Jumat, 12 September 2014

Membuat dan Mengupload File di Google Drive (Tutorial1)

Google Drive memberikan layanan kepada kita untuk menyimpan berbagai data berupa file maupun folder. Data tersebut bisa kita buat secara online maupun kita buat secara offline baru kita unggah(upload). Tutorial kali ini akan membahas mengenai cara membuat dan mengupload file di Google Drive.

Untuk dapat menggunakan layanan Google Drive ini maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah memiliki akun Google. Hal ini ditandai dengan kita memiliki email di Google Mail (GMail). Jika anda belum memilki akun Google silahkan daftar di sini.

Jika sudah memiliki akun Google maka untuk membuat dan mengupload file di Google Drive silahkan masuk ke Google Drive dengan alamat https://drive.google.com/ . Lalu masukkan email dan password anda di GMail.

image

Keterangan :

Nomor 1 : untuk membuat file secara online di Google Drive.

Nomor 2 : untuk mengunggah (upload) file yang sebelumnya sudah kita buat.

Nomor 3 : tampilan file ataupun folder yang tersimpan di Google Drive.

Nomor 4 : untuk mensinkronkan data di Google Drive dengan data di komputer kita.

 

Membuat File

Untuk membuat file di Google Drive silahkan klik tombol BUAT (nomor 1). Maka akan muncul berbagai pilihan sebagai berikut :

image

Anda dapat membuat file berupa dokumen (.DOC), Presentasi (.PPT), Spreadsheet (.XLS), Formulir online maupun Gambar. Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda

 

Mengupload File

Untuk mengunggah atau mengupload file di Google Drive silahkan klik tombol anak panah ke atas (nomor 2). Maka akan muncul pilihan sebagai berikut :

image

Anda dapat menunggah file atau folder ke Google Drive sesuai keinginan anda. Jika file dan folder sudah terupload maka anda dapat melakukan penataan file folder sebagaimana di windows explorer, sehingga file dan folder akan tertata dengan baik letaknya sesuai kategori file.

Demikian tutorial mengenai cara membuat dan mengupload file di Google Drive. Semoga bermanfaat. Jangan lupa tinggalkan komentar dan masukan untuk perbaikan. Terima kasih atas kunjungan anda.

IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog