Selasa, 28 Oktober 2014

Automatic Bathroom Lamp (ABL) Juara 2 Krenova 2014 Kab Sragen

Video Simulasi ABL





Listrik merupakan kebutuhan masyarakat saat ini, setiap orang membutuhkan energi listrik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Salah satunya adalah untuk penerangan atau lampu di dalam rumah. Dalam rangka menghemat listrik, maka matikan lampu setelah digunakan.

Dalam penggunaan listrik kita harus berhati-hati dalam mengoperasikannya, jika tidak, maka akan menyebabkan kecelakaan. Terutama jika ini terjadi karena kurang tahuan, terutama pada anak-anak kecil. Misalnya ketika seorang anak yang umurnya dibawah 7 tahun, masih sangat butuh pengawasan orang tua dalam menyalakan dan mematikan saklar lampu, terutama jika kondisi tangan basah, misalnya setelah keluar dari kamar mandi dan akan mematikan lampu kamar mandi, ini akan sangat berbahaya.

Adakah alat yang secara otomatis yang akan menyalakan lampu ketika seseorang memasuki ruangan, dan lampu akan mati sendiri ketika seseorang sudah keluar dari ruangan ?
Dari pertanyaan diatas, maka munculah ide dari penulis untuk membuat alat “Automatic Bathroom Lamp (ABL)”, dimana alat ini dapat digunakan untuk menyalakan dan mematikan Lampu Kamar Mandi secara otomatis, alat ini akan sangat bermanfaat terutama jika dirumah tersebut memiliki anak kecil, yang tentunya sangat rawan jika menggunakan saklar lampu, selain tinggi badan masih kurang juga pengertian dan pemahaman tentang bahaya listrik masih sangat kurang, apalagi ketika keluar dari kamar mandi kondisi tangan masih basah.

Spesifikasi Teknis Alat
Dimensi : 7 x 11 x 5 cmm
Tegangan input : 12 V DC
Tegangan Output : 110-220 V (sesuai pemasangan & kebutuhan)
Konsumsi Daya : 0,5 W
Arus max : 10 A (Optional sesuai Relay yang dipakai)
Daya jangkauan : 1-3 meter

Proses dan Cara Kerja Alat Automatic Bathroom Lamp (ABL)
Cara kerja alat ini adalah dengan menggunakan sensor gerak atau sering di sebut dengan PIR (Pasive Infra Red). PIR akan menghasilkan tegangan 3 V jika mendeteksi gerakan, tegangan 3 V inilah yang akan dikuatkan untuk menggerakkan Relay yang akan mengontrol nyala lampu.

Gambar sensor Gerak PIR (Pasive Infra Red)


Design Rangkaian ABL








Alur Kerja ABL



Alat ini sangat bermanfaat ketika dipasang di kamar mandi, dimana sensor gerak akan mendeteksi manusia yang masuk ke kemar mandi, dan secara otomatis akan menyalakan lampu.

Ini sangat bermanfaat untuk penghematan energi listrik, karena kita sering lupa untuk mematikan lampu ketika keluar kamar mandi.

Anak kecil tidak perlu meminta orang tua untuk menyalakan lampu kamar mandi ketika akan masuk ke kamar mandi.

Menghindari bahaya sengatan listrik, karena kondisi tangan yang basah ketika meninggalkan kamar mandi, dan harus mematikan saklar lampu.

Dapat digunakan sebagai alarm untuk menghindari pencurian, jika sensor ini dihubungkan dengan bel atau alarm atau buzzer.


ABL Siap dipasarkan/dijual

PCB ABL siap dirakit



ABL meraih Juara 2 Krenova 2014 Kabupaten Sragen

(buka dengan aplikasi PCB Wizard untuk membukanya)
blm punya programnya??






GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog