Minggu, 09 November 2014

Blogger Guru Inspiratif di Gebyar TIK 2014

Blogger Guru Inspiratif di Gebyar TIK 2014
Tulisan Ringan – PamongDidik. Masih melanjutkan sepenggal cerita juara lomba dari pengalaman mengikuti gelayaran Gebyar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) 2014 yang diselenggarakan oleh Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP), Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk cerita pada postingan ini saya ingin berbagi mengenai pengalaman pertama saya mengikuti lomba blog guru pada salah satu cabang lomba yang diadakan di Gebyar TIK tersebut.

Sebuah ucapan yang terucap dari mulut salah seorang sahabat yang waktu itu melihat ambisi saya dalam mengikuti gebyar TIK tersebut adalah “Sudah di unjuni, di lunta’i nah ini di tangguk ha pulang”, ucapan dari bahasa banjar yang maksudnya adalah ketika saya yang waktu itu dengan semangatnya mengikuti ketiga cabang lomba yang diadakan, lomba website sekolah yang saya wakili akhirnya mendapatkan juara pertama; baca postingan sebelumnya, sepenggal cerita juara lomba website sekolah, lomba blog guru yang walau hanya mendapatkan posisi runner up tetap menjadi kebanggaan saya tersendiri, dan di lomba media pembelajaran yang juga mendapatkan peringkat pertama; maka ketiga cabang lomba tersebut dengan sangat antusias saya raih sebagai juara umumnya.

Ya, serakah memang kalau dilihat dari ketiga cabang lomba yang saya ikuti akhirnya mampu meraih kesemua juara; dengan netbook dan uang tunai yang saya raih akhirnya impian saya terwujud sebagai guru inspiratif walaupun hanya berada di tempat yang jauh dari perkotaan, dengan keadaan yang seadanya akhirnya mampu memotivasi saya sebagai insan yang kreatif memanfaatkan bakat dan pengetahuan yang ada.

Kembali ke cerita bagaimana pengalaman saya mengikuti lomba blog guru ya…

Dunia blogging untuk saya pribadi bukanlah hal yang baru, karena saya sudah mengenal blogging pada tahun 2007an melalui blog saya yang sampai saat ini terbengkalai tak terurus dengan domain zonamerah.blogspot.com sempat juga blog tersebut menang kontes dengan hadiah domain zonamerah[dot]com namun akhirnya pun kembali tak dapat dihidupkan lagi. Sedih memang, namun dengan blog yang baru ini saya terus membulatkan tekad untuk terus terjun dalam dunia blogging.

Blog pamongdidik ini dibuat pada awal januari 2014, sehingga ketika mengikuti lomba blog guru pada gebyar TIK pada tanggal 13-14 Agustus 2014; blog ini masih sangat muda sekali umurnya. Dengan mengambil nama Pamong Didik dan tagline “Inspirasi Pendidik Masa Kini”, saya ingin menjadikan blog ini sebagai acuan dari para pendidik dalam menggembangkan bakatnya demi kemajuan pendidikan dimasa yang akan datang.
Berbagai tampilan blog pamongdidik pada perangkat teknologi
Pada lomba blog guru ini kriteria penilaian sangat beragam, mulai dari layout, konten serta penyajian presentasi kita pada saat penjurian pun harus sudah kita persiapkan sebelumnya. Dan alhamdulillah ketika penjurian untuk blog ini saya mampu menampilkan yang terbaik, walau hasilnya hanya berada di posisi runner up alias juara kedua. Satu hal yang menjadi kesan berarti saya adalah masalah layout dari blog tersebut, karena keceplosan bahwa saya memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis namun dari layout blog ini masih tidak memenuhi unsur tata halaman yang baik dari segi warna, penggunaan font bahkan beberapa tampilan halaman sangat engga banget deh kata para juri. Namun nilai lebihnya kata mereka ada pada bagian konten yang memang orisinil saya berikan.

Blog guru yang seharusnya bisa berbagi media pembelajaran, mampu memfasilitasi para siswa untuk kembali belajar walau tidak berada dilingkungan sekolah akhirnya bisa saya terapkan pada blog ini. Beberapa bahan ajar yang saya upload menjadi nilai tambah setelah kesalahan pada pengaturan layout halaman blog. Yah, setidaknya saya sudah memberikan yang terbaik untuk ikut dalam gelaran tersebut. Tapi tidak sampai disitu kepasrahan saya, arahan dan masukan para juri saya terima dengan terbuka, meminta masukan untuk menjadikan blog ini lebih baik tidak saya sia-siakan, mendengarkan apa yang mereka inginkan akhirnya mampu menjadikan saya bertambah wawasan dan ilmu pengetahuan lainnya.

Menurut saya, seluruh peserta sangat bagus dalam pembuatan blog mereka masing-masing. Bahkan untuk peringkat pertama saja itu sudah dapat saya pastikan sebelum penjurian berlangsung pun pasti akan didapatnya. Kualitas konten dan layout yang diberikannya menjadi hal yang berkualitas, apalagi ketika presentasinya (walau saya tidak bisa melihat seperti apa, yang jelas sangat disayangkan para peserta tidak diperbolehkan untuk melihat presentasi peserta lainnya)

Proses dalam pembuatan blog ini menjadi hal yang tidak sederhana ketika saya harus memberikan waktu luang yang lebih untuk mengikuti ketiga cabang lomba pada gebyar TIK 2014 tersebut, bagaimana tidak? Ketika saya harus mencurahkan untuk melakukan maintenance pada website madrasah yang saya ikutkan, saya pun harus mempersiapkan materi media pembelajaran yang saya ikutkan pula pada cabang lomba media pembelajaran dan juga pada akhirnya saya harus mencurahkan perhatian besar pula pada blog ini.

Dan… alhamdulillah perhatian besar tersebut dengan motivasi yang kuat akhirnya saya mampu mewujudkannya, pulang dari kegiatan gebyar TIK dengan tidak tangan hampa pun dapat saya lakukan.

Semoga di gelaran Gebyar TIK berikutnya saya bisa berkontribusi lagi dalam cabang lomba yang diadakan, dan untuk seluruh teman-teman semuanya.. semoga kita bertemu lagi ya… semangat terus bloggingnya euy…
IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog