Selasa, 30 September 2014

DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 SMP / MTs KELAS 7 SEMESTER 1 LENGKAP

DOWNLOAD RPP KURIKULUM 2013 SMP / MTs KELAS 7 SEMESTER 1 LENGKAP


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan 
 pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih.
 RPP dikembangkan dari silabus untuk
 mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam
 upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD).

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun 
RPP secara lengkap 
dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, 
menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk 
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, 
kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, 
dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. RPP disusun berdasarkan  
KD atau subtema 
yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih.

Berikut links download contoh-contoh RPP Kurikulum 2013 jenjang
 SMP / MTs Kelas VII Semester I :

1.   Download RPP PAI Kurikulum 2013 Kelas 7 SMP
4.   Download RPP IPA Kurikulum 2013 Kelas 7 SMP 
5.   Download RPP IPS Kurikulum 2013 Kelas 7 SMP 

Senin, 29 September 2014

Download Petunjuk Teknis Penilaian Kurikulum 2013

image

Dalam rangka memberikan panduan dalam melakukan penilaian, Direktorat Pembinaan SMP telah menerbitkan Petunjuk Teknis Penilaian dan Pengisian Rapor untuk Implementasi Kurikulum 2013 bagi guru SMP.

Petunjuk teknis ini disusun sebagai salah satu upaya Direktorat Pembinaan SMP membantu guru melakukan penilaian pencapaian kompetensi peserta didik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan dengan berbagai teknik. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian menyatakan bahwa kompetensi sikap dinilai dengan teknik observasi, jurnal, penilaian antar peserta didik, dan penilaian diri; penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis, tes lisan, dan penugasan; dan penilaian keterampilan dilakukan dengan praktik/kinerja, projek, dan portofolio.
Walau pun teknik-teknik penilaian tersebut telah lama dikenal di Indonesia, banyak di antara guru SMP yang belum dapat melaksanakannya dengan baik. Petunjuk teknis ini disusun dengan maksud menyajikan informasi praktis mengenai teknik-teknik penilaian tersebut, bentuk-bentuk instrumen,  contoh-contoh butir soal beserta rubrik penilaian dan langkah-langkah pengolahan nilai.
Selain itu, dalam petunjuk teknis ini juga diuraikan cara mengisi rapor untuk Kurikulum 2013. Contoh-contoh rumus penghitungan nilai akhir dan prinsip-prinsip penulisan deskripsi pencapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan juga diberikan.

 

Download Petunjuk Teknis Penilaian Kurikulum 2013 : [ Klik di sini ]

Minggu, 28 September 2014

Download Kisi-kisi UTS SMP Sub Rayon 03 Baturetno Semester Ganjil 2014/2015

 image

Berikut ini link download kisi-kisi ULangan Tengah Semester (UTS) untuk SMP Sub Rayon 03 Baturetno pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 :

  1. Kisi-kisi UTS kelas VII : [ klik di sini ]
  2. Kisi-kisi UTS kelas VIII : [ klik di sini ]
  3. Kisi-kisi UTS kelas IX : [ klik di sini ]

Rabu, 24 September 2014

Mengenal Warna dengan Bernyanyi

Memiliki anak yang cerdas memang idaman setiap orang tua. Tapi yang perlu diingat, itu semua tidak bisa dipukul rata untuk setiap anak. Mereka memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Seperti halnya keponakan saya, Rena.

Oktober nanti Rena berusia 5 tahun. Saat ini sudah masuk TK (tanpa masuk PAUD). Sudah bisa apa dia? Alhamdulillah, dia sudah bisa memegang pensil dengan benar dan pandai meniru. Meniru baik dalam hal menulis, menari, menyanyi, bahkan membuat sesuatu. Satu kekurangannya, dia belum bisa membedakan warna. Kalau hanya menirukan ucapan merah, kuning, hijau, dia handal, tapi kalau menghafalkan?

Rena mengantuk tapi masih ingin belajar

Ya, selama ini dia menyebutkan warna merah dengan warna stoberi, warna oranye dengan warna jeruk, warna hijau dengan warna daun, dll. Inilah PR penting bagi saya. Dia mewarnai OK, bahkan menggambar hooo~ jangan ditanya, dia sudah bisa menggambar “kakak laki-laki dengan mengenakan topi” lho.

Setiap ada kesempatan, setelah pulang mengaji, kira-kira pukul 19.00 WIB, Rena selalu datang ke rumah saya lengkap dengan tasnya. Mengambil meja dan kursi kemudian masuk kamar dan “Ayo De Ka, belajar!”

Kala itu saya berpikir dia harus belajar membedakan warna. Kapan lagi? Tahukah Anda cara apa yang saya gunakan?

Cara pertama, secara konvensional saya menggunakan krayon yang dia miliki sebagai media. Mengambil satu per satu krayon saya tunjukkan kemudian menyebutkan warnanya dan dia menirukan. Awalnya saya menyebutkan 6 warna, tak satupun dia hafal. GAGAL.

Cara kedua, dengan cara pertama saya modifikasi dengan hukuman. Apa hukumannya? Tenang, hukumannya dijamin aman. Bedak. Ya, jadi kalau Rena salah menyebutkan warna maka wajahnya akan saya coret. Sebaliknya, kalau dia benar maka wajah saya yang akan dicoret olehnya. Berhasilkah cara saya ini? Lumayan, tapi saat istirahat sebentar kemudian saya ulang, eh eh eh Rena lupa lagi. Ini anak memang cara belajarnya lemah pada mengahafal. GAGAL.

Wajah Rena yang cemong
Cara ketiga, Gara-gara meja belajarnya ada gambarnya, saya jadi mengaitkan warnya yang ada dengan warna krayon yang dia miliki. Pas saya menyebutkan warna merah, kuning, dan hijau, tahu-tahu Rena bilang, “Itu tho kayak werno pelangi, aku ngerti (Itu seperti warna pelangi, aku tahu)”. Terbesitlah, kenapa tidak dengan bernyanyi saja?

Tahu lah ya, lagu apa yang saya maksud. Yups! Pelangi-pelangi! Menyanyilah kami, saat sampai pada lirik “merah, kuning, hijau, di langit yang biru”, saya sambil menunjukkan krayon dengan warna tersebut. Apa yang terjadi? Cara ini BERHASIL lho. Ya sih hanya 4 warna, tapi yang penting sudah ada kemajuan lah ya.

Namanya juga anak-anak, otaknya akan lebih mudah menerima sesuatu yang konkret. Hehehe. Kenapa nggak kepikiran dari kemarin-kemarin ya? Tapi apa yang Rena alami bisa jadi terjadi juga pada anak atau saudara Anda, bisa jadi juga tidak. Selain itu, kita juga tidak bisa menyamakan cara berpikir kita kepada mereka. Jangan sering mengagungkan kata “kamu harus bisa”. Lebih baik pahami kelebihan apa yang mereka miliki, dan poles pelan-pelan kekurangan mereka. Ingat! Anak itu bukan robot yang baterainya bisa kita ganti setelah ngambek.

Download Panduan Formating Ms. Word untuk Penulisan Tesis/Skripsi/Karya Ilmiah

image

Penulisan Skripsi & Tesis merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebagai bukti telah dilakukannya penelitian akhir (sebagai tugas akhir) dan berhak menyandang gelar sarjana. Namun penulisan Skripsi & Tesis ini bukanlah hal yang mudah, selain dipusingkan dengan apa yang harus dituliskan, kita dihadapkan pada permasalahan dalam penulisan Skripsi & Tesis tersebut.
Pada umumnya permasalahan dalam penulisan terjadi karena kita tidak mampu mengoptimalkan fitur program aplikasi pengolah kata yang digunakan, salah satunya adalah program aplikasi MS Word 2007. Hampir seluruh isi penulisan Skripsi & Tesis dilakukan secara manual sehingga kesalahan yang terjadi harus diperbaiki satu per satu. Jelas hal ini akan menambah pekerjaan dan menyita waktu kita untuk memperbaiki penulisan Skripsi & Tesis.
Beberapa hal yang sering dilakukan secara manual dan permasalahan yang muncul :

  1. Penomoran bab dan subbab dilakukan secara manual. Permasalahan yang muncul yaitu apabila terjadi penyisipan, pengurangan atau pemindahan bab maupun subbab, maka kita harus mengurutkan kembali nomor bab dan subbab tersebut satu per satu.
  2. Penomoran gambar dan tabel serta persamaan dalam tulisan sebagai penunjuk dilakukan secara manual. Permasalahan yang muncul yaitu apabila terjadi penyisipan, pengurangan atau pemindahan gambar, tabel maupun persamaan, kita harus memperbaiki nomor gambar dan tabel sebagai penunjuk tersebut satu per satu.
  3. Pembuatan daftar isi dilakukan secara manual. Permasalahan yang muncul yaitu apabila terjadi perubahan halaman pada bab maupun subbab maka nomor halaman dalam daftar isi harus diperbaiki satu persatu.

Dan tentu saja masih banyak lagi hal-hal yang biasanya dilakukan secara manual. Melalui buku karya Hidayat, MT ini kita akan memahami sistematika penulisan tesis/skripsi serta optimalisasi penggunaan Microsoft Word sehingga memudahkan tugas kita.

 

Download e-Book: Menyusun Skripsi & Tesis [ klik di sini]

Senin, 22 September 2014

Latihan BAHASA JAWA kelas III semester 1



Wacanen!
LATIHAN VOLI
Saben dina Setu, bocah-bocah kelas III A ana wulangan olahraga. Olahraga iki diwiwiti jam 08.00 esuk. Lumrahe, yen olahraga mesthi bocah-bocah padha nggawa kaos ganti. Tujuane supaya olahraga isih ana wulangan liyane. Dina iku latihan voli. Voli iku olahraga sing saben sakregu ana enem wong. Sing diwulangake, ing antarane nyemes, nyervis lan ngoper.

I. Wangsulana

Makan Bersama


Membiasakan makan makanan yang sehat dan bergizi itu tidak mudah. Tidak semua anak suka sayur, mereka lebih suka makanan yang kering seperti ayam goreng, mie goreng, atau daging olahan (nugget). Untuk itu perlu sesekali kita mengecek kebiasaaan lauk apa yang mereka konsumsi dan orangtua siapkan dari rumah.

Berangkat dari pengalaman tersebut, maka pada hari Sabtu 20 September 2014, dilaksanakan

Sabtu Ceria bersama Kak Wuntat

Hari Sabtu, 20 September 2014 suasana halaman sekolah nampak riuh. Semua siswa nampak duduk rapi. Nuansa Merah dan kuning menghiasi halaman sekolah. Pagi itu mereka bersama akan mendengarkan cerita yang akan dibawakan oleh Kak Wuntat WS, ddari Yogyakarta. Jam 07.45 WIB. Acara pun dimulai.




siswa duduk menanti




menunggu sambil menyanyi




Kak Wuntat memulai aksi nya




mengabadikan momen

Sabtu, 20 September 2014

Ingat! Setiap Anak Itu Unik

Sudah hampir 2 bulan ini saya menjadi guru privat Cantik. Saya hanya bisa berkata, Cantik itu benar-benar beda dengan Nicho. Nicho kalem, pendiam, dan sangat cerdas itu mudah saya taklukkan, lah Cantik?

Cantik saat ini duduk di kelas 3 SD. Anaknya sangat aktif, baik secara tindakan maupun ucapan. Dan satu yang membuat saya surprise sekali, dia bercita-cita ingin menjadi artis. Sungguh sangat berbeda dengan Nicho yang bercita-cita ingin menjadi Romo.

Kalau dilihat dari tingkat kognitifnya, Nicho lebih dibandingkan adiknya ini. Tapi Cantik tak kalah memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh Nicho, yaitu kemampuan verbalnya sangat bagus. Cantik sangat kritis, Nicho? Mungkin kritis tapi tak pernah ditampakkan.

Tahukah Anda sampai sekarang Cantik sering bertanya kepada saya, “Mbak Ika, kenapa sih kok diberi nama kangkung? Kenapa diberi nama meja? Kenapa diberi nama pulpen?.......” masih banyak lagi pertanyaan dia yang awalnya membuat saya gelagapan untuk menjawabnya. Tapi sekarang sih saya sudah terbiasa. Bahkan kalau dia keseringan bertanya, saya jawab, “Wah Mbak Ika belum tahu jawabannya. Buat PR Mbak Ika ya?” Atau “Wah, kita tanya Tuhan, yuk!”

Saya tidak bisa menyalahkan keingintahuannya, karena itu adalah hal yang wajar bahkan menjadi suatu kelebihan yang dimilikinya. Hanya saja saya sering memutar otak, jawab apa ya biar ini anak nggak penasaran? Sampai suatu hari ketika saya mati kutu atas pertanyaan dia, dia malah cerita.

“Dulu pas kelas dua, aku pernah tanya sama bu guru.” kata Cantik.
“Tanya apa sayang?”
“Kan ...kan pas itu bu guru sedang nerangin tentang rumput. Terus aku tanya. Bu, kenapa kok diberi nama rumput?”
“Terus bu guru jawab apa?”
Cantik malah tertawa.
“Loh, kok malah ketawa?”
“Bu guru jawab gini, namanya ya rumput masak namanya Cantik???”
Kami berdua tertawa.
“Terus dek Cantik bagaimana?”
“Ya, aku diam saja. Habis itu nggak tanya-tanya lagi.”

Namanya juga anak-anak ya? Tingkah polahnya bermacam-macam. Tak bisa ditebak. Seperti sore tadi, Cantik agak males belajar. Saya menyadari betul karena tak seperti biasa. Ketika saya tanya, dia menjawab, “Lauknya nggak enak. Aku nggak suka.”

Oalah....anak-anak.  Mau diapakan itulah uniknya anak-anak. Satu sama lainnya berbeda. Kalau Nicho sangat bijak, kalem, dan diam-diam menghanyutkan, adiknya, Cantik, wow banget pokoknya. PR besar saya nih, bagaimana caranya menaklukkan nih anak.

Informasi CPNS 2014

Sebelum anda mendownload pengumuman CPNS yang anda inginkan, anda silakan mengunduh terlebih dahulu beberapa keterangan berikut sebagai berkas pelengkap anda mengikuti ujian seleksi CPNS tahun 2014


NoNama Berkas CPNSJumlah DokumenPersyaratanPemerintahan Daeah / Kementerian / Lembaga NegaraDownload DokumenKeterangan
1.Surat Pernyataan1YaYa
Berkas CPNS 2014
File Ok







2.Surat Lamaran1YaYa
Berkas CPNS Word
File Ok








Panduan dan Tata Cara melamar CPNS 2014:
1. Persyaratan CPNS 2014
2. Panduan Daftar Online CPNS 2014

Informasi update cpns 2014 akan kami terus informasikan melalui asncpns.com

Pengumuman Pengadaan CPNS Seluruh Kabupaten Kota di Indonesia
Silakan anda pilih provinsi anda, untuk bisa melihat pengumuman cpns tingkat pemda/pemkot dan pemprov tahun anggaran 2014.
Pengumuman dan Daftar Online CPNS Kabupaten dan kota Anda akan diumumkan di masing masing provinsi di bawah ini. Silakan simpan alamat website ini untuk kemudahan mengakses anda di esok hari

Untuk Informasi penerimaan CPNS Seluruh kementerian dan Lembaga Negara tahun anggaran 2014 bisa diakses di link http://www.asncpns.com/2014/07/penerimaan-cpns-kementerian-lembaga.html

Sebelum anda mulai mengakses informasi mengenai daerah anda, silakan anda baca terlebih dahulu mengenai pertanyaan pertanyaan yang sering ditanyakan calon pelamar CPNS perihal Penerimaan CPNS 2014 di link berikut ini http://www.asncpns.com/2014/06/pertanyaan-penting-menyangkut-cpns-2014.html

  1. Provinsi Aceh
  2. Provinsi Bali
  3. Provinsi Banten
  4. Provinsi Bengkulu
  5. Provinsi Gorontalo
  6. Provinsi Jakarta
  7. Provinsi Jambi
  8. Provinsi Jawa Barat
  9. Provinsi Jawa Tengah
  10. Provinsi Jawa Timur
  11. Provinsi Kalimantan Barat
  12. Provinsi Kalimantan Selatan
  13. Provinsi Kalimantan Tengah
  14. Provinsi Kalimantan Timur
  15. Provinsi Kalimantan Utara
  16. Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
  17. Provinsi Kepulauan Riau
  18. Provinsi Lampung
  19. Provinsi Maluku
  20. Provinsi Maluku Utara
  21. Provinsi Nusa Tenggara Barat
  22. Provinsi Nusa Tenggara Timur
  23. Provinsi Papua
  24. Provinsi Papua Barat
  25. Provinsi Riau
  26. Provinsi Sulawesi Barat
  27. Provinsi Sulawesi Selatan
  28. Provinsi Sulawesi Tengah
  29. Provinsi Sulawesi Tenggara
  30. Provinsi Sulawesi Utara
  31. Provinsi Sumatera Barat
  32. Provinsi Sumatera Selatan
  33. Provinsi Sumatera Utara
  34. Yogyakarta

Catatan:
Setelah pengumuman CPNS resmi diumumkan pihak Kemenpan RB dan BKN, selain di website resmi pemerintah sscn.bkn.go.id dan menpan.go.id, Pengumuman CPNS juga bisa dilihat di website asncpns.com
- See more at: http://www.asncpns.com/2014/06/list-penerimaan-cpns-seluruh-indonesia.html#.VBzPFVNy-pU

Cara Mudah Mentranslate Text PDF Berbahasa Inggris


Kini tugas menterjemahkan atau mentranslate Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia dirasa semakin mudah. Jika dulu kita harus membuka lembar demi lembar halaman buku kamus kita, sekarang kita dipermudah dengan berbagai fasilitas translate. Fasilitas translate secara online disediakan oleh Google Translate. Tetapi, bagi yang mengalami kendala koneksi inetrnet maka kamus offline menjadi solusi utama, Mengenai kamus offline ini bisa di baca pada posting SangPengajar.Com sebelumnya ( baca : Download Kamus Inggris-Indonesia Offline GRATIS, Mau ? ).

Untuk mentranslate text PDF berbahasa Inggris bisa dipergunakan 2 software berikut :

  1. Foxit Reader, untuk membuka file PDF serta menuliskan hasil translate atau kumpulan kata sulit.
  2. Kamus 2.04, untuk mencari terjemahan kata-kata sulit

image
Keunggulan Foxit Reader dibanding software PDF reader lainnya adalah kita bisa menuliskan catatan tambahan dari text yang kita baca, sehingga kita bisa menulis terjemahan atau sekadar kata-kata sulit menggunakan fasilitas Comments > Note :
image

Sedangkan, Kamus 2.04 mampu menjawab permasalahan translate kita. Cukup dengan memblok kata yang sulit dan memberi perintah copy (Ctrl + C) maka kata sulit tersebut akan tercopy otomatis di Kamus 2.04 beserta artinya. Mudah bukan ?
Demikian tutorial cara mudah mentranslate text PDF berbahasa Inggris menggunakan Foxit Reader dan Kamus 2.04. Semoga bermanfaat !

Kamis, 18 September 2014

Microsoft Innovative Educator Expert 2015








Info korjen


Info hari ini.



1.      
Agenda Sabtu 20 September 2014

a.     
Siswa Membawa sarapan pagi,
dengan menu sehat

b.     
Dilanjutkan dengan
menuliskan kembali cerita kak wuntad

c.      
Pertemuan gugus tunas
sukowati kelas 1,2,4,5,6