Senin, 30 Desember 2013

Menyulam Yuk!

Entah datang dari mana bisikan untuk menyulam datang tapi aku memang ingin menyulam. Lama juga aku tidak menyulam, terakhir menyulam waktu kelas 9 SMP saat membuat taplak meja sebagai persyaratan mengikuti ujian praktik.
Kata mbak wikipedia, bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang. Selain benang, hiasan untuk sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung, pita dan payet.
Secara umum, menyulam itu membutuhkan bahan-bahan sebagai berikut:
  1. Jarum
  2. Benang sulam
  3. Pembidang/bentang
  4. Kain
  5. Pola
  6. Pensil 
  7. Gunting

Adapun tusuk yang secara umum digunakan adalah seperti pada gambar di bawah ini. Berkaitan dengan cara pembuatannya adalah:

  1. Jiplak/gambar dahulu pola sesuai dengan keinginan
  2. Ambil kain dan gunakan pembidang yang disesuaikan dengan pola.
  3. Pilih benang sesuai dengan warna dan masukkan dalam lubang jarum.
  4. Sulam dengan tusuk yang sesuai.


Aku yang heboh menyulam, tapi ibu yang sudah mencoba. Hasilnya bagaimana? Hihihi...ngakunya kurang rapi, maklum saja penglihatan ibu sudah agak berkurang. Bunga ini ibu buat dai pola yang aku download dari internet yang kemudian dijiplak ibu. Berkaitan dengan tusuknya menggunakan tusuk pipih. Pertanyaannya sekarang adalah kapan aku mencoba menyulam sendiri? Secepatnya ya? Di sela-sela nyusun skripsi kalau sedang mampet ide nggak ada salahnya untuk menyulam. Rencananya aku ingin menyulam sapu tanganku denga pola namaku sendiri. Kayaknya bagus deh. Yuk, menyulam!

Hasil sulaman ibu. Kalau dari jauh sih bagus, eh dideketin jadi kelihatan kalau nggak rapi.


GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog