Sabtu, 18 Oktober 2014

Membuat Jam Digital Sendiri dengan 7 segmen dan kumpulan LED

Jam digital memang menarik, apa lagi kalau menggunakan Lampu LED akan lebih menarik sekali.
di Posting kali ini saya akan mengajari bagaimana membuat Jam digital dengan Mikrokontroller ATmega8.
Artikel ini Semua skema dan gambar PCB, source code diambil dari website  www.inzarsalfikar.com saya modifikasi sedikit agar pembaca lebih memahami cara pembuatannya








Langkah Pertama :
Buatlah PCB nya seperti ini :




Komponen yang dibutuhkan :
1. IC Regulator 7805
2. Jack DC Female (optional kalau mau disambung kabel langsung juga bisa)
3. Capasitor elco 100uF/12 V
4. Saklar ON/OFF (optional jika tidak mau pakai saklar bisa langsung di jumper saja)
5. Capasitor elco 100uF/12 V
6. IC- ATMega 8
7. Chrystal 12 MHz
8. IC ULN 2803
9. Resistor 100 Ohm
10. Transistor fcs 9013 (posisi tulisan depan kita kakinya E-B-C)
11. Resistor 330 Ohm
12. Seven segmen
13. Push button kecil
14. Batre kancing  3 V (ini bisa juga diganti 2 batre ABC 1,5 V di seri)
15. IC RTC DS 1307
16. Resistor  4 k 7
17. Resistor 47 K
18. Chrystal 32,678 MHz



Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan unduh E-BOOK disini GRATIS !!

Pengen Membuat Jam Digital yang ada kelendernya ?? klik Posting saya DISINI



Pasang Komponen Pada PCB ;




Jika semua komponen telah dipasang, kita lanjut ke pemrograman IC Atmega8
Hubungkan IC anda dengan Downloader anda, disini saya contohkan menggunakan USBasp. Jika anda menggunakan downloader jenis yang lainnya, misalkan type serial, atau LPT sesuaikan dengan kaki downloader, kemungkinan antara downloader satu dengan yang lainnya posisi soketnya berbeda. Pastikan kaki : mosi, miso, sck, rst, vcc dan gnd tidak terbalik, karena dapat merusak IC anda
Ini gambar USBasp yang saya gunakan ;


Pemasangan USBasp pada ATmega 8 untuk di program




Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan unduh E-BOOK disini GRATIS !!

Pengen Membuat Jam Digital yang ada kelendernya ?? klik Posting saya DISINI



Tampilan jam digital buatanku  :


















Untuk penjelasan lebih lengkap silahkan unduh E-BOOK disini GRATIS !!

Pengen Membuat Jam Digital yang ada kelendernya ?? klik Posting saya DISINI













IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog