Minggu, 31 Mei 2015

E-book dan Tutorial instalasi moodle untuk pembelajaran online

Perkembangan jaman saat ini menuntut kita sebagai seorang guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyampaikan materi pembelajaran. Jangan sampai kita sebagai guru ketinggalan jauh dengan murid kita. Dalam perkembangannya saat ini pemerintah sudah mencanangkan UN CBT (ujian Nasional Computer Based Test.

Software aplikasi yang gratis yang sangat bagus dan mudah dalam penggunaannya salah satunya adalah CMS moodle. Kita dapat menggunakannya dan menginstal dengan mudah.

MOODLE (singkatan dari Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah paket perangkat lunak yang diproduksi untuk kegiatan belajar berbasis internet dan situs web yang menggunakan prinsip social constructionist pedagogy. MOODLE merupakan salah satu aplikasi dari konsep dan mekanisme belajar mengajar yang memanfaatkan teknologi informasi, yang dikenal dengan konsep pembelajaran elektronik atau e-learning. Moodle dapat digunakan secara bebas sebagai produk sumber terbuka (open source) di bawah lisensi GNU. Moodle dapat diinstal di komputer dan sistem operasi apapun yang bisa menjalankan PHP dan mendukung database SQL.

Dengan menggunakan moodle ini kita dapat memberikan penugasan/PR, ulangan harian, materi pelajaran, polling dll secara online, sehingga siswa dapat belajar kapan dan dimana saja.

Moodle dapat di aplikasikan secara ONLINE maupun Local Area Network

contoh moodle secara online : http://smkn2sragen.sch.id/moodle/




IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog