Minggu, 09 November 2014

Panduan Mengenal Articulate Quizmaker '13


Panduan Mengenal Articulate Quizmaker
Panduan - Pamong Didik. Salah satu program authoring tools yang bisa digunakan oleh para pendidik untuk membuat aplikasi kuis pembelajaran adalah articulate quizmaker. Aplikasi yang dikeluarkan oleh articulate ini terdiri dari beberapa bagian yang bisa digunakan, diantaranya adalah articulate quizmaker, adapun untuk aplikasi lainnya adalah articulate engage dan articulate presenter. Bahkan untuk tingkatan profesional pengguna bisa menggunakan aplikasi articulate storyline. Dan bisa juga membaca postingan saya sebelumnya di Articulate Studio jadikan elearning lebih menarik. Bahkan untuk yang bingung memilih authoring tool silahkan baca juga panduan memilih authoring tools.

Apa itu articulate quizmaker?
Aplikasi ini dari namanya sudah bisa ditebak kegunaannya, yaitu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat kuis. Kuis yang dimaksud pun bisa beragam kegunaannya, seperti halnya untuk para pendidik bisa menggunakan aplikasi articulate quizmaker ini sebagai tambahan presentasi media pembelajaran.

Apa saja aneka jenis pertanyaan yang bisa digunakan?
Ada beragam jenis pertanyaan yang bisa digunakan untuk membuat kuis pembelajaran, tepatnya ada 11 buah pertanyaan.

Aneka jenis pertanyaan yang disediakan Articulate Quizmaker
Salah satu yang paling dominan bisa kita gunakan adalah jenis pertanyaan multiple choice atau yang biasa kita kenal dengan pertanyaan pilihan ganda. Jenis kuis ini bisa kita modifikasi dengan beragam kebutuhan bahkan dalam pengaturannya sendiri kita bisa secara otomatis mengatur pertanyaan acak untuk setiap nomor dan juga acak pada pilihan jawaban yang tersedia.

Salah satu tampilan ketika kita menggunakan jenis pertanyaan multiple choice

Bagaimana cara mengatur tampilan dari kuis yang kita buat?
Beragam kemudahan ditawarkan aplikasi dari articulate ini, seperti halnya dalam pengaturan tema atau layout untuk setiap bagian yang kita buat. Tersedianya fitur layout master seperti pada slide master di aplikasi powerpoint menjadikan kita lebih mudah dalam melakukan pengaturan layout kuis yang telah kita buat.

Tampilan ketika mengatur layout pada Articulate Quizmaker

Tersedia dua jenis tampilan untuk mengatur layout dari pertanyaan yang kita buat, bahkan ketika kita melakukan feedback atau istilahnya adalah bagian pembahasan dari setiap jawaban yang dipilih pun menjadi kemudahan tersendiri dalam menggunakan articulate quizmaker.

Seperti apa hasil akhir pembuatan  kuis menggunakan articulate quizmaker?
Tahapan terakhir dalam pembuatan kuis dengan menggunakan aplikasi articulate quizmaker ini adalah penentuan dari jenis kuis yang akan kita berikan. Tersedia beragam pilihan seperti aplikasi kuis berbasis flash yang bisa kita gunakan dengan feedback dan review dari setiap pertanyaan yang kita berikan, ada juga hasil akhir yang bisa kita gunakan sebagai CMS atau SCROOM untuk ditampilkan pada website atau blog pribadi, seperti contoh yang telah saya terapkan pada postingan sebelumnya. Dan untuk pelaksanaan kuis pun bisa kita tentukan waktu pengerjaannya sehingga batasan ini mampu menjadi pacuan dalam menyelesaikan kuis yang diberikan.
Tampilan ketika kita akan memilih publikasi akhir dalam pembuatan quizmaker


Mengapa kita harus memilih articulate quizmaker?
Pertanyaan menarik yang bisa saya jawab berdasar pengalaman saya menggunakan aneka jenis aplikasi authoring tools. Sebelumnya saya pernah menggunakan wondershare quiz creator, aplikasi ini sangat user friendly bahkan untuk pemula sekalipun namun kemudahan dalam melakukan layout pada jenis tampilannya tidak menjadi prioritas utama sehingga tampilan defaultnya menjadi sangat monoton. Untuk aplikasi lainnya seperti iSpring Quizmaker yang dibuat oleh iSpring Sollution bisa menjadi alternatif juga dalam membuat kuis pembelajaran. Bahkan ispring quizmaker inipun menjadi salah satu program paling sering digunakan pendidik dalam membuat kuis pembelajaran, aneka jenis pertanyaa  yang disajikan pun tidak jauh berbeda dengan articulate quizmaker, pengaturan layoutnya pun pada seri terbaru menjadi pilihan tersendiri yang bisa digunakan untuk mempercantik kuis yang kita buat. Untuk mengenal lebih lanjut tentang ispring ini bisa kembali berkunjung pada postingan saya sebelumnya.

Dan mengapa saya memilih articulate ini adalah karena saya ingin terus belajar suatu hal yang baru, karena ketika kita mampu menguasai satu hal dan bisa membagikannya akan menjadi sesuatu yang sangat berharga.

Coba saja dan bandingkan sendiri dengan berbagai authoring tools lainnya yang sudah ada, dan rasakan manfaatnya ketika kita bisa berbagi dengan semua.

Kiranya cukup disini dulu postingan mengenai panduan mengenal articulate quizmaker, dan tunggu saja tutorial yang akan saya buat untuk cara membuat kuis dengan articulate quizmaker slanjutnya.

Untuk kalian yang ingin membaca postingan saya sebelumnya tentang iSpring Presenter pun bisa ke posting berikut ini; iSpring Presenter, elearning tool yang harus dikuasai pendidik. dan untuk mendownload ebook panduan mengenal iSpring Quizmaker pun silahkan juga

dan untuk contoh dari postingan saya sebelumnya mengenai hasil dari Articulate Quizmaker ini silahkan juga berkunjung ke Materi Ajar Ujian Nasional; Quiz Greeting Card.



GURU KREATIF

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog