Yang ada Jojo justru sangat dingin.Tak tahu terimakasih dan sok cool, menurutku.

Foto jadul. Coba tebak aku yang mana?
Hihihi...yang topi putih itu lho.
Tomboy banget kan?
Sedingin apapun Jojo, aku malah semakin penasaran (aku kalau ingat malah nyengir lagi). Setiap di kelas aku sering curi-curi pandang ke arah Jojo. Sayangnya, tak selalu ku dapati Jojo juga memandang ke arahku (kasian banget aku). Sekali berpapasan, akunya malah gelagapan sendiri. Idiih.. anak kecil woy!

Teknologi saat itu tak secanggih masa kini, sudah beberapa bulan (aku lupa) dia ada di sekolah aku makin beringasan. Ku nanti dia di depan kelas sambil tanganku menggenggam sesuatu.

“Joko, iki surat kanggo kowe (ini surat buat kamu).”

Di depan teman-teman aku memberikan surat cinta kepada Jojo. Bukan Jojo namanya kalau nggak sok cool. Jojo tidak mau menerima suratku. Aku sedikit memaksa, dan tahu apa yang dia lakukan? Membuka surat itu saja tidak tapi dia langsung merobek dan dibuangnya di tempat sampah. Apakah aku malu? Jangan ditanya!!!

Seingatku, semenjak kejadian itu aku jadi nggak respect dengan Jojo. Biasa saja, mungkin karena patah hati juga. Berbeda dengan teman-teman, justru mereka sangat ramai memasangkan aku dengan dia. Seringkali aku lihat ada teman yang menulis di papan tulis, Ika CS (cinta selalu) Joko. Hah! Anak-anak (kenapa aku baru sadar sekarang ya?)! Sampai saat kami kelas 6 SD ujung-ujungnya justru dia yang ngejar-ngejar aku. Dia baru tahu kali ya kalau aku ini begitu menggoda (Hahahaha). 

Yang masih ku ingat tentang Jojo, kita pernah naik sepeda berdua, pakai payung berdua. Hahaha, ceritanya dulu kita les privat pada guru yang sama. Setiap hari dia jemput aku, sumpah! Kalau malam pun dia sering belajar bersama di rumahku (Aku nyengir lagi nih). Dia juga pernah memberikan hadiah coklat padaku. Bahkan ketika aku ulang tahun dia memberikan tempat pensil yang diberi nama JIKA (Joko dan Ika). Kita juga punya lagu favorit, Jikustik dengan judul Puisi.



Apakah cerita cintaku ini happy ending atau mungkin sad ending?

Dulu, satu minggu setelah ujian sekolah, dia menitipkan surat kepada Mas Rasad (tetanggaku sekaligus teman sekelasku juga). Mau tahu isinya apa? Iya, dia bilang suka denganku. Senangnya hatiku. Seperti ada bunga sepatu yang terbang di belakangku. Tapi kebahagiaan itu tak sampai di tanda titik akhir surat darinya. Surat itu sekaligus penyampai salam perpisahan dari Jojo. Jojo kembali ke Solo.

Rasanya saat itu aku benar-benar sadar dan bisa merasakan apa itu patah hati. Sangat pedih. Anak berusia 12 tahun sudah tahu apa itu ditinggalkan tanpa pamit, digantung (Aku ini dewasa sebelum waktunya deh)? Di sinilah aku merasakan peran bapak dan ibu yang begitu besar. Mereka selalu memotivasiku untuk fokus sekolah. Mereka memilihkan sekolah yang terbaik untukku dan di sekolah baru ini aku harus belajar sungguh-sungguh agar tetap bisa di berada di kelas unggulan.

Satu bulan, dua bulan, setiap kali weekend Jojo sering pulang ke rumah, dia juga main ke rumahku, tiga bulan tidak ada kabar, sampai akhirnya dia lenyap. Terakhir kali bertemu dengan Jojo satu tahun lalu. Deg-deg-an, perasaan itu masih ada. Tapi tak seperti dulu. Dari cerita Jojo, ku tahu saat ini Jojo kuliah di salah satu sekolah kesehatan di Semarang.

Aku punya cerita jalan hidupku, begitu dengan Jojo.
Dia hanya kenangan.

Tulisan ini dikutsertakan dalam #GivewayBlogMamad

Pengumuman Hasil TES CPNS Kabupaten Jember

Berikut ini adalah hasil CPNS Kabupaten Jember 


Hasil Tes CPNS Kab. Tuban


PENGUMUMAN LULUS UJIAN SELEKSI PENERIMAAN CPNSD KAB. LOMBOK UTARA TAHUN 2013

Daftar Pelamar yang dinyatakan Lulus Ujian Seleksi Penerimaan CPNSD Kab. Lombok Utara Tahun 2013 dapat di unduh DI SINI

Sumber: HASIL SCAN DARI RADAR LOMBOK UTARA  HAL. 10 TANGGAL 24 DESEMBER 2013 PUKUL 09.30 WITA.

Hasil CPNS KABUPATEN KEDIRI


Hasil CPNS PROV. DIY (JOGJA)

Bagi temen-temen yang telah mengikuti Tes CPNS di Prov. DIY pasti tidak sabar untuk mengetahui hasilnya, berikut ini daftar peserta yang dinyatakan lolos TKD.




HASIL CPNS KABUPATEN MADIUN

Berikut ini adalah hasil CPNS KABUPATEN MADIUN yang tertera di Koran Jawa Pos


Pengumuman CPNS KOTA BLITAR

Sehubungan dengan telah diterimanya nilai Tes Kompetensi Dasar Seleksi
CPNS Daerah Kota Blitar Tahun 2013 dari PANSELNAS sesuai surat tanggal 18
Desember 2013 nomor : R/681/M.PAN-RB/12/2013 perihal Penyampaian Daftar Nilai TKD
Seleksi CPNS Tahun 2013 Dari Pelamar Umum dan berdasarkan Keputusan Walikota
Blitar nomor : 811/159/410.201.2/2013 tanggal 23 Desember 2013 perihal Penetapan
Kelulusan Ujian Tulis CPNS Daerah Kota Blitar Tahun 2013.

Untuk mengetahui nama-nama peserta yang lolos Tes tulis bisa dilihat di

blitarkota.go.id/dokumen/cpns/cpns-2013.pdf

Senin, 23 Desember 2013

Cerita Bercinta paling Dicari



Wow, ternyata banyak banget ya yang search artikel cerita bercinta?

Kenapa kalimat pembuka postinganku kali ini seperti itu? Apalagi kalau bukan bukti seperti gambar berikut ini.



Ini adalah laman dalam blog ku yang sering kali aku cek untuk tahu kata kunci apa yang sering dicari dan nyangkut pada blog ku. Tercengang, ya pasti dong! Bagaimana tidak, ternyata dari 74 juta (republika.co.id) pengguna internet di Indonesia setiap harinya paling minim 300-an orang yang men-search kata cerita bercinta.

Tepat memang kalau Warung Blogger kemarin mengadakan eventPKK yang berusaha untuk menggerus artikel-artikel berbau porno. Banyak sekali blogger yang ikut serta dalam event ini. Salah satunya adalah artikel dalam blog ku ini dengan judul Cerita ABG: Asyiknya Bercinta. Namun sayangnya, event ini belum ditindak lanjuti lagi. Jangan sampai berhenti sampai di sini!

Kalaupun Warung Blogger belum bisa menindak lanjuti eventtersebut, kenapa tidak dari diri kita sendiri? Yuk, kubur dalam-dalam artikel berbau porno dengan artikel yang informatif dari kita! Siaap!


Arsip Blog