Selasa, 15 Januari 2013

Autobiografi Presiden RI


Mulai menjabat
20 Oktober 2004
Wakil PresidenM. Jusuf Kalla (2004–2009)
Boediono (sejak 2009)
Didahului olehMegawati Soekarnoputri
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesiake-8
Masa jabatan
23 Agustus 2000 – 1 Juni 2001
PresidenAbdurrahman Wahid
Didahului olehSoerjadi Soedirdja
Digantikan olehAgum Gumelar
Masa jabatan
9 Agustus 2001 – 12 Maret 2004
PresidenMegawati Soekarnoputri
Didahului olehAgum Gumelar
Digantikan olehHari Sabarno (ad-interim)
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia ke-11
Masa jabatan
26 Oktober 1999 – 23 Agustus 2000
PresidenAbdurrahman Wahid
Didahului olehKuntoro Mangkusubroto
Digantikan olehPurnomo Yusgiantoro
Informasi pribadi
Lahir9 September 1949 (umur 63)
Bendera Indonesia TremasArjosari,PacitanJawa Timur,Indonesia
KebangsaanIndonesia
Partai politikPartai Demokrat
Suami/istriKristiani Herrawati
AnakAgus Harimurti Yudhoyono
Edhie Baskoro Yudhoyono
Alma materAkademi Militer
US Army Command & General Staff College
Universitas Webster
Institut Pertanian Bogor
ProfesiTentara
AgamaIslam
Tanda tangan
Situs webwww.presidensby.info
Susilo Bambang Yudoyono

Jend. TNI (Purn.Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono GCB AC (lahir di Tremas, Arjosari, PacitanJawa TimurIndonesia9 September 1949; umur 63 tahun) adalah Presiden Indonesia ke-6 yang menjabat sejak 20 Oktober 2004. Ia, bersama Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, terpilih dalamPemilu Presiden 2004. Ia berhasil melanjutkan pemerintahannya untuk periode kedua dengan kembali memenangkan Pemilu Presiden 2009, kali ini bersama Wakil Presiden Boediono. Sehingga, sejak era reformasi dimulai, Susilo Bambang Yudhoyono merupakan Presiden Indonesia pertama yang menyelesaikan masa kepresidenan selama 5 tahun dan berhasil terpilih kembali untuk periode kedua.
Yudhoyono yang dipanggil "Sus" oleh orangtuanya dan populer dengan panggilan "SBY"[3], melewatkan sebagian masa kecil dan remajanya diPacitan. Ia merupakan seorang pensiunan militer. Selama di militer ia lebih dikenal sebagai Bambang Yudhoyono. Karier militernya terhenti ketika ia diangkat Presiden Abdurrahman Wahid sebagai Menteri Pertambangan dan Energi pada tahun 1999 dan tampil sebagai salah seorang pendiri Partai Demokrat. Pangkat terakhir Susilo Bambang Yudhoyono adalah Jenderal TNI sebelum pensiun pada 25 September 2000. Pada Pemilu Presiden 2004, keunggulan suaranya dari Presiden Megawati Soekarnoputri membuatnya menjadi presiden pertama yang terpilih melalui pemilihan langsung oleh rakyat Indonesia. Hal ini dimungkinkan setelah melalui amandemen UUD 1945.
Dalam kehidupan pribadinya, Ia menikah dengan Kristiani Herrawati yang merupakan anak perempuan ketiga Jenderal (Purn) Sarwo Edhi Wibowo(alm), komandan RPKAD (kini Kopassus) yang turut membantu menumpas Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1965.


Latar belakang dan keluarga
Ia lahir di Kabupaten PacitanJawa Timur pada 9 September 1949 dari anak pasangan Raden Soekotjo dan Siti Habibah. Dari silsilah ayahnya dapat dilacak hingga Pakubuwana serta memiliki hubungan dengan trah Hamengkubuwana II[4].
Seperti ayahnya, ia pun berkecimpung di dunia kemiliteran. Selain tinggal di kediaman keluarga di Bogor (Jawa Barat), SBY juga tinggal di Istana MerdekaJakarta. Susilo Bambang Yudhoyono menikah dengan Kristiani Herawati yang adalah anak perempuan ketiga Jenderal (Purnawirawan)Sarwo Edhi Wibowo (alm). Komandan militer Jenderal Sarwo Edhi Wibowo turut membantu menumpas PKI (Partai Komunis Indonesia) pada tahun1965. Dari pernikahan mereka lahir dua anak lelaki, yaitu Agus Harimurti Yudhoyono (lahir 1978) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (lahir 1980).
Agus adalah lulusan dari SMA Taruna Nusantara tahun 1997 dan Akademi Militer Indonesia tahun 2000. Seperti ayahnya, ia juga mendapatkan penghargaan Adhi Mekayasa dan seorang prajurit dengan pangkat Letnan Satu TNI Angkatan Darat yang bertugas di sebuah batalion infantri di Bandung, Jawa Barat. Agus menikahi Anissa Larasati Pohan, seorang aktris yang juga anak dari mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia. Sejak pertengahan 2005, Agus menjalani pendidikan untuk gelar master-nya di Strategic Studies at Institute of Defense and Strategic Studies, Singapura. Anak yang bungsu, Edhie Baskoro lulus dengan gelar ganda dalam Financial Commerce dan Electrical Commerce tahun 2005 dari Curtin University of Technology di PerthAustralia Barat.


Pendidikan
  Akademi Angkatan Bersenjata RI (Akabri) tahun 1973
  American Language Course, Lackland, Texas AS, 1976
  Airbone and Ranger Course, Fort Benning , AS, 1976
  Infantry Officer Advanced Course, Fort Benning, AS, 1982-1983
  On the job training di 82-nd Airbone Division, Fort Bragg, AS, 1983
  Jungle Warfare School, Panama, 1983
  Kursus Senjata Antitank di Belgia dan Jerman, 1984
  Kursus Komando Batalyon, 1985
  Sekolah Komando Angkatan Darat, 1988-1989
  Command and General Staff College, Fort Leavenworth, Kansas, AS
  Master of Art (MA) dari Management Webster University, Missouri, AS
  Doktor dalam bidang Ekonomi Pertanian dari Institut Pertanian Bogor (IPB), tahun 2004.


Layanan SMS Presiden

Sekitar bulan Juni 2005, Presiden SBY memulai layanan pesan singkat (SMS) ke nomor telepon selulernya di 0811109949 namun esok harinya terjadi gangguan teknis karena banyaknya SMS yang masuk dan sekarang diganti cukup dengan SMS ke 9949 setelah itu SMS akan dipilih dan disampaikan ke presiden. Nomor 9949 adalah tanggal lahir beliau (9 September 1949). Tanggal 28 Juni 2005, Presiden SBY mengirimkan SMS kepada masyarakat dengan nama pengirim Presiden RI yang berisi tentang pencegahan narkoba. Kebenaran SMS ini sudah dikonfirmasikan dan juru bicara Presiden menyatakan berbagai SMS akan menyusul.












GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog