Sabtu, 07 Agustus 2010

Keutamaan Al Quran dan Membacanya

Keutamaan yang paling besar ialah bahwa ia dalah kalam Allah, yang pujian terhadapnya telah difirmankan Allah di beberapa ayatnya, yakni sebagaimana berikut ini.
“Dan, ini ( Alquran) adalah kitab yang telah kami turunkan yang Kami berkahi.” (Al-Anam:92)
“Sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lurus.” (Al-Isra:9)
“Yang tidak datang kepadanya (Alquran) kebatilan, baik dari depan maupun dari belakangnya.” (Fudhilat:42)
Dari hadist Utsman bin Affan radhiallahu 'anhu, bahwa Nabi Shallallahu 'alihi waa sallam bersabda, “Sebaik-baik orang diantara kalian adalah yang paling mempelajari Alquran dan mengajarkannya.” (HR Bukhari)
Al-Fudhail radhiallahu 'anhu. berkata, “Orang yang membawa (membaca) Alquran sama dengan orang yang membawa panji Islam. Dia tidak perlu bercanda dengan orang-orang yang suka bercanda, berkumpul dengan orang-orang yang suka bermain-main, sebagai bentuk pengagunag terhadap Allah.”
Al-Imam Ahmad bin Hambal Rahimahulullah berkata, “Aku pernah bermimpi bertemu Rabbul Izzati dalam tidur. Aku bertanya kepada-Nya, ‘Ya, Rabbi, apakah sesuatu yang bisa dipergunakan orang-orang untuk mendekatkan diri kepada-Mu?’ Dia menjawab, ‘Dengan kalam-Ku wahai Ahmad.’ Aku bertanya lagi, ‘Dengan disertai pemahaman ataukah tanpa desertai pemahaman?’ Dia menjawab, ‘Dengan pemahaman ataukah dengan pemhaman’.”
Alquran Sebagai Pembela
Abu Umamah radhiallahu 'anhu berkata: “Rasulullah Shallallahu 'alihi waa sallam telah menganjurkan supaya kami semua mempelajari Alquran, setelah itu Rasulullah Shallallahu 'alihi waa sallam memberitahu kelebihan Alquran.”
Telah bersabda Rasulullah Shallallahu 'alihi waa sallam, “Belajarlah kamu akan Alquran, di akhirat nanti dia akan datang kepada ahli-ahlinya, yang mana di kala itu orang sangat memerlukannnya. Ia akan datang dalam bentuk seindah-indahnya dan bertanya, ‘Kenalkah kamu kepadaku?’ “
Maka orang yang pernah membaca akan menjawab, “Siapakah kamu?”
Maka berkata Alquran, “Akulah yang kamu cintai dan kamu sanjung, dan juga telah bangun malam untukku dan kamu juga pernah membacaku di waktu siang hari.”
Kemudian berkata orang yang pernah membaca Alquran itu, “Adakah kamu Alquran?”
Lalu Alquran mengakui dan menuntun orang yang pernah membaca mengadap Allah SWT, lalu orang itu diberi kerajaan di tangan kanan dan kekal di tangan kirinya, kemudian dia meletakkan mahkota diatas kepalanya. Pada kedua, ayah dan ibunya pula yang muslim diberi perhiasan yang tidak dapat ditukar dengan dunia walau berlipat ganda, sehingga keduanya bertanya, “Dari manakah kami memperoleh semua ini, padahal amal kami tidak sampai ini?”
Lalu dijawab, “Kamu diberi ini semua karena nak kamu telah mempelajari Alquran.”
IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog