Minggu, 14 Juli 2013

hak sesama muslim





Hak sesama muslim  ada 6 :

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Hak/Kewajiban seorang muslim atas muslim yang lain ada enam.” Lalu ada yang bertanya, “Apa itu ya Rasulullah.” Maka beliau menjawab, “Apabila kamu bertemu dengannya maka ucapkanlah salam kepadanya, apabila dia mengundangmu maka penuhilah undangannya, apabila dia meminta nasehat kepadamu maka berilah nasehat kepadanya, apabila dia bersin lalu memuji Allah maka doakanlah dia -dengan bacaan yarhamukallah-, apabila dia sakit maka jenguklah dia, dan apabila dia meninggal maka iringilah jenazahnya.” (HR. Muslim)


1. Bila bertemu mengucap salam


Jika kita sesama muslim bertemu maka kita sebaiknya saling mengucap salam.
 Ucapkan salam dengan baik yaitu dengan ucapan yang benar "  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ" atau السلام عليكم karena makna salam adalah suatu do'a "Semoga keselamatan dan rahmat serta barakah ALLAH tercurah untukmu..". Orang yang mendengar salam wajib menjawab salam.
Namun seiring zaman yang semakin modern pengucapan salam secara bai dan benar mulai luntur kita lihat saja saat sms, chating dengan tmen dll.. banyak dari kita yang menyingat bacaan salam ada yang "ASS, Askum, ASW dll padahal arti kata tersebut sangat buruk jadi mulai sekarang ucapkanlah dan tulislah salam dengan baik agar kita benar-benar mendapat rahmad dari Allah Swt..

 Rasulullah SAW  memberikan arahan memberi salam bahwa:
  1. Orang yang berkendaraan harus memberi salam kepada pejalan-kaki.
  2. Orang yang berjalan kaki memberi salam kepada yang duduk.
  3. Kelompok yang lebih sedikit memberi salam kepada kelompok yang lebih banyak jumlahnya.
  4. Yang meninggalkan tempat memberi salam kepada yang tinggal.
  5. Ketika pergi meninggalkan atau pulang ke rumah, ucapkanlah salam meski tak seorangpun ada di rumah (malaikat yang akan menjawab).
  6. Jika bertemu berulang-ulang maka ucapkan salam setiapkali bertemu.
Semoga kita semua bisa selalu mengamalkan dan mengucapkan salam kepada sesama, karena diantara manfaat salam adalah  "Dari Abu Hurairah -radhiallahu ‘anhu- dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

لَا تَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا وَلَا تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا أَوَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى شَيْءٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ

“Kalian tidak akan masuk surga hingga kalian beriman, dan tidaklah kalian beriman hingga kalian saling menyayangi. Maukan kalian aku tunjukkan atas sesuatu yang mana apabila kalian mengerjakannya niscaya kalian akan saling menyayangi. Sebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Muslim no. 54)


2. Memenuhi undangan

Memenuhi undangan sesama muslim adalah hukumnya sunah muakad. bukankah akan tumbuh rasa persaudaraan diantara sesama muslim apabila saling memenuhi undangan. Saat kita menerima undangan baik secara lisan maupun tulisan lebih-lebih secara lisan "Jika kita masih ragu memenuhi undangan tersebut maka ucapkanlah InsyaAllah namun jika kita benar-benar tidak dapat menghadirinya katakanlah yang sebenarnya dan mintalah ma'af sebagai kata penyesalan bahwa kita mungkin tidak dapat memenuni undangan tersebut.


3. Memberi Nasehat 

Apabila ada saudara kita sesama muslim yang meminta nasehat kepada kita maka berikanlah nasehat kepadanya.

4. Mendoakannya ketika bersin

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Jika salah seorang dari kalian bersin, hendaknya ia mengucapkan الحمدلله (Segala puji bagi Allah), sedangkan yang mendengarnya mengucapkan يرحمك الله (Semoga Allah merahmatimu), lalu membalas dengan ucapan يهديكم الله و يصلح بالكم ( Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki urusanmu). (HR Bukhari).Jika dia terus bersin dan sudah didoakan tiga kali maka ucapkanlah yang keempat عافاك الله(Semoga Allah mengampuni mu) sebagai pengganti dari ucapan يرحمك الله.Sementara apabila kita mendengar orang kafir bersin dan memuji Allah maka ucapkanlah kepadanya يهديكم الله و يصلح بالكم ( Semoga Allah memberimu petunjuk dan memperbaiki urusanmu). (HR At tirmidzi)

5. Menjenguknya ketika sakit

"Barang siapa yang mendatangi saudaranya muslim (yang sakit) untuk menjenguknya, ia berjalan di atas kebun surga hingga ia duduk. Apabila ia duduk, rahmat (Allah) akan menyelimutinya. Bila waktu itu pagi hari, tujuh puluh ribu malaikat akan bersalawat kepadanya hingga sore hari, dan bila ia melakukannya di sore hari, tujuh puluh ribu malaikat tersebut akan bersalawat kepadanya hingga pagi hari." (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah. Syaikh al-Albani berkata: Hadits shahih)

Demikianlah beberapa keutamaan bagi seorang muslim yang mau menjenguk saudara sesama muslim yang sedang sakit.

6. Mengiringi Jenazahnya

yaitu mulai dari memandikannya, mengafaninya, men-sholat-kannya hingga mengantarkan serta menguburkan jasadnya. 
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Siapa yang mengantarkan jenazah hingga menshalatkannya maka baginya pahala satu qhirath, dan siapa yang mengantarkannya hingga dimakamkan maka baginya pahala dua qhirath”, beliau ditanya: “Apakah yang dimaksud qhirath ?”, beliau menjawab: “Bagaikan dua gunung yang besar“ (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Itulah hak sesama muslim semoga Allah memudahkan kita untu bisa mengamalkan satu persatu poin-poin tersebut.

IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog