Jumat, 20 Maret 2015

Inilah Juknis BOS SMA/MA/SMK/MAK 2015

Setiap tahun pemerintah melalui kementrian pendidikan selalu memperbarui jukni BOS Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Dasar, kali ini infoptk.com akan membagikan Juknis BOS SMA 2015.


Berikut ini adalah cuplikan isi dari Buku Panduan Teknis BOS SMA

TUJUAN

Secara umum program BOS SMA bertujuan untuk mewujudkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu bagi semua lapisan masyarakat. Sedangkan secara khusus bertujuan:

  1. Membantu biaya operasional sekolah non‐personalia.
  2. Mengurangi angka putus sekolah SMA.
  3. Meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) siswa SMA.
  4. Mewujudkan keberpihakan pemerintah (affimative action) bagi siswa miskin SMA dengan membebaskan (fee waive) dan/atau membantu (discount fee)  tagihan biaya sekolah bagi siswa miskin.  
  5. Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi siswa miskin SMA untuk mendapatkan layanan pendidikan yang terjangkau dan bermutu. 
  6. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran di sekolah. 

SASARAN PROGRAM DAN BESAR BANTUAN

Sasaran program adalah untuk SMA Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia. Besar bantuan per sekolah diperhitungkan dari jumlah siswa, dengan perhitungan sebagai berikut:

  1. Bantuan yang diterima sekolah dihitung berdasarkan jumlah siswa per sekolah dan satuan biaya BOS SMA. Satuan biaya nasional (unit cost) program BOS SMA sebesar Rp. 1.200.000/siswa/tahun. Sehingga total anggaran program BOS SMA tahun anggaran 2015 sebesar Rp. 5.347.291.800.000. 
  2. Untuk penyaluran periode Januari‐Juni sebesar Rp 600.000/siswa dan periode Juli‐Desember sebesar Rp. 600.000/siswa. 

Untuk jelasnya silahkan download Jukni BOS Tingkat SMA 2015 dibawah ini :
IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog