Selasa, 26 Mei 2015

DIY (Do It Yourself) membersihkan AC (Air Conditioner) sendiri

Air Conditioner (AC) di zaman saat ini sudah bukan barang mewah lagi, sudah beberapa rumah menggunakan AC, baik di kota maupun di pedesaan. Apalagi saat ini Cuaca Panas dimusim kemarau sangat menganggu aktifitas dirumah, terutama saat tidur malam dikamar yang ventilasi kurang bagus. Seperti dikamar saya, jika Boven dibuka maka nyamuk masuk kerumah, dan jika boven ditutup otomatis sirkulasi udara tidak lancar, akibatnya di dalam kamar sangat panas dan pengap, sehingga saya memasang AC dikamar saya. Meskipun daya listrik cuma 900 watt, maka saya menjatuhkan pilihan di AC LG hercules Inverter 260 watt. dan lumayan Hemat energi listrik.



Masalah muncul ketika dipakai beberapa bulan AC kurang dingin, bahkan untuk mencapai 27 derajat butuh waktu yang lama, ini merupakan gejala bahwa AC sudah perlu untuk dibersihkan,

Biasanya saya rutin membersihkan saringan udara 1-2 minggu sekali, tapi untuk bagian dalam AC saya belum pernah membersihkannya, sudah lebih dari 6 bulan. Akhirnya daripada mengundang tukang AC, maka saya mencoba membersihkan AC dirumah saya sendiri.

Langkah pertama yang saya lakukan adalah mematikan sumber tegangan yang masuk ke AC, karena saya memasang MCB sebelum masuk ke AC maka saya cukup mematikannya saja MCB tersebut


Buka Penutup AC dengan menarik keatas dengan memegang sisi bagian kanan dan kiri, lalu tarik keatas.


Siapkan Obeng + (plus) kemudian lepaskan 2 buah sekrup yang ada dibalik penutup AC tersebut

Kemudian lihat bagian bawah, ada sebuah knop, didalam knop tersebut juga ada sekrup + (plus), buka knop tersebut, lalu lepaskan dua buah sekrup yang ada di sisi kiri dan kanan.







 sebanyak 4 buah sekrup telah dilepaskan, maka AC siap untuk diseksekusi


Dengan sedikit mencongkel, lepaskan pengait penutup AC bagian bawah, hati-hati jangan sampai pengaitnya patah.


Penampakan setelah penutup AC bagian bawah dilepas, wow...... ternyata sudah kotor sekali, banyak debu dan sarang laba-laba disitu... heheh..., langkah berikutnya melepas tutup utama AC tersebut dengan cara sedikit merenggangkan penutup di sisi kiri dan kanan, lalu tarik ke atas pelan-pelan, maka penutup AC akan terbuka.




AWAS !! Jangan lupa untuk melepaskan soket lampu AC yang ada di tutup AC dengan mesin AC, sehingga tutup AC bisa dilepaskan dengan sempurna.


Tarik keatas tutup AC, dan wow.. kelihatan daleman AC nya, ternyata kotor buanget.. hehehe.... pantesan mulai nggak dingin.

Letakkan tutup AC di tempat yang aman, hati-hati jangan sampai terinjak heheh...he..


Ini penampakan AC yang telah telanjang, karena bajunya sudah dilepas... hehe..



Biasanya kalau tukang servis AC menggunakan air untuk membersihkan kisi-kisi AC, air disemprotkan ke Kisi-kisi evaporator AC tersebut, tapi karena saya males membersihkan kamar, yang kemungkinan besar akan becek karena air, selain itu saya juga ngggak punya penyemprot air, untuk menyemprot kisi-kisi evaporator, maka saya gunakan kuas saja untuk membersihkan debu-debu tersebut.

Kuas dengan hati-hati, bersihkan setiap debu yang menempel, hati-hati jangan sampai kisi-kisi nya bengkok dan rusak, gunakan kuas yang lembut.. jangan sikat WC ya.. !!!


Setelah bagian atas dibersihkan saatnya mebersihkan bagian dalam atau kipas/blower dari AC tersebut, siapkan obeng Plus (+) lagi untuk membuka sekrup lagi, berarti total ada 5 buah sekrup yang kita lepas (diingat baik-baik  jangan sampai lupa  heheheh). Lepaskan sekrup dekat motor stepper pengatur arah angin.


Lepaskan pengait pelan-pelan, jangan sampai patah.. (saya sudah matahin satu pengait utnung ada 3 pengait... karena kurang hati-hati heheh)


Tarik perlahan saluran pembuangan airnya, sampai lepas... dan akhirnya.. lepas deh.... jangan lupa siapkan waskom untuk tempat air, biasanya disitu ada talang air, dan masih ada air yang tersimpan disitu... jangan sampai kamar jadi becek.. ntar... istri bisa marah... hehehe..


Penampakan Kipas/blower AC yang banyak debu yang menempel dan cukup tebal.. woww... pantesan anakku kemarin kena Flu.. banyak debu di AC tersebut....




Bersihkan bagian kipas/blower tersebut dengan kuas, pelan-pelan dan hati-hati, jika debu menempel kuat bisa diberikan sedikit air, (klo tukang servis biasanya disemprot air)



Jika sudah bersih, kembalikan lagi penutup AC, dengan langkah kebalikan dari urutan diatas.

Akhirnya malam ini AC cukup dingin.... baru beberapa menit AC dinyalakan, suhu dari 32 derajat langsung turun jadi 27 derajat.. dengan cepat.... wussssss.....dan tidur  pun jadi nyenyak... :)













IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog