Senin, 25 April 2011

Indahnya Bersabar

Sebagai umat Islam, tentunya Al Quran dan Sunnah menjadi pedoman yang kuat untuk kita. Bila di antara golongan ada yang berselisih pendapat, kewajiban umat Islam untuk mengembalikannya lagi kepada dalil-dalil ini, yaitu Quran dan Hadits. Dalil bukanlah perkataan ulama maupun ustadz, tetapi perintah langsung dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Banyak sekali dalil yang memerintahkan kita untuk memiliki sifat sabar, baik dalam Al Quran maupun Hadits.  Dalil-dalil ini tentunya sah secara hukum dan wajib kita ikuti sebagai pedoman hidup kita. Bahkan dalam Alquran Allah menyebutkan lafdz sabar pada 90 tempat, dan Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah menyebutkan 16 ragam pembahasan sabar dalam Alquran , diantaranya :{1}



1. Allah melarang hambaNya dari sifat tidak bersabar

"Bersabarlah sebagaimana para rasul ulul azmi, dan janganlah tergesa-gesa" (QS. Al-Ahqaf:35)

2. Allah memuji orang yang menghiasi dirinya dengan kesabaran :

“…dan orang-orang yang bersabar semasa sempit dan lapang….mereka itulah orang-orang yang jujuir dan bertaqwa” (QS. Al-baqarah:177)

3. Lekatnya kasih sayang Allah pada orang-orang yang bersabar:

“dan Allah mencintai orang-orang yang bersabar” (QS. Ali Imran :146)

4. Sabar pilhan yang baik di sisi Allah :

“Jikalau kalian sabar, itu lebih baik bagi kalian” (QS. An-Nisa:25)

5. Ganjaran Allah yang lebih baik bagi orang sabar :

“Niscaya kami memberi ganjaran bagi orang-orang yang bersabar lebih baik dari apa yang mereka lakukan” (QS. An-Nahal:96)

6. Ganjaran tanpa batas bagi orang yang bersabar:

“Sesungguhnya kami akan penuhi ganjaran tanpa batas bagi orang yang bersabar” (QS. Az-Zumar:10)

7. Jaminan kemenangan dan pertolongan bagi orang yang bersabar :

“…Jika kalian bersabar….niscaya Allah menolong kalian dengan 5 ribu malaikat….” (QS. Ali Imran:125)

8. Kabar gembira bagi pelaku kesabaran :

“Sungguh akan Kami berikan cobaan kepada kamu sekalian dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikan kabar gembira kepada orang-orang yang sabar.” (QS. Al Baqarah:155)

9. Keutamaan  sabar di sisi Allah :

“Sungguh berbahagialah orang yang sabar dan mau memaafkan, karena perbuatan semacam itu termasuk perbuatan-perbuatan yang sangat utama.” (QS. As Syura:43)

10. Kebersamaan Allah kepada orang yang sabar:

“Dan bersabarlah kalian, sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar “ (QS. Al-Anfal:460

Oleh karena itu, sabar menempati posisi kepala dalam tubuh, dan tidak ada iman bagi yang tidak bersabar.

Umar bin Khattab radhiallahu ‘anhu berkata: “Senimat-nikmat hidup, kami temukan pada kesabaran” , Nabi juga mengabarkan :

Dari Abu Malik Al Haris bin ‘Ashim Al Asy’ari radhiallahu 'anhu  berkata, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam  bersabda: “Suci adalah sebagian dari iman, Alhamdulillah itu dapat memenuhi timbangan, Subhanallah dan Alhamdulillah itu dapat memenuhi apa yang ada di antara langit dan bumi, Shalat itu adalah cahaya, Shadaqah itu adalah bukti iman, sabar itu adalah pelita, dan Al Quran itu adalah hujjah (argumentasi) terhadap apa yang kamu sukai ataupun terhadap apa yang kamu tidak sukai. Semua orang pada waktu pagi menjual dirinya, ada yang membebaskan dirinya dan ada pula yang membinasakan dirinya.” (HR. Muslim)

Dari Abu Sa’id Sa’d bin Malik bin Sinan Al Khudry radhiallahu 'anhu  bahwasannya ada beberapa orang sahabat Anshar meminta kepada Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam  maka beliau memberinya, kemudian mereka meminta lagi dan beliau pun memberinya sehingga habislah apa yang ada pada beliau. Ketika beliau memberikan semua apa yang ada di tangannya, beliau bersabda kepada mereka: “Apapun kebaikan yang ada padaku tidak akan aku sembunyikan pada kamu sekalian. Barangsiapa yang menjaga kehormatan dirinya maka Allah pun akan menjaganya. Barangsiapa yang menyabarkan-menyabarkan dirinya maka Allah pun akan memberikan kesabaran padanya. Dan seseorang itu tidak akan mendapatkan anugerah yang lebih baik atau lebih lapang melebihi kesabaran.” (HR. Bukhari Muslim)

Nabi Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Memang sangat menakjubkan keadaan orang mukmin itu; karena segala urusannya sangat baik baginya dan ini tidak akan terjadi kecuali bagi seseorang yang beriman dimana bila mendapatkan kesenangan ia bersyukur maka yang demikian itu sangat baik baginya, dan bila ia tertimpa kesusahan ia sabar maka yang semikian itu sangat baik baginya.” (HR. Muslim)


Dari Anas radhiallahu 'anhu  berkata, saya mendengar Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam  bersabda: “Sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta'ala
berfirman: “Apabila Aku menguji salah seorang hambaKu dengan buta kedua matanya kemudian ia sabar maka Aku akan menggantikannya dengan sorga.” (HR. Bukhari)

Sabar dalam bahasa adalah menahan dan memenjarakan, sedangkan dalam istilah adalah menahan diri dari gundah dan rasa tidak terima, menjaga lidah dari keluhan dan menjaga badan dari hal-hal tidak layak.

Semoga Allah mengaruniai kita dengan kesabaran, sebagai sebaik-baik pemberian, sebagaimana sabda beliau shallallahu 'alaihi wa sallam " Tidaklah seseorang diberi pemberian yang lebih baik dan lebih luas dari sabar" [HR. Ahmad dan Abu Dawud]


***
 {1}Ustadz Armen Halim Naro;Untukmu Yang Berjiwa Hanif hal.106
  info dari : http://www.untukku.com/artikel-untukku/dalil-sabar-untukku.html
 Terinspirasi dari catatan  Ummu Khubaib


IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog