Jumat, 27 Juni 2014

Bacaan dan Do'a dalam Sholat (Kumpulan bacaan dan Do'a dalam Sholat dan artinya)

Assalamu'alaikum sobat berbagi ilmu.. semoga kita senantiasa diberi kesehatan oleh Allah SWT, karena kesehatan adalah nikmat yang paling utama. 

sebagai wujud syukur kita atas kesehatan yang telah Allah berikan kepada kita hendaknya kita senantiasa meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah SWT, Salah satunya dengan melaksanan ibadah yang benar. Salah satu ibadah wajib yang harus kita laksanakan adalah Sholat. Sholat tidak boleh kita lakukan dengan sembarangan. Kita harus mengetahui syarat dan rukun sholat serta hafal dan mengerti bacaan-bacaan yang ada dalam sholat. 

Berikut ini adalah bacaan bacaan yang ada dalam sholat semoga bisa menjadi pengingat bagi kita tatkala kita lupa dan belum mengerti, semoga Allah memudahkan langkah kita untuk beribadah dengan khusyuk sehingga nantinya ibadah kita diterima oleh Allah SWT. 

Bacaaan Doa Iftitah

اَللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ كَثِيْرً وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلاً. أِنِّ وَجَّهْةُ وَجْهِيَ ِللذِيْ فَطَرَالسَّمَوَاتِ وَاْلآَرْضَ حَنِيِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. إِنَّ صَلاَتِيْ وَنُسُكِيْ وَمْحْيَايَ وَمَمَاتِيْ ِللهِ رَبِّ 
الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا مِنَ الْمُسْلِمِ

“Allaahu akbar kabiiraaw wal hamdu lillaahi katsiraw wasub-haanallaahi bukrataw wa ashiila. Inni wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal-ardha, haniifam muslimaw wamaa ana minal musyrikiin. Inna shalaati wanusukii wamah yaaya wama maatii lillaahi rabbil ‘alaamiina. Laasyariika lahu wabidzaalika umirtu wa ana minal muslimiina.”
Arti Doa Iftitah
“Allah Maha Besar lagi sempurna kebesarannya, segala puji bagi Allah dan Maha Suci Allah sepanjang pagi dan sore. Ku hadapkan muka dan hatiku kepada Dzat yang menciptakan langit dan bumi dengan keadaan lurus dan berserah diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musrik. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah karena Allah, Tuhan semesta alam. Tidak ada sekutu bagiNya, demikianlah aku diperintah dan aku termasuk golongan orang-orang muslim.”

Bacaan dan Doa  Ruku’
Bacaan tasbih sa'at ruku'
سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ
 Subhana rabbiyal’adhimi wabihamdih” (3x)
arti :
Maha Suci Rabbku yang maha Agung dan maha terpuji.”

Bacaan dan Doa I'tidal 
Setelah ruku’ dengan sempurna dan selesai membaca do’a, maka kemudian bangkit dari ruku’ (i’tidal). Waktu bangkit tersebut membaca

                                         سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Sami’allaahu liman hamidah.
"Semoga Allah Mendengar ( Menerima ) Pujian Orang Yang Memuji-Nya ( Dan Membalasnya )".

Kemudian ketika sudah tegak dan selesai bacaan tersebut disahut dengan bacaan:

رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ، مِلْءَ السَّمَاوَاتِ وَمِلْءَ الأَرْضِ، وَمِلْءَ مَا شِئْتَ مِنْ شَيْءٍ بَعْدُ

Rabbanaa lakal hamdu mil’us samaawati wa mil ‘ulardhi wa mil ‘umaasyi’ta min syai’in ba’du.
arti :
Wahai Tuhan Kami ! Hanya Untuk-Mu lah Segala Puji, Sepenuh Langit Dan Bumi Dan Sepenuh Barang Yang Kau Kehendaki Sesudahnya.

Bacaan saat Sujud 
Allaahu' Akbar (Allah Maha Besar)

ﺳُﺒْﺤَﺎﻥَ ﺭَﺑِّﻲَ ﺍﻟْﺄَﻋْﻠَﻰ ﻭَﺑِﺤَﻤْﺪِﻩِ

Subhaana, rabbiyal, a'laa, wa, bihamdihi 
(Maha Suci Tuhanku Yang Maha Luhur, dan aku memuji-Nya) 

Bacaan dan Do'a duduk diantara dua sujud
Allaahu' Akbar (Allah Maha Besar)

RABBIGHFIRLII WARHAMNII WAJBURNII WARFA’NII WARZUQNII WAHDINII WA’AAFINII WA’FU ‘ANNII.

Ya Tuhanku ! Ampunilah Aku, Kasihanilah Aku, Cukupkanlah ( Kekurangan )-Ku, Angkatlah ( Derajat )-Ku, Berilah Aku Rezki, Berilah Aku Petunjuk, Berilah Aku Kesehatan Dan Maafkanlah ( Kesalahan )-Ku.

Bacaan Tasyahud Awal 
Allaahu' Akbar (Allah Maha Besar)
Attahiyyaatul mubaarakaatus shalawaatut thayyibaatulillaahAssalaamu' alayka ayyuhannabiyyu warahmatullaahi wa barakaatuh, Assalaamu 'alayna wa 'alaa 'ibaadillaahis shaalihiin, Asyhadu allaa ilaaha illallaah,  Wa asyhadu annaa muhammadar rasuulullaah
artinya :
(Segala ucapan selamat adalah bagi Allah, dan kebahagiaan serta kebaikan,
 Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepadamu wahai Nabi, dan beserta Rahmat Allah, dan berkat-Nya, Semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada kami pula, dan kepada sekalian hamba-hambanya yang soleh, Aku bersaksi, bahwa tiada Tuhan kecuali Allah, Dan aku bersaksi, bahwa Nabi Muhammad adalah hamba-Nya, dan Rasul-Nya)


Duduk Tasyahud Akhir 

Allaahu' Akbar (Allah Maha Besar)
Lalu mengulang kembali bacaan dari Duduk Tasyahud Awal lalu diteruskan dengan,
Allaahumma, shalli 'alaa muhammad, wa 'alaa, aali muhammad, Kamaa, shallayta, 'alaa ibrahiim, wa 'alaa, aali ibraahiim, Allaahumma, baarik, 'alaa muhammad, wa 'alaa aali muhammad,   Kamaa, baarakta, 'ala ibraahiim, wa 'alaa, aali ibraahiiim,  Fil 'aalamiina Innaka, hamiidummajiid

artinya :
(Ya Allah, berikanlah kebahagiaan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, Sebagaimana telah Engkau berikan kebahagiaan kepada Ibrahim, dan kepada keluarga Ibrahim, Ya Allah, berikanlah berkah kepada Muhammad, dan kepada keluarga Muhammad, Sebagaimana Engkau telah memberikan berkah kepada Ibrahim, dan kepada keluarga Ibrahim, Sesungguhnya Engkau, Maha Terpuji lagi Maha Mulia)

Bacaan dan Doa Salam


                                               السَّلَامُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ
Assalaamu' alaikum warahmatullaah

arti :
"Keselematan dan Rahmat Allah semoga tetap pada kamu sekalian".



Semoaga artikel ini bermanfa'at bagi kita semua,, aamiin..
wassalamu'alaikum wr wb..
salam berbagi ilmu..

IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog