Kamis, 09 April 2015

NEW Dapodikdas dan Dapodikmen akan Dilebur Menjadi Dapodikdasmen.

Infosekolah.Net - Dengan adanya Aplikasi Dapodik, ternyata membawa  manfaat yang luar biasa dalam sistem pendataan dalam bidang pendidikan. Dengan sistem ini negara bisa menghemat uang triliunan rupaiah dengan keakuratan data yang jauh lebih valid. Dan pada saat ini Aplikasi Dapodik terdiri dari 2 jenjang yaituDapodikdas ( untuk jenjang dikdas) dan Dapodikmen( untuk jengajng pendidikan menengah).


Baru-baru ini, hasil Training of Trainner ( TOT) angkatan III Dapodik Kota Bekasi menginfokan bahwa ada rencana penggabungan 2 aplikasi Kemdikbud ini, yaitu Dapodikdas dan Dapodikmen yang akan dilebur menjadi Dapodikdasmen.
Selain rencana tersebut, masih ada beberapa hal penting yang semakin menegaskan bahwa Dapodik merupakan satu-satunya sistem pendataan dibawah naungan Kemdikbud, dan akan menjadi dasar berbagai program pemerintah, dan diantaranya juga sudah berjalan.

Mari kita simak bersama paparan hasil TOT angkatan III Dapodik di Kota Bekasi, diantaranya:

  1. Pada tahun 2015 ini,  semua data akan saling berkolerasi dengan Dapodikdas diantaranya NISN, NPSN, Data UN, KIP (Kartu Indonesia Pintar), Bantuan Operasional Sekolah. Data-data tersebut terambil dari hasil sinkronisasi data masing-masing sekolah.
  2. Kemendibud menegaskan kembali, bahwa hanya satu sistem pendataan yang digunakan untuk kepentingan pendataan sekolah ( Sekolah, PTK, Siswa dan Sarpras ) di lingkungan Kementerian Pendidikan Dasar yaitu sistem pendataan Dapodik, dan rencananya Dapodikdas dan Dapodikmenakan dilebur menjadi satu yaitu, Dapodikdasmen.
  3. P2TK Dikdas mengambil sumber data untuk penyaluran tunjangan ( termasuk Inpassing) murni dari Dapodik, tidak ada sistem pengumpulan data lainnya. Selengkapnya bisa  dilihat di  laman http://p2tk.dikdas.kemdikbud.go.id/
  4. Cek data tunjangan profesi SKTP harap dicek oleh PTK / Guru yang bersangkutan, jangan  mengandalkan Operator , termasuk juga entry data SIM PKG (seharusnya oleh Pengawas Sekolah)
  5. Kabar gembira bagi para Operator Sekolah yang merangkap menjadi guru ataupun guru yang merangkap sebagai Operator. jumlah quota tunjangan fungsional  akan disalurkan terlebih dahulu dan diutamakan, dengan syarat utamanya adalah  sudah mempunyai NUPTK
  6. Jadwal penerbitan SKTP 2015 akan bersumber dari Dapodik. Dapodik semester  2 tahun pel ajaran 2014/2015 (Januari-Juni) merupakan batas pergantian tahun pelajaran baru sehingga data pada Dapodik harus data update Dapodik semester 1 tahun ajaran 2015/2016 ( Juli-Desember)
  7. Mengenai penyaluran BOS: tahun 2015 ini penyaluran dana BOS ke sekolah-sekolah dan penentuannya mutlak terambil dari data Dapodik. Pendataan akan dilakukan dari tahap penjaringan dari Dapodik, sedangkn admin kab/kota hanya melakukan verifikasi data BOS yang sudah ada sebelumnya dari Dapodik.
  8. Sekolah WAJIB mendata kembali siswa yang mempunyai kartu BSM/KIP karena ini sangat berpengaruh, dan akan menjadi key untuk Pusat dan menjadi Nomor Registrasi BSM/KIP.
Proses penyempurnaan data Dapodik pun terus dilakukan, diantaranya dengan cara melakukan integrasi beberapa progam yang akan diintegrasikan dalam Dapodik. Diantaranya:
Dapodik Integrasi dengan :
1. NISN & NPSN,
2. Ujian Nasional,
3. KIP (KARTU INDONESIA PINTAR),
4. SIM & Aneka Tunjangan guru,
5. Bantuan Operasional Sekolah,
6. STATISTIK & SPM


Demikianlah beberapa hal penting yang berkaitan  hasil TOT angkatan III Dapodik di Kota Bekasi mengenai update sistem pendataan Dapodik. Diantaranya adanya  adalah Dapodikdas dan Dapodikmen akan Dilebur Menjadi Dapodikdasmen.

GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog