Jumat, 30 Desember 2011

Pelatihan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint di SD Islam Internasional Al Abidin Solo

Kesempatan untuk berbagi sesama guru kembali datang. Kali ini nggak tanggung-tanggung, datang dari sekolah favorit di kota Solo. Ya...SD Islam Internasional Al Abidin Solo (Al Abidin International Islamic Elementary School). Melalui kegiatan bertajuk Pelatihan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint saya bisa berbagi dengan guru-guru SD Islam Internasional Al Abidin pada hari Kamis 29 Desember 2011.




Kegiatan ini tidak diikuti oleh semua guru, tetapi sengaja hanya diikuti oleh sebagian guru yang memang diarahkan untuk memiliki produk multimedia pembelajaran. Bahkan dua orang guru sekolah tersebut telah mengikuti Lomba Pemiihan Guru Berprestasi dalam Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Komputer/multimedia di LPMP Provinsi Jawa Tengah lalu.
Alhamdulillah...kegiatan berjalan lancar dan antusias peserta pun sangat tinggi. Pelatihan berlangsung pukul 10.30 - 14.30 dengan materi membuat desain/template, membuat tombol-tombol, hyperlink, dan slide master. Rencananya ke depan pelatihan ini akan dilanjutkan sehingga bisa memenuhi struktur materi pelatihan yang saya susun sebagai berikut :



NO
MATERI
JUMLAH JAM PELATIHAN
1
Pengenalan MPI
1 JP
2
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam MPI
1 JP
3
Membuat  desain/template MPI
1 JP
4
Membuat tombol-tombol MPI
1 JP
5
Hyperlink, slide master, animasi , dan insert sound/movie
1 JP
6
Membuat latihan soal interaktif dengan trigger
1 JP
7
Membuat Soal Evaluasi dengan Visual Basic for Aplication (VBA)
2 JP
8
Membuat simulasi  sederhana dengan VBA
1 JP
9
Kompilasi media
1 JP
Jumlah
10 JP



Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi para guru dan dunia pendidikan pada umumnya.
IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog