Kamis, 31 Juli 2014

JADWAL PELAJARAN KUR 2013 KLS 1245 DAN KALDIK 2014-2015



BAGI REKAN-REKAN YANG MEMBUTUHKAN 
SILAHKAN UNDUH
DI SINI

Untuk Mapel Agama Silahkan di sisip pada setiap Subtema.

Jumat, 25 Juli 2014

Lulusan SMA Bisa Mengikuti Formasi CPNS 2014

Lulusan SMA Bisa Mengikuti Formasi CPNS 2014Kabar gembira bagi pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang hanya mengantongi ijasah Sekolah Menengah Atas (SMA). Pasalnya, menurut Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara (Menpan) EE Mangindaan pada manadotoday di Jakarta Minggu (13/06), pihaknya telah menyiapkan formasi untuk lulusan SMA dalam perekrutan CPNS 2014 mendatang. 
Hal terpenting yang paling ditunggu dalam tes CPNS 2014 meliputi beberapa poin salah satunya adalah tentang jumlah formasi yang dibutuhkan oleh setiap daerah yang menyelenggarakan tes CPNS 2014 tersebut sehingga kami akan memberikan informasi tersebut mengenai formasi terbaru yang akan dibuka dalam penerimaan CPNS 2014 tahun ini.


Formasi CPNS SMA ini dipersiapkan bagi daerah-daerah perbatasan, daerah tertinggal, daerah bekas konflik dan wilayah pemekaran baru. “Lulusan SMA yang dapat diakomodir adalah yang memiliki keahlian khusus yang dibuktikan dengan sertifikat keahlian seperti kursus Komputer, bahasa Inggris maupun keahlian lainnya yang dapat dibuktikan, dan perekrutan CPNS SMA ini hanya untuk empat kategori wilayah, sebab tidak mungkin daerah-daerah maju seperti Jakarta dan lain-lain, masih mengakomodir ijasah lebih rendah dari S1,“ tegas Mangindaan.

Selanjutnya untuk tenaga honorer daerah (Honda) yang tidak masuk dalam database, artinya direkrut sesudah 2005 direncanakan menjadi Pegawai Tidak Tetap dengan penggajian layaknya PNS.
“Untuk Honda, sudah direncanakan perubahan aturan, dengan diusulkan PP yang baru, sehingga akan diupayakan menikmati layaknya PNS. Semoga usulan ini disetujui dan dapat dilaksanakan di seluruh wilayah,” tegas Menpan yang dikenal mencintai sepakbola ini. Lama tidaknya waktu yang diperlukan untuk menyetujui usulan formasi CPNS 2014 yang diajukan oleh setiap daerah kepada Kemenpan & RB dipengaruhi oleh kesesuaian perhitungan antara dana APBD yang digunakan untuk belanja pegawai dengan jumlah usulan yang dikirimkan.


Dari perhitungan itu nantinya juga ada pertimbangan tentang analisa jabatan dan lain-lain yang semuanya harus diselesaikan secara rinci oleh Kemenpan hingga keluar keputusan tentang formasi yang akan dibuka dalam tes CPNS 2014 mendatang.Selain itu yang perlu diketahui adalah tentang syarat CPNS 2014 yang akan dibuka nanti yang jika didasarkan pada bukaan tes pada tahun-tahun sebelumnya maka ditentukan oleh syarat umum dan juga syarat khusus yang mengacu pada kebijakan masing-masing daerah penyelenggara.


formasi cpns 2014

Dikabarkan sejak awal tahun 2014 tentang jumlah formasi CPNS keseluruhan secara nasional yang akan dibuka pada pelaksanaan tes CPNS tahun ini yakni 100.000 orang yang awalnya hanya dibuka untuk jalur pelamar umum ternyata mengalami perubahan terkait beberapa masalah yang terjadi setelah pengumuman CPNS honorer K2 dikeluarkan bulan Februari 2014 yang lalu.

Banyaknya tuntutan untuk menyelesaikan permasalahan tenaga honorer memaksa pemerintah membuka jalur khusus kembali sebagai pengganti jalur khusus honorer K2 yang telah dihapuskan yakni dengan membukkaan penerimaan formasi jalur PPPK (pegawai pemerintah penandatangan kontrak) dengan rincian detailnya adalah 65.000 orang untuk jalur pelamar umum sedangkan kurang lebih 32.000 untuk formasi jalur PPPK yang akan dibuka tahun 2014 ini.

Nah kini yang kerap menjadi hal penting yang sering dicari oleh calon pelamar tes CPNS 2014 adalah tentang formasi yang menyediakan kesempatan untuk peserta tes CPNS bermodalkan ijazah SMA walaupun memang pada kenyataan penerimaan peserta lebih kepada lulusan sarjana.

Namun di tahun 2014 ini tidak hanya sarjana saja yang bisa mendapatkan peluang untuk ikut tes CPNS 2014 melainkan lulusan SMA tepatnya di Kabupaten Tanjab Barat Provinsi Jambi dengan total formasi 5.435 orang, metode tes menggunakan sistem CAT (computer assisted test) yang kemungkinan tes akan disleenggarakan di Palembang karena memang fasilitas yang ada ditempat tersebut belum memadai untuk melaksanakan tes CPNS sendiri.

Pendaftaran CPNS 2014 Mulai Tanggal 25 - 29 Agustus 2014

JAKARTA – Pejabat pembina kepegawaian (PPK) baik pusat maupun daerah diminta oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (KEMENPANRB) minta untuk segera menyampaikan rincian usulan tambahan formasi aparatur sipil negara /ASN khususnya CPNS 201 kepada Menteri PANRB dengan tembusan kepada Kepala Badan Kepegawaian Negara paling lambat tanggal 24 bulan Juli tahun 2014.
Deputi Sumber daya Manusia/SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja menegaskan, rincian usulan tersebut diperlukan agar  penetapan & persetujuan rincian formasi CPNS 2014 oleh Menteri PANRB kepada instansi/kementerian dapat dilaksanakan sesuai jadwal,  yakni minggu kedua Agustus 2014. Sehingga instansi/pemerintah daerah yang membuka formasi CPNS, dapat mengumumkan rincaian lengkap lowongan formasi antara tanggal 11 - 24 Agustus 2014. “Tahapan berikutnya adalah pendaftaran secara online,  melalui portal nasional / website  http://panselnas.menpan.go.id pada tanggal 25 - 29 Agustus 2014,” ujarnya di Jakarta, Kamis.
Lebih lanjut diungkapkan, sesuai dengan jadwal sementara, pelaksanaan seleksi CPNS baik tes kemampuan dasar (TKD) maupun tes kemampuan bidang (TKB) bagi instansi/pemerintah daerah yang menyelenggarakan, akan dimulai tanggal 1 September 2014 sampai dengan selesai. Semua instansi yang menyelenggarakan seleksi CPNS tahun  2014 ini menggunakan sistem computer assisted test atau CAT / CBT (computer base test). Lamanya pelaksanaannya tergantung jumlah pelamar dan kapasitas instalasi CAT CPNS 2014 yang ada.  Bagi instansi yang telah selesai mengadakan tes, lanjut Setiawan, dapat langsung menyerahkan hasil TKD kepada Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Selanjutnya, Panselnas akan menyampaikan hasil TKD dan hasil integrasi TKB kepada instansi, satu minggu setelah instansi menyampaikan hasil TKD dan TKB ke Panselnas. “Dua hari setelah menerima hasil TKD dan hasil integrasi TKD dan TKB dari Panselnas, instansi segera membuat Surat Keterangan Kelulusan yang ditandatangani Pejabat Pembina Kepegawaian, dan hasilnya disampaikan kembali kepada Panselnas dan BKN,” imbuhnya.
Setelah itu, instansi/pemerintah daerah wajib mengumumkan secara terbuka peserta yang dinyatakan lulus seleksi CPNS tahun 2014 melalui media online & media cetak. “Jadwal ini masih bersifat sementara, dan sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan perkembangan,” ujar Setiawan.

Mendikbud Jamin Guru Bahasa Inggris Tetap Dapat Tunjangan Profesi

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh terus menenangkan guru yang khawatir hak finansialnya hilang akibat penerapan Kurikulum 2013. Pengurangan beban mengajar akibat kurikulum baru, bisa diganti aktivitas pembelajaran di luar kelas.
Nuh mengatakan di antara jam mengajar yang berkurang ada di mata pelajaran bahasa Inggris. "Dulu bahasa Inggris itu enam jam, sekarang empat jam. Bahasa Indonesia dulu empat jam, sekarang enam jam," katanya kemarin.
Dalam struktur kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), jumlah jam pelajaran bahasa Inggris adalah empat kali tatap muka per pekan. Tetapi sekolah diberi kesempatan untuk menambah tatap muka bahasa Inggris melalui kelompok muatan lokal, hingga menjadi enam kali tatap muka per pekan.
Tetapi dalam Kurikulum 2013 ini, Nuh menegaskan bahwa jumlah jam mata pelajaran bahasa Inggris adalah empat kali tatap muka per pekan.
"Kita menambah jumlah jam bahasa Indonesia, karena ingin menekankan bahasa Indonesia. Ini bahasa kita sendiri," tandasnya.
Nuh mengakui dengan pengurangan jumlah tatap muka bahasa Inggris itu, berdampak pada guru-guru yang sudah mendapatkan tunjangan profesi guru (TPG). Dia mengatakan aturan guru memperoleh tunjangan itu adalah, mengajar minimal 24 jam tatap muka per pekan.
"Lalu bagaimana dengan nasib guru-guru bahasa Inggris? Saya jamin tetap mendapatkan TPG," katanya.
Skenarionya adalah, pada perhitungan mengajar di kelas bisa jadi berkurang dan tidak sampai 24 jam pelajaran atau tatap muka per pekan. Tetapi kekurangan itu bisa diganti dengan aktivitas di luar kelas. Misalnya para guru bahasa Inggris berinisiatif membuat pusat-pusat atau kelompok pembelajaran Inggris.

"Aktivitas guru di luar kelas itu bisa dihitung sebagai beban mengajar, ada hitungannya sendiri," kata dia.
Nuh menjamin bahwa implementasi Kurikulum 2013 ini tidak akan mengubah status guru yang awalnya berhak mendapatkan TPG menjadi tidak berhak lagi. Khusus untuk kegiatan di luar kelas, Nuh mengatakan tidak hanya dipakai untuk guru-guru bahasa Inggris saja. Tetapi juga bisa digunakan untuk guru-guru mata pelajaran lain, yang merasa jumlah tatap muka di kelas kurang banyak.
Melalui perhitungan ini, Nuh mengatakan bisa dipakai solusi banyaknya guru yang berlari-lari mengajar di banyak sekolah. Tujuan mereka mengajar di banyak sekolah itu demi mengejar target beban mengajar 24 kali tatap muka per pekan. (wan/ca)

Kamis, 24 Juli 2014

Materi kelas IX smp

Media Pembelajaran IPA IX Semester 1
1. Sistem Ekskresi Pada Manusia
2. Sistem Reproduksi Pada Manusia
3. Sistem Koordinasi dan Alat Indra
4. Kelangsungan Hidup Organisme
5. Pewarisan Sifat
6. Bioteknologi
7. Listrik Statis
8. Listrik Dinamis
9. Sumber Tegangan
10.Energi dan Daya Listrik

Media Pembelajaran IPA IX Semester 2
1. Kemagnetan
2. Pemanfaatan Kemagnetan
3. Induksi Magnet
4. Tata Surya
5. Matahari dan Bumi
6. Gerak Edar Bumi
7. Gejala Alam
8. Permasalahan Lingkungan

Buku siswa dan pegangan guru Kurikulum 2013 tingkat SMP


# Buku Pegangan SMP Kelas 8

Rabu, 23 Juli 2014

Kumpulan Animasi Untuk Media Pembelajaran

Kumpulan Animasi Untuk Media Pembelajaran
Kumpulan Animasi Untuk Media Pembelajaran

Pembuatan media pembelajaran tidak terlepas dari penggunaan gambar, baik itu yang diam dengan format .png atau .jpg ataupun gambar bergerak dengan format .gif atau flash skalipun. Setelah kita bisa memahami dalam pemilihan warna untuk presentasi dan media pembelajaran maka kumpulan animasi ini bisa digunakan untuk membuat media pembelajaran makin interaktif lagi.

Kumpulan gambar animasi ini saya ambil dari salah satu halaman di buku guru kurikulum 2013 dan dengan sedikit daya imajinasi menggunakan aplikasi Adobe Photoshop maka jadilah gambar animasi berformat ,gif ini.

Silahkan untuk teman-teman yang ingin mengumpulkan gambar animasi ini untuk dipergunakan dalam pembuatan media pembelajaran. Salah satu aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat media ini adalah iSpring Quizmaker, dan panduannya pun sudah saya sediakan untuk di download.

Kumpulan Animasi Untuk Media Pembelajaran

Kumpulan Animasi Untuk Media Pembelajaran

Kumpulan Animasi Untuk Media Pembelajaran

Kumpulan Animasi Untuk Media Pembelajaran

Kumpulan Animasi Untuk Media Pembelajaran

Kumpulan Animasi Untuk Media Pembelajaran


Terima kasih atas kunjungannya, dan tunggu lagi kumpulan gambar animasi lainnya.

Yuk, Menabung Emas!

Saya termasuk orang yang sangat sulit untuk menabung. Mungkin karena dari kecil saya tidak terbiasa. Jadi, kalau punya uang agak lumayan pasti langsung beli ini dan itu. 

Kebiasaan saya itu tak angsur berkurang meskipun saya sudah memiliki buku tabungan sendiri. Menabung seakan jadi kebiasaan musiman bagi saya. Iya, sesekali rajin nabung tapi lihat saldo di buku tabungan nambah kok ya rajin pula untuk mengambilnya sedikit demi sedikit lama-lama jadi ludes. Bahkan pernah sampai minus lho saldo di tabungan saya. Hahaha.

Saya sadar, itu bukan kebiasaan yang baik. Toh, saya juga tidak pernah tahu apa yang terjadi kemudian. Tidak selamanya orang tua saya selalu sehat, selalu menemani saya, selalu bisa memberi saya uang. Sudah saatnya saya harus mengubah kebiasaan saya itu.

Hingga akhirnya pernah saya mengutarakan kabar kelanjutan uang saya kepada ibu.

“Bu, adik dapat uang ini. Adik pengen beli mesin jahit mini. Boleh ya?” tanya saya.

Seperti biasa ibu langsung berkata, “Sudah ibu duga. Pasti nggak betah kalau punya uang. Sekali-kali uangnya itu disimpan apa dimasukkin ke bank. Wong urip ki kudu duwe cekelan (Orang hidup itu harus punya pegangan-uang). Kalau ada apa-apa nggak perlu ngrepotin saudara.”

“Kalau ditabungin nanti  juga tak titili (ambil sedikit-sedikit), Bu. Ibu kan tahu.” rajuk saya.
“Mending itu dibeliin emas saja. Dapat yang biasa tak apa. Kalau dalam bentuk emas kan nggak mungkin kamu titili (ambil sedikit-sedikit), kan?”

Wah, ide ibu bagus juga. Kenapa tidak saya lakukan dari dulu ya? Rasa-rasanya menabung emas atau bahasa kerennya investasi emas itu lebih menjanjikan dibandingkan menabung uang di bank yang saat ini banyak sekali potongan administrasinya. Kalau saya lagi butuh uang juga bisa dijual ya. Macam emas yang bisa saya beli juga banyak, bisa cincin, kalung, anting, atau mungkin emas batangan. WOW.

Wejangan ibu memang top markotop, saya lebih baik membeli emas-nya saat harga emas agak rendah atau saat masih stabil. Dan satu lagi catatan penting dari ibu, “Meskipun memiliki banyak emas, tak perlu lah emasnya dipakai semua. Norak.”
Saya dan ibu tertawa.

Kalau Anda sudahkah memulai menabung emas? Bagi dong pengalamannya.

Selasa, 22 Juli 2014

Menentukan Skema Warna Dalam Pembuatan Presentasi Dan Bahan Ajar

Menentukan Skema Warna Dalam Pembuatan Presentasi Dan Bahan Ajar
Menentukan Skema Warna Dalam Pembuatan Presentasi Dan Bahan Ajar

Dalam pembuatan presentasi ataupun media interaktif pembelajaran, kadang kita dibingungkan dengan pemilihan desain pada template yang akan kita pakai, terlebih itu adalah penggunaan skema pilihan warna. Karena ketika kita salah dalam menerapkan pilihan warna dalam pembuatan media elearning ini, dipastikan para pengguna nantinya akan merasakan sesuatu yang tidak nyaman.

Banyak orang sudah terbiasa menggunaan skema warna pilihan yang biasanya ditemukan, seperti pilihan pantone yang sudah diterapkan oleh berbagai aplikasi, contohnya adalah skema warna yang diberikan oleh Microsoft Office PowerPoint ini;

Pilihan skema warna pada PowerPoint


Nah, ketika kita dihadapkan dengan pilihan untuk memilih skema warna pilihan kita sendiri berikut akan saya berikan 5 langkah mudah mencari skema warna untuk diterapkan diberbagai aplikasi ataupun pembuatan presentasi dan media interaktif pembelajaran.

Paletton
Terkenal dengan pilihan utama para desainer dalam memilih skema warna, pada situs ini kita bisa sangat mudah menentukan susunan atau palet warna pilihan kita sendiri.



Flat UI Colors
Dan jika kita menginginkan sesuatu hal dengan flat desain, maka situs ini menjadi pilihan menarik dalam menentukan desain flat.



Kuler
Selain paletton yang menjadi situs pilihan maka kuler pun menjadi pilihan utama untuk memilih menentukan skema warna. Dengan Kuler, kita akan dengan mudah membuat pilihan skema warna sendiri, menentukan dari ribuat tema yang disediakan, atau menentukan palet dari berbagai pilihan gambar atau logo.



Color Hunter
Situs ini sangat menarik, terlebih ketika digunakan untuk menentukan skema warna pilihan kita. Sama seperti lainnya, pada situs ini kita bisa menentukan pilihan skema warna dengan memilih pada logo atau gambar, dan yang menarik dari color hunter ini adalah bagaimana kita bisa menemukan skema warna seperti khas perkantoran, tenaga medis dan lainnya.



Colour Lovers
Jika kita mencari beberapa inspirasi dari berbagai pilihan warna, maka cobalah dengan mengunjungi ColourLovers. Situs ini merupakan situs komunitas yang menarik dimana orang-orang bisa membuat dan membagikan warna yang telah dibuatnya, bisa juga kita temukan palet dan pola dari berbagai pilihan yang sedang menjadi trend disaat ini.



Bagaimanapun juga, pilihan ada ditangan kita, untuk menentukan skema warna diperlukan berbagai pertimbangan yang berarti, karena warna menentukan hasil dari proses presentasi kita ataupun pembuatan bahan ajar yang berbasis media pembelajaran interaktif nantinya.

Terima kasih sudah berkunjung di blog saya, tulisan ini merupakan sanduran dari 5 Easy Ways to Find A Great Color Scheme.

Dan untuk berbagai tambahan mengenai bagaimana cara menentukan skema warna yang tepat dalam pembuatan presentasi dan bahan ajar berbasis media pembelajaran interaktif silahkan juga membaca aneka postingan berikut ini.


Jumat, 18 Juli 2014

Sistem Single entry dalam Pendaftaran Tes CPNS 2014

Rekan bloger masih bingung dengan sistem single entry,,,
apa sih single entry itu, nahhh berikut ini keterangannya... 

Pemerintah menetapkan sistem single entry atau sistem yang terintegrasi secara online dalam pelaksanaan pendaftaran seleksi aparatur sipil negara (ASN), khususnya calon pegawai negeri sipil (CPNS) formasi tahun 2014. Penegasan penetapan sistem tertuang dalam Surat Menteri PANRB nomor B/2645/M.PAN-RB/07/2014  tanggal 3 Juli 2014, tentang Kebijakan Pengadaan Formasi ASN tahun 2014.
 
Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Menteri PANRB nomor B/2550/M.PAN-RB/06/2014 tanggal 20 Juni 2014 perihal Tambahan Alokasi Formasi ASN.  Disebutkan, Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) pusat dan daerah harus menggunakan aplikasi pendaftaran CPNS secara online yang dimiliki Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitusscn.bkn.go.id.
 
Sejalan dengan kebijakan tersebut, PPK diminta segera mengirimkan persyaratan pendaftaran CPNS secara detail di masing-masing instansi Panselnas ASN 2014. “Selanjutnya  akan dipublikasikan melalui website portal pendaftaran seleksi formasi ASN secara nasional,” ujar Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tasdik Kinanto di Jakarta, Selasa (08/07).


Berniat mendaftar CPNS atau PPPK ? Sudah siap dengan system tes baru dengan metode CAT? 
Makanya pelajari sekarang dan persiapkan diri anda dari sekarang, penerimaan CPNS 2014 akan segera di mulai, dapatkan prediksi soal-soal CPNS terlengkap dan pelajari materinya disini

Rabu, 16 Juli 2014

CARA MERAWAT HAMSTER YANG HAMIL SECARA BENAR

Tips to Maintain Marmot: Marmot Information About Pregnancy


Guinea pig gestation period is a period of high risk for both mother and baby guinea pigs.

Information about a variety of things to note about the guinea pig when you want to farm or accidentally buy guinea pigs pregnant.

Here is the basic information about pregnancy marmot.

Pregnancy

Guinea pigs can become pregnant when 4 weeks old, while the male guinea pigs could impregnate female guinea pig at the age of 3 weeks.

Have a female guinea pig estrous cycle every 15 to 17 days. Baby guinea pigs will be born after in utero between 59-73 days.

Female guinea pig is pregnant when she was too young to difficulties during the period of pregnancy as a result of the body is still growing.

Pregnant female guinea pig should start after more than 8 months old.

size

Guinea pigs can give birth to between one and seven children, but most stem bore between two to five babies.



Normal birth weight baby guinea pigs ranged from 70 to 100 grams.

Risk Parent marmots

Pregnancy is risky for female guinea pig. There is a chance of about 20 percent female guinea pig will die from complications of pregnancy.

Babies born to have had feathers and limbs perfectly so that the parent guinea pigs require a large energy during the birth process.

birth Defects

Children can experience a guinea pig death or congenital abnormalities if both parents have type color 'roan' and 'dalmatian'.

Parent couples who like this can cause a variety of health problems, including blindness, tooth decay and gastrointestinal problems in children whose birth.

prevention


Because of the high risk, you are recommended to breed guinea pigs tdak if not already doing so.

The easiest way to prevent pregnancy is to not put a male and female guinea pigs in one cage.

Efforts sterilization can also be done but should be done by professionals such as veterinarians

Download Free Ebook Panduan Mengenal iSpring QuizMaker

Download Free Ebook Panduan Mengenal iSpring QuizMaker
Download Free Ebook Panduan Mengenal iSpring QuizMaker

Setelah sebelumnya saya memposting panduan untuk memilih authoring tool, maka dalam postingan kali ini akan diberikan panduan untuk mengenal salah satu authoring tool tersebut.

iSpring QuizMaker adalah salah satu authoring tool yang bisa digunakan oleh para pendidik guna menunjang proses pembelajaran. Dengan menggunakan aplikasi ini, pendidik akan dimudahkan dalam membuat berbagai pilihan pertanyaan dalam melakukan uji kompetensi.

Kenalilah authoring tool dari Ispring Solution ini, sehingga bermanfaat untuk kita dalam melakukan proses pembelajaran dengan mencapai hasil yang memuaskan.

Untuk mengenal lebih dekat iSpring QuizMaker yang diproduksi oleh iSpring Solution ini, silahkan download ebook yang telah saya sediakan.



adapun untuk aplikasi authoring tool lainnya seperti ispring presenter, articulate quizmaker dan lain sebagainya, akan saya bahas bertahap melalui blog ini.


terima kasih atas kunjungannya.
Andy Hermawan, - Pamong Didik

DAFTAR NAMA IN DAN GURU SASARAN SD, SMP, SMA-SMK TANGGAL 19-23 JULI 2014


SILAHKAN UNDUH DI SINI

Sumber: Bapak Riyadi Dikdas Kab. Lombok Barat

Selasa, 15 Juli 2014

Ngabuburit Lompat Pagar

Ngabuburit? Saya artikan sebagai kegiatan ‘ringan’ yang bermanfaat. Tapi sayang, ngabuburit saya tak selamanya ringan.

Seperti anak perempuan yang lainnya, tiap kali waktu ngabuburit tiba, tepatnya pukul 16.00 WIB saya sudah selesai membantu ibu menyelesaikan pekerjaan rumah, yaitu menyapu lantai rumah dan halaman depan rumah. Setelah itu mandi dan kemudian bersiap-siap untuk melanjutkan tugas selanjutnya. Tugas apakah itu?

Ngabuburit di toko tanaman 
Memasak. Bukan. Urusan memasak ibu yang megang. Ramadan kali ini saya mendapat tugas rutin oleh ibu untuk menyiram tanaman di toko tanaman milik keluarga kami. Namanya juga toko tanaman ya, bisa dibayangkan tanaman di sana tak hanya satu jenis, tapi banyak. Toko kami menjual berbagai macam tanaman holtikultura, seperti bibit mangga, jambu, kelengkeng, jeruk, sawo, duren, jati, mahoni, dsb.

Untuk menyiram tanaman yang jumlahnya ratusan itu biasanya saya membutuhkn waktu lebih dari 30 menit. Itu termasuk paling kilat, karena biasanya bisa sampai berjam-jam kalau penyedot air (sanyo) ngadat. Ya, toko kami menggunakan sanyo  yang airnya dari sungai di belakang toko kami.

Namanya juga ramadan, katanya setan-setan pada dimasukkan dalam penjara oleh Allah, tapi tetap saja manusia harus lebih ekstra menahan hawa nafsu di bulan suci ini, termasuk saya.

Sungai di belakang toko kami akhir-akhir ini seringkali surut. Hal itu menyebabkan sampah-sampah yang lewat pada nyangkut pada pralon sanyo. Tahu kan apa yang terjadi? Iya, sanyo saya mampet. Dan itu terjadi setiap hari.
Sampahnya nyangkut :(

Fiuh~ ngabuburit yang nggak ringan banget kan. Jangan dipikir kalau tinggal ambil kayu kemudian disentil hilang deh tuh sampah. Tidak!

Saya yang berpakain panjang ini harus rela naik pagar belakang toko kami yang tingginya sepuser orang dewasa untuk bisa menyentil sampah yang nangkring di pralon. Aih, kalau terlalu semangat lompatnya dijamin kejebur sungai deh. Soalnya jarak pagar dan sungai hanya 50 cm. Jadi, harus melipir-melipir layaknya orang lagi uji adrenalin.

Sukses melewati pagar, maka urusan nyentil-menyentil sampah pun dimulai. Ingat ini pralon ya, kalau terlalu diangkat (melawan arus air) bisa jadi pralon akan patah. Jadi, harus ekstra hati-hati. Angkat pelan, kemudian sentil, ke bawah lagi, angkat, sentil, sampai bersih. Apakah kegiatan siram menyiram sudah bisa dimulai?

Belum.

Kan harus melewati pagar lagi. Tengok kanan-kiri memastikan apakah ada orang kemudian baru melompat pelan. Sudah siap dimulai? Masih belum. Karena pralon yang kena sampah, biasanya pralon tidak ada airnya. Alhasil deh, ketika sanyo dihidupkan slang tidak langsung bisa menyemburkan air. Harus dipancing dulu.

Loh..loh..kok ada pancing-memancing. Tenang, memancing yang satu ini hanya dengan cara melipat slang agar air tidak keluar. Tunggu sampai 10 menit atau sampai slang bergerak-gerak (air sudah mulai penuh dan siap menyembur), kegiatan menyiram pun siap saya mulai. Ya, seperti itulah kegiatan ngabuburit saya setiap sore.

Tanpa lupa mengucapkan syukur pada Allah, saya selalu berusaha menikmati ramadan tahun ini. Karena saya percaya tiap kali ada kesusahan akan ada kemudahan dan setelah kesedihan akan ada kebahagiaan. Kegiatan menyiram tanaman harus tetap saya lakukan, melompat pagar juga, tapi akan tersenyum lebar kalau pulang dari toko pulang membawa buah tangan, jeruk 3 biji ini.

Suatu sore, saya membawa pulang jeruk buah ini

Masjid Darul Ilmi di Kampus Universitas Muria Kudus, Kudus

Perkenalkan, Universitas Muria Kudus (UMK) adalah kampus tercinta saya. Kampus saya ini beralamat di Gondangmanis PO.BOX 53 Bae 59324 Kudus Jawa Tengah. Tepatnya 10 km dari alun-alun Kudus yang terkenal dengan Masjid Agung dan Sunan Kudus-nya. Ada apa di kampus saya?

Sama seperti kampus-kampus lain, selain gedung perkuliahan, taman yang rindang, auditorium yang megah, parkiran yang selalu berjubel dan kantor sekretariat yang menjulang tinggi, ada satu bangunan yang selalu membuat saya rindu untuk kembali lagi ke sana. Apalagi kalau bukan Masjid Darul Ilmi, masjid megah yang terletak di kompleks UMK tepatnya berada di sebelah Barat.

Masjid di kala pagi hari dengan pintu utama yang masih tertutup
Darul Ilmi memiliki arti tempat mencari ilmu. Nama tersebut sangat cocok diberikan kepada masjid ini karena terletak di dalam kompleks UMK. Bukan hanya untuk mencari ilmu agama, ilmu lain pun dapat diperoleh di sana. Karena di sana seringkali menjadi tempat pelaksanaan berbagai event yang diadakan oleh mahasiswa, misalnya training ESQ, peringatan Maulid Nabi, Ospek, workshop, dll.

Jalan menuju Masjid dari gedung FKIP

Pintu samping menuju ke aula, kamar mandi dan tempat wudhu yang bisa menuju lantai dua dan tiga dengan bantuan anak tangga. Pengunjung bisa meletakkan sepatu pada rak yang telah disediakan.
Masjid Darul Ilmi ini tergolong masih muda. Tepatnya akhir Desember 2009 lalu masjid ini baru selesai dibangun oleh 100 pekerja bangunan. Masjid ini berdiri di atas tanah seluas 650 m2. Terdiri dari tiga lantai, lantai pertama berfungsi sebagai sentra kegiatan dan aktivitas kerohanian Islam (terdapat di aula). Lantai dua diperuntukkan bagi jamaah pria sedangkan lantai tiga sebagi tempat jamaah perempuan atau mezanin.

Setelah melewati rak sepatu pengunjung akan menemui kamar mandi yang cukup bersih. Saat pengunjung berjalan masuk akan menemui banyak sekali kran untuk berwudhu. Ini adalah tempat wudhu perempuan, laki-laki pun desain dan arsitekturnya sama persis.
Sambil melepas sepatu, pengunjung bisa menikmati taman mini yang di bagian bawahnya juga terdapat kran untuk wudhu.
Di samping taman mini tersebut terdapat aula yang sering digunakan untuk berbagai kegiatan.
Perasaan adem akan langsung dirasakan oleh setiap orang yang datang ke masjid dengan tinggi 50 meter ini. Dinding yang didesain dengan model berlubang-lubang, membuat udara secara bebas masuk ke dalam masjid. Selain itu lantai yang menggunakan batu alam marmer dan keramik menambah kenyamanan setiap pengunjungnya, tak terkecuali saya. Dulu, seringkali setiap menunggu pergantian jam kuliah yang terlalu lama, saya dan teman-teman memilih beristirahat di masjid yang pembangunannya berlangsung selama setahun lebih ini. Bahkan tidur di lantai tiga secara beramai-ramai. Oiya, ada satu tempat lagi yang menjadi favorit mahasiswa saat mengerjakan tugas kuliah, yaitu serambi masjid yang berada di samping kanan kiri masjid. Sebelah kiri untuk perempuan sedangkan yang sebelah kanan untuk laki-laki.

Ketika pengunjung naik dari pintu utama, selain langsung sampai ke lantai dua (tempat sholat laki-laki), pengunjung juga bisa menikmati suasana kampus dari area serambi masjid yang sejuk.
Dari lantai satu, pengunjung perempuan yang ingin sholat bisa naik ke lantai tiga dengan anak tangga, tepat di lantai dua akan menemukan rak sepatu dan tas. Rak tersebut akan penuh saat sholat Jumat.
Inilah suasana di lantai tiga, dinding dengan lubang berbentuk segitiga delapan, dan tiang yang diameternya melebihi pelukan dua orang.

Di sebelah kanan kiri mimbar terdapat sebuah kamar yang digunakan sebagai tempat teknisi (kiri) dan kamar marbot masjid (kanan). Denger-denger kalau ingin jadi marbot di sana ada seleksinya.
Secara pribadi ada satu hal lagi yang membuat saya sangat semangat untuk datang ke masjid ini, yaitu suara muadzin. Lengkap deh, masjid yang megah dan suara muadzin yang merdu dan menggetarkan hati membuat saya semakin semangat untuk datang ke rumah Allah ini. Ceritanya, dulu saya pernah kos di depan kampus, jadi setiap maghrib, isya, dan subuh, saya dan teman sekamar selalu pergi jamaah di Masjid Darul Ilmi. Sampai pernah bela-belain lompat gerbang kampus untuk bisa jamaah, hihihi. 

Pengunjung bisa menikmati suasana kampus dari lantai tiga melalui celah-celah segitiga delapan.
Selama ramadan Masjid Darul Ilmi ini, selain melaksanakan sholat tarawih di malam hari, setiap selesai sholat duhur ada ceramah yang disampaikan oleh dosen UMK secara bergilir. Oiya,  jangan dikira kalau shalat tarawih tiba akan banyak jamaah yang datang ya, paling banyak hanya 3 saf. Hal itu karena letak masjid yang cukup jauh dari perkampungan. Jadi, yang datang untuk berjamaah adalah mahasiswa maupun dosen yang kos di sekitar kampus. Sayang banget ya masjid yang megah ini kalau ramadan tidak begitu ramai? Harapan saya sendiri semoga masjid ini semakin ramai pengunjung yang sejalan dengan ramainya pembangunan di sekitar kampus. Aamiin. Sayang banget kan kalau rumah Allah yang megah ini hanya dianggurin.
Hehe, numpang narsis ya. Cermin besar ini bisa ditemui pengunjung di lantai satu. Ini adalah sudut paling digemari mahasiswa perempuan di UMK, hihihi.
Nah, itu tadi liputan saya untuk masjid Darul Ilmi di kampus saya. Kalau berkunjung ke Kudus, jangan lupa mampir ke Masjid kebanggan kampus saya ini ya?

Salam.


Panduan Memilih Authoring Tool


Untuk membuat sebuah konten elearning yang bagus dan kompartibel dengan segala platform dibutuhkan pemilihan authoring tool yang baik. Authoring tools sendiri merupakan perangkat aplikasi yang digunakan untuk membuat konten elearning dengan berbagai macam output sesuai kebutuhan author. Aplikasi yang bisa digunakan pun beragam tentunya, kita bisa membuat aplikasi berbasis presentasi, konten video, audio dan lain sebagainya.

Bahkan kita sendiri sudah sangat akrab dengan aplikasi presentasi powerpoint dari microsoft office, ispring solutions bahkan articulate. Dan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih authoring tools yang tepat terkait dengan jenis konten, pendistribusian konten, dan tim pengembang konten.

Dan khususnya buat dunia pendidikan, authoring tool ini memungkinkan bagi para pendidik untuk mengembangkan konten digital dari berbagai macam media sehingga menghasilkan konten digital yang interaktif dan profesional. Konten tersebut bisa berupa media pembelajaran atau bahan ajar lainnya yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran.

Authoring tool ini dibutuhkan agar dapat mengembangkan konten digital yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga dapat mengikuti dinamika perubahan sistem pembelajaran, dengan demikian konten digital tersebut dapat dibuat dalam berbagai macam variasi bentuk publikasi, seperti CD, LMS, HTML, ZIP, Podcast dan lain sebagainya sehingga jangkauannya lebih meluas.

Course authoring tool adalah alat bantu ajar yang dapat membantu pendidik menerjemahkan instructional design menjadi bahan ajar dan materi uji yang bersifat interaktif tanpa harus terlibat keahlian yang terlalu teknis.

Dikutip dari ide learning disitu dijelaskan bahwa ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam memilih authoring tools, diantaranya :
  • Jenis Konten yang diproduksi
  • Kemampuan Tim
  • Open Source vs Berbayar ?
Konten apakah yang akan diproduksi, apakah audio, ataukah visual, ataukah multimedia? Perhatikan juga bagaimana konten akan didistribusikan, apakah dengan CD, atau diakses melalui web atau mobile?
Kemampuan tim pengembang sangat penting untuk diperhatikan, baik dari segi ketersediaan waktu, biaya, maupun skill. Apakah sumber daya manusia yang ada sudah cukup, ataukah memungkinkan untuk outsourcing?
Apakah memungkinkan untuk optimalisasi dengan investasi pada software authoring tools berbayar, ataukah cukup dengan free open source software? Bagaimana dengan waktu dan kemampuan produksi tiap bulannya?

Dan saya pun ingin menambahkan berbagai opsi yang bisa kita gunakan untuk memilih authoring tools dalam membuat konten elearning, diantaranya :

  • Mudah digunakan
  • Tidak gaptek
  • Konten akhir
  • Gratisan atau bayar?
Ada banyak authoring tool yang bisa digunakan, sehingga untuk memilih salah satu aplikasi yang mudah kita gunakan sebagai pemula tentu hal yang paling utama. Dalam hal ini saya yang sudah terbiasa menggunakan wondershare quizcreator dan beralih pada ispring solution karena kelengkapan fiturnya namun saat ini kadang juga menggunakan aplikasi dari articulate untuk berbagai pilihan pembuatan konten elearning.
Seperti pengalaman saya, kadang satu aplikasi saja tidak cukup. Kita harus benar-benar mengetahui dulu tujuan dari pembuatan kontennya. Dan kadang tidak cukup dengan menggunakan satu aplikasi saja, kita harus bisa mendesain templatenya, memilih konten seperti apa yang akan dibuat dan tentunya keahlian dalam penggunaan berbagai aplikasi ditentukan. Namun dari pilihan wondershare quizcreator, ispring solution hingga articulate saya sarankan untuk pendidik lebih menguasai isping dalam pembuatan konten media pembelajaran.
Kalau idelearning sudah menyebutkan tadi jenis konten yang diproduksi itu sama dengan yang akan saya sebutkan berikut : Ya, jenis konten yang akan dihasilkan menjadi pilihan kita dalam memilih authoring tool Karena dengan begitu kita pastinya akan dapat menentukan seperti apa distribusi dari pembuatan konten yang telah kita buat.
Tentunya untuk pendidik harusnya bisa memilih mana yang baik dan benar, penggunaan aplikasi bajakan kadang tidak bisa dihindari. Berkaca dari kantong pribadi saya, untuk membeli sebuah aplikasi authoring tool diperlukan merogoh kocek yang dalam. Namun jangan takut, berbagai pihak dari penyedia aplikasi ini memberikan jangka waktu 30 hari secara Cuma-Cuma buat kita menggunakannya sebelum akhirnya kita memutuskan untuk membelinya.


Berikut saya berikan link buat teman-teman yang ingin melakukan download aplikasi authoring tool dari ispring solutions dan articulate :


Terima kasih atas kunjungannya.

Senin, 14 Juli 2014

Cara Download di Smart Geografi

Assalamu'alaikum.
Salam smart teacher. Tulisan kali ini saya akan memandu anda untuk mengikuti langkah-langkah mendownload file-file di smart geografi, saya buat panduan ini agar mempermudah anda dalam melakukan download file yang anda butuhkan. Panduan ini berlaku bagi semua jenis file yang akan anda ambil, baik bank soal, power point, flash geo, dokumen kurikulum, modul un, modul osn, dll. Baik kita mulai saja. 

Tahap 1
Tampilan file-file yang bisa di download seperti di bawah pada lingkaran merah. Silahkan untuk di klik. 


Tahap 2
Setelah anda mengklik file yang akan di download maka akan muncul tampilan berikut, tunggu sampai 5 detik saja...sabar ya ^_^


Tahap 3
Selanjutnya akan muncul tulisan "SKIP AD" terus KLIK 



Tahap 4
Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini. KLIK DOWNLOAD ya.


Tahap 5
Selanjutnya akan muncul kode. terus masukan kodenya ok! 

Tahap 6
Tahap terakhir, setelah di masukan kodenya. KLIK DOWNLOAD. Alhamdulillah selesai... saatnya menikmati hasil downloadnya... Insya Allah gratis. 

semoga filenya bermanfaat untuk mengembangkan pembelajaran geografi agar lebih menarik dan asik.
salam guru smart.

Arsip Blog