Kamis, 18 Februari 2016

PROF WARSONO : INGAAT !!! GURU TAK BISA LAGI MAIN PERINTAH TERHADAP SISWA

Asalamu'alaikum wr.wb. selamat pagi dan salam sejahtera untuk rekan-rekan guru seluruh indonesia.
mari simak informasi penting berikut ini.....

Guru saat ini tidak bisa lagi main perintah kepada siswanya. Penerapan pembelajaran dengan sistem perintah dirasa sudah tidak sesuai dengan sikap siswa saat ini.
Hal ini berdasarkan hasil pengamatan lulusan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang banyak menekuni profesi guru. Unesa bukan saja terus memantau pola pembelajaran guru pada murid. Namun juga cara berkomunikasi guru terhadap muridnya.
Rektor Unesa Prof Warsono menyampaikan hal tersebut saat menjadi pemateri pelatihan guru, kepala sekolah dan komite SMP dari Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik, digelar SMA Muhammadiyah 2 (Smamda) Surabaya, Rabu (17/2/2016).


"Komunikasi guru dalam proses belajar-mengajar harus efektif, santun, dan jelas," kata Warsono.
Sederhana dalam berkomunikasi, menjadi kunci lain keberhasilan belajar-mengajar. Kesederhanaan komunikasi membuat anak mudah memahami materi pembelajaran. Komunikasi guru harus menghindari kata perintah, harus mengajak dan bertanya.
"Santun itu enak didengar. Efektif, tujuan komunikasi tepat sasaran. Guru zaman dulu juga melibatkan rasa kasih sayang saat memberikan materi pembelajaran. Bukan hanya memaparkan ‘adalah’, tetapi harus lebih memancing keaktifan siswa dengan sering bertanya pada siswa," lanjut Warsono.
Sedang terkait Tunjangan Profesi Pendidik (TPP) yang menjadi hak guru, Warsono minta itu juga dipergunakan meningkatkan 

"Guru sekarang tidak bisa lagi main perintah, tapi mengajak. Guru harus banyak mengajak supaya intelektualitas anak terangsang," tandasnya.
Kabid Pendidikan Atas dan Kejuruan Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya Sudarminto menambahkan, komunikasi guru dalam pembelajaran penting. Terlebih bersamaan pemberlakuan Masyarakat Ekonomi asean (MEA) sekarang ini.
"Suksesnya Indonesia dalam MEA tergantung komunikasi kita (Indonesia). Guru bisa memberikan contoh komunikasi yang efektif,"



Demikian informasi terbaru yang dapat saya beriakan.....
semoga bermanfaat untuk kita semua.....
GURU KREATIF

0 komentar:

Poskan Komentar

Arsip Blog