Kamis, 27 November 2014

Membuat Thermometer Digital Sendiri Dengan AT Mega 16 dan sensor suhu LM 35 dilengkapi PCB dan source code


Thermometer bayak digunakan untuk menampilkan suhu ruangan. Thermometer yang saya buat ini saya gunakan karena AC saya merk LG tidak ada tampilan Suhu ruangan. Sebenarnya ada, di remotenya, sehingga untuk melihat suhu ruangan harus menekan tombol remote, baru suhu ruangan muncul di remot. isi sangat menyulitkan saya.


Video Thermo meter digital

Sehingga saya buatlah sensor Thermometer Digital dengan sensor LM 35 dan IC Atmega 16 dengan tampilan seven segmen, sehingga lebih jelas terlihat di kamar apalagi ketika kamar suasana gelap.

Tampilan Thermometer digital  
(Kalau disampingnya itu Jam digital bisa dilihat di Post saya klik disini)

Langsung saja, Langkah pertama buatlah PCB dengan design sebagai berikut :





Pasanglah Komponen sesuai dengan tata letak diatas  sehingga hasilnya seperti ini :
Ketika, saya coba tanpa tombol reset dan resistor ternyata sudah bisa.. ya udah..... ngk saya pasang saja tombol resetnya.. hehehe..

Komponen Yang dibutuhkan simple :
1 buah Mikrokontrol Atmega 16 atau bisa juga 8535
1 buah seven segmen common Katoda (disarankan common katoda walaupun di PCB ditulis common anoda), karena kalau common anoda anda harus ganti source codenya
1 buah Kristal 12 MHz
1 buah Push button
1 buah Capasitor 100 uF/12 V
1 buah  sensor suhu LM 35 DZ  (hati-hati membeli jangan sampai salah dengan LM 335 karena beda cara masang dan suhunya dalam satuan kelvin jika pakai LM335, karena penulis pernah ngalamin itu)
1 buah  Resistor 10 K
1 buah  IC Regulator 7805
Kabel secukupnya.

IC Atmega 16 atau 8535 harus di isi program dengan link dibawah !!

Bagaimana membuat boks nya ?? saya menggunakan bekas tutup canal U yang digunakan dalam instalasi panel boks.

Kemudian saya Potong seperti ini :

Pasang Mur Baut pada pojok- pojok sikunya


Hasil akhirnya seperti ini :


Pasang kaca film / Acrelic untuk penutup boks nya :


Unduh File PCB dan Source Codenya : DISINI






Thermometer siap digunakan !!

Selamat mencoba, Salam EDUKASI !!!





IKLAN 3

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog