Oleh Yetty D Novia
Sebagai guru tentunya kita pernah berfikir bagaimana caranya agar siswa kita aktif dalam setiap proses belajar mengajar. Salah satunya dengan kegiatan tanya jawab karena kebanyakan siswa tidak percaya diri bila disuruh bertanya. Sebagai contoh. Anak-anak apa ada yang ingin ditanyakan dari materi yang telah bapak atau ibu ajarkan ? pasti kebanyakan siswa menjawab jelas pak/bu atau tidak ada pak/bu. Tapi mungkin ada beberapa siswa yang ingin bertanya tapi mereka tak berani, takut diejek temanya lah, takut pertanyaannya salah dll. Untuk lebih merangsang keaktifan siswa dalam bertanya maka metode Plantet Question ( Pertanyaan Rekayasa) ini perlu bapak ibu coba.
Metode Plantet Question membantu untuk mempresentasikan informasi dalam bentuk respon terhadap pertanyaan yang telah ditanamkan atau diberikan sebelumnya kepada peserta didik tertentu. Metode ini membantu peserta didik yang tidak pernah bertanya atau bahkan tidak pernah berbicara pada jam-jam pelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan diminta menjadi penanya (Hisyam dkk, 2008 :46).
Langkah metode pembelajaran Plantet Question pertanyaan rekayasa adalah:
1. Pilihlah pertanyaan yang akan mengarahkan pada materi pelajaran yang akan disajikan. Tulislah tiga sampai enam pertanyaan dan urutkan pertanyaan tersebut secara logis.
2. Tulislah setiap pertanyaan pada sepotong kertas (10 X 15 cm), dan tuliskan isyarat yang akan digunakan untuk memberi tanda kapan pertanyaan-pertanyaan tersebut diajukan. Tanda yang bisa digunakan diantaranya: -menggaruk atau mengusap hidung-membuka kacamata -membunyikan jari-jari dll
3. Sebelum pelajaran dimulai, pilihlah siswa yang akan mengajukan pertanyaan tersebut. Berikan kertas yang telah dibuat dan jelaskan petunjuknya. Yakinkan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak diketahui oleh siswa lain.
4. Bukalah sesi tanya jawab dengan menyebutkan topik yang akan dibahas dan berilah isyarat pertama. Kemudian jawablah pertanyaan pertama, dan kemudian teruskan dengan tanda-tanda dan pertanyaan-pertanyaan berikutnya.
5. Sekarang bukalah forum untuk pertanyaan baru (bukan yang sebelumnya disusun).
Demikian mengenai metode plantet question, intinya dalam metode ini guru yang membuat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan dan diberikan kepada beberapa siswa tanpa sepengetahuan siswa lain, tujuannya untuk merangsang siswa lain untuk bertanya dengan pertanyaannya sendiri.
Selamat mencoba semoga anak didik kita lebih aktif dalam bertanya. Sehingga proses belajar mengajar menjadi semakin menarik. Wslm…
Sebagai guru tentunya kita pernah berfikir bagaimana caranya agar siswa kita aktif dalam setiap proses belajar mengajar. Salah satunya dengan kegiatan tanya jawab karena kebanyakan siswa tidak percaya diri bila disuruh bertanya. Sebagai contoh. Anak-anak apa ada yang ingin ditanyakan dari materi yang telah bapak atau ibu ajarkan ? pasti kebanyakan siswa menjawab jelas pak/bu atau tidak ada pak/bu. Tapi mungkin ada beberapa siswa yang ingin bertanya tapi mereka tak berani, takut diejek temanya lah, takut pertanyaannya salah dll. Untuk lebih merangsang keaktifan siswa dalam bertanya maka metode Plantet Question ( Pertanyaan Rekayasa) ini perlu bapak ibu coba.
Metode Plantet Question membantu untuk mempresentasikan informasi dalam bentuk respon terhadap pertanyaan yang telah ditanamkan atau diberikan sebelumnya kepada peserta didik tertentu. Metode ini membantu peserta didik yang tidak pernah bertanya atau bahkan tidak pernah berbicara pada jam-jam pelajaran untuk meningkatkan kepercayaan diri dengan diminta menjadi penanya (Hisyam dkk, 2008 :46).
Langkah metode pembelajaran Plantet Question pertanyaan rekayasa adalah:
1. Pilihlah pertanyaan yang akan mengarahkan pada materi pelajaran yang akan disajikan. Tulislah tiga sampai enam pertanyaan dan urutkan pertanyaan tersebut secara logis.
2. Tulislah setiap pertanyaan pada sepotong kertas (10 X 15 cm), dan tuliskan isyarat yang akan digunakan untuk memberi tanda kapan pertanyaan-pertanyaan tersebut diajukan. Tanda yang bisa digunakan diantaranya: -menggaruk atau mengusap hidung-membuka kacamata -membunyikan jari-jari dll
3. Sebelum pelajaran dimulai, pilihlah siswa yang akan mengajukan pertanyaan tersebut. Berikan kertas yang telah dibuat dan jelaskan petunjuknya. Yakinkan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut tidak diketahui oleh siswa lain.
4. Bukalah sesi tanya jawab dengan menyebutkan topik yang akan dibahas dan berilah isyarat pertama. Kemudian jawablah pertanyaan pertama, dan kemudian teruskan dengan tanda-tanda dan pertanyaan-pertanyaan berikutnya.
5. Sekarang bukalah forum untuk pertanyaan baru (bukan yang sebelumnya disusun).
Demikian mengenai metode plantet question, intinya dalam metode ini guru yang membuat beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan dan diberikan kepada beberapa siswa tanpa sepengetahuan siswa lain, tujuannya untuk merangsang siswa lain untuk bertanya dengan pertanyaannya sendiri.
Selamat mencoba semoga anak didik kita lebih aktif dalam bertanya. Sehingga proses belajar mengajar menjadi semakin menarik. Wslm…
0 komentar:
Posting Komentar