Senin, 24 Maret 2014

Rapor SMA Kurikulum 2013

Assalamu'alaikum wr. wb.

Begitu besarnya atensi yang diberikan dari beberapa kota di Indonesia mengenai Aplikasi Rapor Kurikulum 2013 dan beberapa permintaan agar dibuatkan untuk rapor tingkat SMP dan SMA, maka pada kesempatan ini saya membuat postingan tentang Rapor Kurikulum 2013 untuk tingkat SMA. Prinsip dasar dari aplikasi ini tidak jauh berbeda dari model Aplikasi untuk tingkat SekolahDasar (SD). Perbedaannya hanya pada KI1 (sikap spiritual) dan KI2 (sikap sosial). KI1 (sikap spiritual) dan KI2 (sikap sosial) pada tingkat SMA terbagi menjadi 2, yaitu KI1-KI2 dalam mata pelajaran dan KI1-KI2 antar mata pelajaran.

Aplikasi Rapor SMA versi 1.0 adalah untuk kelas X Peminatan Ilmu Alam, sedangkan untuk Peminatan Ilmu Sosial akan segera dirilis. KD yang ada di dalamnya merupakan semua KD yang ada di kelas X. Jadi, aplikasi ini dapat digunakan untuk 2 semester, baik semester 1 maupun semester 2. Oleh karena itu dalam entri nilai harus diperhatikan dan disesuaikan dengan KD yang dalam semester tersebut. Jangan memasukkan nilai pada KD yang tidak terdapat dalam semester tersebut karena secara otomatis akan mempengaruhi hasil deskripsinya.

Prinsip-prinsip pengolahan nilai dari aplikasi ini mengacu pada petunjuk teknis sesuai dengan SK Dirjen Dikmen Kemdikbud dan LampiranKeputusan Dirjen Dikmen No: 717/D/Kep/2013 yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Ir. Ahmad Jazidie, M.Eng.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengisian nilai dalam aplikasi ini, yaitu:

  1. Masukkan data sekolah secara lengkap karena akan secara otomatis ngelink ke sheet yang lain terutama Rapor. Sebagai contoh jika anda memilih semester dengan angka “2” maka secara otomatis rapornya akan berubanh menjadi rapor semester 2 dengan mencantumkan “Keputusan naik/tidak naik kelas …”. Jika anda pilih angka “1”, maka rapor akan berubah menjadi rapor semester 1 tanpa ada “Keputusan naik/tidak naik kelas ...”. 
  2. Masukkan data peserta didik dan orang tua/wali secara lengkap untuk mencetak rapor bagian depan (identitas). Jika Anda mengambil data yang ada di sekolah dengan copy-paste”maka gunakan “Paste Values” yang ada pada Tab aplikasi ini. Jangan menggunakan Ctlr+V untuk Paste. Dan jangan pula menggunakan “Cut”untuk menghapus karena akan merusak link aplikasi ini. 
  3. Masukkan jenis Ekstrakurikulerselain dari Pramuka (wajib) sesuai dengan yang ada di sekolah masing-masing di “Parameter”. 
  4. Pilih sikap spiritual dan sosial antar mapel yang ingin dimunculkan dan diharapkan sesuai dengan pilihan yang tersedia di “Parameter”. 
  5. KI1 dan KI2 dalam mapelwajib menggunakan dengan skala nilai 1-4.
  6. KI1 dan KI2 antar mapelwajib menggunakan skala nilai 1-4. 
  7. KI3 dan KI4 wajib menggunakan skala nilai 1-100 dan sesuai dengan KD yang terdapat pada semester berjalan. 
  8. Masukkan Prestasiyang pernah dicapai oleh peserta didik pada tahun pelajaran berjalan. Lembar prestasi hanya dicetak pada saat semester 2 saja. 
  9. Bagi Usersyang menggunakan Excel 2013, mungkin untuk beberapa kondisi mengalami error macronya.

Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat. Jangan lupa komentar, saran dan kritiknya.
Cara Download di adf.ly : Klik Link Download tunggu hingga muncul kata "SKIP AD" di pojok kanan atas kemudian klik "SKIP AD".


Download Link


Password: mahas

IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog