Kamis, 02 Januari 2014

Revisi Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 Versi 2.0

http://uptdbubutan.blogspot.com/2014/01/revisi-aplikasi-rapor-kurikulum-2013.html
Beberapa waktu yang lalu, saya telah membuat postingan tentang Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 sesuai Juknis Dirjen Pendidikan Dasar Pusat. Dari beberapa versi yang sudah saya posting, mulai dari 1.2.0 sampai dengan 1.2.8 ternyata banyak yang memberikan atensi cukup baik, walaupun masih banyak kekurangan. Perubahan dari versi ke versi yang lain selalu diikuti perbaikan, tentunya ini didasarkan pada masukan, saran, dan kritik rekan-rekan dari beberapa kasus yang terjadi, baik dari bentuk formatnya, kesalahan-kesalahan rumus, macro yang tidak bisa dijalankan, dan juga kebutuhan masing-masing sekolah, dan lain-lain.

Kali ini, saya posting Aplikasi Rapor Versi 2.0 sebagai revisi dari versi sebelumnya. Versi 2.0 ini ada beberapa perubahan diantaranya:
  1. Tab Ribbonnya saya sederhanakan dengan Custom Ribbon hal ini dimaksudkan agar aplikasi ini tampak lebih sederhana.
  2. Terdapat Rapor Capaian yang berisi nilai siswa secara kuantitatif (angka). Hal ini karena dari beberapa saran yang disampaikan kepada saya agar Wali murid tidak bingung dengan adanya model rapor baru yang hanya berisi deskripsi tanpa adanya angka, walaupun ini bertentangan dengan juknis yang ada. Oleh karena itu untuk rapor capaian saya sendirikan, terpisah dengan rapor deskripsi (Laporan Pencapaian Kompetensi Peserta Didik).
  3. Konten masih sama yaitu untuk semester 1. sedangkan untuk semester 2 akan saya posting kemudian (jika ada waktu).
  4. Kolom Rapor Inti pada versi 1.2.8 masih statis (tidak berubah walaupun kosong tidak ada deskripsinya), maka pada versi 2.0 ini dapat berubah menyesuaikan kebutuhan teks deskripsi.
  5. Tampilan mungkin masih sama, mungkin bagi Users masih tampak jadul and kurang elegan. Hal inilah yang perlu saran dan ide dari Users.
  6. Jika ada kesalahan dalam sistem aplikasi ini, mohon saran dan bantuannya agar untuk versi selanjutnya menjadi lebih baik. Hal ini semata-mata karena kekurangan yang ada pada diri saya.
  7. Oh ya, ada juga saran bagaimana kalau Rapornya ada Barcodenya seperti halnya rapor Online Dinas Pendidikan Kota Surabaya itu agar keabsahannya bisa dipertanggung-jawabkan. Hal ini akan saya pertimbangkan untuk versi selanjutnya.
  8. Jangan lupa beri komentar, saran, ide, kritik, dsb.
Semoga bermanfaat bagi semuanya.
Selamat mencoba!
TELAH HADIR VERSI BARU 2.1


Download Link


Aplikasi Rapor Versi 2.0 untuk kelas 4

Password: myson

Untuk Download klik SKIP AD pada pojok kanan atas




GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog