Selasa, 07 April 2015

Tahun 2015 Kelulusan Siswa ditentukan Sekolah 100 %

Sejak Tahun 2003 Ujian Nasional (UN) mempunyai standar kelulusan, UN selalu menjadi perbincangan masyarakat. Banyak sekali yang menolak dan mengkritik dilakukan UN. Tapi sekarang, mungkin UN tidak lagi akan menjadi berbedatan yang menakutkan karena kelulusan siswa tahun 2015 di tentukan oleh sekolah 100 %.

Anies Baswedan: Kelulusan siswa ditentukan Sekolah
Menteri Pendidikan dan kebudayaan pada acara Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2015  menyampaikan bahwa mulai tahun ini kelulusan siswa ditentukan oleh sekolah 100%, UN tidak lagi menjadi penentu tunggal kelulusan siswa. Yang menentukan kelulusan adalah sekolah dengan melihat faktor utama semua mata pelajaran dan perilaku siswa di sekolah. oleh karena itu siswa jangan takut dengan ujian nasional (UN). (baca juga : Download Soal Prediksi UN SMP 2015)

Selain itu Mendikbud menyampaikan kembali bahwa UN tidak menjadi faktor utama penentu kelulusan siswa. Nilai UN hanya akan digunakan Untuk menyaring masuk ke jenjang pendidikan berikutnya baik itu SMA, SMK maupun Perguruan tinggi.

Dengan itu kemdikbud berharap dengan UN bukan lagi penentu kelulusan siswa, siswa dan sekolah akan melaksanakan ujian nasional dengan jujur dengan semangat mendapatkan prestasi terbaik.

"Jangan lagi ada kecurangan seperti yang selama ini terdengar, lakukan dengan jujur dan raihlah pretasi terbaik" Ujar Kemdikbud
Inan kito juga berharap kabar ini menjadi semangat bagi siswa dan para guru serta pelaku pendidikan melaksanakan UN dengan sebaik-baik mungkin. Ingat evaluasi memang kita butuhkan untuk mengukur tingkat keberhasilan sebuah pendidikan. Dengan melakukan UN secara jujur berarti kita sudah belajar dari Filandia, Melakukan evaluasi bukan untuk melabeli siswa melainkan untuk mengevaluasi sistem pendidikan kita. [Infosekolah.Net I 7/4/2015]
GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog