Sabtu, 09 Mei 2015

Menggunakan Tanda “$” pada Excel

Ketika kita bekerja dengan Microsoft Excel, sering kita temui adanya tanda “$” atau absolute reference. Bisa jadi kita yang belum mengetahui akan bertanya-tanya, apa makna simbol ini dan bagaimana penggunaannya. Tutorial kali ini akan dibahas mengenai penggunaan tanda “$” atau absolute reference pada Excel.

Tanda “$” digunakan ketika kita membuat sebuah formula atau rumus di mana formula tersebut mengacu kepada sell atau range tertentu. Penambahan tanda “$” dimaksudkan agar sell atau range acuan tersebut bernilai absolut, artinya ketika formula tersebut dicopy ke sell lain maka sell atau range acuan tersebut tidak bergeser. Untuk memahami penggunaan tanda “$” dalam Excel maka kita coba penggunaannya untuk menentukan rangking siswa.

Buatlah tabel no, nama, dan jumlah nilai siswa sebagai berikut beserta kolom rangking :

image

Cara untuk menentukan rangking siswa dengan Excel adalah dengan formula =RANK(number;ref;order). Number menunjukkan sell jumlah nilai siswa yang kita cari peringkatnya, sedangkan ref menunjukkan reference atau range yang menjadi acuan. Sehingga untuk range kita gunakan range C3:C10 dalam contoh ini. Agar range ini bersifat absolut maka range pada formula kita blok lalu tekan F4 pada keyboard untuk menghasilkan absolute reference ($). Terakhir tambahkan nilai 0 pada order. Tekan enter kemudian copy rumus sampai sell terakhir di kolom rangking. Maka kita peroleh hasil sebagai berikut :

image

Kita perhatikan bahwa sampai dengan sell terakhir range C3:C10 bersifat absolute sebagai pembanding dalam menentukan rangking siswa. Dengan cara ini maka kita bisa memahami  penggunaan tanda “$” atau absolute reference pada Excel.

Demikian tutorial mengenai penggunaan tanda “$” atau absolute reference pada Excel. Semoga bermanfaat !

GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog