Minggu, 11 Januari 2015

Lima Semangat NgeBlog Para Pendidik

 
Semangat Nge-Blog Pendidik
5 Semangat Nge-Blog Para Pendidik
Guru NgeBlog - Pamong Didik. Dunia blogging bukanlah sesuatu yang baru bagi saya, dimulai dari blogspot, multiply, wordpress hingga blogdetik pun pernah saya gunakan untuk mencari platform yang sangat berguna untuk menampung aspirasi saya untuk blogging. Terlebih untuk blog detik ini sendiri saya sepertinya pernah menggunakannya namun tidak tau karena apa domain yang dulu saya pernah gunakan saat ini sudah raib entah kemana dan harus mendaftarkan kembali, hehehe.. yah, setidaknya dengan gerakan #semangatngeblog ini kembali memancing gairah saya dalam dunia blogging, terima kasih blogdetik.

Ngeblog untuk para praktisi pendidikan seperti saya yang saat ini berprofesi sebagai pengajar sangat banyak manfaat yang bisa dirasakan. Melalui postingan ini jualah akan saya beberkan beberapa manfaat yang bisa dibagikan oleh para pendidik ketika berkecimbung di dunia blogging diantara adalah :

1. Berbagi Media Pembelajaran Melalui Blog


Memiliki sebuah blog bagi para pendidik merupakan sebuah inovasi tersendiri dalam dunia pendidikan, terlebih ketika para guru mampu memanfaatkannya untuk saling berbagi media pembelajaran yang mampu menunjang proses kegiatan belajar mengajar. Ada berbagai media pembelajaran yang bisa dibagikan dalam pemanfaatan blog ini, diantaranya adalah Media Presentasi Pembelajaran berbasis ICT yang sering dibuat oleh para guru, video pembelajaran hingga penampilan dari galeri mengajar.
Saya pun memiliki blog lainnya dengan nama sama yaitu Pamong Didik yang pada blog tersebut saya selalu membagikan media pembelajaran yang telah saya buat sehingga bisa dimanfaatkan oleh para pendidik lainnya.

2. Guru Kreatif Mampu Inspirasi Siswa


Tidak hanya bertujuan untuk bebagi kisah antara sesama pendidik, menjadi inspirasi utama bagi para anak didik pun bisa dilakukan ketika guru ngeblog. Sang guru bisa memberikan cerita yang inspiratif bahkan berbagi cerita pengalamannya yang dipostingkan di blog dengan begitu ketika siswa membacanya bisa terinspirasi dari gurunya yang kreatif dan inspiratif.

3. Wadah Bertukar Informasi


Dalam dunia blogging, proses penyampaian informasi menjadi lebih pesat saat ini. Terlebih ketika itu menyangkut pula dunia blogging antara sesama para pendidik. Para guru bisa membangun komunitas yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran hingga berbagi cerita serta pengalaman mengajarnya disekolah.

4. Blog Sebagai Media Kreatifitas Guru


Seperti halnya poin pertama yang menyebutkan bahwa blog sebagai tempat untuk berbagi media pembelajaran, maka pada poin ke empat ini adalah salah satu pemanfaatan blog untuk pengembangan kreatifitas para pendidik. Sebagai contohnya untuk pengembangan bahan ajar berbasis ICT tersebut yang ketika pemberlakuan kurikulum 2013, maka para pendidik seperti berlomba-lomba untuk melek teknologi. Belajar cara mengoperasikan peralatan komputer, membuat media presentasi pembelajaran hingga penguasaan elearning tool. Dan melalui blogging pulalah guru tersebut mampu merangkumnya untuk menunjukkan kreatifitas dari olah bakat yang dimilikinya.

5. Blog Sebagai Portofolio Guru


Dan yang terakhir adalah pemanfaatan blog ini sebagai wujud dari portofolio guru itu sendiri. Saat kita ingin menunjukkan seberapa profesionalnya diri kita maka kita harus menunjukkan berbagai karya yang telah kita buat. Seberapa jauh sudah kita menguasai apa yang menjadi minat kita, dan melalui salah satu blog saya di Pamong Didik ini saya memiliki keinginan untuk menjadi sebuah inspirasi untuk para pendidik masa kini.
Terima kasih telah berkunjung dan membaca blog saya ini, niscaya semangat ngeblog untuk para pendidik saat ini merupakan sebuat semangat untuk terus memajukan pendidikan supaya lebih baik lagi.


Terima kasih,
Andy Hermawan Pamong Didik
IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog