Senin, 10 Februari 2014

Si Bungsuku Tumbuh Juga

Belum menikah kok bilang si bungsuku tumbuh juga? Ah, ini bukan baby ko, ini tentang gigi. Ya, gigi bungsu. Ada yang belum tahu gigi bungsu itu gigi apa?

Gigi bungsu itu adalah gigi geraham ketiga atas dan bawah. Jadi, ada empat gigi bungsu yang kita miliki. Disebut gigi bungsu karena tumbuhnya paling terakhir dan biasanya tumbuh pada usia sekitar 17-25 tahun.

Sumber gambar di sini
Nah, sudah hampir seminggu ini gigi bungsuku tumbuh. Kok lama banget? Iya, dulu waktu gigi bungsuku yang sebelah kiri bagian bawah tumbuh juga lama. Sakitnya juga sama. Sakit? Iya, selain sakit selama gigi bungsuku tumbuh, ada juga efek sampingnya, seperti:
  1. Pusing ringan
  2. Badan seperti masuk angin, meriang gitu
  3. Gusi sakit
  4. Tumbuh sariawan
  5. Nafsu makan berkurang
  6. Bau mulut kurang sedap
  7. Saat pagi hari, susah membuka mulut

Kalau sudah seperti itu mau ngapa-ngapain jadi males, tapi aku nggak mau jadi manusia yang merugi. Harus tetap beraktivitas dan produktif.

Setelah aku searching, ternyata rasa sakit yang aku alami itu dikarenakan posisi gigi bungsu mendesak gigi yang sebelumnya. Ngeri banget apabila letak gigi bungsu ini sampai mengganggu gigi geraham yang sebelumnya, karena mau nggak mau dianjurkan untuk dicabut. Hi, sudah ngeri aku. Semoga saja tidak.

Nah, dalam seminggu ini untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan, aku hanya berusaha menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan rajin-rajin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur. Rasa sakitnya memang tidak hilang, akan tetapi agak mendingan. Hal itu aku lakukan juga agar tidak ada kotoran yang menumpuk pada gigi bungsuku. Nanti malah ada ulatnya jadi infeksi deh. Bisa-bisa jadi sariawan dan nggak nafsu makan. Tidak!

Ada yang gigi bungsunya belum tumbuh? Selamat menanti ya?
GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog