Senin, 31 Maret 2014

Bahan Bangunan untuk Rumah Impian

Rumah Impian Masa Kecil
Rumah impian saat TK 
Semasa kecil pernahkah Anda memiliki keinginan suatu hari nanti akan menikah, mempunyai rumah, anak-anak yang lucu, dan hidup bahagia? Saya rasa setiap orang akan memiliki keinginan itu.

Saat TK, ketika awal bisa menggambar dengan baik bentuk bangun lingkaran, segitiga, dan persegi, guru di sekolah pasti pernah mengajari kita untuk menggambar rumah. Rumah sederhana yang tersusun dari 1 buah segitiga dan 3 buah persegi. Dipercantik dengan deretan lidi sebagai pagar, dilengkapi dengan tulisan di atasnya “Rumah Impianku”.


Permainan orang-orang-an
Beranjak SD, rumah impian mulai tervisualisasikan dalam bentuk permainan “wong-wong-an” (orang-orangan). Permaianan yang memiliki latar tempat dengan diwujudkan dalam bentuk rumah dua dimensi yang terbuat dari lidi yang dipotong-potong dan disusun sedemikian rupa. Ada ruang tidur, ruang makan, ruang dapur, ruang olahraga, ruang tamu, kolam renang, dapur, dsb. Semuanya begitu menyenangkan dan tidak ada hambatan untuk mewujudkan rumah impian. Lidi habis, bisa ambil lagi dan menambahkan bagian-bagian rumah sesuai keinginan. Indahnya...

Desain rumah dengan lidi

Rumah Impian Saya Masa Kini
Rumah impian saya adalah rumah yang sederhana, rumah yang berdinding kayu jati dan berlantaikan plester. Lebih natural, itu pikir saya. Pun tersusun dari kayu, rumah impian saya tidak akan terwujud tanpa adanya pondasi yang kokoh.

Ibaratkan sebuah keluarga, tanpa adanya pondasi kepercayaan dan komunikasi yang kokoh, keluarga harmonis tak akan terwujud. Rumah impian saya pun seperti itu. Untuk mewujudkan sebuah pondasi rumah yang kokoh dibutuhkan bahan material yang berkualitas, tukang bangunan yang berpengalaman dan peralatan yang lengkap untuk mewujudkan rumah impian saya.

Bangunan rumah impian saya
Sumber di SINI
Demi mewujudkan itu semua, konsultasi dengan bapak dan ibu yang sudah 23 tahun menikah tak boleh saya sia-siakan. Seperti obrolan saya tempo hari.

"Buk, dulu waktu nge-ramik rumah ini ibu kayaknya butuh semen banyak banget? Berapa, Bu?" tanya saya pada ibu tentang proses pemasangan keramik di rumah saya pertengahan tahun 2013, tepatnya bulan Mei 2013.
"Ya, kalau  nggak banyak nanti keramiknya nggak nempel, terus cepat retak kayak punya tantemu itu.” Jelas ibu.
“Loh, padahal semennya sama kayak punya ibu deh, Semen Tiga Roda kan?” tanya saya heran.
“Lha iya, ibu tadi kan sudah bilang, semen kualitasnya bagus tapi kalau tukangnya ndak pengalaman ya sama saja. Masak halaman 4 x 1 cuma habis 1 sak semen. Irit banget, tapi hasilnya apa? Retak semua, padahal baru sebulan.”
“O...o....” saya manggut-manggut.
“Lha dulu kamu juga tahu kan, waktu lantai ini masih plester punya kita masih mulus, punya tante sudah pada mengelupas, ya itu karena adukan-nya kurang pas.” Ibu menceritakan pengalaman tante.

Sebelum memasang keramik, rumah bapak ibu memang dulunya berlantai plester. Plester bisa bertahan hampir 7 tahun lamanya lho. Dari ketahanan plester tersebut, saya harus belajar dari pengalaman bapak dan ibu. Berikut saya uraikan cara membuat adukan plester ala bapak dan ibu.
  1. Memilih pasir dengan kualitas terbaik, diayak dan ambil yang halus.
  2. Campurkan pasir dan semen dengan perbandingan 1:1.
  3. Tambahkan air secukupnya, aduk.
  4. Aplikasikan pada lantai dengan ketebalan 3-5 cm.
  5. Setelah kering, di atasnya tambahkan adonan semen yang telah dicampur dengan air.
  6. Lantai plester pun telah jadi. Mau dimodifikasi agar tidak monoton? Bisa buat desain dengan semen putih sesuai keinginan

Semen Tiga Roda Semen Pilihan Keluarga
Semen, di dalam KBBI offline memiliki arti adukan kapur dsb untuk merekatkan batu bata. Dalam mewujudkan rumah impian, saya tak ingin coba-coba. Semen Tiga Roda menjadi semen keturunan di keluarga saya. Tak mau yang lain, hanya Semen Tiga Roda.

Sebagai orang awam, sebenarnya ada 3 hal yang menjadi pertimbangan keluarga saya untuk memilih suatu semen:

  1. Banyak variannya
  2. Ada di toko bangunan sekitar rumah
  3. Kualitas dan harganya bisa dipertanggungjawabkan.

Dan itu semua ada pada Semen Tiga Roda.

Dunia teknologi dan informasi kini telah memudahkan semuanya, terkhusus saya sebagai generasi digital. Apa-apa bisa dicari infonya di internet. Salah satunya mencari informasi bahan material rumah saya nantinya.

Hasil searching di Google
Cukup membuka Google dan mengetikkan keyword Semen Tiga Roda, maka halaman pertama akan muncul website resmi milik Semen Tiga Roda. Di sana saya bisa dapatkan informasi lengkap berkaitan dengan produk dan berbagai tips untuk membangun rumah impian saya.

Produk Semen Tiga Roda
Inilah hasil dari ngubek-ngubek website Semen Tiga Roda. Saya mengetahui produk Semen Tiga Roda yang harus saya gunakan untuk membuat lantai plester dan pondasi rumah saya adalah semen berikut ini.

Semen PCC dan Semen Putih untuk plester rumah impian saya
Kenapa memilih kedua semen itu? Saya coba jelaskan ya?

Terus kalau yang warna putih itu..



Cara Mewujudkan Rumah Impian Saya
Desain rumah impian sudah ada, pengetahuan sedikit tentang material sudah ada, tukang bangunan langganan juga sudah ada, yang kurang adalah biayanya. Tentunya biaya untuk membangun suatu rumah itu tak sedikit. Oleh karena itu, saya harus rajin MENABUNG!! Mulai SEKARANG!

Sumber:
http://www.sementigaroda.com/produk/semen-2/

Minggu, 30 Maret 2014

Download REKAP PRA SK TUNJANGAN PROFESI 2014 PER TANGGAL 30 MARET 2014

Operator SIM Tunjangan Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri kembali merilis Rekap Pra SK Tunjangan Profesi 2014. Rekap per tanggal 30 Maret 2014 tersebut memuat daftar guru dalam berbagai status, mulai dari belum update, Masih edit data, Siap diusulkan hingga Sudak SK. 
Rekap ini dirilis kepada para operatos sekolah (OPS) agar turut menginformasikan kepada guru-guru di wilayah sekolah masing-masing agar cek datanya, jika keterangannya masih ada yg belum update data dan masih edit data agar segera memperbaiki data Dapodik lalu backup data BSD kemudian kirimkan ke OP. SIMTunj. lewat OP. NUPTK agar datanya menjadi siap diusulkan SK.

image

Download Rekap Pra SK Tunjangan Profesi per 30 Maret 2014 [klik di sini]

Permen Dua Dibagi Satu

Terdengar suara motor matic yang saya kenal memasuki gang rumah. Benar dugaan saya, sepupu sedang memboncengkan seorang anak usia 5 tahun. Bukan anaknya, tapi anaknya tetangga.

Sepupu memarkirkan motornya tepat di sebelah rumah saya. Turunlah anak tersebut dari boncengan dan segera merogoh saku motor sepupu.

“Mana coklatnya?” rengek anak 5 tahun itu.
“Sebentar lah turun dulu. Lho, si anak 2 tahun habis nangis, ya?” sepupu bertanya pada ibu si anak 5 tahun sekaligus anak 2 tahun..
“Iya, dengar motor kamu datang langsung diam.” Si anak 2 tahun itu sangat gemar naik motor.

“Mana coklatnya!!” terdengar si anak 5 tahun itu membentak-bentak.
“Iya..ya... tapi satu kamu, satu lagi adikmu.” Sepupu juga mulai meninggi nada suaranya.
“Nggak mau!! Aku semua!” jawab si anak 5 tahun.
“Loh, tadi waktu beli janjinya gimana? Satu buat kamu, satu buat adik.” Sepupu menerangkan sambil membagikan permen pada kedua anak tersebut.

Apa yang selanjutnya terjadi?
Si anak 5 tahun segera merebut permen yang dipegang olehnya adiknya. Sepupu berteriak, “Loh kamu ini gimana??”

Ah, saya yang melihat kejadian tersebut justru melongo. Melongo karena sang ibu hanya meng-iyakan tindakan si kakak itu. Bahkan melenggangkan senyum kepada si kakak seperti memberikan persetujuan kalau dia memang. Kemudian si adik bagaimana? Diam saja. Toh dia juga belum terlalu paham.

Apa komentar Anda?

Tak Pernah Dilarang

Sore itu saya bercanda dengan si anak 2 tahun. Dia tertawa riang, saya pun senang. Karena melihat kakaknya yang sedang ngupil, dia pun turut serta.

“Hi...adik ikutan kakak. Nanti kalau hidungnya sakit lho.” bujuk saya sambil mencoba melepaskan tangan dari lubang hidungnya.

Dia kembali melakukannya, bahkan parahnya lagi dia memasukkan jarinya ke dalam mulut. Sontak saya berucap, “Loh, jarinya kan kotor sayang..”

Apa yang terjadi? Dia langsung menangis sekencang-kencangnya. Ibunya yang ada di sebelah (sambil memangku kakak) segera mengambil si adik.

“Oh, tadi dilarang-dilarang ya sama Mbak Ika? Kalau di rumah saja nggak pernah dilarang kok ya? Cup cup cup...”

Segitu labilkan si adik? Atau suara saya yang terlalu kencang ya? Ah, pelajaran lagi sebelum saya memiliki momongan nantinya.

Apa komentar Anda?

Warneng, Teman Setia Keluarga Kami

Siapa yang tak tahu warneng? Warneng itu kalau di tempat saya adalah jagung kering yang digoreng. Entah dengan cara digoreng dengan minyak atau goreng sangan (goreng tanpa minyak). Kalau di tempat Anda, apa namanya? Samakah?

Nah, sudah sebulanan ini warneng jadi teman setia keluarga kami saat menikmati malam. Jagung yang kami olah adalah sisa hasil panen kemarin. Meskipun sisa bukan berarti jagungnya jelek-jelek ya? Begini nih tampilannya..
Tampilan jagung yang akan digoreng :)

Caran mengolahnya pun mudah banget.

  1. Pilah jagung yang kering dan besar bentuknya.
  2. Panaskan minyak goreng (sampai jagung tenggelam dan sesuaikan)
  3. Masukkan jagung, tutup.
  4. Tunggu sampai suara letusan-letusan usai, kemudian jagung dibolak-balik.
  5. Setelah jagung berubah warna mendekati coklat tua, angkat (5 menit).
  6. Letakkan di wadah, tambahkan garam secukupnya dan goyang-goyang sampai garam merata.

Bagaimana? Mudah kan? Hehehe...
Setiap kali warneng sudah masak, saya dan ibu segera berebut memilih warneng yang meletus (itu lho jadi popcorn). Ibu biasanya sekali ambil langsung ambil yang banyak, saya yang tidak sadar selalu bilang, "Loh......kok habis?" Kenapa ibu seperti itu? Kan warneng yang jadi popcorn lebih empuk. Berebutlah kami. Kalau bapak mau-mau saja makan warneng dalam bentuk apapun. Hehehe...


Tak masalah apa bentuk camilan yang kita makan, esensi kumpul keluarga itu lho yang selalu ngangenin.

Ini camilan keluarga kami, kalau keluarga Anda apa?

Jumat, 28 Maret 2014

seseorang itu bernama teman




Semangat Pagi!!!



Seiring bergulirnya waktu dan interaksi dengan orang lain, tentu kita pernah dan sedang menikmati pertemanan. Entah dengan teman kerja, teman sekolah, orang tua, pasangan hidup, atau juga dengan ananda kita. Pagi ini saya akan berbagi mengenai apa itu teman. Eits, bukan apa-apa, cuma sebuah lagu jadul, yaitu



Thats What Friends Are For




And I never thought I'd feel

Rabu, 26 Maret 2014

curhat untuk kesehatan



Semangat pagi!!!

Dalam interaksi sosial, adakalanya (bahkan sering) kita mengungkapkan kegelisahan atau mungkin ide/gagasan kepada orang lain. Istilah yang lebih ngetrend adalah curhat. Yup, pasti dengan curhat, kegelisahan dan kegundahan akan berkurang. Entah sejak kapan kata 'curhat' ini muncul. Dalam kamus populer, juga ada istilah BRAINSTORMING, atau sumbang saran. Brainstorming ini

Selasa, 25 Maret 2014

Cara Menghadapi Dosen Pembimbing Skripsi yang Sulit Ditemui

Apakah Anda saat ini sedang mengerjakan skripsi? Kalaupun baru memulai segeralah mengubah mindset pikiran Anda untuk selalu berpikir positif. Kalaupun sudah di tengah jalan, tidak ada salahnya untuk merubahnya setelah Anda membaca artikel saya ini. 

Menurut saya itulah kunci utama untuk mengerjakan skripsi bagi seorang akademisi yang hendak mendapatkan gelar S1 (strata 1). Kenapa seperti itu?

Sebenarnya tidak ada dosen pembimbing skripsi yang sulit ditemui. Hanya saja kebanyakan mahasiswa tidak menyadari trik khusus untuk menghadapinya. Nah, berikut saya akan berbagi cara menghadapi dosen pembimbing skripsi yang sulit ditemui.
  1. Catat jadwal mengajar beliau. Biasanya jadwal ditempel di meja beliau, papan pengumuman jurusan/progdi, atau di portal akademik masing-masing kampus.
  2. Setelah mengetahui jadwal mengajar beliau, pasti ada jam disaat beliau tidak mengajar. Nah, temui beliau diwaktu itu.
  3. Tidak bertemu juga? Hubungi lewat telepon, SMS, atau email. Kalaupun ada facebook ya gunakan facebook sebagai media menghubungi beliau. Dosen gaul. Ingat, gunakan bahasa yang baik dan sopan. Jangan gunakan bahasa atau singkatan-singkatan seperi Anda SMS-an dengan kawan sendiri. Oya, ingat waktu juga kalau mau telepon dan SMS. Tengah malam SMS, minta disemprot?
  4. Masih tidak bertemu juga? Tunggu beliau di depan kelas tempat beliau mengajar. Setelah beliau keluar utarakan maksud Anda dan jangan lupa pasang raut muka melas. Hahaha. *pengalaman
  5. Alhamdulillah bisa bertemu juga...Sebelum berbicara dengan beliau jangan lupa berdoa dulu. *komat-kamit.
  6. Eh iya, jangan lupa pula, mengingat beliau jadwalnya padat banget, kalau bisa setiap kali bimbingan harus sangat efektif dan bermakna. Maksudnya bawa berkas bimbingan dari Bab 1-3, kemudian catat apa-apa saja yang ingin Anda tanyakan. Jadi, sekali jalan Anda untung.
  7. Oya, biasanya ada juga lho mahasiswa yang minta bimbingan lewat email. Mau mencoba? Iya, kalau dosennya mau sih tak masalah.

Selamat mencoba...
Seandainya mahasiswa itu mau berpikir positif, sebenarnya dosen pasti memiliki tujuan atas kesan ‘sulit ditemui’. Ya, agar mahasiswa mau bersusah-susah terlebih dahulu, berjuang untuk mendapatkan gelar yang suatu hari nanti dipertanggungjawabkan di akhirat. Haiah... Agar mahasiswa tahu inilah kerasnya hidup. Haiah...Dan pastinya dosen ingin mengajarkan bahwa kehidupan setelah wisuda alias dunia kerja itu tak seindah yang dibayangkan. Bahkan lebih sulit dari memperjuangkan SKRIPSI.

Semangat ya! #reminder diri sendiri.

Materi Ajar UN Bahasa Inggris – Short Message

Materi Ajar UN Bahasa Inggris – Short Message

Untuk materi ajar mata pelajaran bahasa inggris yang saya siapkan dalam dalam menghadapi ujian nasional kali ini bertema Short Message, atau dalam bahasa Indonesianya adalah Pesan Pendek.

Pesan Pendek (Short Message) ini sendiri memiliki arti yang bentuknya seperti surat, tetapi tidak ada pembukaan dan penutupan. Isi dan kalimatnya sangat singkat berisi pokok/inti pesan.

Dan untuk materi ajar ini sudah saya buatkan dalam bentuk presentasi siap pakai untuk mengajarkan kepada para murid di kelas.

Silahkan dipelajari Materi Ajar UN Bahasa Inggris – Short Message pada materi yang telah disediakan di sini


Materi Ajar UN Bahasa Inggris - Notice, Caution & Warning

Materi Ajar UN Bahasa Inggris - Notice, Caution & Warning

Tidak ada henti-hentinya saya memberikan materi ajar UN bahasa Inggris yang telah saya buat untuk bisa dijadikan tambahan materi ajar oleh teman-teman sekalian bahkan para anak didik saya sekalipun.

Materi ajar bahasa UN mata pelajaran Bahasa Inggris kali ini bertemakan Notice, Caution dan Warning dimana didalam materi ajar yang saya lampirkan ini telah ada bahasan mengenai pengertian, jenis soal yang sering muncul, meaning atau makna dari bahasan tersebut serta contoh-contoh soal yang sering diujikan dalam Ujian Nasional mata pelajaran Bahasa Inggris.

Untuk lebih lengkapnya silahkan langsung lihat Materi Ajar UN Bahasa Inggris - Notice, Caution & Warning, saran dan masukan diharapkan untuk menjadikan saya lebih baik lagi. Terima Kasih.


Senin, 24 Maret 2014

Flash Asteroid

Asteroid adalah benda berukuran kecil yang dikelompokan sebagai planet minor (planetoid). Asteroid memiliki ukuran lebih kecil dari meteorid. Asteroid berada di dalam Tata Surya. Komet tidak bisa dikatakan sebagai asteroid karena komet memiliki ekor sedngkan asteroid tidak memiliki ekor. Asteroid pertama di temukan adalah Ceres pada tahun 1801 oleh Giuseppe Piazzi. Semakin canggih teknologi ateoroid makin banyak ditemukan yakni rata-rata sebanyak 5.000 buah per bulan. Wow cukup menakjubkan? Agar lebih pahamn mengenal asteroid silahkan simak melalui animasi di bawah ini.
sumber: http://my-diaryzone.blogspot.com/2010/01/flash-animation-of-asteroid.html

Ceritakan Pengalaman Sariawan Anda dan Dapatkan Hadiah Menarik

Sariawan, seriawan adalah perih. Perih di mulut yang seringkali menyiksa penderitanya. Dan tahukah Anda ternyata sariawan itu lebih banyak menerpa kaum perempuan. Hadeh.. hati-hati.

Banyak faktor penyebab timbulnya sariawan, pun banyak pula cara mengobatinya. Apakah Anda memiliki pengalaman sariawan? Punya resep turun temurun yang mujarab? Kenapa tidak Anda ikuti kontes INI.



Deltomed bekerjasama dengan Kompasiana mengadakan kontes menulis blog yang bertemakan sariawan. Bentuk tulisan berupa ulasan, reportase, pengalaman atau opini ketika mengalami dan mengatasi sariawan. Yang pasti lagi Anda harus punya akun di Kompasiana.

Apa hadiahnya? Pemenang berhak ikutan Factory visit Deltomed dan Wisata Solo serta 3 tulisan terbaik akan mendapatkan hadiah gadget menarik: Lenovo Vibe X S960, Lenovo S920 8 GB, dan Samsung Galaxy Fame S 6810.

Info lebih lanjut Anda bisa langsung ke SINI.
Yuk ikutan, saya juga akan mencoba ikut.

Template Sederhana Seperti Punya Mbak Ila

Ah, saya memang sering gonta-ganti template. Sangat labil. Tapi kalau perasaan tak nyaman setiap kali berkunjung di rumah maya ini, sama saja bohong deh. Setelah otak-atik, kok nemu yang simpel dan buat saya nyaman.

Ah, ini kan seperti template di blog Mbak Ila. Hehehe....tapi saya suka. Mbak Ila, nyontek ya? Nyontek templatenya dulu, habis ini nyontek tips sukses Mbak Ila buat resensi. Hihihi.

ABAH SANGAT MENYAYANGIMU...

Kisah Nyata
*Saya copas dari status facebook Mbak Icha, di SINI.
Seorang pemuda duduk di hadapan laptopnya. Login facebook. Pertama kali yang dia cek adalah inbox.

Hari ini terlihat sesuatu yang tidak dia perdulikan selama ini. Bagian ‘OTHER’ di inboxnya. Ada dua pesan. Pesan pertama, spam. Pesan kedua, dia membukanya. Ternyata pesan 3 bulan yang lalu.

Dia baca isinya:
“Salam. Ini kali pertama abah mencoba menggunakan facebook. Abah coba tambah kamu sebagai teman tapi tidak bisa. Abah juga tidak terlalu paham benda ini.

Abah coba kirim pesan ini kepada kamu. Maaf, abah tidak pandai mengetik. Ini pun kawan abah yang mengajarkan.

Ingatkah saat pertama kali kamu punya HP? Saat itu kamu kelas 4 MI. Abah kasian semua anak-anak sekarang punya HP. Jadi, abah hadiahkan pada kamu satu. Dengan harapan kamu akan telpon abah kalau kamu mau cerita tentang masalah asrama, sekolah atau apa-apa saja. Tapi, kamu hanya telpon abah seminggu sekali. Tanya tentang uang makan dan jajan. Abah berpikir juga, isi ulang pulsa 100 ribu tapi telpon abah tidak sampai 5 menit. Sudah habiskah pulsanya?

Saat kamu kecil dulu, abah masih ingat pertama kali kamu bisa ngomong. Kamu asyik panggil, ‘Abah, abah, abah’. Abah bahagia sekali anak lelaki abah panggil abah. Panggil Umi.

Abah senang bisa berbicara dengan kamu walaupun kamu mungkin tidak ingat dan tidak paham apa yang abah ucapkan di umur kamu 4 atau 5 tahun.

Tapi, percayalah. Abah dan Umi bicara dengan kamu banyak sekali. Kamulah penghibur kami di saat kami berduka. Walaupun hanya dengan gelak tawamu.

Saat kamu masuk MI. Abah ingat kamu selalu bercerita dengan abah ketika membonceng motor dengan abah setiap pergi dan pulang sekolah. Banyak yang kamu ceritakan pada abah. Tentang ibu guru, sekolah, teman-teman. Abah jadi makin bersemangat bekerja keras mencari uang untuk biaya kamu ke sekolah. Sebab kamu lucu sekali. Menyenangkan. Ayah mana yang tidak gembira kalau anaknya suka ke sekolah untuk belajar.

Ketika kamu masuk MTs. Kamu mulai punya kawan-kawan baru. Kamu pulang dari sekolah, kamu langsung masuk kamar. Kamu keluar pas waktu makan saja. Kamu keluar rumah dengan kawan-kawanmu. Kamu mulai jarang bercerita dengan abah.

Kamu pandai. Akhirnya masuk asrama di Aliyah. Di asrama, jarak antara kita makin jauh. Kamu mencari kami saat perlu. Kamu biarkan kami saat tidak perlu.

Abah tahu, naluri remaja. Abah pun pernah muda. Akhirnya, abah tahu kalau ternyata kamu menyukai seorang gadis. Ketika masuk kuliah, sikap kamu sama saja dengan ketika di Aliyah. Jarang hubungi kami. Sewaktu pulang liburan, kamu sibuk dengan HP kamu, dengan laptop kamu, dengan internet kamu, dengan dunia kamu.

Abah bertanya-tanya sendiri dalam hati. Adakah kawan istimewa itu lebih penting dari Abah dan Umi? Adakah Abah dan Umi cuma diperlukan saat kamu mau nikah saja sebagai pemberi restu? Adakah kami ibarat tabungan kamu saja?

Akhirnya, kamu jarang berbicara dengan abah lagi. Kalau pun bicara, dengan jari-jemari. Berjumpa tapi tak berkata-kata. Berbicara tapi seperti tak bersuara. Bertegur cuma waktu hari raya. Tanya sepatah kata, dijawab sepatah kata. Ditegur, kamu buang muka. Dimarahi, kamu tidak pulang liburan lagi.

Malam ini, abah sebenarnya rindu sekali pada kamu. Bukan mau marah atau mengungkit-ungkit masa lalu. Cuma abah sudah terlalu tua. Abah sudah di penghujung usia 60 an. Kekuatan abah tidak sekuat dulu lagi.

Abah tidak minta banyak… Kadang-kadang, abah cuma mau kamu berada di sisi abah. Berbicara tentang hidup kamu. Meluapkan apa saja yang terpendam dalam hati kamu. Menangis pada abah. Mengadu pada abah. Bercerita pada abah seperti saat kamu keci dulu. Apapun.

Maafkan abah atas curhat abah ini. Jagalah solat. Jagalah hati. Jagalah iman. Mungkin kamu tidak punya waktu berbicara dengan abah. Namun, jangan sampai kamu tidak punya waktu berbicara dengan Allah. 

Jangan letakkan cinta di hati pada seseorang melebihi cinta kepada Allah.

Mungkin kamu mengabaikan abah. Namun jangan kamu mengabaikan Allah.

Maafkan abah atas segalanya.”

Pemuda meneteskan air mata. Dalam hati perih tidak terkira. Bagaimana tidak, tulisan ayahandanya itu dibaca setelah 3 bulan beliau pergi untuk selama-lamanya. Di saat tidak mungkin lagi mampu memeluk tubuh tua ayahnya.

#Hargai orang tua kita selama dia masih hidup...kadang kala kita terlalu sibuk dengan kerja. Sampaikah kita lupa akan dia yang membesarkan kita... memberi pendidikan untuk kita bekerja.. mengajar kita berjalan untuk bekerja..
Jangan sampai anak kita nanti melupakan kita seperti kita melupakan kedua orangtua kita.

Rapor SMA Kurikulum 2013

Assalamu'alaikum wr. wb.

Begitu besarnya atensi yang diberikan dari beberapa kota di Indonesia mengenai Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 dan beberapa permintaan agar dibuatkan untuk rapor tingkat SMP dan SMA, maka pada kesempatan ini saya membuat postingan tentang Rapor Kurikulum 2013 untuk tingkat SMA. Prinsip dasar dari aplikasi ini tidak jauh berbeda dari model Aplikasi untuk tingkat SekolahDasar (SD). Perbedaannya hanya pada KI1 (sikap spiritual) dan KI2 (sikap sosial). KI1 (sikap spiritual) dan KI2 (sikap sosial) pada tingkat SMA terbagi menjadi 2, yaitu KI1-KI2 dalam mata pelajaran dan KI1-KI2 antar mata pelajaran.

Aplikasi Rapor SMA versi 1.0 adalah untuk kelas X Peminatan Ilmu Alam, sedangkan untuk Peminatan Ilmu Sosial akan segera dirilis. KD yang ada di dalamnya merupakan semua KD yang ada di kelas X. Jadi, aplikasi ini dapat digunakan untuk 2 semester, baik semester 1 maupun semester 2. Oleh karena itu dalam entri nilai harus diperhatikan dan disesuaikan dengan KD yang dalam semester tersebut. Jangan memasukkan nilai pada KD yang tidak terdapat dalam semester tersebut karena secara otomatis akan mempengaruhi hasil deskripsinya.

Prinsip-prinsip pengolahan nilai dari aplikasi ini mengacu pada petunjuk teknis sesuai dengan SK Dirjen Dikmen Kemdikbud dan LampiranKeputusan Dirjen Dikmen No: 717/D/Kep/2013 yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Ir. Ahmad Jazidie, M.Eng.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengisian nilai dalam aplikasi ini, yaitu:

  1. Masukkan data sekolah secara lengkap karena akan secara otomatis ngelink ke sheet yang lain terutama Rapor. Sebagai contoh jika anda memilih semester dengan angka “2” maka secara otomatis rapornya akan berubanh menjadi rapor semester 2 dengan mencantumkan “Keputusan naik/tidak naik kelas …”. Jika anda pilih angka “1”, maka rapor akan berubah menjadi rapor semester 1 tanpa ada “Keputusan naik/tidak naik kelas ...”. 
  2. Masukkan data peserta didik dan orang tua/wali secara lengkap untuk mencetak rapor bagian depan (identitas). Jika Anda mengambil data yang ada di sekolah dengan copy-paste”maka gunakan “Paste Values” yang ada pada Tab aplikasi ini. Jangan menggunakan Ctlr+V untuk Paste. Dan jangan pula menggunakan “Cut”untuk menghapus karena akan merusak link aplikasi ini. 
  3. Masukkan jenis Ekstrakurikulerselain dari Pramuka (wajib) sesuai dengan yang ada di sekolah masing-masing di “Parameter”. 
  4. Pilih sikap spiritual dan sosial antar mapel yang ingin dimunculkan dan diharapkan sesuai dengan pilihan yang tersedia di “Parameter”. 
  5. KI1 dan KI2 dalam mapelwajib menggunakan dengan skala nilai 1-4.
  6. KI1 dan KI2 antar mapelwajib menggunakan skala nilai 1-4. 
  7. KI3 dan KI4 wajib menggunakan skala nilai 1-100 dan sesuai dengan KD yang terdapat pada semester berjalan. 
  8. Masukkan Prestasiyang pernah dicapai oleh peserta didik pada tahun pelajaran berjalan. Lembar prestasi hanya dicetak pada saat semester 2 saja. 
  9. Bagi Usersyang menggunakan Excel 2013, mungkin untuk beberapa kondisi mengalami error macronya.

Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat. Jangan lupa komentar, saran dan kritiknya.
Cara Download di adf.ly : Klik Link Download tunggu hingga muncul kata "SKIP AD" di pojok kanan atas kemudian klik "SKIP AD".


Download Link


Password: mahas

Flash El-Nino

Pengertian El Nino adalah fenomena alam dan bukan badai, secara ilmiah diartikan dengan meningkatnya suhu muka laut di sekitar Pasifik Tengah dan Timur sepanjang ekuator dari nilai rata-ratanya dan secara fisik El Nino tidak dapat dilihat.
El Nino berasal dari bahasa Spanyol yang berarti “anak lelaki”. Sejarahnya, pada abad ke-19 nelayan Peru menyadari  terjadinya kondisi menghangatnya suhu lautan yang tidak biasa di wilayah pantai Amerika Selatan, dekat Ekuador dan meluas hingga perairan Peru. Hal ini terjadi di sekitar musim Natal pada setiap tahun. Pada tahun-tahun normal, air laut dalam yang bersuhu rendah dan kaya akan nutrisi bergerak naik ke permukaan di wilayah dekat pantai. Kondisi ini dikenal dengan upwelling. Upwelling ini menyebabkan daerah tersebut sebagai tempat berkumpulnya jutaan plankton dan ikan. Ketika terjadi El Nino upwelling jadi melemah, air hangat dengan kandungan nutrisi yang rendah menyebar di sepanjang pantai sehingga panen para nelayan berkurang. 

Gilbart Walker yang mengemukaan tentang El Nino dan sekarang dikenal dengan Sirkulasi Walker yaitu sirkulasi angin Timur-Barat di atas Perairan Pasifik Tropis. Sirkulasi ini timbul karena perbedaan temperatur di atas perairan yang luas pada daerah tersebut. 
a. Perairan sepanjang pantai China dan Jepang, atau Carolina Utara dan Virginia, lebih hangat dibandingkan dengan  perairan sepanjang pantai Portugal dan California.  Sedangkan perairan di sekitar wilayah Indonesia lebih hangat  daripada perairan di sekitar Peru, Chile dan Ekuador. 
b. Perbedaan temperatur lautan di arah Timur-Barat ini menyebabkan perbedaan tekanan udara permukaan di antara tempat – tempat tersebut.
c. Udara bergerak naik di wilayah lautan yang lebih hangat dan bergerak turun di di wilayah lautan yang lebih dingin. Dan itu menyebabkan aliran udara di lapisan permukaan bergerak dari Timur ke Barat.

Agar lebih jelas mengenai bahasan El Nino, Silahkan pelajari melalui Flash El Nino di bawah ini. Flash El Nino dan Unsur Cuaca di bawah ini di lengkapai juga dengan evaluasi materi. Selamat Belajar.

 

Sumber Gambar :http://www.srh.noaa.gov/images/tbw/nino/nawintergraphics.gif

Download BIO Nilai SD Tahun 2014

Tipe Penerima Uang Panas Pemilu

Siapa yang sudah dapat uang panas dari suatu partai? Berani tunjuk tangan? Atau dalam hati berkata, “Saya...(pelan sekali)”. Bahkan mungkin Anda cuek saja, tidak peduli mau ada atau tidak uang panas selama menyongsong pemilu raya nanti?

Saya sendiri belum bisa mengkategorikan diri saya antara perduli, tidak perduli, dan mau banget adanya penerima uang panas. Hehehe... Sampai hari ini saya cukup lirik kanan-kiri dan memastikan suasana. Masih sangat labil masalah politik.

Ini adalah kali pertama saya memilih dalam pemilu raya setelah dulu di tahun 2009 saya masih berusia 17 tahun masih kurang dikit. Anda sudah pernah memilih di pemilu raya? Ini kali berapa Anda memilih?

Pemilu raya sebentar lagi, tepatnya tanggal 9 April 2014 untuk pemilihan legislatif dan 9 Juli 2014 untuk pemilihan presiden dan wakil presiden. Di daerah saya sendiri sudah sangat ramai lho. Beberapa tim sukses sudah berkeliaran. Yang paling banyak adalah membagikan sticker bergambar caleg dan partainya, ada juga yang membagi kalender, dan kaos.

Sumber gambar DI SINI
Nah, yang paling heboh selain sticker, kalender, dan kaos, apalagi kalau bukan masalah uang panas. Sampai saat ini sih belum tercium kehadiran uang panas tersebut, tapi sudah jadi rahasia umum kalau uang panas itu akan segera melenggang di hari-hari mendekati pemilu raya.

Dari mendengar sana-sini, memperhatikan sana-sini, saya menganalisis ada beberapa tipe penerima uang panas pemilu.
  1. Kanan Kiri mana yang paling OK, uang panas dari semua partai diterima, yang paling besar jumlahnya itulah yang akan dicoblos. 
  2. Serangan fajar yang dicoblos, semua diterima, yang terakhir memberikaan uang panas, partai itulah yang dicoblos, kan uang yang lalu sudah habis.
  3. Hanya satu hati, nah yang satu ini diberi uang panas dari manapun tak mau kecuali dari partai fanatiknya.

Pertanyaan saya, uang panasnya itu dari mana ya?

Anda tidak termasuk ketiganya kan? Atau mungkin di tempat Anda ada cerita lain? Yuk, share di sini! Ah, postingan ini hanya sekedar pengingat diri sendiri supaya bisa mawas diri untuk cerdas memilih.

Bismillah, yuk jadi pemilih cerdas untuk Indonesia!

PENGUMUMAN SEMIFINALIS OLIMPIADE SAINS KUARK 2014





Selamat Pagi! 

Berikut ini diumumkan daftar semifinalis OSK 2014 untuk area JAWA.



Jangan lupa, informasikan juga daftar di bawah ini ke teman-teman kalian yang lolos ke semifinal


Materi babak semifinal adalah Komik Sains Kuark tahun X edisi 1-9
Babak semifinal akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 April 2014 di daerah masing-masing
Lokasi babak semifinal akan diumumkan 1 minggu sebelum

Minggu, 23 Maret 2014

Lomba Menulis Surat Cinta Majalah Gadis

DL: 31 Maret 2014

Urusan perasaan memang tidak bisa dibohongi. Semakin dipendam akan semakin menggunung. Woy, kenapa nggak diungkapin saja? Takut ditolak? Atau Anda tipe orang yang pemalu?

Nah, kini ada berita bagus buat Anda. Tidak hanya untuk yang sedang mau nembak gebetannya, buat yang sudah punya pacar juga bisa.

Taraaa....

Ungkapin perasaan Anda melalui Love Letter Writing Competition yang diadakan oleh majalah Gadis.

Dengan menulis surat cinta maksimal 3 paragraf, kamu bisa dapetin di bawah ini.

1 Roxy JBL On Stage Micro III (Speaker Dock for iPod/iPhone) senilai Rp. 1.550.000,- untuk 1 pemenang terbaik.
10 goodie bag menarik untuk 10 pemenang hiburan.
Info lebih lanjut, Anda bisa cari DI SINI, atau DI SINI.
Selamat mencoba!

One Minute Hijab From Yahoo

Saya tipe orang yang tidak suka ribet untuk masalah penampilan. Pun masalah kerudung yang saya gunakan. Saya lebih suka mengenakan kerudung blusukan (langsung pakai) setiap harinya. Simpel dan hemat waktu. Tapi jumlah kerudung blusukan saya yang full menutup dada belum banyak sih.
Menghadapi keadaan tersebut kerudung segi empat jadi solusinya. Saya tak banyak gaya, simpel sajalah, mengenakan topi kemudian membentuk kerudung menjadi segi empat, mengenakannya di kepala, dan mengaitkannya di bawah dagu dengan peniti, selesai. Ya, 2 menit-lah. Tapi kadang kalau mengenakan topi terus naik motor dan memakai helm rasanya sakit banget di kepala. Bisa jadi sih kepala saya yang kebesaran atau helmnya yang kekecilan.. Hehehe.

Nah, kemarin waktu ngubek-ngubek email di Yahoo, saya baca timeline news-nya, eh ada tutorial hijab yang menurut saya sangat simpel dan masih tetap menutup dada. Patut dicoba nih, batin saya. Apalagi mengenakannya hanya 1 menit. Mau tahu bagaimana tutorialnya? Siapa tahu Anda tertarik dan ingin request pasangan untuk mencobanya. Yuk, simak dulu..
Sumber di SINI
Dan masih ada juga tutorial-tutorial yang lainnya DI SINI. Yang perlu diingat adalah, tetap nyaman, syar'i dan karena Allah ya :D

Sabtu, 22 Maret 2014

Tweet Pagi Kacau








Download Hasil Seleksi OSN SMP Tingkat Kabupaten/Kota di Jawa Tengah Tahun 2014

image Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah telah mengumumkan hasil Seleksi OSN SMP Tahun 2014 yang dilaksanakan serentak di kabupaten/kota se jawa tengah pada tanggal 8 maret 2014, terdiri dari mapel Metematika, Fisika, Biologi dan IPS. Dari hasil seleksi telah terpilih siswa yang nilainya berada di passing grade provinsi (35 peserta terbaik) tiap mapel dan 2 siswa sebagai perwakilan kabupaten/kota tiap mapel. Siswa yang lolos dari tingkat kabupaten/kota akan melanjutkan seleksi di Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 19 April 2014, sebelum berlomba di tahap provinsi ini peserta wajib mengikuti Pembinaan (Traning Center) pada hari Minggu s.d. Jumat, tanggal 13 s.d. 18 April 2014, bertempat di P4G IKIP PGRI, Jl. Sriwijaya Semarang, cek in peserta Minggu, 13 April 2014.
Selebihnya nama-nama peserta dan syarat-syarat yang harus dibawa saat pembinaan terdapat dalam Surat Hasil Seleksi OSN SMP Tk. Kabupaten/Kota yang dapat diunduh di sini.

Jumat, 21 Maret 2014

Seleksi Olimpiade Olahraga (O2SN)

Kepada Yth., 
1. Kepala UPTD BPS Surabaya 1,2,3,4,5
2. Kepala SD, SMP, SMA Negeri/Swasta
Se-Kota Surabaya
di Surabaya

Menindaklanjuti surat Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan nomor : 132/c3/DS/2014 tanggal 17 Januari 2014 perihal Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SD, SMP, SMA.





menghabiskan penat dengan cara beda




































































Buah Hati Membantah

Jika Sang Buah Hati membantah, Bunda Hebat akan 3T (Tersenyum, Tolong, dan Terimakasih)

Seringkali saat buah hati membantah, Bunda akan terpancing untuk marah, eits jangan! Justru saat-saat seperti itu Bunda harus mampu memunculkan banyolan-banyolan yang bisa memecah suasana. Misalnya, “Oh, adik ndak mau dimandiin ibu? Bagaimana kalau dimandiin sama boneka adik saja?”

Setelah suasana mencair, hilangkan sikap bossy Bunda. Ubah kalimat yang keluar dalam mulut kita dengan kata tolong...Misalnya, “Dik, bisa tolongin ibu ambil sendok di dapur?” Beda rasanya kalau dengan kalimat berikut, “Ambilin sendok di dapur, Dik!”

Dua tips di atas sudah dipraktikkan dan buah hati jadi berkurang sikap membantahnya, jangan lupa ucapkan terimakasih. Setiap si buah hati selesai melakukan sesuatu dan sukses, sebagai Bunda Hebat tidak akan lupa untuk mengucapkan terimakasih sebagai reward. Betul? Reward tak perlu yang mahal-mahal, meskipun terimakasih juga termasuk reward, reward berupa minuman sehat dengan berbagai rasa semacam Cap Kaki Tiga Anak juga sangat disarankan.

Tulisan ini dikutsertakan dalam kuis Cap Kaki Tiga Anak
Yuk ikutan juga hari ini terakhir lhoooo!

Gajahmada FM, Buku Gratis, dan CeweQuat

Matahari sangat terik, ah, dah lama saya tidak merambah Semarang. Terakhir kali ke Semarang akhir tahun 2013 lalu. Kalau bukan karena buku gratis ogah banget rasanya saya berpanas-panasan seperti ini. Ditambah lagi harus berlomba dengan pengendara sepeda motor yang lainnya. Pun jalannya banyak yang berlubang. Melajukan sepeda motor dengan pelan adalah solusi terbaik. Ya, satu jam lebih baru sampai.


Tujuannya hanya satu, saya hendak ke radio Gajahmada FM Semarang. Radio yang beralamatkan di Jalan MT. Haryono 161 (saya lebih familiar dengan daerah Mbangkong) tentunya sangat terkenal di telinga pendengar radio di Semarang. Begitu juga dengan saya, bahkan saya sering mendapatkan hadiah dari radio ini. Dulu pernah dapat voucher kue, kaos asli Gajahmada FM, dan tadi yang saya ambil adalah buku. Sebenarnya pernah juga dapat buku berkali-kali tapi saya tidak bisa ambil. Jadwal kuliah yang padat dari Senin sampai Jumat-lah yang akhirnya menjadi alasan. Kalau sekarang kan free *yee..

Sebelum berangkat saya sempat kirim twitter ke Gajahmada FM. Saya menanyakan apakah hadiah buku dari acara Buka-Buka Buku edisi Februari 2014 lalu masih bisa diambil. Ternyata masih bisa.

Respon yang cepet banget di Twitter

Ini nih bukunya...
Eh buku kece abiisss lho.
Makasih kak @BungaMega dan Gajahmada FM
Tunggu reviewnya ya?
Sekilas baca buku ini layoutnya sangat menarik. Pengen segera bacaaa..

Ceritanya minggu lalu mau ambil, tapi karena saya dapat jatah pergi ke hutan, ya batal. Oya, hadiah di Gajahmada FM hanya bisa diambil di hari Selasa dan Kamis. Tentunya jam kerja ya? Jangan lupa juga bawa fotokopi identitas diri.

Kalau ada yang tanya apa sih tips agar bisa dapat buku dan hadiah lainnya dari Gajahmada FM? Jawaban pasti ya selalu staytune di 102,4 FM atau bisa juga streaming lewat SINI. Hehehe..

Khusus untuk hadiah buku, konsenin Gajahmada FM setiap Jumat ketiga setiap bulannya, mulai dari pukul 19.00-20.00 WIB. Nah, Anda bisa tanya-tanya lewat twitter, SMS, BBM, atau facebook Gajahmada FM. Tentunya pembuat pertanyaan yang menarik-lah yang akan dipilih. Biasanya untuk setiap line dipilih satu per satu untuk bisa dapetin buku.

Kalau untuk hadiah lainnya seperti kaos, tiket nonton, voucher, pantengin twitter Gajahmada FM dan dengerin  selalu radio ini. 

Anda bisa ngubek-ngubek Gajahmada FM lewat Web, Twitter, Fanpage, Telepon 024-3550088, SMS 0811251024, dan BBM 29DA1024.

Kamis, 20 Maret 2014

Semasa kecil, ibu selalu menomor satukan anak, pun masalah lauk.
Semasa dewasa, semua itu seakan lenyap, "Yang penting perut saya kenyang".

Rabu, 19 Maret 2014

Kereta, Jogja, dan Honeymoon

Sumber gambar di SINI
Jogja itu tiada matinya. Itu menurut saya yang jarang sekali meninggalkan rumah. Pernah pergi jauh dari rumah, dulu waktu SMP liburan ke Jakarta, waktu SMA ke Bali, terus pernah ke Jogja? Pernah *girang. Saya pernah dua kali ke Jogja, pertama dengan rombongan anak OSIS SMA, dan kedua dengan rombongan teman sekelas dalam rangka perpisahan kelas XII.
“Ketika liburan ke Jogja dengan rombongan teman sekelas, saya adalah ketua panitia. Mulai dari mengurus dana, pemilihan bus, negosiasi harga sewa bus, pemilihan tempat wisata, tempat makan, dll semua jadi tanggungjawab saya. Merelakan waktu tidur saya untuk mengurus teman yang mabuk di perjalanan, rela berganti tempat duduk, dan pasti merelakan tenaga saya untuk mengejar teman yang molor kembali ke bus. Ah, kebahagiaaan saya saat itu adalah saat teman-teman merasa puas dengan perjalanan tersebut, dan alhamdulillah semuanya tertawa riang. Perpisahan yang sangat menyenangkan.”
Parangtritis-2010
Liburan ramai-ramai itu menyenangkan, tapi terselip rasa ingin menikmati suatu perjalanan secara intim. Kalau selama ini saya memikirkan orang lain, mungkin inilah saatnya saya memikirkan diri saya sendiri. Boleh kan saya memiliki mimpi seperti itu? 

Inilah MyDreamyVacation, Jogja (Lagi)

Jogja...
Jogja...
Jogja...

Saya ingin liburan ke Jogja lagi. Tapi tak ingin sendiri. Saya bermimpi jika suatu hari telah halal dengan laki-laki yang telah melamar saya 8 Juni 2013 lalu, bersamanyalah saya ingin mencicipi Jogja secara intim. Itung-itung honeymoon.

Selama ini, kami memang jarang bertemu. Sebulan paling banyak bertemu dua kali. Itu pun tak pernah pergi berdua. Ketika di rumah saya, kami mengobrol bersama dengan bapak dan ibu. Makanya ajang liburan berdua setelah menikah, jadi wajib hukumnya. Aamiin.

Beliau sebenarnya pernah tinggal di Jogja selama 4 tahun. Ya, beliau menuntut ilmu dan bekerja di kota yang terkenal dengan julukan kota gudeg itu. Makanya keinginan untuk liburan bersama beliau sangat kuat. Apalagi sudah ada tour guide pribadi.

Jogja, suatu hari...Aamiin.

Bermimpi itu jangan tanggung-tanggung. Makanya untuk mimpi liburan yang satu ini saya ingin merencanakannya dengan rapi. Urusan terwujud atau tidak, terserah rencana Allah saja-lah. Berikut ini adalah rencana untuk mewujudkan mimpi saya tersebut.
  1. Berangkat dengan naik kereta api, adalah rencana pertama saya untuk bisa mencapai Stasiun Tugu, Jogja. Kami akan berangkat dengan naik kereta api dari Stasiun Poncol Semarang. Tak perlu kereta yang mahal, cukup ekonomi saja. Awalnya ada rencana naik motor untuk bisa sampai Jogja. Tapi waktu 5 jam itu akan sangat melelahkan bagi kami. Terlebih lagi saya sangat suka naik kereta, jadi naik kereta saja, aamiin. 
    Naik kereta api..tut..tut..tut...
    Sumber gambar di SINI
  2. Sampai Stasiun Tugu, apa yang selanjutnya kami lakukan? Setelah menempuh perjalanan jauh, badan capek ya? Nah, pilihan menggunakan taxi untuk bisa sampai di tempat penginapan, bagi kami adalah solusi cerdas. 
    Sumber gambar di SINI
  3. Cari penginapan, adalah langkah terpenting yang harus kami perhatikan. Keluarga baru tidak boleh banyak menghabiskan uang. Memilih penginapan dengan harga Rp 50.000-Rp 60.000/malam full fasilitas seperti TV, kamar mandi dalam, dan kipas angin, cukuplah. Pilihan saya untuk sementara jatuh pada Pondok 71 yang dekat dengan Keraton Jogja. 
    Sumber gambar di SINI
  4. Keliling Jogja, inilah saat-saat yang kami tunggu, penginapan sudah dapat selanjutnya adalah menentukan kunjungan ke tempat wisata. Eh tapi naik apa? Tenang, di Jogja banyak penyewaan motor seharga Rp 50.000/hari. Asyiikkk...dengan bermodalkan peta wisata kota Jogja sekarang saatnya bermimpi tempat wisata yang ingin kami kunjungi.
Peta Wisata Jogja
Jogja: Goa Pindul
Sebagai mantan peserta oliempiade Geologi *apahubungannya, saya masih gila dengan yang berhubungan dengan goa-goa seperti ini. Stalaktit dan stalakmit, ah goa banget deh.

Goa Pindul beralamatkan di Karangmojo, Gunung Kidul, Jogja. Di sini pengunjung bisa menikmati sensasi pelusuran sungai di dalam gua dengan menggunakan ban pelampung. Sambil menyusuri gelapnya lorong gua yang berhiaskan stalaktit dan stalagmit yang indah, pengunjung juga akan disodori dengan legenda pengembaraan Joko Singlulung mencari ayahnya.

Dengan tarif Rp 30.000 (minimal 5 orang), pengunjung bisa mendapatkan fasilitas perlengkapan cave tubing, pemandu, kudapan setelah pengarungan. Kalau mau datang ke sini, ingat jam terbangnya ya? Ini dia, Senin - Minggu (pk 08.00 - 16.00 WIB).

Saya harus ke sini, aamiin.

Jogja: Alun-Alun Kidul Main Masangin
Siapa sih yang nggak tahu sama permainan ini. Permainan yang dikenal dengan Masangin atau masuk dua beringin. Itu lho yang berjalan di antara dua pohon beringin, kalau kita bisa masuk di antaranya permintaan kita inshaallah bisa dihijabah. Beneran? Aturan mainnya sangat sederhana, kita hanya perlu menutup mata lalu berjalan lurus sekitar 20 meter dari depan Sasono Hinggil menuju tengah-tengah ringin kurung (dua beringin di tengah alun-alun).


Setelah lelah bermain, kami ingin menghabiskan malam dengan ngobrol lesehan bersama pengunjung lain dengan menikmati wedhang ronde, bakso, dan jagung bakar. Aih, romatis banget, menurut saya sih.


Saya harus ke sini, aamiin.

Jogja: Candi Prambanan
Ke Candi Borobudur dah dua kali, Candi Prambanan belum sama sekali. Ih...kan ngiri banget. Saya peansaran banget dengan Candi yang satu ini. Beralamatkan di Jalan Raya Jogja - Solo Km 16, Prambanan, Sleman, Yogyakarta 55571. Disebut-sebut sebagai candi tercantik di dunia. Beneran nih?


Cantik banget....Saya ingin foto di sini nih. Candi ini  dibangun pada abad ke-10 pada masa pemerintahan dua raja, Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Menjulang setinggi 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di tanah Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, di tengah area yang kini dibangun taman indah.

Saya harus ke sini, aamiin.

Jogja: Terakhir ke Malioboro dan Pasar Bringharjo
Ada yang belum pernah ke Malioboro? Bahkan asing dengan kata Malioboro? Nggak lah ya? Kalau Pasar Bringharjo? Menikmati Malioboro itu nikmatnya saat malam hari. Sambil jalan-jalan menyusuri jalanan ini, pengunjung juga harus tahu kalau Malioboro itu berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti karangan bunga, Malioboro menjadi kembang yang pesonanya mampu menarik wisatawan. Tak hanya sarat kisah dan kenangan, Malioboro juga menjadi surga cinderamata di jantung Kota Jogja.


Kemudian kalau Pasar Bringharjo? Di sinilah saya ingin membeli oleh-oleh. Yang murmer sajalah yang dibeli, tapi nggak murahan. Pasar Beringharjo ini ternyata telah digunakan sebagai tempat jual beli sejak tahun 1758. Tawarannya kini kian lengkap; mulai dari batik, jajanan pasar, jejamuan, hingga patung Budha seharga ratusan ribu.
Ihh....tas-nya bikin ngiler.

Saya harus ke sini, aamiin.

Kereta, Jogja, dan Honeymoon. Semoga suatu hari jadi nyata ya? Aamiin. Ini MyDreamyVacation saya, Anda? Atau punya tempat yang bisa saya masukkan ke list tempat kunjungan saya nanti apabila jadi ke Jogja? Yuk, share!

Artikel ini dikutsertakan GA MyDreamyVacation

Mengganti Tipe Foto dengan PhotoScape

Tempo hari ketika harus mengirim data berupa identitas diri lengkap dengan scan KTP/SIM saya sempat mengalami kesulitan. Kesulitan terletak pada tipe foto yang hendak saya kirim. Biasanya setelah discan, tipe foto yang dihasilkan adalah tipe .JPEG. Padahal lembaga yang saya tuju hanya mengenal tipe foto berupa .GIF.

Segera mengubahnya agar data segera terkirim. Itulah pikir saya. Alhamdulillah, saat buru-buru otak saya masih bisa mengingat aplikasi yang ada dalam netbook saya, sebut saja PhotoScape.

Berikut cara mengganti tipe foto dengan PhotoScape:
  1. Buka aplikasi PhotoScape 
    Tampilan PhotoScape
  2. Pilih menu Editor
    Tampilan setelah diklik Editor
  3. Lihat sebelah kiri, pilih foto yang ingin diedit. Bisa dengan mengklik atau drag (tekan dan geser)
  4. Klik Save (sebelah kanan bawah) kemudian Save As 
    Foto setelah diklik
  5. Setelah muncul kotak dialog Save As, ada menu Fill Name (nama foto) dan ganti tipe foto di menu Save As Type.
    Kotak dialog Save As
  6. Pilih tipe sesuai dengan keinginan, ada JPEG, PNG, GIF, dan BMP.
  7. Terakhir, Save.

Foto pun sudah jadi sesuai dengan keinginan kita. Bagaimana? Mudah bukan?

Photoscape adalah aplikasi untuk mengedit foto. Jangan dibayangkan kalau aplikasi ini ruwet ya, justru aplikasi ini adalah aplikasi untuk mengedit foto yang paling mudah dan menyenangkan, pun bagi yang masih awam dengan dunia foto. Penasaran? Download saja di SINI.

Arsip Blog