Senin, 29 April 2013

KATA-KATA SAKTI TENTANG SEJARAH

UNTUK LEBIH MENAMBAH RASA CINTA KITA TERHADAP SEJARAH MUNGKIN DI SINI SAYA PERLU MENULISKAN KATA-KATA YANG MENGGAMBARKAN PENTINGNYA SEJARAH DARI BERBAGAI SEJARAWAN DAN TOKOH-TOKOH PENTING DI DUNIA


Ketahuilah, bahwa yang terpenting bukan hanya "bagaimana belajar sejarah", melainkan "bagaimana belajar dari sejarah".

Pada masa lalu, Soekarno menegaskannya dengan istilah: "Jasmerah" (Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah). Kata-kata ini saya ketahui saat awal masuk jurusan pendidikan  sejarah. berawal dari sebuah pertanyaan yang diberikan oleh kakak kelas saat kegiatan kemah bakti akademik, apa arti jasmerah ? pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan di pos pertama dan  Kata itu merupakan sandi awal untuk bisa melanjutkan ke pos berikutnya. saat itu teman saya yang memang lebih ngerti sejarah berhasil menjawab  " Jangan sekali-kali melupakan sejarah " dan sejak saat itulah saya tahu kalo jasmerah itu artinya itu bukan jas berwarna merah hehe.. menurut cerita dari kelompok lain banyak sekali yg menjawab jas berwarna merah. maklum baru siap2 mendalami ilmu sejarah.. sejak itulah kata-kata JASMERAH seakan sudah merasuk di jiwa kami anak sejarah...

 "Historia Vitae Magistra" (Sejarah adalah Guru Kehidupan)
ini saya ketahui saat perkuliahan... maksudnya dengan sejarah kita bisa belajar dari peristiwa-peristiwa masa lalu untuk hidup yang lebih baik di masa depan.
Sejarah ibarat spion kendaraan tanpa spion, pengendara tidak akan bisa mengendarai kendaraannya dengan baik. beberapa kali pengendara harus menengik spion untuk melihat keadaan dibelakangnya. begitu juga dengan kita, kita harus belajar dari sejarah agar bisa menatap masa depan yang lebih baik.

, sedangkan Castro berteriak dengan lantang di pengadilan: "Historia Me Absolvera !!!" (Sejarah yang akan Membebaskanku!!!). 

so .. JASMERAH.. Love Our History...



IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog