Rabu, 27 Januari 2016

TEROBOSAN BARU " KULIAH KEDOKTERAN GRATIS DI UNIVERSITAS INI "

Asalamu'alaikum wr.wb. selamat siang dana salam sejahtera untuk kita semua.....
mari simak informasi terbaru berikut ini....

Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung menggratiskan biaya kuliah seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) sampai lulus.
Rektor Unpad Tri Hanggono Achmad lantas membeber hitung-hitungan biaya sehingga biaya kuliah dokter di kampusnya bisa digratiskan. 


’’Pembebasan atau beasiswa ini berlaku untuk seluruh mahasiswa FK tahun masuk 2016 ini. Kuotanya ada 250 orang,’’ katanya saat dihubungi kemarin (26/1). Selain mahasiswa kedokteran, beasiswa ini juga untuk mahasiswa dokter spesialis.

Tri Hanggono menuturkan biaya kuliah FK yang digratiskan itu sesuai dengan uang kuliah tunggal (UKT). Di dalam tabel UKT biaya kuliah kedokteran sebesar Rp 13 juta per semester atau Rp 26 juta per tahun. Dengan lama studi sampai siap praktek selama lima tahun, maka biayanya Rp 130 juta per mahasiswa.
Dengan demikian, untuk membiayai kuliah seluruh mahasiswa FK dalam satu angkatan sampai tamat atau siap berpraktek, dibutuhkan duit Rp 32,5 miliar. Untuk ukuran kampus negeri papan atas, anggaran senilai Rp 32,5 miliar tidak terlalu besar. Sebagai perbandingan dana bantuan operasional (BOPTN) di Universitas Indonesia (UI) saja, mencapai Rp 220 miliar per tahun.

Rektor kelahiran Bandung, 22 September 1962  itu mengatakan kebijakan pemberian beasiswa atau penggratisan biaya kuliah di FK bukan keputusan dadakan. 
’’Kita menggodoknya sejak 2012 lalu,’’ katanya. Tetapi memang baru diumumkan sekarang, agar calon mahasiswa yang memilih FK Unpad tidak kaget.

Tri Hanggono mengatakan syarat untuk bisa masuk FK Unpad harus teken kontrak penempatan praktek saat menjadi dokter profesional nanti. Aturan ini berlaku untuk mahasiswa jalur SNM PTN maupun SBM PTN. 


Sumber : ( http://www.jpnn.com/ )

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan....
semoga bermanfaat.....




GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog