Program mobile edukasi merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Keunikan dari model ini adalah menggunakan alat (device) handphone, dimana sudah cukup banyak masyarakat menggunakan atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Namun BPMP mencoba untuk memanfaatkan handphone sebagai alat untuk belajar bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.
Untuk mempopulerkan program mobile learning yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya siswa dan guru untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia dalam bentuk kegiatan lomba pembuatan mobile learning untuk dua kategori, yakni kategori umum dan pelajar.
Lomba Mobile Edukasi 2014 bertujuan untuk:
- Memotivasi masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat mobile/handphone.
- Memotivasi siswa sekolah akan pentingnya bahan ajar /media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
- Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
- Memperkaya konten pendidikan di internet.
Pendaftaran dan Pengumpulan Karya
Waktu dan Tempat
Dilaksanakan pada 1 April 2014 sampai 1 September 2014 secara online.
Rincian Kegiatan
Setelah kegiatan sosialisasi selesai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta. Waktu pengiriman hasil karya lomba bagi peserta ditentukan selama 5 bulan. Total karya yang ikut dalam lomba mobile edukasi 2014 ini diharapkan lebih dari 240 karya.
Pendaftaran dan pengumpulan karya yang bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, jadi calon peserta lomba agar dapat mendaftar diwajibkan mengunjungi web resmi lomba di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba.
Langkah-langkah Pendaftaran
- Kunjungi web http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba
- Daftar menjadi member web
- Nama user peserta adalah alamat email yang dimasukkan
- Dengan menjadi member peserta bisa memperbaiki/melengkapi biodata dan mengupload/merefisi karya yang di ajukan.
- Lomba dibagi menjadi tiga kategori yaitu :
- Kategori Pelajar : SMP, SMA/SMK atau sederajat (saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang syah)
- � Kategori Guru : guru segala jenjang (saat grandfinal masih berstatus guru dengan menunjukkan surat keterangan dari kepala sekolah).
- Kategori Umum : mahasiswa atau masyarakat umum.
- Karakteristik Peserta
- Bersifat perorangan
- Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia hanya menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak final)
- Karya berupa program Aplikasi Handphone untuk Pembelajaran Mandiri
- Karya adalah original dalam ide dan kreasi yang dapat dibuktikan dalam penjurian.
- Aplikasi boleh dikembangkan dengan platform apa saja (Misal : flash, flashlite, java, android atau apapun software pengembangnya)
- Didalam program mencantumkan tema (judul), mata pelajaran, jenjang dan nama/identitas anda.
- Tema bebas tetapi tidak boleh sama dengan yang pernah di sajikan dalam m-edukasi.kemdikbud.go.id
- Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar , kecuali mata pelajaran bahasa asing.
- Peserta yang masuk final 15 besar per kategori, menyertakan SourceCode atau ReSource saat presentasi di Grandfinal.
- Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara di tingkat nasional.
- Syarat utama karya adalah "Karya berupa aplikasi/konten pembelajaran yang dijalankan pada handphone/tablet".
- Peserta yang layak mengikuti adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
- Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
- Keputusan panitia dan juri tidak dapat diganggu gugat.
- Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia lomba melalui website, email dan media sosial resmi lomba.
- Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/informasi dari panitia lomba.
- Karya lomba yang diikutsertakan bersedia untuk diupload di web resmi Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan http://m-edukasi.kemdikbud.go.id agar dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan pendidikan.
Penyerahan Hadiah juara 1 per kategori akan di laksanakan pada Festival e-Pendidikan tingkat Nasional. Total keseluruhan hadiah yang disediakan untuk semua kategori sebesar Rp. 236.500.000,-.
Hadiah untuk Pemenang Kategori Pelajar
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
- Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
- Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 5.000.000,-
- Terbaik 4-25 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.000.000,-
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.500.000,-
- Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
- Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
- Terbaik 4-25 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
- Juara 1 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 12.500.000,-
- Juara 2 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 10.000.000,-
- Juara 3 : Piala, Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 7.500.000,-
- Terbaik 4-25 : Sertifikat, merchadise dan Hadiah, Total Rp. 2.500.000,-
25 karya terbaik (selain juara) dari masing masing kategori akan mendapatkan sertifikat, merchandise dan uang pembinaan
Anda memiliki karya mobile learning? Ayo, tunggu apalagi …segeralah bergabung !
0 komentar:
Posting Komentar