Selasa, 29 Desember 2015

INFORMASI TERBARU : BOS FREEPORT, JAMES MOFFET AKHIRNYA MENGUNDURKAN DIRI

Assalamu'alaikum rekan-rekan semua. Berita pagi ini mengenai bos freeport yang mengundurkan diri. Silahkan disimak info selengkapnya dibawah ini..........

Co Founder Freeport McMoran James Moffet mundur sebagai pimpinan dan keluar dari jajaran dewan perusahaan beberapa bulan setelah penambang menambahkan dua direktur baru di bawah tekanan dari investor miliyader Carl Icahn. Moffet dan jajaran dewan telah mencapai kesepakatan atas keputusan itu.


"Setelah pertimbangan baik-baik, dewan memutuskan pergantian kursi kepemimpinan akan menjadi hal baik bagi perusahaan dan pemangku kebijakan," kata Juru Bicara perusahaan lewat surat elektronik. Senin kemarin saham Freeport sendiri jatuh lebih dari 9 persen ke US$ 6.86.

Dilansir dari Reuters.com, Moffet yang pensiun sebagai ketua tetap akan menjadi konsultan bagi jajaran dewan dan perusahaan dalam beroperasi di Indonesia. Sebab, Moffet memainkan peran penting dalam pengembangan salah satu tambang emas dan tembaga terbesar di dunia, Grasberg.

Icahn yang memiliki 8.8 persen Freeport pada 22 September lalu mengkritik pengeluaran penambang, struktur modal, dan kompensasi eksekutif di saat harga komoditas yang tengah melemah.

"Sejak Moffet menjadi ketua. Laju saham menurun drastis dari US$ 60 ke US$ 7, dan saat saham mencapai US$ 60, mereka memutuskan untuk melebarkan bisnisnya dari logam dan tambang menuju minyak. Hal itu merupakan keputusan yang buruk," kata Ivan Feinseth analis dari Tigress Financial Partners

Freeport masuk ke ranah bisnis minyak dan gas pada 2013 dengan mengakuisisi Plains Exploration and McMoRan Exploration senilai US$ 9 miliar. Hal tersebut dianggap mengejutkan sebab Moffet merupakan pemegang saham terbesar dan merupakan Direktur Utama.
Moffet sudah menjadi pimpinan Freeport dan juga sesepuh perusahaan sejak 1984. Ia juga merupakan pendiri McMoRan Oil&Gas Co di 1969 dan memimpin bergabungnya dengan Freeport Minerals Co di 1981. Kepergiannya datang beberapa bulan setelah Freeport merombak dengan tidak biasa struktur "jabatan ketua".

"Ketua" yang terdiri dari Moffett, Chief Executive Richard Adkerson and James Flores, Kepala Perusahaan bisnis minytak dan gas, dinilai menghambat peran kepemimpinan direktur Independen. Kemarin Freeport juga mengumumkan Gerald Ford yang telah memimpin direktur independen sejak 2013 menjadi pimppinan non eksekutif. Dengan tugas baru ini Moffet akan mendapatkan bayaran konsultasi tahunannya sebesar US$ 1.5 juta.

Sumber : tempo.co

Semoga informasinya bermanfaat !
IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog