Rabu, 04 Juli 2012

RPP Berkarakter untuk Guru

RPP Guru Berkarakter | Berbicara RPP berkarakter tidaklah asing bagi guru ataupun mahasiswa calon guru namun bila kita membicarakannya pada masyarakat awam sudah tentu banyak yang tidak mengerti. Peranan RPP berkarakter sangat besar bagi kelangsungan hidup seorang guru sampai-sampai kebutuhan akan RPP menjadi utama dan sebagai panduan sehari-hari pada pembelajaran yang tengah berlangsung di sekolah.

Tapi bila ditanyakan secara langsung tentang apa itu RPP berkarakter? adakah dari sebagian guru-guru di lingkungan kita yang sungguh tidak mengerti. Memang setiap guru sudah pasti kenal dengan yang namanya RPP namun sudahkah diketahui secara mendalam?


Sebenarnya sedikit sekali yang mengulas tentang RPP berkarakter di internet, yang banyak hanyalah mereka yang memberikan link download RPP berkarakter yang telah jadi, dan yang mendownloadnya pun terbilang sangat ramai, ini berarti makin banyak saja guru-guru yang hanya bisa mencontek tanpa mau susah-susah membuat RPP berkarakter sendiri.

Secara singkat bahwa RPP berkarakter bisa di artikan sebagai rencana yang disusun secara sistematis sebagai panduan dasar serta acuan proses pembelajaran yang akan dilakukan oleh guru di kelas. RPP berkarakter memiliki perbedaan dengan RPP-RPP sebelumya berdasarkan ketentuan kurikulum yang telah beberapa kali mengalami perbaikan hingga tahun 2012 ini menjadi KTSP. Dalam RPP berkarakter perencanaan pembelajaran yang dibuat tidak hanya bertumpu pada mata pelajaran semata, akan tetapi terdapat pengintegrasian pendidikan karakter yang meliputi olah hati, olah pikir, olah rasa, dan olah raga.

Dalam RPP berkarakter tidak hanya pengetahuan kognitif siswa yang ditekankan melainkan juga Afektif dan psikomotoriknya yang menjadi satu kesatuan dalam proses pembelajaran guna mencapai hasil pendidikan yang optimal. Untuk hal lain berkaitan dengan RPP berkarakter pastinya rekan guru-guru sekalian sudah tahu lebih dalam karena RPP berkarakter merupakan bagian hidup seorang guru, jadi jangan pernah mengaku sebagai seorang guru kalau tidak tahu yang namanya RPP berkarakter,

RPP berkarakter pasti merupakan hal yang wajib bagi guru-guru atau pendidik, mulai dari guru SD, guru SMP, guru SMK maupun guru SMA yang tentunya RPP berkarakter yang dibuat sesuai dengan tingkat sekolah masing-masing.

Bagi rekan guru yang belum memiliki RPP berkarakter lengkap semua pelajaran dan harus segera dilengkapi guna menyempurnakan kebutuhan adsministrasi sebagai guru maka disini Info Guru berikan Link downloadnya yang ada pada blog ini.

Itulah ulasan sedikit mengenai RPP berkarakter dan apabila ada yang keliru atau kurang pas tolong koreksinya melalui kotak komentar di bawah.

Salam Guru

Klik untuk download :
RPP Berkarakter 2012 Download Lengkap 1x Klik

IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog