Rabu, 18 Mei 2011

Tips Mempercepat Internet

Penggunaan internet sekarang ini telah menjangkau hampir seluruh lapisan masyarakat, manfaat internet benar-benar dirasakan sebagai sarana mencari informasi dan berkomunikasi, maka internet yang cepat, tentu saja menjadi idaman setiap orang. Pada saat anda browsing atau membuka suatu website di internet entah dari warung internet ataupun dari rumah, mungkin anda sering mengeluh akan lambatnya akses untuk menampilkan website tersebut. Padahal akses internet di Indonesia sekarang ini masih terhitung mahal. Sebenarnya ada cara-cara mudah dan sederhana untuk meningkatkan kecepatan akses internat anda tanpa harus membayar biaya lebih mahal.Beberapa diantaranya adalah dengan menyetting browser kita dan menggunakan openDNS.Untuk menerapkan trik-trik tersebut sangat mudah. Berikut Langkah-langkahnya :

Cara Pertama Yaitu Menyetting Browser.

Bagi Pengguna Internet Explorer:

   1. Pilih menu [Tools]
   2. Pilih [Internet Option]
   3. Klik tab [General]
   4. Pada opsi “Temporary Internet Files” klik [Setting] lalu geser slider-nya

Bagi pengguna Mozilla Firefox :

1. Di address bar mozzila ketik about:config, akan muncul peringatan, klik "I will be carefull"  kemudian akan muncul box filter dan  tulisan yang banyak sekali

2. Copy kata yang dicari (Yang dicetak tebal) kemudian paste pada box filter, kemudian setting sesuai keterangan disampingnya.

* Network.http.pipelining; False <– klik 2 x ubah “False” menjadi “True“

* Network.http.pipelining.maxrequests;4 <-- klik 2 x ubah “4” menjadi “30“

* Network.http.proxy.pipelining; False <– klik 2 x ubah “False” menjadi “True“

* Network.http.pipelining.ssl;False <– klik 2 x ubah “False” menjadi “True“

* Network.http.max-connections; 30 <-- klik 2 x ubah “30 ” menjadi “96“

* Network.http.max-connections-per-server; 15 <-- klik 2 x ubah “15” menjadi “32“

* Network.http.max-persistent-connections-per-server;6  <-- klik 2 x ubah “6” jadi “8“

* Network.prefetch-next; True <– klik 2 x ubah “True“ menjadi “False”

3. Kemudian klik kanan di bagian yang kosong/putih terus pilih new terus integer lalu kolom pertama isikan nglayout.initialpaint.delay lalu tekan enter satu kali dan masukan angka 0 dan tekan enter kembali.Selesai.

4. Restart ulang mozzila firefoxnya

Cara Kedua Dengan Menggunakan openDNS

DNS kepanjangan Domain Name Server. Fungsi DNS menerjemahkan nama Domain menjadi deretan angka IP. Contohnya bila kita akan membuka atau merequest url Domain tertentu, biasanya kita menggunakan deretan nama atau huruf karena lebih mudah dihafal seperti  google.com , yahoo.com , Facebook.com dan sebagainya.
Nah disinilah DNS ini bekerja. DNS ini melakukan encode atau menerjemahkan dari domain google.com ke dalam bentuk deretan angka unik yaitu berupa IP misal google.com Ip nya adalah 208.67.219.231. Jadi bila kita masukan 208.67.219.231 pada browser maka juga akan membuka domain google.com tersebut. Deretan angka IP seperti 174.36.138.32. IP inilah yang digunakan mesin internet untuk saling berkomunikasi seperti Server Domain, Server Hosting, Server Proxy dan sebagainya.
Terus apa hubungan DNS dengan kecepatan akses internet  kita ?
Pada dasarnya semua ISP (Internet  Service Provider) atau penyedia layanan sambungan internet seperti indosat, Telkomsel, Telkom, dan sebagainya menggunakan atau mempunyai DNS Server tersendiri.Server DNS suatu ISP atau penyedia internet tentunya juga mempunyai kemampuan, kecepatan, speseifikasi, dan lama cache tersediri.
Adakalanya Server DNS ini Drop karena padatnya Trafik DNS server suatu ISP. Sehingga menyebabkan lambannya query atau proses request. Jadi bila terjadi gangguan pada Server DNS suatu ISP, maka pada saat kita akan membuka website menggunakan browser seperti mozila , Firefox, Opera, Flock, safari dan sebagainya, maka akan terasa lebih lambat bahkan terjadi konfirmasi error atau not Found pada browser kita. Pada saat itulah OpenDNS   ini  mempercepat akses internet  kita.

Langkah-langkah yang kita lakukan :

1. Klik Start

2. Klik Control Panel

3. Pilih Network Connection

4. Klik kanan account sambungan internet yang sedang aktif /connected

5. Klik Properties

6. Klik Networking






7. Klik Internet Protocol 

8. Klik Properties


9. Beri Tanda [Klik] Use Following DNS Server

10. Isi Preferred DNS Server dengan angka : 208.67.222.222

11. Isi Alternate DNS Server dengan angka : 208.67.220.220

12. Kemudian Klik OK

Restart Ulang Koneksi Internet anda , Perubahan akan terjadi setelah anda restart ulang koneksi internet anda.

Bagi yang menggunakan modem, juga harus mennyeting DNS di atas, maka aktifkan modem anda, pilih setting, klik kotak use this DNS kemudian masukkan kedua DNS di atas.

Disamping hal di atas, kecepatan koneksi juga dipengaruhi Lokasi dan posisi anda. Pilihlah provider yang mempunyai sinyal kuat di kota anda, dan pilihlah ruangan di rumah yang mampu menangkap sinyal dengan baik.Seluruh tips di atas sudah saya praktekkan sendiri. Saya menggunakan modem prolink dengan kartu flexy unlimited. Hasilnya ada pengaruh yang signifikan dengan sebelumnya. Demikian saja semoga membantu.

***
Padang, 12 Mai 2011

 


 
IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog