Jumat, 31 Januari 2014

Angan-angan dan Harapan Orang Hidup dan Orang Mati

Setiap manusia di dunia ini memiliki angan-angan yang ingin direalisasikan menjadi sebuah kenyataan. Kebanyakan angan-angan itu tertuju pada meraih jabatan tinggi, harta berlimpah, istri cantik jelita nan mempesona, rumah luas dengan fasilitas lengkap nan mewah dan berbagai kenikmatan dunia lainnya yang diimpikan banyak orang.
Di sisi lain, ada si miskin yang ingin menjadi kaya raya; ada si sakit yang ingin segera sembuh dari sakitnya dan bisa kembali menikmati dunia; dan ada si kaya yang sangat benci kemiskinan tapi terus merasa dirinya miskin, sehingga semangatnya untuk menambah kekayaan tidak pernah rapuh.
Memang benar apa yang disabdakan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa angan-angan manusia di dunia tidak akan pernah habis sampai mereka masuk ke dalam kubur:
لَوْ أَنَّ لِابْنِ آدَمَ وَادِيًا مِنْ ذَهَبٍ أَحَبَّ أَنْ يَكُوْنَ لَهُ وَادِيَانِ وَلَنْ يَمْلَأَ فَاهُ إِلَّا التُرَابُ وَيَتُوْبُ اللهُ عَلَى مَنْ تَابَ
Seandainya seseorang memiliki satu lembah emas, niscaya dia ingin memiliki dua lembah emas lagi, dan tidak ada yang bisa memenuhi mulutnya kecuali debu (tidak ada yang bisa menghentikan keinginannya kecuali kematian) dan Allah menerima taubat orang yang bertaubat (HR. Bukhari)
Namun bagaimanapun angan-angan di dunia ini selama masih ada kesempatan, maka masih bisa di usahakan dan masih ada kemungkinan menjadi sebuah kenyataan. Yakni dengan melakukan sebab-sebab yang sudah ditetapkan oleh Allah.
Pada kesempatan ini, saya tak hendak mengajak pembaca sekalian untuk memiliki angan-angan dunia yang muluk-muluk, tapi saya hendak mengajak agar kita merenungi angan-angan sebagian orang yang sudah tidak memiliki kesempatan lagi untuk merealisasikannya. Angan-angan mereka sudah terputuskan dari sebab. Mereka adalah orang yang sudah meninggal dunia.
Mungkin ada yang bertanya, apa yang menjadi angan-angan mereka? Setelah melihat kenikmatan atau siksaan Allah Subhanahu wa Ta’ala terpampang di mata mereka? Masihkah mereka menginginkan kenikmatan dunia yang telah banyak menyita perhatian manusia?
Orang-orang yang sudah meninggal dunia itu bermacam-macam, ada yang baik dan ada pula yang buruk; ada yang shalih dan ada pula yang sebaliknya; ada yang ditangisi kematiannya oleh manusia dan ada pula yang diharapkan kematiannya. Masing-masing orang ini memiliki angan-angan yang berbeda. Angan-angan mereka ini telah dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala, semisalnya :
Pertama; orang-orang shalih ingin segera di bawa ke kuburannya setelah meninggalnya;
Disebutkan dalam shahih al-Bukhari dari hadits Abi Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu:
إذَا وُضِعَتْ الْجِنَازَةُ فَاحْتَمَلَهَا الرِّجَالُ عَلَى أَعْنَاقِهِمْ فَإِنْ كَانَتْ صَالِحَةً قَالَتْ : قَدِّمُونِي قَدِّمُونِي ، وَإِنْ كَانَتْ غَيْرَ صَالِحَةٍ قَالَتْ : يَا وَيْلَهَا أَيْنَ يَذْهَبُونَ بِهَا ، يَسْمَعُ صَوْتَهَا كُلُّ شَيْءٍ إِلَّا الْإِنْسَانَ وَلَوْ سَمِعَهَا الْإِنْسَانُ لَصَعِقَ
Apabila jenazah sesorang diletakkan lalu orang-orang mengangkatnya di atas pundak-pundak mereka, maka jika orang itu baik, dia berkata; segerakanlah aku, segerakanlah aku, sedangkan jika tidak baik, ia berkata; celaka, hendak kemana mereka pergi? Ungkapan ini di dengar suaranya oleh semuanya kecuali manusia, seandainya dia juga mendengar tentu pingsan.
Kedua; Orang-orang berdoa agar kiamat dipercepat
Disebutkan dalam hadits yang panjang yang dikeluarkan imam Ahmad dalam Musnadnya bahwa ketika seorang di dalam kubur bisa menjawab pertanyaan dua malaikat kemudian datang kabar gembira dari Allah Subhanahu wa Ta’ala bahwa dia termasuk penghuni surga, maka hamba tersebut memohon agar hari kiamat dipercepat kedatangannya.
Ini adalah angan-angan orang shalih setelah melihat tempatnya di surga, padahal hari kiamat adalah hari yang tersulit dan terberat bagi manusia. Ini sangat berbeda dengan kaum munafik dan orang orang kafir. Mereka memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar hari kiamat tidak datang, padahal di dalam kubur mereka mendapatkan siksa yang sangat pedih. Namun karena mereka tahu bahwa siksa di neraka itu jauh lebih menyakitkan dan lebih pedih, sehingga mereka lebih memilih tetap disiksa di dalam kuburnya.
Ketiga; Angan-angan orang yang mati syahid
Shahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu meriwayatkan dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sabda beliau berbunyi;
مَا أَحَدٌ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ يُحِبُّ أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا وَلَهُ مَا عَلَى الْأَرْضِ مِنْ شَيْءٍ إِلَّا الشَّهِيدُ يَتَمَنَّى أَنْ يَرْجِعَ إِلَى الدُّنْيَا فَيُقْتَلَ عَشْرَ مَرَّاتٍ لِمَا يَرَى مِنْ الْكَرَامَةِ
“Tidak ada seorangpun yang masuk surga kemudian ingin kembali ke dunia kecuali orang yang mati syahid, dan dia tidak menginginkan apapun di dunia kecuali mati syahid. Dia berangan-angan untuk kembali ke dunia kemudian terbunuh sebanyak sepuluh kali, ini disebabkan oleh kemuliaan (keutamaan mati syahid) yang dia saksikan.” (HR. Bukhori)
Inilah sebagian dari angan-angan orang yang telah melihat kemuliaannya di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala meski ingin kembali ke dunia, namun angan-angan mereka tidak ada hubungannya dengan dunia dan kenikmatannya sedikitpun. Mereka ingin kembali untuk menambah amalan agar kemuliaan mereka bertambah di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala
Demikianlah beberapa angan-angan orang-oarng shalih yang sudah meninggal dunia, lalu bagaimana angan-angan orang yang lalai semasa hidup mereka di dunia? Diantara angan-angan mereka adalah:
Pertama, yaitu mengeluarkan sedekah.
Seseorang yang akan meninggal dunia berangan-angan untuk hidup kembali dan mengeluarkan sedekah dan menjadi orang shaleh, sebagaimana diceritakan oleh Allah dalam Alquran (yang artinya):
وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ
Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang shaleh?” (QS. al-Munafiqun: 10)
Ibnu Katsir rahimahullahberkata “Setiap orang yang lalai (di masa hidupnya) pasti akan menyesal di saat nyawanya akan dicabut. Ia memohon agar umurnya di perpanjang walau hanya sesaat untuk melaksanakan amal shaleh yang selama ini ia tinggalkan.”
Kedua, melaksanakan amal shaleh
Angan-angan terbesar orang yang sudah meninggal dunia adalah bisa hidup kembali dan melaksanakan amal shaleh;
حَتَّى إِذَا جَآءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتَ قَالَ رَبِّ ارْجِعُونِ {99} لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ
“(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seorang dari mereka, dia berkata:”Ya Rabbku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan.” (QS. al-Mukminun: 99-100)


[Download] Game Belajar Berhitung

Untuk mempermudah puter-puteri anda mengenal angka berikut ini bisa anda download game sederhana mengenal angka. Game yang saya beri nama “Ayo Belajar Berhitung” ini diperuntukkan bagi buah hati yang baru akan mengenal angka 1-10. Game ini dalam bentuk file flash (swf) yang berukuran sangat kecil yaitu 46 KB, sehingga bisa dijalankan disemua perangkat yang terinstal swf player maupun melalui media player (GOM player ataupun Windows Media Player Classsic).

game belajar berhitung

Download : Game Ayo Belajar Berhitung [klik di sini]

Kamis, 30 Januari 2014

Tips Sukses Seminar Proposal

Artikel ini aku khususkan untuk teman-teman satu perjuanganku di PGSD Universitas Muria Kudus angkatan tahun 2010. Kemunculan artikel ini bukan bermaksud untuk menggurui, hanya sekedar berbagi pengalaman karena kebetulan aku sudah (pernah) mengalaminya. Senang hati apabila ada tambahan informasi dari teman-teman yang (juga) memiliki pengalaman seminar proposal.

Sebelumnya aku akan mengulas sedikit tentang proposal ya? Proposal itu ibarat rencana kita sebelum melakukan penelitian. Perlu diingat, jangan pernah takut melakukan kesalahan saat menyusun proposal. Milih mana salah di proposal atau setelah selesai skripsi? Maunya ya nggak salah ya?

Kembali ke proposal, itu terdiri dari 3 bab, yaitu bab 1 sampai bab 3 ditambah lagi lampiran yang berisi instrumen penelitian kamu. Bab 1 secara garis besar berisi latar belakang kita melakukan penelitian sesuai judul, Bab 2 itu teorinya, dan Bab 3 itu jalan cerita penelitian dan senjata kita mengolah data hasil dari penelitian (sesuai buku panduan).

Setelah lembar konsultasi dari kedua dosen pembimbing nampak tiga huruf, yaitu ACC, apa yang selanjutnya kamu lakukan? SEGERA!
  1. Buat lembar “Persetujuan Siap Diuji” (contoh di sini) dan daftar isi.
  2. Fotokopi proposal kamu sebanyak tiga kali (ada empat termasuk yang asli), jilid (cover biru tanpa laminasi) rapi. Ingat, pastikan semua halaman tidak terlewat apalagi double. Sekalipun itu sudah kamu serahkan pada petugas fotokopi, tapi semua adalah tanggung jawabmu.
  3. Daftar seminar di sekretariat dengan membawa: (3 fotokopi proposal, 2 sertifikat seminar nasional (Progdi), 1 sertifikat seminar regional (Progdi), Fotokopi sertifikat KMD, Fotokopi SK Bimbingan, Fotokopi bukti pembayaran SK Bimbingan)Bagi teman-teman yang sertifikatnya masih kurang, tenang, masih tetap bisa daftar dengan catatan HUTANG dengan pihak sekretariat.
  4. Berikan nomor hape kamu yang bisa dihubungi oleh pihak sekretariat.
  5. Setelah mendaftar, tunggu jadwal seminar keluar yang biasanya ditempel di kaca depan sekretariat. Kamu juga biasanya akan mendapat konfirmasi lewat SMS. Biasanya jadwal keluar dengan hari H seminar ada jedanya dua hari.
  6. Selama jeda dua hari (menyesuaikan), siapkan: (a) PPT yang berisi poin-poin penting proposal kamu (Bab 1-Bab 3, ingat yang penting saja). Batasi maksimal ada 25 slide, kamu yang jago main trigger atau apa itu bisa gunakan trik tersebut agar PPT kamu lebih menarik. Terpenting lagi adalah kamu menguasai materi kamu. Nggak lucu aja, PPT-nya sudah oke tapi kamu nggak menguasai materi. Betul tidak? Usahakan jangan buat PPT yang norak (terlalu banyak gambar yang ngejreng banget, tampilkan gambar yang mendukung saja). Lihat contoh PPT Seminar Proposal, (b) Siapkan buku yang termasuk buku inti (tergantung variabel pada judul proposal kamu), (c) Siapkan jurnal yang kamu gunakan (abstraknya saja tak apalah), (d) Siapkan pula media (optional).
  7. Hari H seminar, apa yang perlu diperhatikan? (a) Kenakan atasan putih, dan bawahan hitam, jangan lupa jas almamater. Bagi yang berjilbab, kenakan jilbab dengan warna yang ceria, jangan terlalu over, (b) Siapkan soft copy PPT kamu di flashdisk untuk jaga-jaga kemungkinan buruk netbook/lapotop kamu eror. (c) Bawa buku, jurnal, dan media kamu.
  8. Action seminar-nya itu bagaimana? (a) Tempat, penonton, dan dewan penguji itu menyesuaikan. Ingat, tetap PD ya? Seminar itu akan ada dewan penguji sebanyak 3 orang (dosen pembimbing 1, 2 dan dosen tamu). Perlu diperhatikan, biasanya yang agak rewel adalah dosen tamu, hal itu bisa dikarenakan dosen tersebut belum tahu detail penelitian kamu nantinya seperti apa,so ,jangan pernahciut nyali ya? Terus dosen yang lainnya? Biasanya lebih ke teknis penelitian dan proposal kamu saja. Ada kalaimat yang harus dihapus, ditambahi, dsb. (b) Seminar diawali dengan pembukaan oleh ketua dewan penguji (dosen pembimbing 1). Pembukaan tersebut berisi perkenalan dosen penguji, berdoa, dan selanjutnya kamu mempresentasikan PPT kamu. Setelah kamu presentasi, inilah yang selalu ditakutkan oleh banyak mahasiswa, koreksian dan “Ditanya apa ya?”
  9. Beberapa pertanyaan dasar yang seringkali ditanyakan oleh dewan penguji adalah: (a) Kenapa memilih judul seperti itu? (b) Kalau saya tawarkan dengan judul lain bagaimana? (c) Kenapa memilih media tersebut? (d) Teknik pengumpulan data yang Anda gunakan dalam penelitian ini apa saja (e) Dsb...
Intinya satu, kamu PD dan menguasai materi kamu, maka pertanyaan dewan penguji sesulit apapun akan lewat. Oke? Sukses ya? Kalau ada tambahan silahkan komentar di bawah ini ya? Banyak yang sharing maka banyak berbagi pula.

Contoh PPT Seminar Nasional

Berikut ini aku sajikan contoh PPT Seminar Nasional yang telah diuji.

Halaman pertama perhatikan judul harus ditulis dengan huruf kapital

Halaman kedua

Halaman ketiga

Halaman keempat

Halaman kelima

Dan seterusnya. Aku yakin kamu bisa membuat PPT yang lebih keren lagi. Semangat ya?

Contoh Halaman Persetujuan Diuji

Proposal Skripsi oleh Ika Hardiyan Aksari (NIM 201033174) ini telah diperiksa dan disetujui untuk diuji.



Kudus, 19 Nopember 2013
Pembimbing 1




.........................
NIP.

Kudus, 19 Nopember 2013
Pembimbing II




.......................
NIP.


Mengetahui,
Ka. Progdi Pendidikan Guru Sekolah Dasar




.......................
NIP.

20.000 Aku Menangis

Waktu menuliskan cerita ini radio di hapeku sedang memutar lagu “Selimut Hati”. Suara laki-laki gondrong yang kerap dipanggil Once itu sungguh khas di telingaku.

“Selimuti hatiku...”
“Selimuti hatiku...”

Begitulah ending lagu tersebut.

Selimut hati. Otakku mulai mengencer, mencari arti dua kata tersebut. Selimut dalam KBBI berarti pelindung tubuh, sedangkan hati adalah organ tubuh yang berwarna kemerah-merahan di bagian kanan atas rongga perut. Jadi, secara harafiah selimut hati adalah pelindung organ tubuh. Haha.. ya paling tidak seperti itulah.

Menurut kamu selimut hati itu apa? Bagaimana kalau aku mengartikan sebagai salah satu “penghambat” dalam diri. Selimut itu menutupi, apabila langkah kita ada yang menutupi pasti langkah kita pun akan terbatas. Layaknya ketika musim hujan, aku hanya nyaman ketika berada di balik selimut. Tak ingin lepas dan hanya ingin bermalas-malasan di atas tempat tidurku.

Aku pastikan lagi, ini selimut hati bagiku.

3 minggu ini, aku merasakan ada ketidak-beresan dalam diriku. Ada oenghambat. Bodohnya aku tak tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengendalikannya. Naluri ibu, seringkali mencium ketidak beresan pada diriku.

“Cah ayu, akhir-akhir ini kok jarang sekali megang skripsi?” tanya ibu sambil mengelus punggungku, malam kemarin.

Akunya malah nyengir. “Ngumpulin semangtnya susah buk.” jawabku sekenanya.

Ya, setiap kali hendak menghidupkan notebook rasanya begitu berat. Sampai ada teman blogger yang berujar, “Jangan sampai terlena dan down.” nasihat beliau.


Yah, beliau sudah pernah melewati masa itu. Tahu persis apa yang aku rasakan. Dan kedua kata tersebut saat ini aku rasakan dan rasanya begitu menguasai hatiku.

Kembali ke cerita tentang ibu. Setelah mendengar jawabanku, ibu malah mencari dompetnya.

“Ini buat beli pulsa, tapi harus semangat lagi ya?” kata ibu terdengar renyah di telingaku.

“Lho sejak kapan ibu harus memberi jatah beli pulsaku?”cegahku. Belum selesai cegahku, bapak ikutan membuka dompetnya.

“Bapak ya kasih Rp 10.000 wis.”

“Waduh, apa-apaan ini kok malah menakutkan.” kataku nggak nyambung banget, aku pun sadar.

“Loh, kok menakutkan to?” ibu heran.

Aku tak menjawab dan masuk kamar. Tak ku sadari ibu menyusulku.

“Ini diterima saja.” Ibu memberikan dua lembar uang sepuluh ribuan.

“Ibu ngerti semangatmu nggak bisa dibeli dengan uang Rp 20.000, tapi bue pengen kamu semangat lagi.”

Halah...ibu.” elakku, namun aku mengharu.

“Sudahlah, ini (memberikan uang sepuluh ribu) uang bayaran jahitan tadi, dari ibu. Yang ini (memberikan lagi uang sepuluh ribu) dari bapak, batine dodol (keuntungan menjual) pisang. Diterima ya? Maaf, bapak ibu baru bisa membeli semangatmu dengan uang Rp 20.000.” ibu undur diri.

Aku mematung di tempat. Menangis.

Rabu, 29 Januari 2014

Belajar Mewarnai






Hari ini, Rabu (29 Januari 2014) bertempat di aula Sekolah kami, siswa-siswi kelas 1-2-3 kedatangan tamu istimewa. Siapakah mereka?? Mbak dan Mas yang hadir adalah Mas Yunas dan Mbak Ria. Mereka berdua mewakili FABER CASTELL untuk berbagi ilmu mengenai cara mewarnai yang baik menggunakan salah satu produk Faber Castell, yaitu connector pen.


Kegiatan ini merupakan rangkaian Lomba Gambar

Selasa, 28 Januari 2014

google drive di smartphone

Bismillah...
Pada hari selasa (28/01/2014) ini, saya akan berbagi mengenai manfaat menggunakan google drive, dan mudahnya mengakses google drive.
Jika pada publikasi yang lalu, kita telah membahas google drive, atau tentang blog dimanapun, kali ini penulis mencoba memberikan hasil blogging dan browse google drive.
Salah atu keuntungan menggunakan google drive adalah kemudahan akses file (buka,

Profesionalisme dalam Bekerja

Seringkali, tatkala kita mendengar kata “professional” atau “profesionalisme”, yang pertama kali timbul dalam pemikiran kita adalah sebuah profesi yang hebat, tinggi, dan membanggakan. Sehingga kaum professional dibayangkan sebagai seseorang yang memiliki pekerjaan bergengsi, mungkin dia seorang insinyur, dokter, dan lainnya.

Kali ini, kita menggunakan kata “professional” tidak identik dengan pekerjaan yang wah..!, tapi profesional yang bermakna seseorang yang melakukan fungsinya secara maksimal dengan komitmen yang penuh. Seorang guru, misalnya, jika melakukan fungsinya secara committed dan penuh tanggung jawab, maka dia dapat dikategorikan sebagai Professional Teacher.

Sebagian dari Anda mungkin telah pernah membaca rumusan etos kerja berikut ini di pintu kantor, di dinding ruang kerja, ruang rapat, meja kerja, lift, atau locker ruang ganti dsb.

1. Kerja adalah Ibadah; Aku Bekerja Serius Penuh Kecintaan
2. Kerja adalah Rahmat; Aku Bekerja Tulus Penuh Rasa Syukur
3. Kerja adalah Amanah; Aku Bekerja Benar Penuh Tanggungjawab
4. Kerja adalah Panggilan; Aku Bekerja Tuntas Penuh Integritas
5. Kerja adalah Aktualisasi; Aku Bekerja Keras Penuh Semangat
6. Kerja adalah Seni; Aku Bekerja Cerdas Penuh Kreativitas
7. Kerja adalah Kehormatan; Aku Bekerja Tekun Penuh Keunggulan
8. Kerja adalah Pelayanan; Aku Bekerja Paripurna Penuh Kerendahan hati

Selamat bekerja dengan profesional!

FUN SCIENCE 2014





Hari ini kami mendapat email tentang lomba FUN SCIENCE 2014 yang diselenggarakan oleh YPII Nurul Jannah Semarang. 



























Senin, 27 Januari 2014

My Galery

Kewajiban Menangkal Perkembangan Syi’ah

Sudah menjadi kewajiban setiap Muslim untuk mewaspadai segala kejahatan. Apalagi jika berbicara tentang bahaya yang bersifat laten yang mengancam akidah dan keyakinannya. Perlu perhatian ekstra untuk membentengi hati dari lontaran syubhat yang bisa menyeret insan Muslim menanggalkan akidah Islamiyyahnya.

Selama ini, yang sering menjadi topik kekhawatiran adalah sepak terjang para misionaris yang menjajakan agama Nashrani –yang telah ditinggalkan para penganutnya di negeri asalnya– untuk memurtadkan saudara-saudara kita seagama.

Apalagi jika terjadi di kantong-kantong kaum Muslimin. Atau isu ghazwul fikri, perang pemikiran yang dikobarkan para orientalis dan ‘orang dalam’ yang telah teracuni oleh syubhat kekufuran yang bernaung dalam komunitas Islam liberal.

Bahaya-bahaya lain yang mengancam keyakinan seorang Muslim sebenarnya tidak terpaku pada hal-hal yang telah di sebut di muka. Masih ada ancaman bahaya yang tidak boleh dipandang dengan sebelah mata. Yakni, golongan-golongan yang berbaju Islam, namun berhati hitam.

Sekian banyak akidah dan aturan telah diadopsi dari luar Islam. Di antara golongan tersebut yang paling berbahaya adalah penganut agama Syi‘ah. Mereka adalah sekumpulan anak manusia yang menjadikan celaan kepada para Sahabat yang mulia sebagai ‘komoditas’ utama; taqiyah yang merupakan tindakan bermuka dua (nifâq) sebagai kewajiban agama yang mutlak, menuhankan Sahabat ‘Ali Radhiyallahu ‘anhu, dan kedustaan menjadi menu wajib pada komunikasi verbal dan literatur mereka. Mereka itulah golongan yang disebut sebagai Syi‘ah.

Nama ini sebetulnya tidak sepantasnya disematkan pada mereka. Terlalu mulia jika mereka dikatakan sebagai ‘pendukung berat’ Khalîfah ‘Ali Radhiyallahu ‘anhu. Julukan yang paling sesuai bagi mereka, seperti yang sering diungkap Ulama Ahli Sunnah adalah Râfidhah, golongan yang menolak Islam! Tidak kurang, ada empat sebab yang harus membangkitkan kewaspadaan kaum Muslimim terhadap ajaran dan aktifitas gerakan Syiah:

Pertama : Gencarnya penggiat Syi‘ah untuk mencari penganut baru untuk dijadikan korban ajaran mereka, Kedua : Dukungan banyak pihak terhadap Syi‘ah,
Ketiga : Bantuan dana yang besar untuk mendukung perkembangan ajaran Syi‘ah,
Keempat : Terpedayanya sebagian tokoh Islam dengan ajaran Syi‘ah.

Negeri ini merupakan lahan subur buat pertumbuhan sekian banyak benalu golongan sempalan Islam, apalagi setelah semangat reformasi digaungkan. Dari yang merupakan ‘produk dalam negeri’ atau produk dari luar. Dari yang kesesatannya masih sederhana, sampai pada jenis yang tidak bisa diterima nalar sedikitpun, atau yang terang-terangan bertentangan dengan ushûluddîn (pokok-pokok agama Islam).

Syi`ah termasuk ajaran yang muatannya hanya munkarât (kemungkaran-kemungkaran) seperti keyakinan-keyakinan yang rusak, kedustaan bertumpuk-tumpuk, keganjilan yang tidak bisa diterima akal sehat dan kebejatan moral. Apabila ajaran seperti ini berkembang, maka hanya akan mengakibatkan kehancuran dan kerusakan yang nyata di tengah masyarakat. Tentu, ini sangat bertentangan dengan substansi risalah Islam yang datang dengan membawa seluruh jenis kemaslahatan dan memperingatkan dari seluruh mafsadah (bahaya).

Untuk mengungkap keburukan ajaran mereka, kunci paling tepat adalah dengan menelaah kandungan buku-buku rujukan Syi‘ah karya tokoh-tokoh yang mereka agungkan semisal, al-Kulaini, al-Majlisi, al-Mufîd, atau Khomaini (Semoga Allâh al-Azîz Azza wa Jalla memperlakukan mereka sesuai dengan tindakan buruk yang pernah mereka lakukan terhadap Islam dan para Sahabat Radhiyallahu ‘anhum). Karya-karya tulis mereka telah membuka kedok dan menelanjangi keburukan rupa ajaran Syi‘ah.

Dalam pepatah Arab disebutkan, ahlud dââr adra bimâ fîihâ, penghuni rumah paling tahu tentang isi rumahnya. Dari sini, akan tampak jelas betapa besar dan mendasar perbedaan antara Islam yang dibawa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan ajaran Syi‘ah yang sebenarnya sangat kental dengan pengaruh ajaran Majusi dan Yahûdi. Khomeini salah seorang tokoh besar Syi‘ah, tentunya ia lebih tahu tentang seluk-beluk agamanya sehingga berani mengatakan agamanya adalah Syi‘ah, bukan dengan sebutan Islam. Demikianlah ketika potret kesesatan sudah begitu pekat pada keyakinan dan hati seseorang. Kebenaran yang dibawa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditolak begitu saja.

Generasi terbaik menjadi bahan cacian. Semoga Allâh Azza wa Jalla mengembalikan umat kepada petunjuk Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan generasi terbaik umat. Amîn

www.almanhaj.or.id

Minggu, 26 Januari 2014

BANK SOAL UNTUK TRY OUT 2014 SMP LOTIM

KUMPULAN SOAL:
Sesuai hasil keputusan Dinas Dikpora Lotim melalui rapa MKKS SMP pada hari Rabu, 15 Januari 2014 telah diputuskan bahwa try out akan dilaksanakan secara bersama diseluruh SMP Negeri maupun swasta Kabupaten Lombok Timur. Sebagai bahan persiapan dengan ini diberikan kumpulan soal - soal mata pelajaran yang akan diuji sebagai bahan untuk memperkaya siswa dengan latihan menjawab soal - soal :
SILAHKAN DOWNLOAD BANK - BANK SOAL BERIKUT :
PETUNJJUK TEKHNIS

BAHASA INDONESIA 
MATEMATIKA

BAHASA INGGRIS
I P A

Sabtu, 25 Januari 2014

BATAS AKHIR SINKRONISASI DAPODIK

Download di sini

Jumat, 24 Januari 2014

menggunakan google drive (bag 1)




Google Drive adalah layanan dari Google untuk menyimpan file di internet pada storage yang disediakan oleh Google. Dengan menyimpan file di Google Drive maka pemilik file dapat mengakses file tersebut kapanpun dimanapun dengan menggunakan komputer desktop, laptop, komputer tablet ataupun smartphone. Dan file tersebut dapat di share dengan orang lain untuk berbagi pakai dan juga kolaborasi

istilah-istilah dan fungsi formula excel 2007






Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat lunak ini sangat membantu untuk menyelesaikan permasalahan administratif mulai yang paling sedernaha sampai yang lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut misalnya membuat rencana kebutuhan barang meliputi

kreasi Ms Paint

refreshing menjelang ujian akhir semester ii

Rabu, 22 Januari 2014

Ringkasan Atmosfer & Hidrosfer

Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi sebuah planet, termasuk bumi, dari permukaan planet tersebut sampai jauh di luar angkasa. Lapisan-lapisan atmosfer sebagai berikut:
1. Troposfer
Lapisan paling bawah dengan ketinggian 0 – 8 km (kutub) dan 0 – 16 km (katulistiwa).Tempat terjadinya proses cuaca. Semakin ke atas suhu semakin turun.
2. Stratosfer
Pada ketinggian 15 – 50 km. Terdapat lapisan ozon (O3).
3. Mesosfer
Pada ketinggian 50 – 85 km. Suhu mencapai -1000 C sehingga meteor-meteor terbakar.
4. Termosfer
Pada ketinggian 85 – 500 km. Terdapat lapisan ionosfer yang memantulkan gelombang radio.
5. Eksosfer
Lapisan terluar dengan ketinggian > 500 km.Didominasi gas hidrogen.

Sifat Atmosfer
1. Tidak berwarna
2. Tidak berbau
3. Tidak memiliki rasa dan tidak dapat dirasakan
4. Mudah bergerak

Fenomena Yang Terjadi Di Atmosfer Cuaca dan Iklim
Cuaca adalah keadaan rata-rata atmosfer di suatu wilayah tertentu dalam waktu singkat. Iklim adalah keadaan rata-rata atmosfer di suatu wilayah dengan cakupan luas dalam waktu yang relatif lama (30-100 tahun). Unsur Cuaca & Iklim sebagai berikut:
1. Suhu/temperatur: panas dinginnya udara. Alat pengukur suhu disebut termometer. Pemanasan udara dibedakan atas
2. Kelembapan/lengas udara: jumlah uap air yang terkandung dalam udara. Alat pengukur kelembapan disebut higrometer.
 Kelembapan relatif/nisbi: perbandingan jumlah uap air yang dikandung dengan jumlah maksimal uap air yang dapat dikandung pada suhu dan tekanan yang sama.
Kelembapan mutlak/absolut: jumlah uap air setiap 1 m3 udara (gram/m3).
 3. Curah hujan: banyaknya hujan yang jatuh.
· Hujan zenithal/naik ekuator: di daerah khatulistiwa, uap air naik secara vertikal.
· Hujan orografis: uap air naik di pegunungan, hujan di lereng gunung.
· Hujan siklonal: pengaruh angin siklon, udara naik dan menjadi dingin.
· Hujan muson: pengaruh angin muson barat, bulan Oktober – April.
· Hujan frontal: pertemuan massa udara panas dengan massa udara dingin.
4. Angin: udara yang bergerak dari daerah bertekanan tinggi → rendah. Alat pengukur kecepatan angin: anemometer.
· Angin pasat: maksimum subtropik → minimum khatulistiwa.
· Angin anti pasat: khatulistiwa bagian atas→maksimum subtropik.
· Angin muson: berganti arah setiap 6 bulan sekali.
· Angin siklon: tekanan minimum dikelilingi tekanan maksimum, berlawanan arah jarum jam pada belahan bumi utara dan searah pada belahan bumi selatan.
· Angin antisiklon: tekanan maksimum dikelilingi tekanan minimum, searah jarum jam pada belahan bumi utara dan berlawanan arah pada belahan bumi selatan.
· Angin lokal: angin darat dan angin laut
· Angin gunung dan angin lembah,
· angin fohn (panas dan kering), contoh angin fohn: angin gending di Probolinggo, angin kumbang di Cirebon, angin wambrau di Biak, angin brubu di Makasar, angin bahorok di Deli.
5. Tekanan udara: massa udara. Alat pengukur tekanan udara disebut barometer. Semakin tinggi tempat semakin kecil tekanan udaranya.
6. Penyinaran matahari: intensitas sinar matahari yang jatuh ke bumi. Alat pengukur besarnya penyinaran matahari disebut solarimeter.
7. Awan: uap air yang mengalami kondensasi menjadi titik-titik air.
· Awan tinggi (6-12 Km), ditandai dengan kata siro atau sirrus. Terdiri dari sirrus, sirokumulus, dan sirostratus. Biasanya berwarna putih tipis
· Awan sedang atau menengah (2-6 km), ditandai dengan kata alto. Terdiri dri altokumulus, altostratus. Biasanya berwarna putih dan berlapis-lapis atau menggumpal.
· Awan rendah (0,8-2 km), ditandai dengan kata strato. Terdiri dari awan stratus, stratokumulus, dan nombostratus.
· Comulus: tebal bergumpal, bertumpuk.
· Cirrus: tipis seperti kapas, awan bulu,
· Stratus: berlapis dan rata
· Nimbus: awan hujan.

Klasifikasi Iklim
1. Iklim matahari
a) Tropis: 00- 23½0 LU/LS.
b) Subtropis: 23½0LU/LS - 400LU/LS.
c) Sedang: 400 LU/LS - 66½0LU/LS.
d) Dingin: 66½0 LU/LS – 900 LU/LS.

2. Koppen: berdasar curah hujan dan suhu.
a) Iklim A (iklim hujan tropis): curah hujan tahunan lebih besar dari evapotranspirasi. Suhu bulan terdingin 180C.
Iklim Am: iklim musim.
Iklim Aw: iklim sabana.
Iklim Af: iklim hutan hujan tropis.
b) Iklim B (iklim kering): curah hujan tahunan lebih kecil dari evapotranspirasi.
Iklim Bs: iklim stepa.
Iklim Bw: iklim gurun.
c) Iklim C (iklim sedang): suhu bulan terpanas >100 C, terdingin30C.
d) Iklim D (iklim hutan salju): suhu bulan terpanas > 100 C, terdingin 30C.
e) Iklim E (iklim kutub): suhu bulan terpanas < 100C.
3. Schmidt-Ferguson: perbandingan rata-rata bulan kering (curah hujan < 60 mm) dengan bulan basah (curah hujan > 100 mm).
4. Junghuhn: berdasar ketinggian tempat.
a) Iklim panas: suhu 26,30 C – 220 C, ketinggian < 600 mdpal, tanaman budidaya padi, kelapa, tebu, karet.
b) Iklim sedang: suhu 220 C – 17,10 C , ketinggian 600 – 1.500 mdpal, tanaman budidaya kopi,kina, padi, teh.
c) Iklim sejuk: suhu 17,10 C – 11,10 C, ketinggian < 1.500 – 2.500 mdpal, tanaman budidayasayuran, teh, kopi.
d) Iklim dingin: suhu < 110 C, ketinggian > 2.500 mdpal, hampir tidak ada tanaman budidaya.
5. Oldeman: menggunakan dasar yang sama dengan penentuan iklim menurut Schmidt-Ferguson, yaitu unsur curah hujan. Klasifikasinya sbagai berikut:
a) Bulan basah, apabila curah hujannya > 200 mm.
b) Bulan lembap, apabila curah hujannya 100–200 mm.
c) Bulan kering, apabila curah hujannya < 100 mm.

Karakteristik Iklim Indonesia
Wilayah Indonesia memmiliki karakteristik Iklim tersendiri yaitu:
a. Indonesia terletak di Katulistiwa sehingga rata-rata suhu tahynan selalu tinggi diatas 180C. Hal tersebut disebabkan oleh penyinaran matahari yang relatif selalu tegak jatuhnya
b. Bebas dari penaruh angin taifun, hal ini disebabkan kaena sebagaian besar berada pada zone tenang
c. Rata-rata klembaban udara relati tahunan yang tinggi
d. Wilayah Indonesia berupa kepaulauan berpengaru terhadap suhu udara, amplitudo suhu harian maupun tahunan
e. Wilayah Indonesia berhembus angin muson yang mengakibatkan musim hujan dan kemarau





HIDROSFER
Hidrosfer adalah lapisan air yang ada di bumi (padat, cair, dan gas).
A.Siklus Hidrologi
1. Siklus pendek (kecil): air laut menguap → berkon-densasi → awan → hujan di laut.
2. Siklus sedang: air laut menguap → berkondensasi→ awan → hujan di darat.
3Siklus panjang (besar): air laut menguap →sublimasi → kristal-kristal es → hujan salju.

B.Perairan Darat
1. AIR TANAH
Terdapat pada lapisan-lapisan tanah (di dalam pori-pori atau celah batuan). Dibedakan menjadi:
a) Air tanah dangkal (freatik): di atas lapisan kedap air (impermeabel).
b) Air tanah dalam (artesis): di antara dua lapisan kedap air (impermeabel).
2. AIR PERMUKAAN
a) Sungai: tempat mengalirnya air di darat menuju lautan. Berdasarkan sumber airnya: sungai hujan, sungai gletser, sungai campuran.

Berdasarkan arah alirannya:
· Sungai konsekuen: searah kemiringan lereng.
· Sungai subsekuen: tegak lurus dengan sungai konsekuen.
· Sungai obsekuen: berlawanan arah dengan sungai konsekuen.
· Sungai resekuen: searah dengankonsekuen.
· Sungai insekuen: tidak beraturan.

Berdasarkan Pola sungainya:
· Pola radial: sentrifugal (meninggalkan pusat /di daerah gunung, perbukitan),
· sentripetal (mendatangi pusat/di daerah basin, lembah).
· Pola dendririk: di daratan/pantai.
· Pola trellis/sirip ikan: di pegunungan lipatan.
· Pola anular: membentuk lingkaran, di daerah dome.
· Pola pinnate: muara lancip.
· Pola rectangular: aliran sungai 90o, di daerah patahan.
Berdasarkan keadaan airnya: sungai musiman/periodik/ ephimeral, sungai permanen.
b) Danau: cekungan yang digenangi air.
· Danau tektonik: terbentuk oleh peristiwa tektonik. Contoh: Danau Singkarak, Danau Towuti (Sulawesi).
· Danau vulkanik: terbentuk oleh letusan gunung berapi. Contoh: Danau Merdada (Dieng), Danau Batur (Bali).
· Danau tektovulkanik: terbentuk oleh tenaga tektonik dan vulkanik. Contoh: Danau Toba.
· Danau karst: di daerah kapur.
· Danau glasial: terbentuk oleh erosi es/ gletser.
· Danau buatan: bendungan.
c) Rawa: daerah yang tergenang air (dekat pantai, sungai besar).

C.Perairan Laut
Pantai: daratan yang berbatasan dengan laut.
Ombak: gerakan air laut akibat tiupan angin di permukaan laut.
Arus: gerakan air laut dengan arah teratur dan tetap.
1. Jenis laut
a) Berdasarkan proses terjadinya :
· Laut transgresi: daratan digenangi air laut (laut dangkal). Contoh: L. Jawa, L. Arafuru.
· Laut ingresi: penurunan dasar laut (tenagatektonik). Contoh: L. Karibia, L. Banda, L. Sulawesi.
· Laut regresi: penyempitan laut. 

b) Berdasarkan kedalamannya :
· Zona litoral: daerah pasang-surut.
· Zona neritis: kedalaman 200 m, banyak terdapat ikan, cahaya bisa menembus.
· Zona batial: 200 – 2000 m. Tidak ditembus matahari
· Zona abisal: > 2000 m, termasuk lubuk laut dan palung laut.

c) Berdasarkan letaknya :
· Laut tepi: perbatasan benua dan samudera. Contoh : L. Jepang.
· Laut tengah: di antara dua benua. Contoh: L. Tengah, L. Merah.
· Laut dalam/pedalaman: dikelilingi daratan. Contoh: L. Hitam, L. Mati.
2. Wilayah laut suatu negara
a) Laut teritorial: 12 mil dari garis pantai.
b) Laut nusantara: di antara pulau.
c) Laut kontinen: kedalaman 200 m.
d) Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE): 200 mil dari pulau terluar.

Gerak Air Laut
· Gelombang laut, gerak turun naiknya air laut. Gelombang laut dimanfaatkan untuk olahraga selancar, dll.
· Pasang air laut, terjadi karena gaya tarik/ gravitasi bulan dan matahari. Pada saat bulan tinggi dan jauh dari posisis matahari.
Pasang Purnama: bulan sedang tinggi dan jauh dari matahari maka terjadi paang tertinggi.
Pasang Perbani: Bulan rendah dan posisi matahari dekat bulan.

Arus Laut
Gerakan massa air laut dari suatu tempat ke tempat lain secara horizontal. Beberapa arus laut di dunia sebagai berikut:
1. Arus samudera pasifik: ada yang bersifat dingin dan panas. Arus di sebelah utara khatulistiwa adalah arus khatulistiwa utara (panas), arus Kurosyiwo (panas), arus Kalifornia dan arus Oyasyiwo (dingin). Aru sdi sebelah selatan khatulistwa adalah arus Khatulistiwa selatan (panas), arus Humbolt (dingin), dan arus Australia timur dan arus angin timur.
2. Arus Samudera Atlantik : disebelah utara khatulistiwa adalah arus khatulistiwa utara (panas), arus Gulfstream (panas), arus Greenland timur, arus Lablador (dingin), serta arus Canari (dingin).Arus yang berada di sebelah selatan khatulistiwa adalah arus khatulistiwa selatan (panas), arus Banguela (dingin), serta arus angin barat (dingin).
3. Arus Samudera Hindia : disebelah utara khatulistiwa arus musim barat daya (panas) dan arus musim timur laut (panas). Arus sebelah selatan khatulistiwa arus khatulistiwa selatan (panas), arus Mascarena dan Aulhas (panas), serta arus angin barat.

Pergerakan arus panas dan dingin bermanfaat bagi kehidupan Manusia. Di Eropa Barat banyak hujan karena pengaruh arus Gulfstream yang bersifat panas. Pertemuan arus Kurosyiwo dan Oyasyiwo di perairan Jepang mengakibatkan daerah ini memiliki perairan bersuhu sedang, perairan ini banyak plankton sehingga kaya ikan.

Sumber: Dokumen Modul Pribadi


Selasa, 21 Januari 2014

Banjir dan Antisipasi dengan TMC

Banjir merupakan fenomena alam yang dapat di kaji melalui pendekatan geografi. Banjir merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di suatu kawasan yang banyak dialiri oleh aliran sungai. Secara sederhana banjir dapat didefinisikan sebagainya hadirnya air di suatu kawasan luas sehingga menutupi permukaan bumi kawasan tersebut. 

Dalam cakupan yang luas, kita bisa melihat banjir sebagai suatu bagian dari siklus hidrologi, yaitu pada bagian air di permukaan Bumi yang bergerak ke laut. Dalam siklus hidrologi kita dapat melihat bahwa volume air yang mengalir di permukaan Bumi dominan ditentukan oleh tingkat curah hujan, dan tingkat peresapan air ke dalam tanah.
Di bawah ini merupakan simulasi antisi pasi banjir dengan TMC.

Senin, 20 Januari 2014

Animasi Desa Kota

A. Desa
Desa adalah suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk yang merupakan suatu kesatuan dengan memiliki pemerintahan sendiri untuk men- ciptakan suatu peraturan/tata kehidupan yang dikepalai oleh kepala desa.
Ciri Desa
1. Sistem perekonomian bersifat agraris.
2. Masih bergantung pada alam.
3. Hubungan kekerabatan antar masyarakat terjalin kuat, contoh: budaya gotong royong.
4. Minim sarana prasarana sehingga pembangunan berjalan lambat.
5. Norma-norma dalam masyarakat masih berlaku dan dianut (adat, agama).
 
Potensi Desa
Potensi desa adalah kemampuan suatu desa dalampemenuhan kebutuhan warganya.
1. Potensi fisik: manusia, hewan dan tumbuhan, air, dan iklim.
2. Potensi nonfisik: masyarakat desa, lembaga masyarakat, dan perangkat desa.
Hinterland
Fungsi desa sebagai penyokong atau penyuplai kebutuhan penduduk kota. Meliputi: sumber bahan pangan, tenaga kerja, pusat industri kecil dan rumah tangga, serta daerah tujuan wisata.
Faktor yang mempengaruhi pola persebaran desa
1. Lokasi desa
2. Iklim
3. Kesuburan tanah
4. Tata air
5. Keadaan ekonomi
6. Keadaan budaya
 
Pola Permukiman Desa
1. Memanjang: sepanjang sungai, jalan, pantai, rel kereta api.
2. Memusat/mengelompok: pada daerah subur, sumber air, fasilitas umum.
3. Menyebar: di daerah karst/pegunungan.
 
Klasifikasi Desa
1. Berdasarkan potensi desa
a. Berpotensi rendah: topografi berbukit, air sulit diperoleh, pertanian dengan sistem tadah hujan, lahan tidak subur.
b. Berpotensi sedang: topografi tidak rata,pertanian dengan sistem irigasi semiteknis, lahan kurang subur.
c. Berpotensi tinggi: topografi datar, pertanian dengan sistem irigasi teknis, lahan produktif.
2. Berdasarkan tingkat perkembangan
a) Desa swadaya
· Lokasi terpencil dengan sedikit jumlahpenduduk/jarang
· Tergantung pada alam
· Topografi kasar sehingga produktivitasrendah (pertanian)
· Tingkat pendidikan penduduk rendah
· Terbatasnya sarana dan prasarana
· Adat istiadat masih kental
· Lembaga pemerintahan sederhana
b) Desa swakarya
· Tingkat perekonomian agak maju dan beragam
· Tingkat pendidikan mayoritas tamat SD
· Mulai masuknya teknologi
· Adat istiadat mulai pudar/longgar
· Lembaga pemerintahan mulai teratur/berkembang
c) Desa swasembada
· Tingkat perekonomian telah maju
· Mata pencaharian penduduk heterogen
· Tingkat pendidikan dasar 9 tahun cukup tinggi
· Penggunaan teknologi dan sarana prasarana yang memadai
· Modernisasi, muncul home industri
· Lembaga pemerintahan berjalan dengan baik
 
B. Kota
Kota adalah pusat permukiman dan kegiatan penduduk yang mempunyai batas administrasi yang diatur dalam perundang-undangan serta permukiman yang telah memperlihatkan watak dan kehidupan perkotaan (menurut PP nomor 2 tahun 1987).
Ciri Kota
1. Sistem perekonomian bersifat nonagraris.
2. Kehidupan masyarakatnya heterogen dan individualis.
3. Norma dan adat istiadat mulai pudar.
4. Pola pikir masyarakat realistis dan rasionalis.
5. Sarana prasarana tersedia dan lengkap (pasar, pertokoan, sarana olah raga, tempat parkir khusus, dll).

Klasifikasi Kota

1. Berdasarkan jumlah penduduk
a. Kota kecamatan: 3.000 – 20.000
b. Kota kecil: 20.000 – 200.000
c. Kota sedang: 200.000 – 500.000
d. Kota besar: 500.000 – 1.000.000
e. Kota metropolitan: 1.000.000 – 5.000.000
f. Kota megapolitan: > 5.000.000
2. Berdasarkan tingkat perkembangan

a. Tahap eopolis: desa yang sudah mulai teratur dan mengarah ke kota
b. Tahap polis: kota bercirikan agraris
c. Tahap metropolis: perpindahan ke arah industri
d. Tahap megapolis: gabungan beberapa metropolis
e. Tahap tiranopolis: adanya kejahatan dan kekacauan
f. Tahap nekropolis: kota mati

Fungsi Kota

1. Pusat kegiatan penduduk
2. Pusat pemasaran dan kegiatan ekonomi
3. Pusat pelayanan sosial, politik, dan budaya
4. Pusat pendorong perkembangan daerah dan nasional
5. Pusat penyediaan fasilitas penunjang pertumbuhannya dan daerah belakangnya

Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kota

1. Faktor alamiah
Lokasi, fisiografi, dan kekayaan alam.
2. Faktor sosial Penduduk dan kebijaksanaan pemerintah 
 
Perkembangan Kota
1. Teori konsentris (Ernest W. Burgess)



Keterangan:
1. Inti kota (CBR=Central Business Distric)
2. Daerah peralihan
3. Pemukiman sederhana
4. Perumahan elit
5. kawasan komuter

2. Teori sektoral (Homer Hoyt)


Keterangan:
1. Zone pusat kegiatan
2. Zone terdapat manufaktur & grosir
3. Zone daerah pemukiman kelas rendah
4. Zone pemukiman kelas menengah
5. Zone pemukiman elit/ tinggi


3. Teori inti berganda (Harris dan Ullman)
 
Keterangan:
1. Zona inti kota/pusat kota/pusat kegiatan/CBR
2. Zona pabrik ringan dan grosir
3. Zona perumahan sederhana 
4.Zona Perumahan Sedang 
5 Zona Perumahan besar atau elit 
6. Zona Pabrik besar atau industri berat
7. Zona perdagangan pinggir kota
8.Zona Industri di luar kota/ pemukiman luar kota
9. Zona industri di luar kota
 
Pengaruh Interaksi Desa-Kota 1. Pengaruh positif
a) Wilayah perdesaan semakin terbuka
b) Masuknya teknologi ke desa
c) Mulai berkembangnya lembaga pendidikan di desa
d) Tingkat pengetahuan penduduk meningkat
2. Pengaruh negatif a) Arus urbanisasi tidak bisa dibendung
b) Muncul kawasan kumuh
c) Menyempitnya areal pertanian di desa karena adanya investasi penduduk kota
d) Dominasi kebudayaan kota di desa

D. Urbanisasi Urbanisasi adalah perpindahan dari desa ke kota.
· Faktor Penyebab
1. Faktor penarik (pull factor): dari kota a) Kesempatan kerja
b) Upah lebih besar
c) Fasilitas lebih lengkap
d) Pusat pemerintahan
e) Pemasaran hasil produksi
2. Faktor pendorong (push factor): dari desa a) Sempitnya lahan pertanian
b) Penghasilan rendah
c) Minim fasilitas
d) Keinginan untuk hidup lebih layak
e) Alasan pendidikan
f) Tekanan adat istiadat
 
Dampak Urbanisasi Dampak Positif DESA:
1. Taraf hidup penduduk meningkat
2. Adanya perkembangan pola pikir masyarakat
3. Lebih bersifat rasional
4. Mudah menerima perkembangan teknoligi
KOTA:
1. Kota dapat lebih berkembang
2. Mudah mencari tenaga kerja
3. Proses modernisasi berjalan cepat
Dampak Negatif
DESA:
1. Desa kekurangan tenaga kerja
2. Pembangunan desa terhambat
3. Menurunya produktivitas pertanian
4. Kesulitan mencari tenaga kependidikan
KOTA:
1. Kepadatan penduduk tinggi dan bermunculan pemukiman kumuh
2. Banyaknya tenaga kerja non keterampilan
3. Meningkatnya jumlah penganguran, tunawisma, kemacetan lalu lintas dan kriminalitas.
 
Sumber: Modul Pribadi


 

Arsip Blog