Sabtu, 31 Mei 2014

DOWNLOAD FORMAT ASET DAERAH 2013 LOMBOK BARAT DAN SURAT KETERANGAN UTK PENCAIRAN BSM APBN P 2014

FORMAT ASET DAERAH UTK SEKOLAH DI SINI
FORMAT ISIAN OTOMATIS SURAT KETERANGAN PENCAIRAN BSM 2014 DI SINI

Smoga Bermanfaat ...

Jumat, 30 Mei 2014

RPP PLC (Sistem Kendali Elektronik)


Unduh RPP Sistem Kendali Elektronik Materi PLC
1. Silabus
2. Analisis Minggu Efektif
3. Promes & Prota
4. Analisis Silabus
5. RPP PLC
6. Cover

Simulasi Saklar Tukar


Saklar tukar adalah saklar yang menghubungkan dan memutuskan  dua buah lampu atau kelompok lampu secara bergantian. Saklar ini hanya mempunyai satu tuas penghubung dengan dua posisi dan sering disebut dengan Saklar Hotel







Simulasi Saklar Seri

Saklar seri adalah saklar yang menghubungkan dan memutuskan  dua buah lampu atau kelompok lampu secara sendiri-sendiri atau bersamaan. Saklar ini mempunyai dua tuas penghubung atau lebih.











Kamis, 29 Mei 2014

Generasi Terkotak-Kotak?

Hai, apakah Anda termasuk dalam generasi terkotak-kotak? Atau mungkin Anda belum paham maksudnya apaan sih ini? Baiklah saya akan mengilustrasikannya dalam beberapa kejadian yang pernah saya alami.

Ilustarsi 1
Pernah, saat saya memperoleh mata kuliah dari Pak Erik, yaitu Pendidikan HAM, beliau berkata kepada kami, “Tolong keluarkan selembar kertas, tuliskan apa yang kalian tahu tentang HAM.”

Beliau memberikan waktu kepada kami kira-kira 10 menit. Setelah itu ada beberapa mahasiswa yang membacakan HAM menurut mereka, suara terbanyak mengungkapkan bahwa HAM adalah hak mutlak yang dimiliki manusia, ini dan itu sesuai teori yang didapatkan selama kuliah. Tapi tahukah Anda, apa jawaban beliau.

“Inilah yang saya takutkan pada kalian. Saya bilang HAM maka di otak kalian hanya keluar teori. Jangan jadi generasi yang terkotak-kotak. Kalau saya jawab HAM itu.....(beliau meng-klik power point-nya dan keluar gambar....)”

HAMBURGER

Hahaha! Lucu nggak? Sangat lucu dan saya mentertawakan diri saya sendiri. Kok nggak terpikirkan ya? Ah, saya termasuk generasi terkotak-kotak nih!

Ilustrasi 2
Baru juga beberapa hari yang lalu, Kak Hani menulis status seperti berikut ini.

Benarkah? Apakah Anda hidup seperti template yang beliau sampaikan? Kalau iya, bisa jadi Anda juga generasi yang terkotak-kotak.

Tenang, saya juga kok.

Ilustrasi 3
Saya pernah menulis artikel dengan judul Kerja Tak Sesuai Jurusan, Masalah?, banyak sekai komentar yang masuk. Tapi dari beberapa komentar yang masuk, ada satu komentar yang menurut saya (dulu) sangat sombong banget. Mau tahu komentarnya apa? Nih, saya sajikan.

Sekarang? Hahaha. Kata beliau memang sangat benar ya? Awalnya saya merasa beliau sangat sombong, tapi ternyata komentar itu BENAR SEKALI. Maklum saya kan generasi terkotak-kotak. Hahaha. Bangga banget yak.

Bagaikan katak dalam tempurung. Kalau saya berpikir kalau kuliah itu buat cari kerja, hellooo...kapan saya bisa maju? Saya akan selalu berada dalam dunia yang itu-itu saja. Ya, kalau semua lancar. Setelah diwisuda langsung kerja sesuai jurusan. Kalau tidak? Setres? Bunuh diri? Ih...jangan sampai deh.

Nah, dari ketiga ilustrasi di atas apakah Anda juga termasuk generasi terkotak-kotak?

Rabu, 28 Mei 2014

Simulasi Saklar Tunggal

Saklar Tunggal

Saklar tunggal adalah saklar yang menghubungkan dan memutuskan sebuah lampu atau kelompok lampu. Saklar ini hanya mempunyai satu tuas penghubung


Berikut ini simulasi Saklar Tunggal








Selasa, 27 Mei 2014

Pembelajaran Kolaboratif

Apa yang dimaksud dengan pembelajaran kolaboratif? Pembelajaran kolaboratif merupakan suatu filsafat personal, lebih dari sekadar sekadar teknik pembelajaran di kelas-kelas sekolah. Kolaborasi esensinya merupakan filsafat interaksi dan gaya hidup manusia yang menempatkan dan memaknaikerjasama sebagai struktur interaksi yang dirancang secara baik dan disengaja rupa untuk memudahkan usaha kolektif dalam rangka mencapai tujuan bersama.

Pada pembelajaran kolaboratif kewenangan guru fungsi guru lebih bersifat direktif atau manajer belajar, sebaliknya, peserta didiklah yang harus lebih aktif. Jika pembelajaran kolaboratif diposisikan sebagai satu falsafah peribadi, maka ia menyentuh tentang identitas peserta didik terutama jika mereka berhubungan atau berinteraksi dengan yang lain atau guru. Dalam situasi kolaboratif itu, peserta didik berinteraksi dengan empati, saling menghormati, dan menerima kekurangan atau kelebihan masing-masing. Dengan cara semacam ini akan tumbuh rasa aman, sehingga memungkin peserta didik menghadapi aneka perubahan dan tntutan belajar secara bersama-sama.

Hasil penelitian Vygotsky membuktikan bahwa ketika peserta didik diberi tugas untuk dirinya sediri, mereka akan bekerja sebaik-baiknya ketika bekerjasama atau berkolaborasi dengan temannya. Vigotsky merupakan salah satu pengagas teori konstruktivisme sosial. Pakar ini sangat terkenal dengan teori “Zone of Proximal Development” atau ZPD. Istilah ”Proximal” yang digunakan di sini bisa bermakna “next“. Menurut Vygotsky, setiap manusia (dalam konteks ini disebut peserta didik) mempunyai potensi tertentu. Potensi tersebut dapat teraktualisasi dengan cara menerapkan ketuntasan belajar (mastery learning). Akan tetapi di antara potensi dan aktualisasi peserta didik itu terdapat terdapat wilayah abu-abu. Guru memiliki berkewajiban menjadikan wilayah “abu-abu”yang ada pada peserta didik itu dapat teraktualisasi dengan cara belajar kelompok.

Vygostsky mengemukakan tiga wilayah yang tergamit dalam ZPD yang disebut dengan “cannot yet do”, “can do with help“, dan “can do alone“. ZPD merupakan wilayah “can do with help”yang sifatnya tidak permanen, jika proses pembelajaran mampu menarik pebelajar dari zona tersebut dengan cara kolaborasi atau pembelajaran kolaboratif.

Ada empat sifat kelas atau pembelajaran kolaboratif. Dua sifat berkenaan dengan perubahan hubungan antara guru dan peserta didik. Sifat ketiga berkaitan dengan pendekatan baru dari penyampaian guru selama proses pembelajaran. Sifat keempat menyatakan isi kelas atau pembelajaran kolaboratif.
§ Guru dan peserta didik saling berbagi informasi. Dengan pembelajaran kolaboratif, peserta didik memiliki ruang gerak untuk menilai dan membina ilmu pengetahuan, pengalaman personal, bahasa komunikasi, strategi dan konsep pembelajaran sesuai dengan teori, serta menautkan kondisi sosiobudaya dengan situasi pembelajaran. Di sini, peran guru lebih banyak sebagai pembimbing dan manajer belajar ketimbang memberi instruksi dan mengawasi secara rijid.
Contoh:
Jika guru mengajarkan topik “hidup bersama secara damai.” Peserta didik yang mempunyai pengalaman yang berkaitan dengan topik tersebut berpeluang menyatakan sesuatu pada sesi pembelajaran, berbagi idea, dan memberi garis-garis besar arus komunikasi antar peserta didik. Jika peserta didikmemahami dan melihat fenomena nyata kehidupan bersama yang damai itu, pengalaman dan pengetahuannya dihargai dan dapat dibagikan dalam jaringan pembelajaran mereka. Mereka pun akan termotivasi untuk melihat dan mendengar. Di sini peserta didik juga dapat merumuskan kaitan antara proses pembelajaran yang sedang dilakukan dengan dunia sebenarnya.

a. Berbagi tugas dan kewenangan. Pada pembelajaran atau kelas kolaboratif, guru berbagi tugas dan kewenangan dengan peserta didik, khususnya untuk hal-hal tertentu. Cara ini memungkinan peserta didik menimba pengalaman mereka sendiri, berbagi strategi dan informasi, menghormati antarsesa, mendoorong tumbuhnya ide-ide cerdas, terlibat dalam pemikiran kreatif dan kritis serta memupuk dan menggalakkan mereka mengambil peran secara terbuka dan bermakna.

b. Guru sebagai mediator.Pada pembelajaran atau kelas kolaboratif, guru berperan sebagai mediator atau perantara. Guru berperan membantu menghubungkan informasi baru dengan pengalaman yang ada serta membantu peserta didik jika mereka mengalami kebutuan dan bersedia menunjukkan cara bagaimana mereka memiliki kesungguhan untuk belajar.

c. Kelompok peserta didik yang heterogen. Sikap, keterampilan, dan pengetahuan peserta didk yang tumbuh dan berkembang sangat penting untuk memperkaya pembelajaran di kelas. Pada kelas kolaboratif peserta didikdapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan mereka, berbagi informasi,serta mendengar atau membahas sumbangan informasi dari peserta didik lainnya. Dengan cara seperti ini akan muncul “keseragaman” di dalam heterogenitas peserta didik.

1. Contoh Pembelajaran Kolaboratif
Guru ingin mengajarkan tentang konsep, penggolongan sifat, fakta, atau mengulangi informasi tentang objek. Untuk keperluan pembelajaran ini dia menggunakan media sortir kartu (card sort). Prosedurnya dapat dilakukan seperti berikut ini.

§ Kepada peserta didik diberikan kartu indeks yang memuat informasi atau contoh yang cocok dengan satu atau lebih katagori.
§ Peserta didik diminta untuk mencari temannya dan menemukan orang yang memiliki kartu dengan katagori yang sama.
§ Berikan kepada peserta didik yang kartu katagorinya sama menyajikan sendiri kepada rekanhya.
§ Selama masing-masing katagori dipresentasikan oleh peserta didik, buatlah catatan dengan kata kunci (point) dari pembelajaran tersebut yang dirasakan penting.

a. Macam-macam Pembelajaran Kolaboratif
Banyak merode yang dipakai dalam pembelajaran atau kelas kolaboratif. Beberapa di antaranya dijelaskan berikut ini.
§ JP = Jigsaw Proscedure. Pembelajaran dilakukan dengan cara peserta didik sebagai anggota suatu kelompok diberi tugas yang berbeda-beda mengenai suatu pokok bahasan. Agar masing-masing peserta didik anggota dapat memahami keseluruhan pokok bahasan, tes diberikan dengan materi yang menyeluruh. Penilaian didasari pada rata-rata skor tes kelompok.
§ STAD = Student Team Achievement Divisions.Peserta didik dalam suatu kelas dibagi menjadi beberapa kelompok kecil. Anggota-anggota dalam setiap kelompok bertindak saling membelajarkan. Fokusnya adalah keberhasilan seorang akan berpengaruh terhadap keberhasilan kelompok dan demikian pula keberhasilan kelompok akan berpengaruh terhadap keberhasilan individu peserta didik lainnya. Penilaian didasar­i pada pencapaian hasil belajar individual maupun kelompok peserta didik.
§ CI = Complex Instruction.Titik tekan metode ini adalam pelaksanaan suatu proyek yang berorientasi pada penemuan, khususnya dalam bidang sains, matematika, dan ilmu pengetahuan sosial. Fokusnya adalah menumbuhkembangkan ketertarikan semua peserta didiksebagai anggota kelompok terhadap pokok bahasan. Metode ini umumnya digunakan dalam pembelajaran yang bersifat bilingual (menggunakan dua bahasa) dan di antara para peserta didik yang sangat heterogen. Penilaian didasari pada proses dan hasil kerja kelompok.
§ TAI = Team Accelerated Instruction. Metodeini merupakan kombinasi antara pembelajaran kooperatif/kolaboratif dengan pembelajaran individual. Secara bertahap, setiap peserta didik sebagai anggota kelompok diberi soal-soal yang harus mereka kerjakan sendiri terlebih dulu. Setelah itu dilaksanakan penilaian bersama-sama dalam kelompok. Jika soal tahap pertama telah diselesaikan dengan benar, setiap peserta didik mengerjakan soal-soal berikutnya. Namun jika seorang peserta didik belum dapat menyelesaikan soal tahap pertama dengan benar, ia harus menyelesaikan soal lain pada tahap yang sama. Setiap tahapan soal disusun berdasarkan tingkat kesukaran soal. Penilaian didasari pada hasil belajar individual maupun kelompok.
§ CLS = Cooperative Learning Stuctures. Pada penerapan metode pembelajaran ini setiap kelompok dibentuk dengan anggota dua peserta didik (berpasangan). Seorang peserta didik bertindak sebagai tutor dan yang lain menjadi tutee. Tutor mengajukan pertanyaan yang harus dijawab oleh tutee. Bila jawaban tutee benar, ia memperoleh poin atau skor yang telah ditetapkan terlebih dulu. Dalam selang waktu yang juga telah ditetapkan sebelumnya, kedua peserta didik yang saling berpasangan itu berganti peran.
§ LT = Learning Together. Pada metode ini kelompok-kelompok sekelas beranggotakan peserta didik yang beragam kemampuannya. Tiap kelompok bekerjasama untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Satu kelompok hanya menerima dan mengerjakan satu set lembar tugas. Penilaian didasarkan pada hasil kerja kelompok.
§ TGT = Teams-Games-Tournament. Pada metode ini, setelah belajar bersama kelompoknya sendiri, para anggota suatu kelompok akan berlomba dengan anggota kelompok lain sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing. Penilaian didasari pada jumlah nilai yang diperoleh kelompok peserta didik.
§ GI = Group Investigation. Pada metode ini semua anggota kelompok dituntut untuk merencanakan suatu penelitian beserta perencanaan pemecahan masalah yang dihadapi. Kelompok menentukan apa saja yang akan dikerjakan dan siapa saja yang akan melaksanakannya berikut bagaimana perencanaan penyajiannya di depan forum kelas. Penilaian didasari pada proses dan hasil kerja kelompok.
§ AC = Academic-Constructive Controversy. Pada metode ini setiap anggota kelompok dituntut kemampuannya untuk berada dalam situasi konflik intelektual yang dikembangkan berdasarkan hasil belajar masing-masing, baik bersama anggota sekelompok maupun dengan anggota kelompok lain. Kegiatan pembelajaran ini mengutamakan pencapaian dan pengembangan kualitas pemecahan masalah, pemikiran kritis, pertimbangan, hubungan antarpribadi, kesehatan psikis dan keselarasan. Penilaian didasarkan pada kemampuan setiap anggota maupun kelompok mempertahankan posisi yang dipilihnya.
§ CIRC = Cooperative Integrated Reading and Composition. Pada metode pembelajaran ini mirip dengan TAI. Metode pembelajaran ini menekankan pembelajaran membaca, menulis dan tata bahasa. Dalam pembelajaran ini, para peserta didik saling menilai kemampuan membaca, menulis dan tata bahasa, baik secara tertulis maupun lisan di dalam kelompoknya.

Sumber: Konsep Pendekaan Scientifik, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan


MASUK STAN ? BERPIKIRLAH 2X

Dapat dari facebook teman yang juga anak STAN. Semoga bermanfaat untuk yang lain.

Beberapa hari yang lalu akun twitter Kementrian keuangan Republik Indonesia mengeluarkan kicauan yang berbentuk sebuah pengumuman. Pengumuman yang oleh beberapa orang telah lama ia menantinya.

Ya, bertepatan dengan hari dimana pengunguman kelulusan Ujian Nasional tingkat SMA tahun ajaran 2013/2014 KEMENKEU mengeluarkan berita bahwa Sekolah Tinggi Akuntansi Negara telah resmi dibuka.

Hal ini membuat beberapa anak SMA yang memang bercita – cita menekuni pendidikan di STAN setelah tamat SMA tidak berkonsentrasi lagi menunggu hasil Ujian Nasional . Dia lebih tertarik membuka link dan menghubungi senior – senior atau orang yang iya kenal yang lebih dulu menginjakkan kaki di STAN.

Bukan Cuma mereka para anak generasi 2014, tetapi para korban kegagalan ketatnya USM STAN tahun sebelumunya yang masih penasaran akan kemampuannya. Bahkan mereka siap meninggalkan kampus tempat belajarnya sekarang demi 1 kursi di STAN.

Timbul pertanyaan di benak saya. Apa yang sebenarnya membuat mereka begitu tertarik memasuki kampus tempat saya belajar ini. Apa yang sebenarnya mereka inginkan dan apa dasar mereka sebegitu inginnya mengabdi pada Negara. Cita – cita ? Uang ? Pekerjaan? Atau sama sekali tidak tau?.

HAL YANG HARUS DIPIKIRKAN

Masa kecil adalah masa yang indah, masa dimana imajinasi kita mampu menembus batas – batas logika dan ketidak mungkinan. Masa dimana kita punya segudang cita – cita yang ingin kita capai.

Dokter, Arsitek, Guru, Polisi, tentara, hingga astronot dan sebagainya sering menjadi jawaban kepolosan kita saat kecil. Sebuah khayalan yang sebenarnya dapat diwujudkan dengan langkah yang jelas yang dapat kita susun. Bayangkan betapa bahagianya hati kita jika cita – cita kita tersebut terwujud menjadi kenyataan. Melakukan hal yang disukai dan diimpikan, dibayar, dan membahagiakan serta membanggkan orang tua.

Siapkah kita membuang semua angan dan impian kita itu ?
Ketika memasuki Sekolah Tinggi Akuntansi Negara hanya 1 yang dapat kau lakukan setelah tamat dari kampus itu. Bekerja di lingkungan kementrian keuangan sampai hari tuamu. Kehidupan datar dan monoton yang akan kau rasakan. Jauh dari angan dan cita – cita mu saat masih kecil. Bekerja pagi hingga sore, ber istirahat malam hari, dan melakukan itu sampai umurmu tak memungkinkan lagi untuk bekerja. Siapkah kau akan hal itu?.

Kau akan melihat teman – teman sma mu yang belajar di tempat lain wisuda dan bebas memilih menjadi apa yang mereka mau. Mereka mencoba untuk meraih mimpi mereka dan mereka berhasil melakukannya. Sedangkan kau?. Kau gagal meraih cita – citamu karena tidak memikirkan dan tidak sadar dengan memasuki kampus STAN kau telah mengubur impian mu dalam – dalam.

Bersiaplah hidup dalam kesederhanaan

Jangan pernah bermimpi untuk menjadi kaya raya dengan bekerja menjadi pegawai negeri, sebesar apapun gaji pegawai kemenkeu diterima mereka yang telah kau dengar, tidak akan dapat membuatmu kaya raya. Kalau kau bermimpi untuk kaya dengan menjadi pegawai negeri sebaiknya kau lupakan kampus ini.
Sebagian orang mengidentikkan kampus ini dengan Gayus Tambunan, salah satu alumni yang telah mencoreng nama baik kampus ini. Jika kau punya keinginan sedikit saja menjadi seperti dia, segera pergi, kau hanya akan menjadi parasit dan semakin mencekik masyarakat negeri ini,
Bersiap untuk iri kepada teman – teman mu yang menjadi . . . . .
Kau akan melihat orang lain menghasilkan uang ratusan juta dengan menjadi arsitektur, kau akan melihat temanmu menghasilkan jutaaan dalam sehari dengan menjadi dokter, kau akan melihat temanmu duduk santai tanpa beban namun berpenghasilan miliyaran dalam setahun karena dia merupakan seorang pengusaha besar. Atau kau akan melihat temanmu menjadi bintang terkenal atau pengacara kondang yang penghasilnnya per detik.

Sedangkan kau ? kau akan di gaji sebagaimana yang telah ditentukan. Gajimu yang bekerja keras dengan temanmu yang tidak bekerja keras akan sama saja asalkan masih dalam golongan yang sama.

Bersiap untuk tak merasakan menjadi mahasiswa seutuhnya
Disini kau tidak akan merasakan yang namanya perubahan suasana dari sekolahmu yang dulu, Aturan ketat, pakaian yang ditentukan, semua akan tetap kau dapat. Tidak akan ada namanya bersolek memperindah penampilan dengan pakaian yang bagus, semua sudah di atur dengan warna dan style yang sama.

Tidak ada bagimu orasi akan ketidak puasanmu terhadap kebijakan dan perintah kampus, kau akan di depak jika melawan aturan yang telah ditentukan.

Bersiap untuk tinggal antara Sabang sampai Merauke, atau Miangas sampai Rote. Bersiap lah untu merasakan suasana tinggal di Jayapura, Mamuju atau Pare – pare. Kau tidak akan tau nasibmu kelak, kau tidak akan tau dimana kau akan bekerja, bersiaplah untuk tinggal di tempat – tempat yang tak akan pernah kau bayangkan.

UBAH PEMIKIRANMU !!!!!

Jika kau masuk STAN karena ingin kaya raya maka sebaiknya kau tidak usa kesini. Cobalah kau mulai membiasakan diri dengan mensyukuri apa yang kau punya. Tidak ada gunanya koleksi puluhan mobil jika didapat dari uang yang bukan hak kita. Tidak ada gunanya rekening gemuk miliyaran jika bukan gaji kita atau penghasilan halal kita isinya.

Peraturan ketat tersebut adalah untuk mendidikmu dari awal agar nantinya di instansi kau belajar mentaati peraturan dan membiasakan diri dengan keadaan yang tidak kau sukai. Kau di latih untuk dapat bertahan dalam suasana yang mungkin tidak kau sukai

Mulai lah belajar untuk berharap secukupnya, Usaha sekuatnya, kecewa sewajarnya, dan bersukur sebanyak – banyaknya dengan apa yang kita miliki.
Siapkan dirimu seutuhnya untuk menjadi abdi negara. kau adalah salah satu calon pahlawan negari ini karena kontribusimu turut membangun negeri. Siapkan dirimu untuk berani berdiri paling muka, STAN pandai menempah cita baja.

Ubah niatan awal yang hanya ingin mendapat jaminan penghasilan tetap dengan niat ingin mengubah bangsa ini lebih baik. Jadi lah permata Harapan Negeri.

Source: http://objeknyasar.wordpress.com/2014/05/23/masuk-stan-berpikirlah-2x/

Dompet Bekas Laris Manis

“Mbak...”
“Ya, piye?”
“Boleh pinjam dompetmu yang kemarin?”
“Oh, ya ya...(sambil masuk kamar mengambil dompet dan mengeluarkan isinya). Mau ke mana?”
“Kondangan, Mbak. Teman SMP-ku nikah.”
“Ya, ya...ini.”
“Tak pinjam dulu ya, Mbak.”
“Ya, hati-hati.”

***

Dialaog tersebut terjadi dua hari yang lalu. Dompet kok dipinjam? Apakah Anda berpikiran seperti itu? Hehehe, itu hal lumrah di keluarga saya. Tapi ya lihat-lihat dulu lah barangnya apa yang dipinjam, kalau dompet tersebut sih oke-oke saja.

Dompet itu kayak apa sih? Itu tuh, dompet bekas yang saya renov. Kalau mau tahu coba lihat postingan saya yang ini >> Permak Dompet Lawas

Murah tapi nggak murahan. Dompet tersebut adalah dompet bekas yang sudah lama tidak saya gunakan kemudian saya renov dengan menempel kain perca. Sekarang bukan dompet bekas lagi, tapi dompet kasru (bekas tapi baru). Sebenarnya yang pinjam dompet tersebut tidak hanya adik keponakan, melainkan ibu juga langsung daftar mau pinjam waktu mau resepsi dan nganter penganten. Wuih, dompet saya laris manis. Apa buka penyewaan dompet ya? Atau memproduksi dompet semacam ini? 

Senin, 26 Mei 2014

[KISAH]Tipu Muslihat Setan kepada Ahli Ibadah Melalui Wanita

Sa’id bin Al-Musayyab radhiyallahu anhu pernah berkata, “Tidaklah Allah mengutus seorang nabi, melainkan
dia tidak merasa aman dari gangguan Iblis, yang merusaknya melalui perantara seorang wanita.”

Dan dari hasan bin Shalih, dia berkata, “Aku pernah mendengar setan berkata kepada wanita, “Engkau adalah separuh pasukanku, engkau adalah anak panah yang kuluncurkan dan aku tidak pernah salah sasaran. Engkau adalah penyimpan rahasiaku dan engkau adalah utusanku jika aku membutuhkan.”

Kisah ini diriwayatkan dari Wahb bin Munabbih radhiyallahu ‘anhu. Ada seorang ahli ibadah di kalangan bani israel. Dia adalah orang yang paling tekun beribadah pada zamannya. Pada saat itu ada tiga orang laki laki bersaudara yang memiliki satu saudari lagi, seorang gadis.

Ketika mereka hendak pergi untuk ikut dalam perngiriman satuan pasukan, mereka tidak tahu siapa yang akan menjaga dan melindungi saudari mereka, dan kepada siapa dia akan dititipkan. Maka mereka sepakat untuk menitipkan saudari mereka kepada laki laki ahli ibadah di kalangan Bani Israel. Dengan penuh keyakinan mereka mendatangi ahli ibadah itu dan memintanya untuk sudi dititipi saudari mereka, yang berarti saudari mereka itu harus menetap di tempat ahli ibadah dan dalam lindungannya hingga mereka kembali dari peperangan. Namun ahli ibadah menolak permintaan mereka dan dia berlindung kepada Allah dari keberadaan saudari mereka. Mereka terus mendesak ahli ibadah itu hingga akhirnya dia berkenan. Ahli ibadah itu berkata, “Suruhlah dia menginap di sebuah bilik di lantai bawah biaraku.”

Maka mereka menempatkan saudarinya di bilik yang dimaksudkan kemudian mereka meninggalkannya. Dengan begitu, gadis tersebut berada di tempat ahli ibadah untuk sekian lama, yang selama itu pula ahli ibadah turun dari biaranya untuk memberikan makanan kepada sang gadis. Dia meletakkan makanan di dekat pintu biara, kemudian menutupnya kembali lalu naik ke lantai atas dalam biaranya. Setelah itu sang gadis keluar dari biliknya untuk mengambil makanan yang sudah diletakkan ahli ibadah.
Setan cukup sabar menghadapi ahli ibadah itu dan senantiasa membuatnya senang melakukan kebaikan, sambil membesar besarkan masalah jika gadis itu keluar pada siang hari dan menakut nakutinya andaikan ada orang lain yang melihat keberadaan gadis itu di biaranya. Maka setan menambahi tipu muslihatnya dengan berkata, “Andaikan engkau mau berjalan ketika membawa makanannya , lalu engkau meletakkannya didepan biliknya, tentu pahalamu semakin bertambah besar.”

Setan terus menerus membujuknya hingga dia mau berjalan mendekati bilik gadis dan meletakkan makanannya di depan pintunya, tanpa berbicara sedikitpun. Hal ini terjadi hingga beberapa lama.
Kemudian Iblis mendatangi ahli ibadah dan menganjurkannya kepada suatu kebaikan, seraya berkata, “Andaikata engkau mau berjalan membawa makanannya dan meletakannya di dalam biliknya, tentu pahalamu semakin besar.” Iblis senantiasa membujuk ahli ibadah hingga dia mau berjalan membawa makanannya dan meletakkannya di dalam bilik sang gadis. Hal ini terjadi hingga beberapa lama.
Iblis menyuruh ahli ibadah kepada kebaikan dan menganjurkannya, seraya berkata, “Andaikata engkau mau berbicara dan mengobrol dengannya, tentu engkau akan bisa menjaganya, karena dia bisa saja dimangsa binatang buas.” Iblis senantiasa membujuknya, hingga ahli ibadah itu mau berbincang bincang dengan sang gadis dari atas lantai di atas biaranya hingga beberapa lama.

Setelah itu Iblis mendatangi ahli ibadah dan berkata membujuknya, “Andaikata engkau mau turun ke biliknya, duduk di depan pintu biaramu dan mengajaknya berbincang bincang denganmu, tentu hal itu lebih dia sukai.” Iblis senantiasa membujuknya hingga ahli ibadah mau duduk di depan pintu biaranya dan keduanya berbincang bincang. Hal ini terjadi hingga beberapa lama.
Iblis mendatangi ahli ibadah dan mengajurkan sesuatu yang selayaknya ia lakukan. Iblis berkata, “Andaikata engkau keluar dari biaramu dan duduk di dekat pintu biliknya, lalu engkau berbincang bincang dengannya, tentu lebih menyenangkan hatinya. Iblis senantiasa membujuk ahli ibadah hingga akhirnya dia benar-benar melaksanakannya. Hal ini terjadi hingga beberapa lama.

Iblis mendatangi ahli ibadah lagi dan memberinya anjuran tentang pahala yang akan diperolehnya di sisi Allah jika dia mau mengerjakannya. Iblis berkata, “Andaikan saja engkau mau keluar dari biaramu dan duduk lebih dekat lagi ke pintu bilik si gadis itu serta berbincang bincang dengannya tanpa perlu keluar dari sana.” Ahli ibadah melakukan anjuran Iblis ini dan hal ini berjalan hingga beberapa lama.

Kemudian Iblis mendatangi ahli ibadah dan berkata, “Andaikata engkau mau masuk ke dalam bilik gadis itu, berbincang bincang dengannya dan tanpa diketahui seorang pun, maka hal ini tentu lebih baik bagimu.” Maka sehari penuh ahli ibadah menemani sang gadis di dalam biliknya. Ketika hari sudah senja, dia keluar dan naik ke lantai atas dari biaranya.

Iblis mendatangi ahli ibadah dan terus menerus membujuknya, hingga dia berani memegang paha sang gadis dan memeluknya. Iblis terus memperdaya ahli ibadah dengan membisikkan bahwa hal itu merupakan kebaikan, hingga akhirnya dia menyetubuhinya dan gadis itu pun hamil. Ketika tiba saatnya, gadis itu melahirkan seorang bayi. Iblis mendatangi ahli ibadah seraya berkata, “Apa pendapatmu jika saudara saudaranya datang sementara saudari mereka telah melahirkan seorang bayi akibat perbuatanmu? Apa yang hendak engkau lakukan? Tentu saja aku tak berani menjamin dirimu, bahwa nama baiknya akan tercemar, atau mereka akan mencemarkan nama baikmu. Karena itu hampirilah bayi itu, bunuhlah dia, lalu kuburkan mayatnya. Gadis itu akan merahasiakannya karena takut andaikan saudara saudaranya tahu apa yang telah engkau perbuat terhadap dirinya.”

Maka ahli ibadah itu melakukan apa yang dianjurkan Iblis. Lalu Iblis berkata lagi, “Apakah menurut pendapatmu wanita itu akan menyembunyikan kepada saudara saudaranya apa yang telah engkau perbuat terhadap dirinya dan anaknya? Ambillah wanita itu, bunuhlah dia dan kubur bersama anaknya!”

Ahli ibadah benar benar mengikuti anjuran Iblis, membunuh dan mengubur gadis itu bersama anaknya. Dia juga membuat sebuah lubang dan meletakkan sebuah batu besar diatasnya setelah meratakan tanahnya. Setelah itu ia naik ke lantai atas biaranya untuk beribadah disana. Tidak berapa lama berselang seperti yang dikehendaki Allah, saudara saudara sang gadis datang dari peperangan, lalu mereka mendatangi biara dan menanyakan saudari mereka. Ahli ibadah menangis dan menunjukkan belas kasihannya terhadap saudari mereka seraya berkata, “Dia adalah seorang wanita yang paling baik. Itu adalah kuburannya. Lihatlah!”
Mereka mendatangi kuburan saudari mereka dan menangis disana sebagai luapan kasih sayang mereka. Beberapa hari mereka berada di kuburan itu lalu mereka pulang ke rumah.

Pada malam harinya dan setelah mereka tidur, setan mendatangi mereka lewat mimpi. Setan muncul dalam rupa seorang musafir. Pertama kali ia datang dalam mimpi salah seorang di antara mereka yang paling tua. Setan bertanya tentang nasib saudarinya. Orang itu menjawab seperti apa yang dikatakan ahli ibadah, bagaimana kematiannya dan bagaimana kasih sayang yang ditunjukkannya terhadap saudarinya itu. Bahkan ahli ibadah itu juga menunjukkan kuburannya. Namun setan menyangkal semua itu seraya berkata, “Ahli ibadah itu tidak berkata jujur tentang saudari kalian. Saudari kalian itu telah hamil dan melahirkan bayi karena perbuatan ahli ibadah, lalu dia membunuh saudari kalian dan menguburnya di balik pintu sebelah kanan di bilik yang ditempati saudari kalian. Pergilah kesana dan buktikan sendiri, tentu kalian akan mendapatkan apa yang kukatakan ini.”

Lalu Iblis mendatangi dua saudaranya yang lain dan mengatakan hal yang sama. Ketika sudah bangun mereka merasa heran dengan mimpi yang mereka alami dan mereka semakin heran ketika mereka memberi tahu tentang mimpi mereka masing masing.

“Ini hanya sekedar mimpi, kalian tak perlu memperdulikannya” kata yang paling tua .
Yang paling muda berkata, “Demi Allah aku tidak akan surut sebelum mendatangi tempat itu dan memeriksanya.”

Akhirnya mereka bertiga sepakat untuk mendatangi bilik yang dulu ditempati saudarinya. Mereka membuka pintu dan mencari cari tempat seperti yang diberitahukan kepada mereka lewat mimpi. Ternyata benar, saudari mereka dan anaknya terkubur di tempat itu. Mereka menemui ahli ibadah dan menanyakan tentang nasib saudari mereka dan tak ada pilihan lain bagi ahli ibadah selain mengakuinya karena godaan setan. 

Mereka pun menurunkan ahli ibadah dari biaranya dan siap untuk di salib. Tatkala ahli ibadah itu sedang diikat di papan, setan menemuinya seraya berkata, “Tentunya engkau sudah tahu bahwa sebenarnya akulah yang telah menggodamu dengan kehadiran wanita itu, lalu engkau membuatnya hamil, lalu engkau membunuhnya dan anaknya. Jika pada saat ini engkau tunduk kepadaku dan kufur kepada Allah yang telah menciptakanmu dan membentuk dirimu, tentu engkau akan selamat dari keadaan yang akan menimpamu ini..”

Maka ahli ibadah itu menyatakan kufur kepada Allah. Namun kemudian setan meninggalkannya begitu saja dan membiarkan orang orang menyalibnya. Karena peristiwa inilah Allah menurunkan surah Al Hasyr : 16

كَمَثَلِ الشَّيْطَانِ إِذْ قَالَ لِلإنْسَانِ اكْفُرْ فَلَمَّا كَفَرَ قَالَ إِنِّي بَرِيءٌ مِنْكَ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ

“(Bujukan orang-orang munafik itu adalah) seperti (bujukan) setan ketika dia berkata kepada manusia: ‘Kafirlah kamu’, maka tatkala manusia itu telah kafir, maka ia berkata: ‘Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu, karena sesungguhnya aku takut kepada Allah, Rabb semesta Alam’.”

Sungguh benar perkataan Al Haasan bin Shalih yang mengatakan“Sesungguhnya setan benar-benar akan membukakan 99 pintu kebaikan bagi seorang hamba, untuk tujuan membuka satu pintu keburukan.”



***
muslimah.or.id
Disalin dari buku Perangkap Setan karya Ibnul Jauzy penerbit Al Kautsar

Kembaran (Jauh) Al

Dalam keluarga besar saya, Abas sering dibilang mirip dengan Al. Itu lho anaknya Ahmad Dhani. Mirip nggak? Hihihi..

Hai kembaran (jauh) Al, sedang apa kau di sana?

Kemarin siang dia berangkat ke Solo. Bukan mlancong apalagi liburan melainkan bekerja di salah satu restoran di sana. Abas baru dinyatakan lulus dari SMK Farmasi tahun ini, belum juga ijazah-nya keluar tapi dia langsung berangkat kerja dengan bekal uang Rp 200.000 bersama temannya. 

Abas ini adalah adik keponakan saya. Orangnya itu pendiam tapi sekali ngomong, alamaaaak, A-Z pun jadi bahasan. Setahu saya dia itu mengidap insomnia, suka banget sama kopi, jarang banget tidur (lah iya insomnia kok ya), hobi banget nonton bola. Cocok deh.

Catatan penting yang saya dapatkan dari sosok Abas, dia tak suka meminta-minta dan tak suka berpangku tangan. Dia nekat pergi ke Solo dengan modal uang hanya Rp 200.000, padahal dia bisa minta sama nenek dan saudara lain agar dapat suntikan dana, tapi itu tidak ia lakukan.

“Aku pengen kuliah hukum, Mbak.” Cerita dia pada saya.
“Nggak lanjutin sesuai jurusan kamu saja, Farmasi?”
“Farmasi uangnya banyak, aku SMK saja mamak sudah meracau ke mana-mana apalagi kuliah.”
“Kerja dulu setahun baru kuliah.” Terang saya.

Saat saya seusia Abas saya tak pernah memiliki pikiran saya harus bekerja untuk bisa kuliah. Saya hanya tahu bapak ibuk pasti minta saya untuk kuliah saja. Oleh karena itu, kalau saya ada di posisi Abas belum tentu saya bisa sekuat dia.

Selama sekolah dia memang bukan tergolong anak yang cerdas. Bahkan cenderung biasa saja. Namun, dia tetap jadi orang penting di kelasnya. Ada acara apa dia yang handle, pergi ke mana dia yang handle. Padahal dia selalu menanggung rasa malu karena uang sekolahnya selalu nunggak. Semua itu karena menejemen ekonomi keluarganya-mamak yang kurang beres. Saya? Dulu waktu SMA saat telat 1 hari bayar SPP saya sudah ngambek nggak ketulungan, heeemm...

Pernah suatu pagi saat saya sedang menyapu di teras saya lihat Abas sedang mematut sepatunya. Tak lama kemudian dia pergi ke sumur. Apa yang dia lakukan? Membasahi sepatunya. Ya, sepatunya sudah njepluk, alias pudar warnanya dari hitam menjadi agak keputih-putih-an. Ya Allah... Sepatu saya banyak, tapi rasanya ingin beli lagi dan lagi. Dan adik saya...

Abas, nomor dua kiri 

Ya, saya tak mungkin sekuat Abas. Hei, kembaran Al! Ayo bertahan-lah di sana! Jadilah laki-laki tangguh setangguh postur badanmu. Mbak yakin suatu hari nanti kamu akan jadi orang sukses! Bertahanlah dalam keadaan apapun.


Minggu, 25 Mei 2014

The Liebster Award: Ijinkan Saya Mengenal Anda

Ih senangnya dicolek Mbak Irowati dan dapat tongkat estafet Award ini. Jujur saja, pas lihat postingan teman tentang award ini saya iri dan berpikir ada nggak ya yang nanti nyolek saya. Ternyata ada! Makasih Mbak Ir :D. 

Saya tahu Mbak Ir dari blog-nya yang identik dengan warna ungu. Selain itu karena ketertarikan saya pada postingan blog Mbak Ir tentang craft. Saya selalu kagum pada orang-orang yang memiliki keterampilan membuat barang unik dari barang bekas. Dan itu saya temukan pada Mbak Ir. Jadi jangan lelah untuk berkreasi ya, Mbak.

***

Bagi saya award ini bisa jadi bentuk cinta kasih antar blogger, ajang silaturahmi untuk semakin kenal, dan bisa jadi bahan postingan blog. Hihihi.

***

Bagi Anda yang nantinya dapat lemparan tongkat The Liebster Award dari saya, tolong perhatikan aturan mainnya berikut ini ya.

  1. Post Award ke blog Anda
  2. Sampaikan terimakasih kepada blogger yang mengenalkan award ini dan link back ke blognya
  3. Share 11 hal tentang diri Anda
  4. Jawab 11 pertanyaan yang diberikan kepada Anda
  5. Pilih 11 blogger lainnya dan berikan kepada mereka 11 pertanyaan yang Anda inginkan

***

Sekarang saatnya saya menerangkan diri saya dalam 11 hal.
  1. Saya anak tunggal. Tapi saya paling tidak suka kalau ada orang yang belum mengenal saya sudah berkata kalau semua anak tunggal pasti manja.
  2. Masih berusaha untuk belajar tentang islam. Terutama dalam berhijab yang syar’i. Karena selama ini setiap kali berpakaian gamis selalu dianggap lebih tua dari usia saya. Hiks :( Tua di mata manusia, tapi muda di mata Allah. Aamiin.
  3. Saya lebih nyaman melakukan semua sendiri. Kalau kepentok baru minta tolong orang.
  4. Setia, hihihi. Dengan apapun, terutama masalah pasangan. Begitu juga dengan suatu hal. Ketika mempelajari suatu hal kalau belum berhasil tidak akan berpindah ke hal lain. 
  5. Sulit berkomitmen dengan waktu alias kurang lihai memenejemen waktu.
  6. Masih sibuk menetapkan apa impian saya yang sebenarnya.
  7. Ingin menikah muda, semoga tahun ini ya. Aamiin.
  8. Hobi membaca saat di ‘belakang’-maaf ya.
  9. Suka ikan, suka memelihara ikan, tapi seringkali lupa memberi makan ikan, akhirnya mati, kemudian beli lagi. Jahatnya...:(
  10. Paling nyaman saat berkutat dengan blog, tanaman, buku, dan renov kamar.
  11. Kalau ibu minta saya jadi PNS, saya lebih nyaman nantinya kerja di rumah. Misalnya usaha rental, fotokopi dan buka toko peralatan sekolah, buka toko online, dan nge-blog.

Sudah ya? Genap 11 kan? Sekarang saatnya saya menjawab pertanyaan Mbak Irowati.

  1. Sejak kapan Anda mulai nge-blog? Pertama kali punya blog itu sejak tahun 2010 tapi kalau aktif nge-blog baru setahun ini.
  2. Apa motivasi Anda dalam nge-blog? Jujur saja, nge-blog itu salah satu dari kegiatan yang bisa saya gunakan sebagai pembeda saya dengan orang lain (teman). Karena di lingkungan saya masih jarang sekali orang yang kenal dunia blog. Selebihnya, ingin berbagi kepada orang lain.
  3. Apa manfaat nge-blog bagi Anda ? Kalau dibilang nambah teman, iya. Tapi di dunia maya. Kan saya belum pernah ikutan kopdar. Kalau nambah pinter iya. Hihihi. Karena BW, betul, nggak? Tapi kalau manfaat yang pasti adalah saya menemukan siapa diri saya, apa hobi saya, dan hidup saya jadi sedikit terarah (kalau ada waktu luang jadi ada kegiatan yang bisa saya lakukan).
  4. Apa suka duka yang Anda rasakan dalam nge-blog ? Ehm...sukanya adalah saat dapat hadiah, jujur banget nih. Hehe tapi lebih suka kalau tulisan saya ada yang baca dan bermanfaat. Kalau dukanya apa ya? Tidak bisa update postingan dalam satu hari dan lupa diri kalau sudah di depan layar karena saking asyiknya.
  5. Apa yang paling Anda inginkan di dalam kehidupan Anda sekarang? Entah kenapa saat membaca pertanyaan ini jadi agak melow Mbak. Yang saya inginkan sekarang adalah lekas kelar skripsi saya. Jujur, saya sudah mengantongi acc dari dosen utama saya, tinggal dosen kedua saya. Semoga segera acc dan bisa diberi rezeki untuk daftar sidang. Sidang lancar, memperoleh nilai yang barokah, ilmu saya berkah dan segera menikah. Laaahh...yang terakhir itu pasti buat bapak ibu senang :D
  6. Hal apa yang paling membuat Anda bahagia dan sedih? Hal yang membuat saya bahagia adalah saat saya, ...Pulang ke rumah bawa uang gaji dan mengajak ibu belanja membeli kebutuhan dapur. Hal yang membuat saya sedih adalah....Saat ada orang yang tidak suka dengan sikap saya. Saya tipe orang pemikir, tiap ada orang yang berkomentar A sampai Z, saya akan memikirkannya sampai berhari-hari bahkan bisa membekas dalam hati saya sampai kapan pun.
  7. Siapa orang yang paling menginspirasi Anda? Ibu Kartini
  8. Apa motto hidup Anda? Kemenangan yang seindah-indahnya dan sesukar-sukarnya yang boleh disebut oleh manusia ialah menundukkan diri sendiri (Ibu Kartini).
  9. Sebutkan 3 kata tentang Anda? Serius, nggak tega-an, moody.
  10. Di mana tempat favorit Anda di dalam rumah? Di dalam kamar, semua ada. Sampai-sampai ibu bilang kalau kamar saya itu kayak susoh manuk (rumah burung), hahahaha.
  11. Hal apa yang paling anda benci di dunia ini? Saat saya meninggalkan sholat.
Sekarang saatnya saya ingin mengenal teman-teman blogger yang lainnya. Tapi sebelumnya maaf ya kalau ada yang berkenan saya colek. Hihihi.
  1. Mbak Christanty Putri Arty (http://www.omahantik.com/)
  2. Dik Intan Novriza Kamala Sari (http://goresanpemenang.blogspot.com)
  3. Mbak Rindang Yuliani (http://bintangpamungkas.blogspot.com/)
  4. Mbak Ila Rizky Nidiana (http://ilarizky.blogspot.com/)
  5. Mbak Agustinadian Susanti (http://moocensusan.blogspot.com/)
  6. Dik Ranii Saputra (http://raniisaputra.blogspot.com/)
  7. Mbak Nunu El-Fasa (http://www.nunuelfasa.com/)
  8. Mbak Tanti Amelia (http://nengdiary.blogspot.com/)
  9. Bunda Ida Nur Laila (http://ida-nurlaila.blogspot.com/)
  10. Mbak HM (http://akizeyek.blogspot.com/)
  11. Mbak Tha (http://argalitha.blogspot.com/)
Dan pertanyaan yang ingin saya ajukan kepada 11 teman blogger di atas adalah
  1. Siapakah nama Anda sesuai akta?
  2. Di mana Anda tinggal?
  3. Menurut Anda, apa itu blog?
  4. Apakah Anda membuat peraturan untuk postingan blog setiap hari berapa postingan, setiap bulan berapa, dst?
  5. Paling suka menulis tentang apa?
  6. Apa pendapat Anda tentang ibu rumah tangga?
  7. Apa pendapat Anda tentang menikah muda?
  8. Apa pendapat Anda tentang cita-cita sebagai Guru?
  9. Lebih milih pergi jalan-jalan bersama teman atau sendiri?
  10. Lebih milih radio atau TV? dan yang terakhir...
  11. Lebih milih pete apa jengkol? Ini bukan berarti Anda suka lho ya.

Nah, itu dia pertanyaan dari saya. Semoga Anda dengan senang hati mau menjawab pertanyaan tersebut. Sebelumnya terima kasih banyak. Happy Blogging :D

Sabtu, 24 Mei 2014

Keyboard rusak? Semangat Kerja Yuk!

Yeay! Keyboard netbook saya ada yang error. Tepatnya yang bagian kursor arah ke bawah, amblek. Kalau kesentuh dikit saja layar jadi turun sendiri. Hihihi...kayak berhantu. Nggak tahu apa penyebabnya. Apa karena ada kotorannya ya? Eh, selama ini saya kan tidak menggunakan mouse, terlalu sering dipencet kali ya? Ah, solusinya ya harus membeli mouse.

Netbook saya ini merek HP mini 110. Saya beli akhir tahun 2011 lalu seharga 2.750.000 lengkap dengan aksesorisnya (mouse, pelindung keyboard, dan backgroun netbook). Alhamdulillah sejak baru tak pernah rewel. Pernah sih, bluetooth-nya error. Setelah saya bawa ke konter penjualnya, bisa lagi dan nggak bayar karena masih ada sisa 6 bulan garansi.

Kembali ke keyboard error. Awalnya saya mikir, haduh, pas dompet mulai menipis kok ya ada-ada saja sih. Gemes. Apalagi mulai bulan depan saya tidak nge-lesi Nicho lagi dan hanya ngurus rental di rumah. Berkurang deh pemasukan saya.

Eh, siapa yang sangka kalau pekerjaan satu hilang yang lain datang. Tiba-tiba datanglah tetangga yang mau minta tolong buatin makalah untuk kuliahnya. Asyiikkk, akan ada uang tambahan masuk nih, pikir saya. Ah, Allah itu memang tidak akan membiarkan hambaNya kelaparan ya? Alhamdulillah bisa membeli mouse baru. Yuk, segera selesaikan kerjaan ini!

Jumat, 23 Mei 2014

Simulasi Mengenal Bagian-bagian dari Program Consol PLC


Selain menggunakan Komputer, kita dapat memprogram PLC dengan Program Console. Mari kita mengenal program console dengan mengenal bagian-bagiannya




Simulasi Komponen-komponen PLC


Komponen-komponen untuk mengoperasikan PLC

1. Komponen Peralatan Input (Input Device)
       Adalah komponen-komponen yang akan memberikan masukan logika kepada CPU PLC, yang biasanya berupa saklar-saklar ON (ON Switch), misalnya Pushbutton ON, Limit Switch ON, Level Switch ON, Flow Switch ON, Elektronic Swtch ON, dan lain-lain. Disamping itu juga dibutuhkan input sumber daya listrik.
2. Komponen Programable Controller
       Adalah merupakan peralatan untuk membuat program dan sekaligus mengolah masukan (input) logika dan program tersebut menjadi sebuah sistem kontrol yang terarah dan sistematis. Peralatan ini dapat berupa CPU PLC, Programming Console, Software Circuit (Ladder Diagram dan/atau Mnemonic Code), serta software support program lainnya juka diperlukan.
3. Komponen Peralatan Output (Output Device)
Adalah peralatan yang akan dihubungkan ke bagian output PLC, yaitu peralatan-peralatan yang akan dikendalikan atau dikontrol dengan PLC. Peralatan ini dapat berupa Motor listrik, Solenoide, Pemanas (Heater), Lampu-lampu, Mesin-mesin pabrik, Lift, Konveyor ban berjalan, dan lain-lain.

Kerjakan Simulasi dibawah ini :




Uji Publik Honorer K2 Kab Sragen 2014



Hari kamis, 22 Mei 2014 Pemerintah Kabupaten Sragen mengumumkan & Uji Publik Honorer K2 Kab Sragen 2014, dari Hasil verifikasi Calon PNS lolos honorer K2 sebanyak 511 yang lolos verifikasi, padahal dari pengumuman yang dikeluarkan oleh BKN habir 700 an honorer K2 Kab Sragen lolos Seleksi.
Sehingga di prediksi hampir 200 an honorer dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk diusulkan NIP nya.
Proses verifikasi yang berlangsung hampir 3 minggu berjalan cukup alot, dan cukup teliti, bahkan ada yang sampai jam 12 malam baru selesai pelaksanaan verifikasi.

Dari hasil pengumuman maka kebanyakan hampir 99 % yang lolos adalah honorer K2 yang masuk dalam database B, dimana Database B adalah para honorer yang mengikuti test Honorer Tahun 2005 di Gor Diponegoro Sragen.

Sedangkan yang masukbase C kebanyakan atau hampir 99% tidak lolos verifikasi. Karena Database C ini adalah honorer yang tidak mengikuti Test Honorer di GOR diponegoro Sragen Tahun 2005.

Dalam Uji Publik Honorer K2 Kab Sragen 2014 ini Masyarakat diminta meneliti nama nama 511 honorer K2 yang lolos verifikasi, dan jika ada sanggahan dapat langsung melaporkan kepada Bupati Sragen Cq. Tim Verifikasi Kab Sragen dengan melampirkan Fotokopi KTP/SIM atau  identitas diri yg lainnya, paling lambat besok Sabtu, 24 Mei 2014 pukul 12.00 WIB.

Berikut Daftar nama Uji Publik Honorer K2 Kab Sragen 2014 yang Lolos Verikasi dari Tim BKD Pemda Kab Sragen. KLIK DISINI

Senin, 19 Mei 2014

Pengumuman FINALIS OSK 2014







Pengumuman Finalis OSK
LEVEL 1




LEVEL 2



LEVEL 3




Bukan Jadi yang Terbaik, Tapi Satu-Satunya

Tadi malam nonton Golden Ways-Pak Mario Teguh? Kalau iya, pasti tak asing dengan judul postingan saya ini.

"Bukan jadi yang terbaik, tapi satu-satunya." kata Pak Mario.

Apabila dicerna secara seksama memang betul, sangat betul malah. Hoo, setidaknya kalimat itu berhasil mengubah mindset saya selama ini. Selama ini saya memiliki prinsip, JADILAH YANG TERBAIK. Tapi ternyata apa? Saya merasa lelah, lelah karena kata-kata itu selalu menyihir saya untuk selalu berkompetisi dalam hal mencetak nilai selama kuliah bukan ilmu. Jadi seakan-akan saya belajar hanya berekspektasi pada nilai bukan ilmu karena saya ingin mendapat nilai yang terbaik di kelas. Kalau saya tak mendapatkan itu semua maka saya akan kelelahan sendiri bahkan membenci diri saya sendiri. Ya, itulah yang saya rasakan. Bagaimana dengan Anda?

Berbeda kalau JADILAH SATU-SATUNYA.
Kita akan sibuk dengan diri kita, ehm...tepatnya sibuk untuk mensyukuri apa yang ada dalam diri kita, tidak membandingkan dengan orang lain, dan selalu-selalu menggali potensi dalam diri. Benarkah? Saya akan mencobanya! Anda juga ya?

Jumat, 16 Mei 2014

Yang dari kemarin pergi, apakah hari ini akan pulang? Saya sudah masak sayur asem dan lauk ayam plus tempe goreng :(

Pulanglah, Pak Bu.
Ika kangen.

Ah, Abaikan

Ada masalah dalam diri saya. Saya tak se-semangat yang dulu, tak se-kreatif yang dulu dan kini saya mudah sekali bosan. Itu berlaku juga saat saya mengerjakan skripsi ini. Bahkan berkali-kali saya juga kecewa dengan diri saya sendiri. Meskipun saya tahu kekecewaan itu bertubi-tubi datang juga karena faktor lingkungan. Tapi apa guna juga kalau saya menyalahkan lingkungan. Ah, abaikan.

Saya juga tak tahu kenapa komitmen saya begitu lemah, akhir-akhir ini. Saya merasa semakin jauh pula sama Allah. Mau jadi apa saya ini?  Hari ini berkomitmen harus menyelesaikan revisi tapi apa? Nggak kelar juga. Ya Allah...Hidup saya jadi tak berarah.

Kebiasaan buruk itu muncul lagi. Benar kata orang sekali teracuni maka akan teracuni terus menerus. Tak seharusnya saya selalu melakukan kebiasaa buruk ini. Ah, mulai abaikan.

Saya hanya ingin, revisi ini cepat kelar. Cepat sidang. Saya juga sudah nggak betah dengar kata teman yang sangat rajin bimbinga bilang, "Loh? Aku kira kamu sudah daftar sidang??" Hem, saya harus jawab apa? Senyum getir saja. Seringkali saya nge-yem hati saya sendiri, "Hello Ka, ini sudah jalanmu ayo nyebut. Ynag penting kamu tetap usaha" sambil dalam hati nangis dleweran ngadu sama Allah, ya Allah kenapa?

Ah, abaikan...

Saya memang kunci utama semua ini. Ya saya sendiri. Seberapa kuat saya ngadepin semuanya. Ini kan baru cobaan kecil, nanti kalau sudah terjun di dunia kerja hoooo pasti lebih wow.

Oya, dulu saya pernah nyepelein saudara waktu ngerjain skripsi, sekarang mungkin saya gantian disepelein orang, "Ih, kamu itu kayak nggak niat aja bimbingan sekali dalam satu minggu. Bukannya kamu dulu waku kuliah gini ya,  gitu ya?" Ah, abaikan sajalah...

Manusia berencana Alah berkehendak.Aamiin. Alhamdulillah, ini jalan saya. Yang penting saya nyaman, bapak dan ibu bahagia, meskipun ya saya tahu bapak dan ibu juga capek lihat saya. Padahal mereka sudah sangat capek dengan urusannya. Maafin saya...

Ah, Abaikan... 

Kamis, 15 Mei 2014

Fokus Anda Hari Ini Apa?


Alhamdulillah, pagi ini setelah pekerjaan rumah sudah hampir selesai saya menyalakan TV untuk lihat acara Mamah & Aa Beraksi. Tema hari ini adalah Sedih-Bukan Solusi. Dari berbagai ulasan materi dan pertanyaan dari penonton ada satu pertanyaan dari penelepon yang nyantol di hati saya.

“Mamah, saya ini sudah melaksanakan sholat 5 waktu, ngaji, berdzikir, tapi kenapa saya masih merasa takut ya, Mah?” tanya penelepon “hamba Allah”.

“Takut-nya karena apa, Bu?” tanya Aa.

“Takut menjalani kehidupan ini.” jawabnya lagi.

Dengan tegas Mamah langsung menjawab, “Fokuskan diri Anda untuk hari ini. Jangan besok! Tadi pagi saya bisa memakai baju ini sendiri, apakah nanti pasti saya bisa melepas baju saya sendiri? Belum tentu. Siapa tahu baju ini akan dilepas oleh mereka yang memandikan jenazah.” Kira-kira seperti itulah yang disampaikan oleh Mamah.

Mamah juga menerangkan kita bisa mem-fokuskan diri kita hari ini dengan banyak hal, misalnya sholat 5 waktu, beramal, berguna bagi orang lain, dan menanamkan mindset bahwa kita tak pernah tahu kapan akan kembali kepada-Nya. Maka jangan pernah menunda kebaikan-kebaikan yang ingin kita lakukan.

Surat Luqman

034. Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Hem, saya menghela napas panjang. Selama 22 tahun saya hidup, diberikan kesempatan oleh Allah, tak banyak yang saya isi dengan hal-hal kebaikan. Fokus, fokus, dan fokus untuk hari ini.
Fokus saya hari ini apa ya?

  1. Sholat 5 waktu tepat waktu.
  2. Sholat dhuha.
  3. Download video kartun tata cara sholat.
  4. Menukarkan voucher belanja.
  5. Menyelesaikan revisi skripsi
  6. Kondangan
Enam fokus saya hari ini. Berharap semua bisa terealisasikan. Kalau Anda? Apa fokus Anda hari ini? Semoga juga bisa terealisasikan ya? Aamiin.

SmartSWF Pro : Aplikasi Flash Player untuk Android

Mengenal SmartSWF Pro

image SmartSWF Pro adalah aplikasi android yang dipergunakan untuk memutar file flash (swf.) Aplikasi ini disimpan secara lokal pada perangkat (termasuk sd-card). Dengan aplikasi ini maka memungkikan kita memainkan dan menjalankan file swf dengan mudah. Jika Anda memiliki  animasi flash, game, dan file swf lainnya anda dapat mengunduh dan menginstal aplikasi ini.

 

Fitur utama dari aplikasi ini
✓ Dapat memainkan animasi flash
✓ Dapat memainkan game flash
✓ Dapat memainkan aplikasi Flash
✓ Dukungan play kontrol
✓ Dukungan modus landscape full-screen
✓ ukuran program yang sangat kecil

Instalasi
Anda harus memasang Plugin Adobe Flash Flash Player sebelum menggunakan aplikasi ini

 

Download SmartSWF Pro(267 kB) : klik di sini

DOWNLOAD GAME PC FULL VERSION Bound By Flame

 
Download Bound By Flame Download PC Game
Bound By Flame Free Download Full Version PC Game


You are a mercenary possessed by a flame demon in a desperate world ravaged by seven Ice Lords. In this RPG where every choice counts, you will have to choose between unleashing the powers of the beast within and rejecting its demonic influence.

Game Information:
Title: Bound By Flame
Genre: Action, RPG
Developer: Spiders
Publisher: Focus Home Interactive    
Release Date: 8 May 2014
Languages: English, French, Italian, German, Spanish
Size: 4.74 GB

Minimum System Requirements:
* Operating System: Windows XP / Windows Vista / Windows 7 / 8
* Processor: Intel Dual Core @ 2.4 GHz or higher
* Memory: 2 GB of RAM (4 GB for Vista & Win 7 / 8)
* Graphics Card: 512 MB (Nvidia 8800 GT) Pixel Shader 3.0
* Hard Disk: 6 GB free disk space
* Sound Card DirectX® 9.0c compatible
* DirectX® 9.0

ScreenShots
 
 

BillionUploads Download Links:
https://safelinking.net/p/bf573ae11b

Rapidgator Download Links:
https://safelinking.net/p/5005ab0d55

Oboom Download Links:
https://safelinking.net/p/f0858d08d3

Uploaded Download Links:
https://safelinking.net/p/b201784f20

FireDrive Download links:
https://safelinking.net/p/bb87b999e1

Password: www.gloverzz.net

Crack Only Download:
https://safelinking.net/p/cb1eac8e1b

Installation Notes:
1. Unrar the release.
2. Mount or burn image.
3. Install the game.
4. Copy the cracked content into the main install folder and overwrite.
5. Block the game in your firewall and mark our cracked content as secure/trusted in your antivirus program.
6. Play the game

Don't Forget To Say Thanks If You Like It!! :)

Direct Download Bound By Flame Setup Zip.exe



Note: Install This Setup Completely To Get Game Setup Files
 
SOURCES 

Rabu, 14 Mei 2014

borong buku

Alhamdulillah, setelah berjalan kaki sejauh 1,3 km dari sekolah ke arena bookfair, terbayarlah semua penat yang ada. Ya, Rabu 14 Mei 2014 ini sebanyak 220an siswa kelas 3-4-5 mendatangi pameran buku yang digelar oleh Perpustakaan Daerah Sragen di gedung KNPI.Siswa berangkat bersama seusai sholat dhuhur berjamaah di SD. Sesampainya di lokasi, para siswa langsung menuju boks buku yang ada, segera

Download Bel Sekolah Edisi Ujian Nasional 3 Bahasa

Download Bel Sekolah Edisi Ujian Nasional 3 Bahasa

Di era digitalisasi ini, MTsN 1 Candi Laras Utara melalui berbagai tim ahli profesionalnya membuat sebuah aplikasi Bel Sekolah Otomatis yang bisa langsung digunakan untuk mempermudah kinerja pembelajaran di lingkungan madrasah.

Penggunaan Bel Sekolah otomatis ini pun menggantikan bel lonceng yang manual, sehingga efesiensi dan ketepatan waktu pun lebih bisa dilakukan. Adapun untuk bel sekolah ini juga dipersiapkan dalam 3 (tiga) Bahasa, diantaranya Bahasa Arab, Bahasa Inggris serta Bahasa Indonesia. Untuk input suaranya pun langsung diseleksi dari berbagai pihak yaitu siswa dan dewan guru.

Dan pada pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP/MTs tahun 2013/2014 langsung dipergunakan sebagai edisi perdana penggunaan bel ujian nasional sekolah otomatis dalam 3 bahasa. Untuk mendapatkan aplikasi Bel sekolah otomatis mohon maaf kami tidak bisa secara langsung memberikan link downloadnya, karena untuk pembuatannya sendiri kami membutuhkan berbagai kerja sama dari tim-tim ahli profesional yang ada dilingkungan MTsN 1 Candi Laras Utara, namun untuk sound / suara bel sekolah otomatis dalam tiga bahasa kami akan berikan secara cuma-cuma alias gratis atau gretongan.

Namun jangan takut, untuk aplikasi bel sekolah pun sudah ada diberbagai situs download lainnya, diantaranya bisa dicek disini. yang saya bisa lihat ketika penggunaannya pun sangat mudah dan bisa diedit penggunaan jenis suaranya untuk menggunakan bel ujian nasional tiga bahasa ini.

Untuk audio atau sound bel sekolah edisi ujian nasional dalam 3 (tiga) bahasa ini bisa didownload dibawah ini :

Klik untuk download Bel Sekolah Edisi Ujian Nasional 3 Bahasa


  1. Bel Masuk
  2. Peserta Ujian Berbaris Di Depan Kelas
  3. Pengawas Ujian Memasuki Ruang Ujian
  4. Peserta Memasuki Ruang Ujian
  5. Pengawas Membagikan Soal dan Peserta Mengisi Identitas
  6. Waktu Ujian Dimulai
  7. Waktu Ujian Tinggal 5 Menit Lagi
  8. Waktu Ujian Telah Berakhir
Terima kasih sudah berkunjung, semoga postingan untuk bel sekolah edisi ujian nasional dalam tiga bahasa ini bisa bermanfaat untuk yang menggunakannnya, amien.




Sampel Gratis Deodorant Dove

Siapa yang mau gratisan? *saya!!
Kali ini saya ingin berbagi info sampel gratis deodorant dari Dove. Caranya sangat mudah kok.

  1. Like fanpage Dove
  2. Pilih menu FREE SAMPEL
  3. Isi formulirnya dan SUBMIT.

Sampel deodorant dove 15 ml akan dikirim ke alamat Anda yang menjadi bagian dari 1000 orang yang meregister.

Permak Dompet Lawas

Dompet lawas
Saya tipe orang yang tidak gemar menyimpan uang di dompet khusus. Biasanya saya menyimpan uang dan surat-surat berkendara di sebuah pouch. Tapi entah kenapa akhir-akhir ini saya ingin membeli dompet yang bentuknya agak panjang. Sekalian membeli yang agak bagus-harganya juga sedikit mahal pastinya ya... Kalau kata ibu, “Kan kalau digunakan untuk resepsi pantes, Dik.”


Kain perca
Rencana hanya rencana, kalau punya uang lebih rasanya sangat eman untuk membeli dompet. Buat kebutuhan yang lain lebih baik. Ya sudah deh.

Beda hal-nya saat saya menemukan dompet bekas yang saya beli 2 tahun lalu. Dalamnya masih bagus tapi luarnya sudah mulai mengelupas. Karena sedang bosan merevisi skripsi, saya melirik kain perca yang saya kumpulkan dari tempat sampah penjahit di sekitar rumah saya. Tenang kainnya sudah saya cuci lengkap dengan aroma pewangi pakaian kok.

Ide permak dompet lawas pun muncul. Mau tahu bagaimana saya mermak dompet saya? Perhatikan uraian berikut ya?
Bahan:
Kain perca
Lilin
Lem tembak

Alat:
Gunting
Pistol lem tembak

Caranya:
  1. Potong-potong kain perca sesuai dengan keinginan Anda
  2. Bakar sisi-sisi kain perca dengan lilin supaya rapi.
  3. Panaskan lem tembak
  4. Bersihkan permukaan dompet
  5. Tempelkan kain perca satu per satu (warna/corak sesuai selera) dengan bantuan lem tembak ke permukaan dompet. Mulailah dari sisi yang paling pinggir.
  6. Lakukan langkah nomor 5 sampai semua permukaan dompet tertutup. Rapikan.

Mudah bukan? Mau tahu hasilnya seperti apa? Ini dia. Lumayanlah ya? Paling tidak adik keponakan saya sudah tertipu, tahu dia dompet saya ini baru dan harganya mahal. Padahal....hihihi...Selama mencoba ya?

Taraaaa......

Arsip Blog