Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 45 menit
Standar Kompetensi : Menganalisis peradaban Indonesia dan dunia.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi peradaban awal masyarakat di dunia yang berpengaruh terhadap peradaban Indonesia.
Indikator :
Kognitif
1. Menjelaskan pusat-pusat peradaban di lembah sungai Nil
Kinerja/produk
1. Mendeskripsikan bentuk kebudayaan Mesir Kuno
Psikomotorik
1. Melakukan pengamatan dalam buku tentang cara membuat mummi
Tujuan Pembelajaran
Setelah pelajaran berakhir dengan buku tertutup siswa dapat :
1. Menjelaskan pusat-pusat peradaban di Lembah Sungai Nil
2. Mendeskripsikan bentuk kebudayaan Mesir Kuno baik itu sistem pemerintahan, kepercayaan, budaya, dan kesenian.
Melalui penugasan diharapkan :
1. Siswa dapat mengetahui cara pembutan Mummi
Materi Pembelajaran
“Pusat peradaban di Lembah Sungai Nil”
materi terlampir
Metode Pembelajaran : Ceramah, Pemberian Tugas, diskusi dan presentasi.
Langkah-langkah Kegiatan
a. Kegiatan Awal
- Apersepsi : Memberi Pertanyaan tentang kebudayaan dan peradaban
- Motivasi : menunjukkan gambar-gambar peninggalan kebudayaan Mesir Kuno
- Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai hari ini
b. Kegiatan Inti
- Penjelasan awal tentang bentuk kebudayaan dan peradaban di lembah sungai Nil
- Membagi siswa menjadi 4 kelompok
- Kelompok 1 membahas tentang Sistem Pemerintahan Mesir Kuno
- Kelompok 2 membahas tentang Sistem kepercayaan Mesir Kuno
- Kelompok 3 membahas tentang Peninggalan Budaya Mesir Kuno
- Kelompok 4 membahas tentang Ilmu Pengetahuan Mesir Kuno
- Diskusi
Masing-masing kelompok dengan tema yang berbeda menyajikan hasil pembahasan materi. Presentasi wakil satu kelompok yang lain saling melengkapi.
c. Penutup :
1. Memberikan pembahasan terhadap hasil diskusi
2. Menyimpulkan materi
3. Memberi tugas untuk mencari dan mengamati di berbagai sumber baik itu buku, internet dll mengenai cara pembuatan Mummi.
Alat/Bahan/Sumber/Media Belajar:
1. Alat : Gambar-gambar hasil peninggalan Mesir Kuno
2. Sumber : Buku pelajaran sejarah Sma kelas X
3. Media Belajar : Power point
Penilaian :
1. Tes Lisan (Penilaian Kognitif)
2. Penilaian kinerja berupa laporan pengamatan pembuatan Mummi
3. Penilaian psikomotorik yaitu proses dalam kerja kelompok dan diskusi (petunjuk kegiatan dalam LKS)
Indikator | Tujuan Pembelajaran | Lembar Penilaian dan Butir Soal | Kunci Lembar Penilaian | |
Menjelaskan pusat peradaban di Lembah Sungai Nil | Siswa dapat menjelaskan pusat peradaban di Lembah sungai nil | Tes lisan dalam RPP | Kunci jawaban dalam RPP | |
Mendeskripsikan bentuk kebudayaan mesir kuno | Siswa dapat mendeskripsikan bentuk kebudayaan mesir kuno baik itu sistem pemerintahan, kepercayaan, budaya, dan kesenian. | Tes kinerja dalam RPP | Kunci jawaban dalam RPP | |
Melakukan pengamatan dalam buku tentang cara membuat mummi | Siswa dapat mengetahui cara pembutan Mummi | Tes kinerja dalam RPP | Kunci RPP |
TES LISAN
1. Mengapa negeri Mesir dijuluki sebagai “ hadiah sungai nil”?
SOAL DISKUSI KELOMPOK
1. kelompok 1 membahas tentang Sistem Pemerintahan Mesir Kuno ?
2. Kelompok 2 membahas tentang Sistem kepercayaan Mesir Kuno ?
3. Kelompok 3 membahas tentang Peninggalan Budaya Mesir Kuno ?
4. Kelompok 4 membahas tentang Ilmu Pengetahuan Mesir Kuno ?
KUNCI JAWABAN
Tes Lisan
1. Karena daerah ini subur dengan adanya sungai nil
Diskusi
1. Mesir Kuno diperintah oleh seorang raja yang bergelar Pharao's (Fir'aun), Rakyat menganggap raja adalah seorang dewa yang diutus untuk memerintah dunia. Fir'aun memeiliki kekuasaan yang mutlak.
2. Kepercayaan masyarakat Mesir Kuno bercirikan : Polytheisme (memuja banyak dewa), Memuja binatang-binatang tertentu
3. Peninggalan budaya berupa piramida, spinx, kuil dll
4. Ilmu pengetahuan Mesir Kuno telah berkembang pesat. Mereka telah mengenal ilmu Astronomi, ilmu kimia, dan fisika, sistem kalender
KRITERIA PENGAMATAN AKTIFITAS TIAP SISWA
DALAM DISKUSI DAN KERJA KELOMPOK
Nama Siswa : ........................................................
NO | INDIKATOR | NILAI AKTIFITAS | SKOR | ||||
4 | 3 | 2 | 1 | ||||
1. | Kehadiran | ||||||
2. | Aktifitas mengemukakan pendapat dalam kelompok | ||||||
3. | Aktifitas dalam kerja kelompok | ||||||
4. | Menunjukkan hasil pekerjaan dalam kelompok | ||||||
JUMLAH SKOR |
Keterangan :
Kriteria skor
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Pusat Peradaban Lembah Sungai Nil
1. Lingkungan Alam
Mesir terletak di Benua Afrika Utara. Wilayahnya merupakan gurun pasir, diantara gurun pasi tersebut mengalirlah Sungai nil. Keberadaan sungai Nil membuat lembah disekitarnya menjadi sangat subur. Peradaban mesir Kuno tumbuh dan berkembang di sepanjang sungai Nil.
2. Sistem Pemerintahan
Mesir Kuno diperintah oleh seorang raja yang bergelar Pharao's (Fir'aun), Rakyat menganggap raja adalah seorang dewa yang diutus untuk memerintah dunia. Fir'aun memeiliki kekuasaan yang mutlak.
3. Sistem Kepercayaan
Kepercayaan masyarakat Mesir Kuno bercirikan :
1. Polytheisme (memuja banyak dewa)
Dewa tertinggi Dewa Ra (Dewa Matahari) , Osiris (Dewa Maut), Isis (Dewa Kesuburan)
2. Memuja binatang-binatang tertentu seperti : Apis (Sapi Jantan), Ibis (Burung bangau)
3. Mummi
4. Peninggalan Budaya
Seni Bangunan (Arsitektur)
a) Piramida : Bangunan segi empat kerucut yang digunakan sebagai tempat menyimpan jenazah raja-raja Mesir kuno.
b) Spinx : Patung berbadan Singa berkepala manusia. Digunakan sebagai penjaga piramida
c) Obelisk : Tugu yang terbuat dari batu granit berwarna merah berbentuk runcing dan segi tiga
d) Kuil, Medinet
Ilmu Pengetahuan
Ilmu pengetahuan Mesir Kuno telah berkembang pesat. Mereka telah mengenal ilmu Astronomi, ilmu kimia, dan fisika, sistem kalender.
Tulisan
Tulisan Mesir Kuno dikenal dengan nama Hieroglyph,artinya huruf suci yang dipahat. Tulisan ini berbentuk lambang atau gambar.
RPP yang saya buat beberapa tahun yang lalu semoga bermanfaat...
0 komentar:
Posting Komentar