Sabtu, 16 Agustus 2014

Rangkaian Sensor Gerak untuk Lampu kamar mandi

Rangkaian sensor gerak ini terinspirasi ketika anak-anak saya mau ke kamar mandi, kebetulan posisi saklar lampu kamar mandi agak tinggi, sehingga tinggi anak-anak tidak  bisa menjangkaunya. Sehingga kadang ketika akan ke kamar mandi harus memanggil orang tua untuk menyalakan lampu, memang keluarga saya sudah dibiasakan untuk mematikan lampu kamar mandi dan kamar yang lainnya yang tidak dipakai dan setelah selesai digunakan untuk menghemat Pulsa listrik. (bukan pelit tapi membiasakan disiplin)

dari alasan diatas maka saya ingin membuat asensor yang mendeteksi ada orang di dalam kamar mandi, sehingga ketika ada orang masuk kamar mandi, maka lampu kamar mandi akan menyala. Sehingga orang tua yang punya  tidak selalu repot untuk mematikan dan menyalakan lampu kamar mandi.

1. Yang pertama kali saya butuh kan adalah Sensor Gerak, ini saya beli di https://www.tokopedia.com/usb/pir-sensor-dengan-module dengan harga 35 ribu an klo ngk salah


2. Lalu saya buat design PCB untuk rangkaian penguat dan rellaynya, karena sensor ini hanya menghasilkan tegangan sekitar 3 Volt sehingga perlu dikuatkan, selain itu perlu adanya timer sehingga ketika objek tidak bergerak / sedang diam, lampu tidak langsung mati... tapi butuh beberapa saat / diatur dengan timer tertentu  untuk mati. Maka saya pilih IC 555 dan decade counter 4017 sebagai rangkainnya.
PCB saya design dengan PCB Wizard.



3. Membuat PCB, merangkaia dan Uji coba... dan akhirnya berhasil...

Lay Out Komponen







Uji Coba



Contoh pemasangan :


unduh skema PCB dan cara kerja rangkaian klik disini

unduh ulasan tentang ABL Klik disini 




GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog