Selasa, 15 Juli 2014

Panduan Memilih Authoring Tool


Untuk membuat sebuah konten elearning yang bagus dan kompartibel dengan segala platform dibutuhkan pemilihan authoring tool yang baik. Authoring tools sendiri merupakan perangkat aplikasi yang digunakan untuk membuat konten elearning dengan berbagai macam output sesuai kebutuhan author. Aplikasi yang bisa digunakan pun beragam tentunya, kita bisa membuat aplikasi berbasis presentasi, konten video, audio dan lain sebagainya.

Bahkan kita sendiri sudah sangat akrab dengan aplikasi presentasi powerpoint dari microsoft office, ispring solutions bahkan articulate. Dan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih authoring tools yang tepat terkait dengan jenis konten, pendistribusian konten, dan tim pengembang konten.

Dan khususnya buat dunia pendidikan, authoring tool ini memungkinkan bagi para pendidik untuk mengembangkan konten digital dari berbagai macam media sehingga menghasilkan konten digital yang interaktif dan profesional. Konten tersebut bisa berupa media pembelajaran atau bahan ajar lainnya yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran.

Authoring tool ini dibutuhkan agar dapat mengembangkan konten digital yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan juga dapat mengikuti dinamika perubahan sistem pembelajaran, dengan demikian konten digital tersebut dapat dibuat dalam berbagai macam variasi bentuk publikasi, seperti CD, LMS, HTML, ZIP, Podcast dan lain sebagainya sehingga jangkauannya lebih meluas.

Course authoring tool adalah alat bantu ajar yang dapat membantu pendidik menerjemahkan instructional design menjadi bahan ajar dan materi uji yang bersifat interaktif tanpa harus terlibat keahlian yang terlalu teknis.

Dikutip dari ide learning disitu dijelaskan bahwa ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam memilih authoring tools, diantaranya :
  • Jenis Konten yang diproduksi
  • Kemampuan Tim
  • Open Source vs Berbayar ?
Konten apakah yang akan diproduksi, apakah audio, ataukah visual, ataukah multimedia? Perhatikan juga bagaimana konten akan didistribusikan, apakah dengan CD, atau diakses melalui web atau mobile?
Kemampuan tim pengembang sangat penting untuk diperhatikan, baik dari segi ketersediaan waktu, biaya, maupun skill. Apakah sumber daya manusia yang ada sudah cukup, ataukah memungkinkan untuk outsourcing?
Apakah memungkinkan untuk optimalisasi dengan investasi pada software authoring tools berbayar, ataukah cukup dengan free open source software? Bagaimana dengan waktu dan kemampuan produksi tiap bulannya?

Dan saya pun ingin menambahkan berbagai opsi yang bisa kita gunakan untuk memilih authoring tools dalam membuat konten elearning, diantaranya :

  • Mudah digunakan
  • Tidak gaptek
  • Konten akhir
  • Gratisan atau bayar?
Ada banyak authoring tool yang bisa digunakan, sehingga untuk memilih salah satu aplikasi yang mudah kita gunakan sebagai pemula tentu hal yang paling utama. Dalam hal ini saya yang sudah terbiasa menggunakan wondershare quizcreator dan beralih pada ispring solution karena kelengkapan fiturnya namun saat ini kadang juga menggunakan aplikasi dari articulate untuk berbagai pilihan pembuatan konten elearning.
Seperti pengalaman saya, kadang satu aplikasi saja tidak cukup. Kita harus benar-benar mengetahui dulu tujuan dari pembuatan kontennya. Dan kadang tidak cukup dengan menggunakan satu aplikasi saja, kita harus bisa mendesain templatenya, memilih konten seperti apa yang akan dibuat dan tentunya keahlian dalam penggunaan berbagai aplikasi ditentukan. Namun dari pilihan wondershare quizcreator, ispring solution hingga articulate saya sarankan untuk pendidik lebih menguasai isping dalam pembuatan konten media pembelajaran.
Kalau idelearning sudah menyebutkan tadi jenis konten yang diproduksi itu sama dengan yang akan saya sebutkan berikut : Ya, jenis konten yang akan dihasilkan menjadi pilihan kita dalam memilih authoring tool Karena dengan begitu kita pastinya akan dapat menentukan seperti apa distribusi dari pembuatan konten yang telah kita buat.
Tentunya untuk pendidik harusnya bisa memilih mana yang baik dan benar, penggunaan aplikasi bajakan kadang tidak bisa dihindari. Berkaca dari kantong pribadi saya, untuk membeli sebuah aplikasi authoring tool diperlukan merogoh kocek yang dalam. Namun jangan takut, berbagai pihak dari penyedia aplikasi ini memberikan jangka waktu 30 hari secara Cuma-Cuma buat kita menggunakannya sebelum akhirnya kita memutuskan untuk membelinya.


Berikut saya berikan link buat teman-teman yang ingin melakukan download aplikasi authoring tool dari ispring solutions dan articulate :


Terima kasih atas kunjungannya.
GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog