Senin, 27 April 2015

LOMBA TATA KELOLA DANA BOS TAHUN 2015

Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) yang diterima oleh sekolah dikelola secara mandiri melalui Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Dari sisi manajemen keuangan, MBS menuntut pengelola sekolah mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pertanggungjawaban pengelolaan dana secara baik dan transparan. 

Pengelolaan dana yang baik tidak terlepas dari prinsip ekonomis, efisiensi, efektifitas, transparansi, akuntabilitas, keadilan, kejujuran dalam pengelolaan dan pengendalian.

Setelah 10 tahun pelaksanaan program BOS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merasa perlu untuk mendapatkan gambaran mengenai pengelolaan dana BOS yang baik yang sudah dilaksanakan di sekolah. Untuk itu perlu dicari sekolah-sekolah yang dapat menjadi model atau contoh dalam pengelolaan dana BOS.


Dengan latar belakang tersebut, Tim Manajemen BOS Pusat akan menyelenggarakan Lomba Tata Kelola BOS tingkat sekolah. Lomba ini melibatkan penilaian terhadap seluruh sekolah yang menerima dan mengelola dana BOS. Dengan dilaksanakannya lomba ini, diharapkan akan diperoleh sekolah-sekolah dengan pengelolaan anggaran dan kegiatan yang baik untuk mendukung proses pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Selanjutnya, sekolah-sekolah inilah yang diharapkan dapat menjadi contoh dan model dalam pengelolaan dana BOS yang baik.

Pelaksanaan Lomba Tata Kelola BOS tingkat SMP bertujuan untuk:

1.   Mendorong kinerja pengelolaan program BOS di sekolah menjadi lebih baik;
2.  Mencari model contoh sekolah yang mengelola dana BOS dan dana lainnya secara transparan dan akuntabel;
3.   Memotivasi sekolah lainnya untuk mengelola dana BOS lebih baik.

Sekolah yang dapat diikutsertakan dalam Lomba Tata Kelola BOS adalah sekolah tingkat SMP, baik negeri dan swasta, yang menerima dana BOS.


Download selengkapnya petunjuk teknis (Juknis) Tata Kelola BOS Tingkat SMP tahun 2015 pada links berikut :


Demikian informasi tentang adanya Lomba Tata Kelola BOS Tahun 2015 yang admin share dari situs http://bos.kemdikbud.go.id, semoga bermanfaat dan terimakasih.

IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog