Selasa, 17 Maret 2015

Motivasi Mengikuti Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 15

Motivasi Mengikuti Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 15


Tulisan Ringan motivasi mengikuti diklat online guru melek IT (DOGMIT) angkatan 15 – Pamong Didik. Menjadi seorang pendidik yang kreatif dan profesional dibidangnya merupakan sebuah tantangan tersendiri untuk saya pribadi, terlebih karena saat ini memiliki motivasi mengikuti diklat online guru melek IT (DOGMIT) angkatan 15 yang diadakan langsung oleh training guru melek IT yaitu pak sukani melalui e-traninggurumelekit.edu20.org.

Mengenal Diklat Online Guru Melek IT

Diklat Online Guru Melek IT atau akrab di kenal dengan DOGMIT ini diprakarsai oleh pak Sukani sebagai trainer guru melek IT; Pak Sukani merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Beliau Aktif dalam Gerakan Sosial bersama KSGN untuk memberikan Pelatihan Ngeblog Gratis bagi Guru di Seluruh Indonesia.
DOGMIT ini pun memiliki berbagai kompetensi untuk terus memajukan semangat para pendidik maupun praktisi pendidikan untuk mampu menguasai Informasi Teknologi (IT) yang terus berkembang pesat saat ini, berbagai kompetensi tersebut bisa langsung dilihat pada laman resmi materi kompetensi guru melek IT.

Proses Diklat Online Guru Melek IT

Banyak yang bertanya kepada saya bagaimana caranya mengikuti diklat online tersebut, terlebih karena saya pun baru pertama kali mengikutinya pada angkatan 15 ini dengan materi “Membuat Animasi Pembelajaran Dengan Cepat”. DOGMIT ini diadakan selama 12 hari dengan pelaksanaan waktu jam pelajaran setara dengan 60 Jam Pelajaran (JP) setiap JP sudah dibagi oleh masing-masing individu peserta diklat agar mampu disesuaikan pada waktu kosongnya masing-masing.
Berikut adalah tampilan rencana diklat online angkatan ke-15 yang saya buat;


Pada diklat angkatan 15 ini, terdapat 3 buah materi bahasan yang sangat menarik untuk saya ikuti, diantaranya adalah:
  1.     Membuat Gambar Animasi dengan Wajah Sendiri (GIF);
  2.     Membuat Animasi Profil dengan Wajah Sendiri;
  3.     Membuat Bahan Ajar Berbentuk Animasi dengan Wajah Sendiri;
Ketiga materi tersebut merupakan sebuah bidang yang ingin saya perdalam lagi, karena ketika saya melihat berbagai contoh hasil karya peserta diklat sebelumnya yang saya ketahui menggunakan aplikasi Crazytalk Animator Pro dari Reallusion, maka seketika itu juga saya memantapkan diri untuk harus mengikuti diklat online ini.

Motivasi Mengikuti Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 15

Diklat Online, Guru Melek IT

Brosur DOGMIT
Menjadi seorang pendidik di era kemajuan informasi teknologi yang berkembang pesat saat ini jangan sampai kalah kemampuannya dibandingkan anak didik, saya merasakan sendiri berada di daerah Kalimantan Selatan yang tepatnya didaerah Margasari, Kabupaten Tapin ini jauh dari fasilitas mumpuni untuk koneksi internet. Dimana saat kendala tersebut awalnya saya ragu untuk mengikuti DOGMIT ini, namun ketika ada kemauan pasti ada jalan. Materi yang telah diberikan oleh fasilitator disesuaikan dengan rencana diklat yang telah saya buat, maka saya terus bertekad untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Uang pendaftaran diklat sejumlah Rp.390.000,- memang bukan jumlah yang sedikit untuk seorang guru honorer seperti saya ini, namun melihat akan manfaat yang saya harapkan pastinya itu merupakan pengorbanan yang berarti.

Menjadi seorang pendidik yang pernah juga merasakan hatrick juara pada gelaran gebyar TIK 2014 yang diadakan oleh Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun yang lalu, tidak serta merta menjadikan saya besar kepala. Ternyatah masih banyak ilmu yang harus saya dapatkan dan kembangkan, menurut saya tidak ada batasan terlalu muda untuk mengajar dan tidak pun dianggap terlalu tua untuk belajar. Untuk membaca cerita saya mengikuti gebyar TIK tersebut bisa langsung ke postingan : GEBYAR TIK 2014 – Sepenggal cerita juara lomba website sekolah; Blogger Guru Inspiratif di Gebyar TIK 2014; dan Guru pun Harus Menjadi Presenter Profesional.

Maka, ketika ditanya apakah Motivasi Mengikuti Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 15 maka saya akan lantang menjawabnya dengan penuh semangat bahwasanya diri seseorang itu harus berkembang, baik itu mengembangkan bakat dan kreatifitas hingga mampu kearah profesionalitas dibidang yang dikuasai untuk memajukan pendidikan saat ini.

Terima kasih saya ucapkan kepada pak Sukani, sebagai founder guru melek IT. Niscaya niat baik anda dalam penyelenggaraan DOGMIT ini sangat bermanfaat untuk memajukan kualitas para pendidik saat ini.

Dan untuk teman-teman semuanya, silahkan ikutan diklat online guru melek IT pada angkatan-angkatan berikutnya. Pastilah ilmu yang kita dapatkan akan bermanfaat, minimal untuk mengembangkan kemampuan potensi diri pribadi. Apalagi kalau sampai diajarkan kepada yang lain, pastilah ilmu tidak akan berkurang atau hilang.

Salam Pendidik,

PamongDidik.com
IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog