Selasa, 30 Juni 2015

Kolam cantik ini tampak seperti hasil tipuan komputer, namun...

Kolam cantik ini tampak seperti hasil rekayasa komputer, padahal...
Jika dilihat dari kejauhan, kolam warna-warni dalam foto di atas mungkin tampak seperti hasil rekayasa komputer. Padahal, kolam-kolam yang ada di Utah, Amerika Serikat ini memang memiliki air berwarna-warni mencolok.
Kolam-kolam tersebut sebenarnya adalah tambang Kalium. Dilaporkan Amusing Planet, letaknya di sepanjang Colorado River, tak jauh dari Moab. Dengan luas mencapai 1,5 kilometer persegi, kolam-kolam ini tampil memukau berkat warna biru, hijau, merah, kuning, dan ungu yang senantiasa berubah.
Proses evaporasi untuk mengekstraksi Kalium dalam air kolam yeng menyebabkan campuran warna unik di sana. Warna-warna merah dan kuning kolam bersumber dari beberapa jenis ganggang yang tubuhnya bisa menghasilkan pigmen warna kemerahan. Ganggang seperti ini memang umum ditemui dalam air yang memiliki kandungan garam tinggi.
Sementara warna biru dan hijau diperoleh dari sejenis pewarna yang sengaja ditambahkan ke dalam air kolam untuk membantu penyerapan sinar matahari dan mempercepat proses penguapan.
Tambang ini dikelola oleh Intrepid Potash, Inc., produsen Kalium klorida terbesar di AS. Kolam-kolam endapan tersebut telah beroperasi sejak tahun 1965 dan diperkirakan masih bisa dieksploitasi hingga 125 tahun mendatang.
Tetapi, begitu Kalium di sana habis, tampaknya kita tak akan bisa lagi menyaksikan keindahan kolam warna-warni tersebut.

Semoga bermanfaat!
IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog