Minggu, 29 Maret 2015

Jenis Batuan dan Manfaatnya dalam Kehidupan

Tulisan ini diikut sertakan dalam lomba "Artikel Kompetesi Guru di Funeddo " dan berhasil menjadi juaranya.

Jenis Batuan dan Manfaatnya dalam Kehidupan
Batuan pasti bukanlah benda asingkan?, tentu saja batuan merupakan benda yang sangat dekat di sekitar manusia. Batu dalam kehidupan memiliki manfaat yang beragam seperti untuk pembangunan, asesoris, dan peralatan rumah tangga. Mungkin pernah mendengar batu ruby, safir, dan zamrud? batu yang sering diincar para pencinta batu akik ini diminati karena keindahannya sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Berdasarkan  klasifikasi unsur mineral dan kimia yang terkandung di dalamnya, batuan dapat dibedakan menjadi tiga yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Batuan Beku adalah jenis batuan yang terbentuk dari magma yang membeku. Contoh batuan ini yakni batu granit, diorit, gabbro, andesit obsidian, basalt dan lain-lain. Manfaat batuan ini  untuk bangunan, asesoris dan perlatan rumah tangga. Manfaat batuan beku dalam kehidupan dapat di lihat pada gambar di bawah ini:


Batuan Sedimen adalah batuan yang terbentuk dari batuan beku yang mengalami pelapukan dan pengendapan. Jenis batuan sedimen yaitu: kerikil, batu kapur, terumbu karang dan lain-lain. Dalam kehidupan batuan jenis sedimen memiliki manfaat seperti untuk ornamen rumah, bahan baku semen, dan hiasan. Manfaat batuan sedimen dapat dilihat pada gamabar di bawah ini:


Batuan metamorf adalah batuan yang mengalami perubahan secara fisik maupun secara kimiawi yang disebabkan suhu tinggi dan tekanan kuat dalam waktu lama. Contoh batuan ini: marmer, topaz, batu tulis (sabak) dan lain-lain.


Sudah jelaskan? Batuan dalam kehidupan manusia sangatlah bermanfaat baik untuk pembangunan, peralatan rumah, dan asesoris. Sehingga batuan memiliki nilai ekonomis tinggi.

Referensi:
Tulisan: Putrianasari, I.F.2013.  Metode Bimbel Kuasai Geografi. Yogyakarta:Planet Ilmu.
Gambar: www.google.com

IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog