Kamis, 29 Januari 2015

(Masih) Deg-Deg-Ser

Pernah membayangkan kalau cerita di film-film terjadi pula di dalam kehidupan Anda? Sedikitpun tidak, bagi saya. Tapi ternyata dugaan saya salah.

Apakah Anda pernah menonton sebuah film dengan judul Hari untuk Amanda? Film yang mengisahkan seorang gadis bernama Amanda. Ia hampir saja tergoda dengan mantan pacarnya saat hari pernikahannya bersama laki-laki pilihannya tinggal menghitung hari.

Sumber di SINI

Pun saya seperti Amanda. Tanpa sengaja saya bertemu cinta pertama saya. Cinta yang sejak lama saya tunggu semenjak perpisahan itu. Perpisahan yang tidak kami inginkan. Dia harus pindah ke Solo karena melanjutkan sekolah (SMP) di sana. Aih, kalau ingat janjinya akan selalu mengirim kabar kepada saya, jadi ngilu.

Sumber di SINI
Pertemuan itu terjadi saat saya membeli air minum isi ulang tak jauh dari rumah. Saat saya sedang menunggu antrian, saya duduk menghadap ke arah jalan raya. Di depan sana, di sebuah konter ada seorang laki-laki yang sepertinya saya kenal.

Agak ragu, kami saling menunjuk. Saya menyebut namanya, begitu juga dengannya. Seperti di film-film.

Tahukah apa yang saya rasakan? Deg-deg-ser, jedag-jedug!! Rasa itu serta merta dan tanpa aba-aba memenuhi dada saya. Seiring dengan langkahnya menghampiri saya. Semakin dekat, jedag-jedugnya semakin menjadi-jadi.

Benarkah laki-laki yang ada di depan saya ini adalah dia, orang yang pernah meninggalkan saya dengan janjinya yang terbawa hingga SMA?

“Apa kabar?” tanyanya.

Dia sudah berubah. Dia tidak lagi seperti dulu. Laki-laki pemalu yang hanya mau berbicara dengan saya seorang.

“Baik sekali.” jawab saya mantab. Meskipun terdengar agak bergetar dan jelas, saya gugup. Dia? Sepertinya biasa saja. Atau?

Kami berbicara ngalor-ngidul. Membicarakan kabar teman SD, soal kuliah, dan apa-apa yang bisa dibahas. Di depannya saya tak bisa berkutik. Bahkan terlihat sangat blo-on. Otak jadi buntu mau bahas apa. Deg-deg-ser. 

“Kemana saja selama ini?” bibir saya tak bersahabat. Mengucapkan kalimat yang tentu akan membuatnya GR. Tapi saya pikir kapan lagi.

Dia hanya diam. Tersenyum. Ah, inilah khas dia.

“Ya, sekolah, kuliah, dan sekarang mau cari kerja.” jawabannya membuat dada saya sesak. Saya yakin sebenarnya dia tahu apa yang saya maksud.

“Lama tak tunggu-tunggu kamu nggak pernah datang ke rumah. (Diam sejenak-saya menelan ludah). Desember akhir, aku menikah.” Saya beranikan diri menatapnya langsung. Ingin tahu ekspresinya.

Dia tampak terkejut. Bahkan meyakinkan apakah saya serius.

“Usahain datang yaa. Biar kamu bisa tahu kalau rumahku nggak pindah ke mana-mana.”

***

Seminggu sebelum pernikahan, saya kirimkan undangan khusus untuknya. Saya mengantarnya langsung. Sayang, saya hanya bertemu dengan ibunya.

Pas hari H pernikahan saya, dia menjadi salah satu tamu yang saya nanti-nantikan kehadirannya. Sayang, kalimat “Terima kasih atas pelajaran menunggu darimu. Karenamu aku menemukan kebahagiaan yang sebenarnya, yaitu dipertemukan dengan suamiku.” ini harus saya simpan rapat-rapat. Entah sampai kapan.

Semoga dia bahagia. Selalu. Aamiin.

Artikel ini diikut sertakan  dalam "My First Love Giveaway" Aprint Story

Rabu, 28 Januari 2015

Begitulah Hidup

Begitulah Hidup
Oleh Yetty D Novia 
13-09-2011 (20:08)

Hidup akan terus berjalan,
Roda akan selalu berputar,
Kesempatan senantiasa datang dan pergi,
Begitulah hidup,,,
Kita tidak boleh hanya pasif menerima keadaan..
Kadang apapun yang kita inginkan dapat segera terwujud..
Namun disuatu sa’at yang kita inginkan tidak terwujud
Yahh,,, begitulah hidup..
Satu muncul satu pergi..
Senantiasa silih berganti..
Ada marah, sedih, bahagia..
Begitulah hidup..
Namun bagaimanapun kehidupan kita..
Tetaplah kita harus bersyukur kepada sang maha pemberi kehidupan..

Allah SWT ...

Senin, 26 Januari 2015

ISTIMEWA SCHOLARSHIP untuk Mahasiswa Aktif Organisasi

Halo mahasiswa yang ada di seluruh perguruan tinggi di Yogyakarta! Ada kabar baik bagi kalian yang memiliki IPK pas-pasan tapi aktif beroganisasi dan memiliki prestasi yang cemerlang. Mau dapat beasiswa? Ada ISTIMEWA SCHOLARSHIP nih. ISTIMEWA SCHOLARSHIP ini adalah program beasiswa dari Ceraproduction.com. Apa syarat dan ketentuannya? Simak yuk!
 

Persyaratan Umum :
  1. Mahasiswa / mahasiswi aktif
  2. Semua jurusan / program studi
  3. IPK Minimal 2,50
  4. Aktif di Organisasi Kampus / Komunitas
  5. Universitas wilayah Yogyakarta
Administrasi :
  1. Mengisi Form Pendaftaran (  http://bit.ly/beasiswacera )
  2. Satu lembar foto ukuran 4 x 6 cm berwarna terbaru
  3. Fotocopy Kartu Mahasiswa
  4. Fotocopy Transkrip Nilai Terakhir
  5. Fotocopy sertifikat kegiatan organisasi/surat keterangan aktif berorganisasi
Teknis :
  1. Pendaftar mendownload form pendaftaran melalui website
  2. Mengisi form pendaftaran dan melengkapi persyaratan untuk dikrimkan melalui email istimewa.cera@gmail.com
  3. 12 besar akan mengikuti tes interview
  4. Penerima Beasiswa mendapatkan beasiswa untuk 1 semester (6 bulan)
  5. Nominal Beasiswa adalah Rp 1.500.000,-
Informasi  :
  1. Pendaftaran : 11 Januari 2015 – 11 Maret 2015
  2. Seleksi Administrasi : 16 – 20 Maret 2015
  3. Pengumuman Lolos  Administrasi : 23 Maret 2015 kandidat
  4. Tes Interview : 25 – 26 Maret 2015
  5. Pengumuman : 11 April 2015 ( melalui website ceraproduction.com )
Info lebih lanjut bisa lihat di web ceraproduction.com.

Minggu, 25 Januari 2015

Beginilah Raja 'Abdullah Rahimahullah Dikubur

Raja Saudi Arabia, 'Abdullah bin 'Abdul Aziz Rahimahullah meninggal dunia pada Jumat dini hari waktu setempat setelah sekian lama kesehatannya menurun. Raja 'Abdullah wafat pada usia 90 tahun.

Tak ada senjata tertembak ke langit, tak ada terompet dan nyanyian. Anda tak akan melihat ratapan dan suara gendang, tak pula rakyat yang ngalap berkah, tak pula seabrek bid'ah.

Tentu saja, dengan kekayaannya, sang raja sangat mampu membangun istana megah di kuburnya itu sebagai lambang keperkasaan, seperti kubur-kubur mewah di nusantara kita.

Tetapi tidak, biarlah sang raja seperti rakyatnya di tempat dan tanah yang sama dan tak ada nama dan tulisan bahwa kuburnya adalah kuburan seorang raja. Semua kuburan berbentuk dan berukuran sama. Tak ada pemakaman khusus. Semuanya sama disejajarkan dengan para rakyat jelatanya.

Sungguh, semuanya sunyi dari keharaman dan begitu sederhana untuk kuburan seorang pemimpin.






=Dari Status FB Ustadz Abu Ashraf Mardhatillah=

Sabtu, 24 Januari 2015

Tiga Perubahan Ujian Nasional 2015

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengubah sistem ujian nasional yang selama ini berjalan. Ada tiga perubahan yang direncanakan Anies.

Pertama, ujian nasional tidak akan menjadi penentu kelulusan seorang siswa. "Kelulusan akan sepenuhnya ditentukan oleh sekolah," kata Anies di Gedung Ki Hajar Dewantara Kemendikbud, Jumat, 23 Januari 2015.

Menurut Anies, sekolah akan menentukan kelulusan dengan mempertimbangkan tidak hanya beberapa mata pelajaran tapi juga seluruh aspek, termasuk perilaku siswa. Ujian nasional, Anies melanjutkan, hanya akan menjadi satu dari beberapa indikator kelulusan. 

Kedua, Anies memutuskan siswa dapat menempuh ujian nasional beberapa kali. Jika hasil ujian pertama belum mencapai standar, siswa akan diberi kesempatan mengikuti ujian ulang. "Siswa bisa belajar kembali untuk memperbaiki pencapaiannya di ujian berikutnya," ujar Anies.

Ujian nasional ulang ini baru bisa dilakukan mulai tahun ajaran 2016. Bagi siswa yang tidak lulus ujian nasional tahun ini, ujian ulang akan dilakukan pada awal 2016.

Ketiga, setiap siswa wajib mengambil ujian nasional minimal satu kali. Mulai tahun depan, pelaksanaan ujian nasional akan dipercepat pada awal semester sehingga siswa punya waktu untuk opsi perbaikan. 

Perubahan ini, kata Anies, dilakukan untuk mengubah ujian nasional dari tolok ukur kelulusan nenjadi tolok ukur pemerataan pendidikan. Anies juga akan meningkatkan kualitas soal dengan menambah soal-soal yang kontekstual dan disertai dengan survei. "Survei atau kuesioner perlu untuk mengidentifikasi faktor pengaruh saat mengerjakan soal dengan capaian siswa," ujar dia.

Sumber : Tempo.co

Kacamata

Pertama kalinya menggunakan kacamata adalah saat semester 3, kurang lebih 3 tahun yang lalu. Penyebabnya adalah hobi bangeet berlama-lama di depan layar komputer milik warnet depan kos. Sebenarnya bukan hobi sih, tapi kebutuhan dan tuntutan tugas kuliah. Kan dulu belum punya netbook sendiri. Jadi, kalau nongkrong bisa sampai tengah malam. Bersyukurlah bagi Anda yang saat ini tak perlu bersusah-susah cari warnet untuk numpang ngerjain tugas kuliah maupun sekolah.

Etapi, pernah nggak sih punya anggapan kalau ada orang berkacamata itu kesannya smart?? Saya dulu sebelum divonis minus kanan kiri 0,5 punya anggapan seperti itu lho, setelahnya? Ah, nggak enak berkacamata! Apalagi kalau pas di jalan naik motor terus kehujanan, beuh, buram semua. Pengen nangis *lebay.

Kacamat saya
Ngomong-ngomong soal kacamata nih ya, saya adalah tipe orang yang tidak pernah gonta-ganti kacamata. Semenjak baru sampai sekarang. Saya hanya berpikir, ah, ini kacamata bukan untuk gaya-gayaan, gunanya sebagai alat bantu saya untuk melihat, yang penting masih bisa digunakan. Cukup.

Sebenarnya, semenjak baru, kacamata ini sudah dua kali rewel. Pertama, bantalan kecil yang nempel di hidung itu pernah hilang satu. Ada tetangga yang baik hati terus dibetulin, bisa dipakai lagi deh. Kedua, kejadiannya saat perjalanan pulang kan hujan deras, daripada makin tersiksa karena kacamata kena air, saya taruh kacamata di bagasi motor, eh pas saya buka, tangkainya copot. Panik deh saya. Setelah saya teliti di sekitar letak kacamata tadi ternyata ada mur yang jatuh. Ternyata tangkai kacamata saya hanya lepas murnya. Jadi, bisa digunakan lagi deh setelah diperbaiki.

Keinginan untuk membei kacamata baru memang ada. Tapi, nanti sajalah. Begitu pikir saya, selalu. Uangnya kan bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Eh, saya pernah lho punya pengalaman menjengkelkan yang berhubungan dengan kacamata. Tepatnya, bulan yang lalu saat ada sales kacamata datang di sekolah tempat saya mengajar.

“Bu, itu kacamatanya sudah jelek banget kok, Bu. Tidak mau lihat dulu jualan saya? Bagus-bagus lho.”

Ih, mendengar ucapan sales kacamata itu rasanya jengkel banget deh. Iya, saya tahu kalau kacamata saya sudah jelek, tapi nggak gitu juga kali kalau mau nawarin dagangan.

“Terima kasih, Mas. Lain kali saja.” jawab saya langsung kabur. Daripada saya cakar-cakar salesnya. Hihihi.

Gara-gara sales kacamata itu, di list mimpi saya pada tahun 2015 ini saya masukkan deh kalimat, “Dapat hadiah atau beli kacamata.” Semoga Allah mengabulkan. Aamiin.

Suami yang lihat kalimat tersebut senyum-senyum. Ah, entahlah senyum-senyum karena apa? Saya tipe orang yang paling anti minta-minta sama suami. Tapi ngarep banget dibelikan kacamata baru sama suami. Atau ada yang mau memberikan kado untuk ulang tahun saya di bulan April nanti berupa kacamata. Uh, senangnya kalau tiba-tiba ada tukang jasa pengiriman, Pak JNE, datang ke rumah dengan membawa bingkisan berisi kacamata.


Jumat, 23 Januari 2015

Strip Dua

Banyak teman yang kaget saat saya menyebar undangan pernikahan. Maklum, usia 22 tahun bagi mereka masih terlalu dini untuk menikah. Beda dengan anggapan kalangan tetangga sekitar rumah. Usia segitu harusnya sudah menggendong anak.

Saya tak mau memperdulikan apa kata orang. Akhirnya pesta pernikahan saya pun digelar dengan keyakinan dalam diri inilah saatnya saya menikah. Tentunya dengan laki-laki pilihan saya dan atas persetujuan keluarga.

Saya dan teman-teman
Sebagai pengantin baru, banyak hal yang saya sharing-kan ke suami. Salah satunya adalah harapan besar saya, dan tentunya keluarga dari pihak saya. Saya adalah anak tunggal, sedangkan suami memiliki banyak saudara. Kehadiran bayi mungil bagi keluarga saya sangatlah di-idamkan. Suami pun dengan senang hati meng-iya-kan harapan saya. Alhamdulillah.

“Jangan ditunda-tunda ya.”

Seperti itulah pesan ibu kepada saya, sebelum hari H pernikahan. Saya tahu betul bagaimana perasaan ibu. Ketakutan ibu. Saat usia pernikahannya sudah lama, Allah belum mengijinkan untuk memiliki saya, anaknya. Periksa ke dokter satu ke dokter lain, menghampiri rumah sakit A ke rumah sakit B, tapi belum ada hasilnya. Apa yang ibu dapatkan? Bukan dukungan. Melainkan dicemooh orang baik langsung maupun tidak langsung dengan tuduhan mandul. Ya, ibu dituduh sebagai perempuan mandul. Meskipun hasil pemeriksaan mengatakan ibu dan bapak saya sehat, keduanya tidak mandul.

“Ibu tidak mau kamu merasakan apa yang ibu rasakan dulu.” kata ibu.

Setiap kali selesai sholat berjamaah, suami selalu memimpin doa agar kami segera diberikan keturunan. Saya sangat bersyukur karena suami mendukung harapan saya ini. Bukan hanya saya dan suami yang akan bahagia, lebih bahagia lagi adalah bapak dan ibu yang akan dipanggil kakek dan nenek.

Saya pun berjanji tak akan meminta yang aneh-aneh di ulang tahun saya tahun ini. Cukup tanda strip dua, saya hamil. Saya hamil. Itu sudah menjadi kado terindah di hari ulang tahun saya yang tidak akan ada tandingannya. Strip dua yang akan membahagiakan banyak orang. Sebagai bukti pula bahwa saya bisa hamil dan ibu tak perlu takut saya akan bernasib seperti beliau. Aamiin. Aamiin.

Sumber gambar di SINI

Rabu, 21 Januari 2015

PENILAIAN SKP PNS SEBAGAI PENGGANTI DP3

Menurut PP Nomor 46 tahun 2011 Sasaran Kerja Pegawai yang selanjutnya disingkat SKP adalah rencana kerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS. Oleh karena itu setiap PNS wajib menyusun SKP berdasarkan rencana kerja tahunan instansi. PNS yang tidak menyusun SKP seperti dijelaskan pada pasal 6 PP ini akan dijatuhi hukuman disiplin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin PNS. 
SKP yang telah disetujui dan ditetapkan akan menjadi dasar penilaian bagi pejabat penilai.Penilaian capaian Sasaran Kerja Pegawai Negeri Sipil diukur dengan membandingkan antara realisasi dengan target dari aspek kuantitas, kualitas, waktu dan dapat disertai biaya. 

A. ASPEK KUANTITAS

Penilaian capaian SKP diukur dari ASPEK KUANTITAS dilakukan dengan membandingkan antara Realisasi Output (RO) dengan Target Output (TO) dikalikan 100. Hasil dari penghitungan ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi realisasi output dari target output yang direncanakan, menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin baik atau sebaliknya semakin rendah realisasi output dari target output yang direncanakan, menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin buruk.
Penghitungan capaian SKP berdasarkan aspek kuantitas, dg rumus :
Capaian Aspek Kuantitas = (RO/TO) x 100

B. ASPEK KUALITAS

Penilaian capaian SKP diukur dari aspek kualitas dilakukan dengan membandingkan antara Realisasi Kualitas (RK) dengan Target Kualitas (TK) dikalikan 100. Hasil dari penghitungan ini dapat diartikan bahwa semakin tinggi realisasi kualitas dari target kualitas yang direncanakan, menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin baik, atau sebaliknya semakin rendah realisasi kualitas dari target kualitas yang direncanakan menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin buruk.
Penghitungan capaian SKP berdasarkan aspek kualitas, dg rumus :
Capaian Aspek Kualitas = (RK/TK) x 100
Untuk mengukur apakah output berkualitas atau tidak dengan menggunakan pedoman sbb :
1 Kriteria Nilai : 91-100Keterangan :Hasil kerja sempurna tidak ada kesalahan, tidak ada revisi dan pelayanan di atas standar yang ditentukan dan lain-lain
2 Kriteria Nilai : 76 – 90Keterangan : Hasil kerja mempunyai 1 (satu) atau 2 (dua) kesalahan kecil, tidak ada kesalahan besar, revisi dan pelayanan sesuai standar yang telah ditentukan dan lain-lain.
3 Kriteria Nilai : 61 – 75Keterangan : Hasil kerja mempunyai 3 (tiga) atau 4 (empat) kesalahan kecil, dan tidak ada kesalahan besar, revisi dan pelayanan cukup memenuhi standar yang ditentukan dan lain-lain.
4 Kriteria Nilai : 51-60Keterangan : Hasil kerja mempunyai 5 (lima) kesalahan kecil dan ada kesalahan besar, revisi dan pelayanan tidak cukup memenuhi standar yang ditentukan dan lain-lain.
5 Kriteria Nilai : 50 ke bawahKeterangan : Hasil kerja mempunyai lebih dari 5 (lima) kesalahan kecil dan ada kesalahan besar, kurang memuaskan, revisi, pelayanan di bawah standar yang ditentukan dan lain-lain.

C. PENILAIAN SKP ASPEK WAKTU

Penilaian capaian SKP diukur dari ASPEK WAKTU dihitung dari nilai tertimbang (NT=1,76) dikalikan dengan Target Waktu (TW) dikurangi Realisasi Waktu (RW) dibagi Target Waktu (TW) dikalikan 100.
Hasil dari penghitungan ini dapat diartikan bahwa semakin lama realisasi waktu yang dipergunakan dari target waktu yang direncanakan, menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin buruk atau sebaliknya semakin cepat realisasi waktu dari target waktu yang direncanakan (maksimal efisiensi waktu sampai dengan 24%), menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin baik atau sangat baik .
Penghitungannya aspek waktu :
1 Dalam penilaian aspek waktu, untuk mengetahui PERSENTASE EFISIENSI WAKTU dari target waktu yang ditentukan penghitungannya menggunakan rumus :

PERSENTASE EFISIENSI WAKTU = 100% - (RW/TW) x 100%
2 Dalam hal kegiatan tidak dilakukan maka realisasi waktu 0 (nol) penghitungannya menggunakan rumus

[{1,76 x (TW - RW)} / TW ] x 0 x 100
3 Dalam hal tingkat efisiensi waktu ≤ 24% (kurang dari atau sama dengan dua puluh empat persen) dari target yang ditentukan maka untuk menghitung nilai capaian SKP dengan menggunakan rumus :

[{1,76 x (TW - RW)} / TW ] x 100
4 Dalam hal tingkat efisiensi waktu > 24% (lebih dari dua puluh empat persen) dari target yang ditentukan maka untuk menghitung nilai capaian SKP dengan menggunakan rumus :

76 - [{(1,76 x TW) - RW}/TW] x 100 - 100

D. PENILAIAN SKP ASPEK BIAYA

Penilaian capaian SKP diukur dari aspek biaya dihitung dari nilai tertimbang (NT=1,76) dikalikan dengan Target Biaya (TB) dikurangi Realisasi Biaya (RB) dibagi Target Biaya (TB) dikalikan 100.
Hasil dari penghitungan ini dapat diartikan bahwa semakin besar realisasi biaya yang dipergunakan dari target Biaya yang direncanakan, menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin buruk atau sebaliknya semakin kecil realisasi biaya dari target biaya yang direncanakan (maksimal efisiensi biaya sampai dengan 24%), menunjukkan tingkat prestasi kerja yang semakin baik atau sangat baik .
Penghitungannya Aspek Biaya :
1 Dalam penilaian aspek biaya, untuk mengetahui persentase efisiensi biaya dari target biaya yang ditentukan penghitungannya menggunakan rumus :

Persentase Efisiensi Biaya = 100% - (RB/TB) x 100%
2 Dalam hal kegiatan tidak dilakukan maka realisasi biaya 0 (nol) penghitungannya menggunakan rumus :

Nilai capaian SKP aspek biaya kegiatan yang tidak dilakukan =
[{1,76 x (TB - RB)}/TB] x 0 x 100
3 Dalam hal tingkat efisiensi biaya ≤ 24% (kurang dari atau sama dengan dua puluh empat persen) dari target yang ditentukan maka untuk menghitung nilai capaian SKP dengan menggunakan rumus :

Nilai Capain SKP Aspek Biaya (tingkat efisiensi ≤ 24%) =
[{1,76 x (TB - RB)}/TB] x 100
4 Dalam hal tingkat efisiensi biaya > 24% (lebih dari dua puluh empat persen) dari target yang ditentukan maka untuk menghitung nilai capaian SKP dengan menggunakan rumus :

Nilai Capaian SKP Aspek Biaya Tingkat efisiensi biaya > 24% =
76 - [{(1,76 x (TB - RB)}/TB] x 100 - 100

Selasa, 20 Januari 2015







Senin, 19 Januari 2015

DOWNLOAD SOAL UN 2014



Sumber: https://matematohir.wordpress.com/2014/11/10/kumpulan-soal-un-smp-tahun-2014/

Mengejutkan : Sutradara Perancis Masuk Islam Setelah Serangan Charlie Hebdo

Prancis Gempar. Sutradara terkenal Isabelle Matic menyatakan masuk Islam justru setelah terjadinya serangan maut atas kantor majalah Charlie Hebdo. Secara terbuka ia bahkan menyebutkan bahwa diantara peristiwa yang mengikuti kasus penembakan itu adalah keislaman dirinya.
Hari ini, saya telah melalui pilar Islam yang pertama yakni membaca dua kalimat syahadat. Tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah,” ujar Isabelle dalam akun Facebooknya seperti dikutip OnIslam, Kamis (15/1) lalu.

“Diantara pembantaian di kantor Charlie Hebdo dan peristiwa yang mengikutinya, saya menjadi seorang muslim,” tambahnya.
Isabelle menyebut pengumumannya di Facebook sebagai mualaf adalah bentuk kebebasan berbicara. Sedangkan ulah majalah Charlie Hebdo menerbitkan karikatur Nabi Muhammad adalah tindakan yang melewati batas. Kendati demikian, Isabelle menghimbau saudara-saudara muslim agar tidak terprovokasi dengan ulah majalah satir itu.
“Bila kita terpancing provokasi mereka, itu hanya akan membuat mereka terkenal. Kita harus mengamalkan ajaran Nabi Muhammad yang bersikap ramah walaupun dijelekkan oleh kafir Quraiys,” ujar Isabelle sembari menambahkan bagaimana kafir Quraisy menghina Muhammad dengan menyebut beliau Mudamam. Namun, Rasulullah hanya tersenyum. “Mereka menghina Mudamam, bukan aku,” kata beliau saat itu.
“Apa yang digambar Charlie Hebdo dengan sifatnya yang demikian bukanlah Muhammad Nabi kita,” lanjut Isabelle.
[Ibnu K/bersamadakwah]

Minggu, 18 Januari 2015

Download Pedoman Sertifikasi 2015 (PPGJ)

image

Salah satu syarat menjadi guru profesional yang diamanatkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen adalah guru harus memiliki sertifikat pendidik. Implementasi dari amanat tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2007 sampai dengan tahun 2014 melalui beberapa pola sertifikasi bagi guru dalam jabatan. Tahun 2009 dilaksanakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi lulusan program S-1 Kependidikan dan Non Kependidikan, dan tahun 2011 dilaksanakan Pendidikan Profesi bagi Guru Dalam Jabatan. Mulai tahun 2015, perolehan sertifikat pendidik bagi guru dalam jabatan yang memenuhi persyaratan dilakukan melalui Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPGJ).

Sertifikasi guru melalui PPGJ tersebut menggunakan pola Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dengan beberapa penyesuaian. Penyesuaian yang dilakukan tetap mengacu pada standar yang telah ditetapkan berdasarkan peraturan yang melandasi pelaksanaan PPG.

Salah satu bagian penting dalam pelaksanaan sertifikasi guru melalui PPGJadalah proses rekrutmen dan penetapan calon peserta. Untuk itu diperlukan sebuah pedoman yang dapat menjadi acuan bagi semua unsur tersebut. Untuk lebih memahami proses rekrutmen dan penetapan calon peserta PPGJ berikut link download buku pedoman PPGJ dan paparannya :

  1. Paparan Sertifikasi Guru 2015 Melalui PPGJ [ klik di sini ]
  2. Buku Pedoman Sertifikasi Guru 2015 Melalui PPGJ [ klik di sini ]

Sabtu, 17 Januari 2015

Sebuah Renungan : Negeri Tanpa Ayah

1|Jika memiliki anak sudah mengaku jadi AYAH, maka sama anehnya dengan orang yang punya bola mengaku jadi pemain bola

2| AYAH itu gelar untuk lelaki yang mau dan pandai mengasuh anak bukan sekedar 'membuat' anak

3| Jika AYAH mau terlibat mengasuh anak bersama ibu, maka separuh permasalahan negeri ini teratasi

4| AYAH yang tugasnya cuma ngasih uang, menyamakan dirinya dengan mesin ATM. Didatangi saat anak butuh saja

5| Akibat hilangnya fungsi tarbiyah dari AYAH, maka banyak AYAH yang tidak tahu kapan anak lelakinya telah baligh

6| Sementara anak dituntut sholat shubuh ayahnya masih lelap

7| Jika ada anak durhaka, tentu ada juga AYAH durhaka. Ini istilah dari umar bin khattab
AYAH durhaka bukan yang bisa dikutuk jadi batu oleh anaknya. Tetapi AYAH yang menuntut anaknya shalih dan shalihah namun tak memberikan hak anak di masa kecilnya

9| AYAH ingin didoakan masuk surga oleh anaknya, tapi tak pernah berdoa untuk anaknya

10| AYAH ingin dimuliakan oleh anaknya tapi tak mau memuliakan anaknya

11| Negeri ini hampir kehilangan AYAH. Semua pengajar anak di usia dini diisi oleh kaum ibu. Pantaslah negeri kita dicap fatherless country (Negeri Tanpa Ayah)

12| Padahal keberanian, kemandirian dan ketegasan harus diajarkan di usia dini. Dimana AYAH sang pengajar utama ?

13| Dunia AYAH saat ini hanyalah Kotak. Yakni koran, televisi dan komputer. AYAH malu untuk mengasuh anak apalagi jika masih bayi

14| Banyak anak yang sudah merasa yatim sebelum waktunya sebab AYAH dirasakan tak hadir dalam kehidupannya

15| Semangat quran mengenai pengasuhan justru mengedepankan AYAH sebagai tokoh. Kita kenal Lukman, Ibrahim, Ya'qub, Imron. Mereka adalah contoh AYAH yang peduli

16| Ibnul Qoyyim dalam kitab tuhfatul maudud berkata: Jika terjadi kerusakan pada anak penyebab utamanya adalah AYAH

17| Ingatlah! Seorang anak bernasab kepada AYAHnya bukan ibu. Nasab yang merujuk pada anak menunjukkan kepada siapa Allah meminta pertanggungjawaban kelak

18| Rasulullah yang mulia sejak kecil ditinggal mati oleh AYAHnya. Tapi nilai-nilai keAYAHan tak pernah hilang dari sosok kakek dan pamannya

19| Nabi Ibrahim adalah AYAH yang super sibuk. Jarang pulang. Tapi dia tetap bisa mengasuh anak meski dari jauh. Terbukti 2 anaknya menjadi nabi

20| Generasi sahabat menjadi generasi gemilang karena AYAH amat terlibat dalam mengasuh anak bersama ibu. Mereka digelari umat terbaik.

21| Di dalam quran ternyata terdapat 17 dialog pengasuhan. 14 diantaranya yaitu antara AYAH dan anak. Ternyata AYAH lebih banyak disebut

22| Mari ajak AYAH untuk terlibat dalam pengasuhan baik di rumah, sekolah dan masjid

23| Harus ada sosokp AYAH yang mau jadi guru TK dan TPA. Agar anak kita belajar kisah Umar yang tegas secara benar dan tepat. Bukan ibu yang berkisah tapi AYAH

24| AYAH pengasuh harus hadir di masjid. Agar anak merasa tentram berlama-lama di dalamnya. Bukan was was atau merasa terancam dengan hardikan

25| Jadikan anak terhormat di masjid. Agar ia menjadi generasi masjid. Dan AYAH yang membantunya merasa nyaman di masjid

26| Ibu memang madrasah pertama seorang anak. Dan AYAH yang menjadi kepala sekolahnya

27| AYAH kepala sekolah bertugas menentukan visi pengasuhan bagi anak sekaligus mengevaluasinya. Selain juga membuat nyaman suasana sekolah yakni ibunya

28| Jika AYAH hanya mengurusi TV rusak, keran hilang, genteng bocor di dalam rumah, ini bukan AYAH 'kepala sekolah' tapi AYAH 'penjaga sekolah'

29| Ibarat burung yang punya dua sayap. Anak membutuhkan kedua-duanya untuk terbang tinggi ke angkasa. Kedua sayap itu adalah AYAH dan ibunya

30| Ibu mengasah kepekaan rasa, AYAH memberi makna terhadap logika. Kedua-duanya dibutuhkan oleh anak

31| Jika ibu tak ada, anak jadi kering cinta. Jika AYAH tak ada, anak tak punya kecerdasan logika

32| AYAH mengajarkan anak menjadi pemimpin yang tegas. Ibu membimbingnya menjadi pemimpin yang peduli. Tegas dan peduli itu sikap utama

33| Hak anak adalah mendapatkan pengasuh yang lengkap. AYAH terlibat, ibu apalagi

34| Mari penuhi hak anak untuk melibatkan AYAH dalam pengasuhan. Semoga negeri ini tak lagi kehilangan AYAH

35| Silahkan share jika berkenan agar makin banyak AYAH yang peduli dengan urusan pengasuhan  [Baca juga : 10 Kesalahan Dalam Mendidik Anak]




by : Ust Bendri Jaisyurrahman (@ajobendri) 

Kamis, 15 Januari 2015

materi IPA kelas VIII semester 2


    Silakan ambil file ini dengan klik unduh
    • GayaUnduh
    • Hukum NewtonUnduh
    • TekananUnduh
    • Energi dan UsahaUnduh
    • Pesawat SederhanaUnduh
    • GetaranUnduh
    • GelombangUnduh
    • BunyiUnduh
    • CahayaUnduh
    • Alat OptikUnduh

      Materi Biologi SMP Kelas 7 (Power Point)


      Berikut materi UNAS yang disajikan dalam bentuk power point dari DIKNAS. Materi ini semuanya pelajaran BIOLOGI SMP Kelas 7. Kalian bisa mendownloadnya dengan klik saja link di bawah ini. Materi hanya sebagai pelengkap, bila dirasa kurang bisa mencari sumber buku dengan materi yang sama..Selamat Belajar
      3. ciri-ciri mahluk hidup ok
      4. PENGELOMPOKAN MH ok
      5. Ekosistem -dan interaksi
      6. Pencemaran dan Usaha mengatasi SOLO
      7. KEPADATAN PENDUDUK DAN KUALITAS LINGKUNGAN

      LKS IPA khusus materi Fisika Untuk Jenjang SMP dan SMA

      Dalam perjalanan dalam dunia maya ini, saya menemukan beberapa contoh LKS (Lembar Kerja Siswa) eksperimen SMP dan SMA yang mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya. Bagi yang bingung di sekolahnya ingin melakukan eksperimen fisika dapat menjadikan contoh-contoh di bawah ini sebagai referensi.

      SMP
      LKS Besaran Fisika. Download
      LKS Satuan Baku. Download
      LKS Alat Pengukuran. Download
      LKS Pengukuran Panjang. Download
      LKS Pengukuran Volume. Download
      LKS Suhu. Download
      LKS Wujud Zat. Download
      LKS Massa Jenis Zat. Download
      LKS Meniskus, Kapilaritas dan Tegangan Permukaan. Download
      LKS Pemuaian. Download
      LKS Kalor. Download

      SMA
      LKS Hukum I Newton
      LKS Hukum II Newton
      LKS Hukum III Newton
      Download

      LKS Gaya Gesek dan Gerak Benda
      LKS Keuntungan dan Kerugian Gaya Gesek
      LKS Gaya Gesek Statik dan Kinetik
      Download

      LKS GLBB
      LKS Kelembaman
      LKS Hukum II Newton
      LKS GMB dan GMBB
      LKS Bayangan Terbalik Pada Cermin Datar
      LKS Bayangan Maya Cermin Datar
      LKS Lensa Tipis
      LKS Pemantulan Cahaya
      LKS Pemantulan Sempurna
      LKS Prinsip Kerja Teleskop
      Download

      contoh LKS mata pelajaran IPA kelas VII

      Berikut anda anak-anak siswa SMP dapat mendownload LKS untuk mata pelajaran kelas IPA kelas VII.

      Asam Basa 1 [DOWNLOAD]

      Asam Basa 2 [DOWNLOAD]

      Massa Jenis [DOWNLOAD]

      Wujud Zat dan Perubahannya [DOWNLOAD]

      Unsur [DOWNLOAD]

      Perpindahan kalor [DOWNLOAD]

      Pemuaian Zat Cair dan Gas [DOWNLOAD]

      Kohesi, Adhesi, dan Kapilaritas [DOWNLOAD]

      Kalor [DOWNLOAD]

      Campuran Homogen dan Heterogen [DOWNLOAD]

      LKS Besaran Fisika. Download

      LKS Satuan Baku. Download 

      LKS Alat Pengukuran. Download

      LKS Pengukuran Panjang. Download

      LKS Pengukuran Volume. Download


      LKS Suhu. Download


      LKS Wujud Zat. Download


      LKS Massa Jenis Zat. Download


      LKS Meniskus, Kapilaritas dan Tegangan Permukaan. Download


      LKS Pemuaian. Download


      LKS Kalor. Download

      Kumpulan LKS IPA Fisika Biologi dan Kimia SMP Kelas IX

      Bagi rekan-rekan yang binggung mengisi materi pembelajaran fisika di dalam kelas karena kegiatan pembelajaran yang statis tanpa adanya kegiatan praktikum, berikut ini saya share LKS Fisika SMP kelas VII yang saya gunakan di dalam kelas.
      LKS Fisika SMP kelas VII ini membahas tentang pengukuran, yang isinya mencakut banyak hal diantaranya :

      1. Kegiatan Penyelidikan
      2. Panduan Belajar
      3. Lab Mini (Percobaan)
      4. Remidial

      Tentu saja LKS ini sangat bagus untuk rekan-rekan guru gunakan dan saya sangat merekomendasikannya untuk membuat kegiatan pembelajaran didalam kelas menjadi lebih berwarna dan tentusaja menjadikan suasana kelas menjadi asyik dan nyaman bagi guru dan siswa.
      Berikut kutipan isinya :

      LKS MAGNET
      Tujuan
      Dalam penyelidikan ini kamu akan mencoba menentukan di mana magnet batang mempunyai gaya traik terbesar untuk benda lain.


      Alat dan Bahan
      penjepit kertas 10 buah
      1. magnet batang, 1 buah
      Prosedur
      1. Ambillah sebuah magnet batang.
      2. Gantungkan sebuah penjepit kertas pada ujung magnet batang.
      3. Gantungkan penjepit kedua pada ujung penjepit pertama seperti yang diperlihatkan pada Gambar 1.
      4. Gantungkan penjepit lainnya sampai penjepit tidak dapat menempel pada ujung.
      5. Catatlah pada Tabel 1 jumlah penjepit yang saling menempel.
      6. Ulangi prosedur 2 sampai 5 dengan menggantungkan penjepit pada jarak 1 cm dari ujung magnet batang.
      7. Catatlah pada Tabel 1 jumlah penjepit yang saling menempel.
      8. Ulangi prosedur 2 sampai 5 dengan menggantungkan penjepit pada tengah-tengaah magnet batang.
      9. Catatlah pada Tabel 1 jumlah penjepit yang saling menempel.



      MAGNET
      http://www.ziddu.com/download/18141834/LKS4.1FisikaMagnet.pdf.html

      http://www.ziddu.com/download/18141835/LKS_Kelas9Bab3.doc.html

      RAGI
      http://www.ziddu.com/download/18141836/LKS2.4KimiaRagi.pdf.html

      SISTEM KEHIDUPAN
      http://www.ziddu.com/download/18141837/LKS1.3BiologiSistemKehidupanManusia.pdf.html

      GENETIKA
      http://www.ziddu.com/download/18141838/LKS2.2-3BiologiGenetika.pdf.html

      LISTRIK
      http://www.ziddu.com/download/18141839/LKS3FisikaListrik.pdf.html

      GINJAL DAN KELENJAR
      http://www.ziddu.com/download/18141840/LKS1.1BiologiGinjaldanKelenjar.pdf.html

      ADAPTASI
      http://www.ziddu.com/download/18141841/LKS2.1BiologiAdaptasi.pdf.html

      TATASURYA
      http://www.ziddu.com/download/18141842/LKS5.1FisikaTataSurya.pdf.html

      REPRODUKSI
      http://www.ziddu.com/download/18141843/LKS1.2BiologiOrganReproduksi.pdf.html

      Membuat runing text sendiri, dilengkapi source code dengan Code Vision AVR ( CAVR), design PCB, skematik lengkap tinggal praktek

      Video Hasil Runing Text
      Runing teks merupakan tampilan huruf yang dihasilkan oleh kumpulan led yang menyala secara bergantian sehingga menghasilkan efek huruf yang dapat bergerak/berjalan.
      Dalam posting kali ini saya akan membagikan skema, PCB dan source code untuk membuat runing teks dengan mudah dan murah. meskipun sekarang sudah ada modul P10 dan kontrollernya, tidak ada salahnya bagi yang masih penasaran membuat runing teks dapat mencoba rangkaian dibawah ini.


      Foto Hasil Runing Teks


      Runing teks ini tidak membutuhkan Power Supply yang mahal harga ratusan ribu, cukup pakai charger HP seharga 10.000-15.000 sudah bisa digunakan dengan maksimal, dan sudah saya coba nyala 24 sehari, 7 hari seminggu dan 365 hari setahun, tetep fine-fine saja  :)

      Charger HP N**kia, versi bajakan sudah bisa dipakai sebagai power supply.

      Skema dan PCB link untuk unduh komplitannya ada di bawah silahkan di lihat dan di klik

      Tata letak LED

      skematik display matrik yang dibuat dari LED

      Layout Kontroller dengan ATmega 16 / 8535

      Skematik Kontroller dengan ATmega 16 / 8535

      Layout PCB driver ULN 2803

      skematik PCB driver ULN 2803

      PCB yang selesai di BOR

      PCB siap di bersihkan tonernya dengan Bensin

      PCB yang telah dibersihkan dengan Bensin siap di solder

      Pemsangan Jumper (cukup membosankan :) )

      Pemsangan jumper selesai

      Pengecatan PCB

      PCB di Cat dengan Pylox

      Dikeringkan

      Pemasangan LED

      setelah di Cat


      Pemasangan LED

      Pemasangan LED

      Pemasangan LED

      Pemasangan LED

      Pemasangan LED

      Pemasangan LED

      Pemasangan LED

      Pemasangan LED

      sudah selesai 1 modul dot matrix

      Pemasangan LED

      Siap digunakan













      Video uji coba



      Controller, Driver ULN, dan matrix led di hubungkan dengan kabel pita.
      (Unduh Project untuk lihat skema detailnya)



      Project ini dapat diunduh lengkap dengan KLIK DISINI

      bagi yang pengen tahu, bagaimana sich cara kerja runing teks dengan shift register itu, kunjungi posting saya tentang dasar runing teks dan shift register disini






      Arsip Blog