Selasa, 30 Desember 2014

Publikasi Informasi dan Berita Madrasah Dengan Blog & Website

Publikasi informasi berita madrasah pamong didik
Publikasi Informasi dan Berita Madrasah Dengan Blog & Website

Materi Presentasi - Pamong Didik. Untuk pertama kalinya menjadi seorang presenter dalam kegiatan Bimbingan Teknis (BimTek) 2014 - Sistem Informasi Madrasah (SIM) yang diadakan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kabupaten Tapin pada tanggal 29 Desember 2014 kemaren di Gedung Hammy, Rantau yang dihadiri oleh seluruh operator madrasah dari tingkat RA, MIN, MTs hingga MA sekabupaten tapin yang seluruhnya sekitar 40 orang peserta.

Wow..itu yang saya rasakan ketika berdiri menyampaikan materi dihadapan seluruh peserta yang berhadir. Akhirnya bisa juga berbagi ilmu dan pengalaman yang telah saya dapatkan pada penyampaian materi pembuatan blog sebagai media informasi bagi madrasah. 

Publikasi Informasi dan Berita Madrasah Dengan Blog & Website pamong didik
Madrasah harus punya website / blog resmi
Presentasi saya mengambil tema Publikasi Informasi dan Berita Madrasah melalui Website dan Blog, dimana saya memaparkan lebih lanjut tentang pentingnya madrasah untuk memiliki sebuah website ataupun blog resmi. Hal tersebut dikarenakan ketika kita sebagai bagian dari insan madrasah yang ingin mewujudkan Madrasah itu Lebih Baik dan Lebih Baik Madrasah maka diharuskan untuk membuat sebuah wadah publikasi resmi dari segala hal yang kita lakukan. Sebagai portal resmi yang bisa digunakan, website ataupun blog mampu menampung dan menyajikan segala informasi dari madrasah tersebut. Dimana saat ini sebuah akses yang sangat luas sudah berada dalam genggaman maka tidak menutup kemungkinan ketika khalayak ramai ingin mendapatkan informasi yang sangat terkini dan bermutu dari website atau pun blog tersebut. Bahkan juga penggunaan website ataupun blog ini nantinya mampu juga mewadahi pertukaran informasi dengan berbagai madrasah lainnya dan ini pun menjadi wujud profesionalitas dari pengelolaan manajemen informasi yang menjadi salah satu program kehumasan di madrasah.

Tidak berhenti sampai disitu, pada materi tersebut pun saya memaparkan hal-hal yang harus diperhatikan tentang pembuatan blog ataupun website resmi untuk madrasah diantaranya adalah :
Publikasi Informasi dan Berita Madrasah Dengan Blog & Website pamong didik
5 poin penting dalam publikasi informasi madrasah dengan blog / website

Pemilihan platform yang populer dan user friendly.

Dalam pembuatan blog atau pun website misalnya, kita bisa menggunakan sebuah platform yang paling mudah seperti blogspot atau biasa dikenal juga dengan blogger. Bahkan untuk kalangan profesional pun penggunaan wordpress sebagai platform penyajian konten untuk madrasah bisa menjadi salah satu pilihannya. Maka pilihlah penyedia yang memang benar-benar sangat mudah untuk digunakan, karena ketika baru mau mulai saja sudah mau yang ribet gimana mau nerusin selanjutnya.

Layout sebagai penentu kendali navigasi.

Sudah terlalu mainstream ketika blog atau pun website madrasah dengan tampilan layout standar 3 bagian, dimana sebelah kiri dan kanan adalah bagian sidebar dan bagian tengahnya dari postingan recent post. Maka kalau waktu itu saya ikut-ikutan mendesain seperti itu mungkin saya tidak akan mendapatkan peringkat pertama di juara website sekolah yang diadakan oleh BTIKP Dinas Pendidikan Prov. Kalsel pada gelaran TIK 2014 kemaren.
Pemilihan layout yang bisa diganti dengan tampilan post by label/kategori dan juga pemanfaatan responsive web design sepertinya harus menjadi pilihan saat ini untuk membuat website ataupun blog resmi untuk madrasah.

Hosting sebagai gudang data informasi madrasah

Setelah kita menentukan tujuan dari pembuatan website atau pun blog resmi tersebut, mau dibuat seperti apa nantinya. Hendaklah juga memikirkan dimana nanti data-data tersebut akan disimpan. Menggunakan website / blog yang gratisan mungkin akan memudahkan namun jangan sampai nanti semua postingan atau bahkan data-data penting yang telah kita upload akan hilang dengan percuma. maka dari itu sebaiknya dipikirkan juga untuk pemilihan hosting yang mumpuni.

Hosting berkualitas unlimited gigmanity pamong didik
Hosting berkualitas dari gigmanity
Namun jangan takut akan biaya yang mahal, saya yang setahun terakhir ini menggunakan hosting dari gigmanity.com merasakan berbagai kemudahan dari pelayanan yang ditawarkannya. Diantaranya adalah support yang sangat respon akan setiap masalah yang kita hadapi hingga penawaran harga yang sangat murah dibandingkan jasa hosting lainnya. Dan tentu saja, untuk uptime yang 100% ini sangat menjanjikan ketika kita benar-benar memiliki website / blog yang dihosting disana. Silahkan gunakan kode penawaran dari saya dan dapatkan harga spesial dari gigmanity untuk anda.

Konten yang bermutu dan up to date.

Ada berbagai kategori postingan yang bisa disampaikan pada website atau pun blog resmi untuk madrasah. Seperti Profile madrasah yang meliputi profil sekolah tersebut, visi misi dan tujuannya, serta berbagai informasi lainnya yang berkaitan tentang madrasah bisa disajikan, hal ini akan sangat memudahkan para pengunjung ataupun semua orang yang ingin menyekolahkan anaknya di madrasah tersebut. Penyajian informasi seperti berita madrasah, tulisan guru hingga media pembelajaran yang dibuat oleh para pengajar di madrasah tersebut pun bisa menjadi nilai tambah dari hadirnya portal yang telah dibuat ini.

dan yang terakhir adalah

Pemilihan domain yang mudah diingat.

Walau konteksnya sebagai bagian dari madrasah, pemilihan domain untuk madrasah ini bisa menyesuaikan dengan nama madrasah tersebut. Jangan lah menggunakan domain yang terlalu panjang atau bahkan yang sangat tidak familiar untuk kalangan madrasah tersebut. Seperti halnya saya yang memilih menggunakan domain www.mtsn1clu.sch.id untuk website madrasah saya yang sebenarnya memiliki nama MTsN 1 Candi Laras Utara. Bayangkan ketika harus menuliskannya sepanjang nama tersebut, akan sangat menyulitkan pastinya.

subdomain madrasah id pamong didik
kesempatan emas untuk mendapatkan subdomain madrasah.id
Dan merupakan kabar gembira untuk kita semua, ada teman kita yang ingin berbagi sub domain madrasah.id sebagai bagian perwujudan madrasah lebih baik maka kita bisa mengajukan nama madrasah kita yang telah memiliki platform blogspot untuk memiliki sub domain seperti "namamadrasah.madrasah.id" sehingga mampu menunjukkan website / blog tersebut nantinya benar-benar bagian dari madrasah. Silahkan hubungi saya juga untuk melakukan pengajuan dari subdomain tersebut.


Lalu setelah sepenggal materi presentasi yang telah saya paparkan tersebut, bersiaplah seluruh para peserta untuk memulai blog nya dalam rangka penyajian publikasi informasi dan berita madrasah guna tercapainya tujuan sistem informasi madrasah yang lebih baik.

Untuk yang ingin melihat ataupun mendownload materi presentasi saya silahkan klik pada file yang telah saya upload pada slideshare dibawah ini.


Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh panitia yang telah mempercayakan penyampaian materi pada bimtek tersebut. Mohon maaf ketika ada salah ataupun masih belum sempurnanya materi yang saya sampaikan, untuk selanjutnya bisa berhubungan dengan saya via facebook, telpon ataupun bbm ya.

Terima Kasih.


GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog