Kamis, 16 April 2015

PERSIAPAN AKREDITASI SEKOLAH

Memperoleh nilai akreditasi sekolah yang tinggi tentu saja menjadi keinginan setiap warga sekolah. Capaian akreditasi merupakan salah satu cerminan tingkat kinerja Kepala Sekolah dan guru. Sekolah yang memiliki nilai akreditasi yang bagus tentu saja memiliki prestise tersendiri bagi setiap warga sekolah.

Akreditasi Sekolah

Tentu saja akreditasi yang tinggi tidak diperoleh dengan serta merta, perlu persiapan jauh-jauh hari sebelum tim assesor berkunjung ke sekolah. Kerjasama yang baik harus terjalin diantara kepala sekolah dengan seluruh staff pendidik dan tenaga kependidikan. Agar terorganisasi dengan baik maka perlu dibentuk tim/ panitia khusus persiapan akreditasi. Kepanitian ini mencakup 8 (delapan) standar nasional pendidikan. Setiap standar atau beberapa standar perlu ditentukan koordinator dengan beberapa anggota. Secara berkala diadakan pertemuan untuk mengkoordinasikan kegiataan-kegiatan serta memantau progress dari setiap tim-tim kecil yang dipimpin oleh koornitor.

Tidak kalah pentingnya, agar kerja panitia menjadi terarah dan fokus, maka harus memiliki pedoman baik perupa petunjuk teknis akreditasi, dokumen pertanyaan-pertanyaan, serta petunjuk jenis dokumen seperti apa yang dimaksud oleh setiap pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Beberapa hal yang harus dimiliki oleh panitia akreditasi, antara lain

Berbekal dokumen-dokumen di atas, cukup membantu panitia dalam mempersiapkan berbagai hal yang diperlukan sebagai bukti-bukti yang ditunjukkan kepada tim assesor.

Bagi rekan-rekaan yang ingin mengunduh dokumen-dokumen tersebut dapat langsung diklik pada nama dokumen yang sesuai.

Selamat berjuang, semoga hasil akreditasinya sesuai yang diharapkan.

Unduh Aplikasi Penskoran Akreditasi, klik tautan ini.

Berkas lengkap akreditasi SMP/MTs bisa download disini
Berkas lengkap akreditasi TK/ RA bisa download disini
Berkas lengkap akreditasi SD/ MI bisa download disini
Berkas lengkap akreditasi SMA/ MA bisa download disini
Berkas lengkap akreditasi SMK/ MAK bisa download disini
Berkas lengkap akreditasi SLB bisa download disini



IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog